Cara Kredit Mobil Baru

Bagaimana cara kredit mobil baru? Mobil merupakan alat transportasi yang kini banyak diminati orang. Bagaiana tidak, kendaraan ini bisa dikatakan lebih efisien, nyaman dan tidak membuat penumpangnya kepanasan meskipun terkadang tidak luput dari berbagai resiko, baik banjir atau macet. Kini transportasi roda empat bisa dibilang sebagai salah satu kebutuhan penting yan harus dimiliki, terutama bagi Kamu yang jauh dari sanak saudara.

Walaupun harganya cukup mahal apabila dibandingkan sepeda motor, namun tak sedikit orang yang rela melakukan berbagai cara untuk mendapatkannya. Salah satu cara yang paling banyak dilakukan ialah dengan cara kredit mobil baru.

Kenapa Harus Kredit Mobil Baru?

Memiih kredit mobil baru tentu saja menawarkan keuntungan tersendiri. Meskipun mobil bekas harganya lebih murah, Kamu tetap harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk perawatan dan perbaikan. Karena resiko membeli mobil bekas adalah harus siap jika terjadi kerusakan atau hal-hal yang tidak diinginkan di masa mendatang, jika Kamu tidak benar-benar teliti memilihnya.

Berbeda dengan membeli mobil baru, Kamu bisa memiliki mobil yang prima dan tentunya tidak memerlukan biaya perawatan atau perbaikan di awal. Inilah yang membuat cara kredit mobil baru bisa menjadi pilihan terbaik, meskipun harganya lebih mahal di awal. Walaupun demikian, pemilihan membeli mobil baru atau bekas secara kredit tetap harus dipertimbangkan matang-matang dengan menimbang plus minusnya.

Cara Kredit Mobil Baru

Cara Kredit Mobil Baru
Bagaimana Beli Mobil Baru Secara Kredit?

Bagaimana Proses Kredit Mobil Baru?

Dengan adanya layanan kredit mobil, pastinya akan sangat membantu kalangan masyarakat menengah untuk memiliki transportasi roda empat. Proses pembelian mobil secara kredit sendiri cukup mudah jika Kamu sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh dealer tertentu yang bekerjasama dengan pihak leasing. sehingga bisa membantumu melakukan proses pembelian.

Selain perusahaan leasing, Kamu juga dapat mengajukan kredit via Bank. Kini ada banyak bank penyedia layanan pembiayaan mobil untuk mempermudah masyarakat mendapatkan mobil dengan sistem cicilan setiap bulannya.

Syarat dan Cara Pengajuan Kredit Mobil Baru

Kamu harus paham bahwa setiap syarat cara kredit mobil baru untuk tiap leasing akan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Tapi pada umumnya, syaratnya hampir sama. Namun yang pasti, Kamu harus komitmen untuk melakukan pembayaran angsuran setiap bulannya. di samping itu, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi berikut ini :

  • Slip gaji bulanan.
  • Mempersiapkan kartu identitas, baik SIM/Passport/KTP.
  • Kartu Keluarga.
  • Bukti PBB atau rekening PDAM/listrik.
  • Akta mendirikan perusahaan dan SIUP untuk pengusaha.
  • Tagihan kartu kredit selama 3 bulan terakhir.
  • NPWP.
  • Harus Warga Negara Indonesia dan tinggal di Indonesia.
  • Minimal berusia 21 tahun dengan maksimal usia 60 tahun, dengan catatan pada umur 60 tahun kredit mobil sudah selesai.
  • Mempersiapkan DP/uang muka.
  • Mempunyai penghasilan dan pekerjaan tetap per bulannya.
  • Menyertakan mutasi rekening tabungan selama 3 bulan terakhir.

Perlu diketahui bahwa setiap perusahaan leasing atau pembiayaan mempunyai syarat yang berbeda. Dealer mobil biasanya akan merekomendasikan perusahaan leasing tertentu yang menawarkan kemudahan untuk membeli mobil kredit. Selain itu, pastikan pula seluruh persyaratan kredit sudah terpenuhi supaya pengajuan bisa disetujui.

Mengajukan Kredit Mobil Baru

Jika Kamu sudah mengetahui syarat untuk mengajukan kredit mobil, kini saatnya mengetahui cara kredit mobil baru supaya pengajuan bisa disetujui. Mari simak penjelasannya berikut :

1. Pilih Dealer dan Perusahaan Pembiayaan

Sebelum Kamu melakukan pengajuan kredit kendaraan, cari dulu dealer yang bekerjasama dengan pihak leasing tertentu. Silahkan cari beberapa dan lakukan perbandingan harga, sebab setiap dealer maupun leasing menawarkan harga jual kendaraan dengan suku bunga berbeda. Jika Kamu ingin mendapakan leasing dan dealer terbaik, tanyakan ke saudara atau kerabat dekat yang sudah pernah berpengalaman membeli mobil secara kredit.

Tinggal pilih perusahaan otomotif yang menawarkan harga DP bersaing, tenor kredit yang fleksibel, bunga kredit ringan, dan mempunyai realitas harga bersaing. Apabila Kamu sudah menemukannya, langsung datangi dealer untuk memilih produk mobil yang Kamu inginkan. Tanyakan pula perilah proses menajukan kredit mobil hingga selesai.

2. Cari Tahu Skema Kredit

Sebelum lanjut ke cara kredit mobil baru, silahkan konsultasikan ke pihak leasing terlebih dahulu yang bekerjasama dengan dealer pilihanmu. Pihak leasing harus memberikan skema kredit atau gambaran mengenai angsuran mobil.

3. Lengkapi Dokumen Persyaratan

Jika sudah mengetahui skema atau gambaran kredit dari leasing, selanjutnya pihak leasing memintamu menyerahkan dokumen persyaratan untuk memproses cicilan mobil.

4. Pilih Masa Kredit

Cara kredit mobil baru selanjutnya, Kamu tinggal memilih atau menentukan tenor kredit mobil. Pastikan untuk tidak mengambil tenor lebih dari 4-5 tahunan, sebab bisa menambah beban biaya untuk perbaikan mobil itu sendiri.

5. Berikan Uang Muka

Apabila persyaratan berkas sudah diberikan ke petugas leasing, selanjutnya Kamu akan diminta memberikan DP pembelian mobil dengan cara kredit. Menurut peraturan dari Bank Indonesia Nomor 17/10/PBI/2015 tentang rasio Loan to Value pembiayaan kendaraan ditetapkan jika DP yang wajib dibayarkan dalam kredit kendaraan roda empat ialah berkisar antara 20% sampai 25% dari total harga mobil.

Kamu harus ingat jika DP/uang muka bersifat murni, tidak termasuk asuransi, biaya administrasi dan bunga kredit. Di samping itu, dengan semakin besar DP yang Kamu berikan, semakin kecil pula jumlah kredit setiap bulannya.

Bagaimana Agar Kredit Mobil Cepat Disetujui?

Beberapa tips berikut dapat menjadi bahan pertimbangan agar kredit mobil segera disetujui :

1. Harus Berpenghasilan Tetap

Agar pengajuan kredit kendaraan bermotor disetujui, Kamu harus mempunyai penghasilan dan pekerjaan tetap yang telah dibuktikan melalui mutasi buku rekening bank 3 bulan terakhir. Jika selama 3 bulan, kondisi keuangan ternyata tidak stabil, besar kemungkinan pengajuan kreditmu akan langsung ditolak. Maka dari itu, sebaiknya pastikan penghasilanmu tetap stabil setidaknya selama tiga bulan terakhir dan mempunyai dana tabungan mencukupi.

2. Track Record di BI Checking

Untuk mempercepat proses pengajuan kredit mobil, sebaiknya pastikan Kamu tidak memiliki track record kredit yang buruk, apalagi jika sampai di blacklist BI Checking. Karena biasanya leasing akan melakukan pengecekan history cicilan terlebih dahulu. Jika Kamu pernah bermasalah karena tidak membayar cicilan/kredit sebelumnya, maka pihak leasing tak segan-segan untuk menolak pengajuan kreditmu.

3. Survey Langsung

Biasanya pihak leasing melakukan survey terlebih dahulu dengan langsung datang ke rumah untuk pengecekan kecakapan dari calon debitur. Kamu harus siap mendapatkan sejumlah pertanyaan dari surveyor supaya mereka menganggapmu layak melakukan kredit mobil.

4. Uang Muka Besar

Jika Kamu ingin lebih ringan ke depannya, sebaiknya saat pengajuan kredit kendaraan berikan DP dalam jumlah besar. Setidaknya bernilai 30% dari total harga mobil.

Namun selama Kamu tdak ada di daftar hitam BI checking, biasanya proses pengajuan kredit akan langsung disetujui dengan cepat asalkan Kamu punya penghasilan tetap.

Itulah syarat dan tahapan cara kredit mobil baru di leasing pilihanmu. Pastikan untuk mempersiapkan persyaratan di atas terlebih dahulu sebelum mengajukan kredit mobil. Semoga bermanfaat!

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019