Cara Gadai Emas di Pegadaian

Cara gadai emas di Pegadaian adalah solusi bagi banyak orang saat membutuhkan dana dalam waktu mendesak. Selain itu, caranya juga cukup simpel dengan membawa emas yang Kamu miliki ke kantor Pegadaian. Dalam waktu hitungan menit, Kamu pun bisa langsung mendapatkan uang hasil penjualan emasmu dari Pegadaian.

Dengan proses yang sangat mudah, tentu saja menggadaikan emas menjadi pilihan paling tepat jika dibandingkan mencari dana pinjaman. Untuk menggadaikan emas, biasanya banyak orang lebih memilih kantor Pegadaian. Karena selain keamanannya sudah terjamin, proses gadai emas juga lebih cepat dan mudah.

Sistem Menggadaikan Emas di Pegadaian

Proses menggadai emas, sama halnya dengan menggadaikan BPKB Kendaraan bermotor atau peralatan elektronik. Perbedaan ialah barang yang dijaminkan berbentuk emas batangan atau perhiasan. Perhiasan atau emas yang digadaikan tentu saja harus memenuhi persyaratan. Setelah itu, sang peminjam atau penggadai akan memperoleh sejumlah nominal uang sesuai nilai pinjaman yang ditaksir.

Misalnya saja, Kamu mempunyai emas dengan harga taksiran di Pegadaian sebesar RP. 10 juta. Ketika digadaikan dengan sistem pembiayaan Gadai KCA, maka nilai gadainya sebesar 92%. Sehingga, Kamu akan mendapatkan pinjaman dana senilai 92% dari nilai Rp. 10 juta atau sama seperti Rp. 9,2 juta.

Persyaratan Menggadaikan Emas di Pegadaian

Adapun persyaratan gadai emas di kantor Pegadaian sendiri diantaranya Kartu Keluarga (KK), barang yang dijaminkan berupa emas batangan, tabungan emas dan emas perhiasan, serta KTP/Paspor/SIM yang berlaku.

Persyaratan lain biasanya disesuaikan dengan jenis pembiayaan yang Kamu ambil. Jika mengambil gadai emas, maka Kamu bisa memakai Gadai Bisnis, Krasida, Gadai KCA Prima dan Gadai KCA. Berikut ulasannya :

1. Gadai KCA (Kredit Cepat dan Aman)

Gadai KCA melayani sistem pembiayaan melalui tenor selama 4 bulan dan dapat diperpanjang. Tidak hanya persyaratan di atas, para nasabah yang memilih layanan ini juga diwajibkan menandatangani bukti gadai.

2. Gadai Bisnis

Gadai bisnis adalah sejenis layanan yang khusus diberikan untuk keperluan usaha. Persyaratannya adalah melakukan pembayaran biaya administrasi sebesar Rp.100 ribu dapat dicicil. Besarnya uang pinjaman sebesar Rp. 86,5% dari total harga emas dan plafon sebesar RP. 100 juta minimal.

3. Gadai KCA Prima

Gadai KCA Prima adalah pinjaman tidak berbunga atau bunga 0% yang tenor pinjamanya hingga 60 hari. Jika ingin mengikuti jenis pembiayaan ini, Kamu cukup melampirkan e-KTP saja. Adapun pinjaman maksimal sebesar Rp. 500 ribu.

4. Krasida

Krasida atau Kredit Angsuran Sistem Gadai memakai sistem angsuran yang nilai gadainya hingga 95% dari jumlah nilai yag ditaksir. Memiliki tenor hingga 3 bulan atau 36 bulan. Persyaratannya, Kamu hanya cukup melampirkan KTP berikut jaminan emas batangan dan emas perhiasan.

Cara Gadai Emas di Pegadaian

Cara Gadai Emas di Pegadaian
Menggadaikan Emas di Pegadaian

Menggadaikan Emas di Pegadaian

Walaupun Kamu bisa mendapatkan dana segar melalui cara gadai emas di Pegadaian dengan cepat, tapi para nasabah harus tetap memperhatikan hal-hal terkait gadai emas di bawah ini :

1. Lengkapi Persyaratan Administrasi

Agar proses menggadaikan emas di Pegadaian diterima, maka langkah awal yang harus Kamu tempuh ialah lolos persyaratan administrasi. Jika persyaratan tidak dipenuhi, maka permohonan pasti akan ditolak.

2. Masa Tenggang Pelunasan

Saat awal menggadaikan emas, Kamu akan dijelaskan tentang pembayaran. Untuk cicilan, sebaiknya usahakan untuk melakukan pembayaran tepat wakut. Sama halnya dengan pembiayaan dengan sistem tempo, usahakan untuk melunasinya sesuai jatuh tempo.

Cara Menggadaikan Emas Melalui Pegadaian Digital

Dengan pegadaian digital, Kamu dapat menggadaikan tabungan emas milikmu. Caranya juga sangat mudah. Tapi sebelum melakukan cara gadai emas di Pegadaian Digital ini pastikan Kamu untuk mengunduh aplikasi Pegadaian Digital di App Store atau Google Play Store terlebih dahulu.

Jika ingin menggadaikan tabungan di Pegadaian Digital, berikut panduannya :

  • Buka situs pegadaian digital di link ini!
  • Silahkan pilih opsi “Gadai” di halaman depan.
  • Jika sudah menekan opsi “Gadai”, tinggal pilih menu “Gadai Tabungan Emas.”.
  • Selanjutnya Kamu bisa melihat formulir pengisian, silahkan isi sesuai data. Jika sudah diisi, Kamu bisa menekan “Selanjutnya” di pojok kanan bagian bawah.
  • Setelah itu, Kamu diminta mengkonfirmasi transaksi pegadaian dengan tabungan emas. Pastikan tekan kotak ceklis jika Kamu menyetujui semua ketentuan dan persyaratan yang berlaku.
  • Lalu inputkan PIN transaksi dan tekan OK.
  • Selamat, kini dana yang Kamu milliki langsung dikirim lewat rekeningmu.

Jika sudah mengetahui cara menggadaikan emas di Pegadaian Digital di atas, Kamu tinggal mempraktekkannya sama. Semuanya dapat dilakukan di satu ponsel menggunakan aplikasi.

Kamu tidak perlu lagi ragu melakukan transaksi dengan aman serta terpercaya di Pegadaian Digital dengan sistem menggadaikan emas sebagai solusi terbaik.

Biaya Untuk Titip Gadai dan Pelunasan

Biasanya setelah Kamu memenuhi persyaratan gadai emas, pihak Pegadaian selanjutnya memberikan penjelasan tentang biaya administrasi yang sudah termasuk dengan biaya penitipan gadai. Jumlah biayanya akan disesuaikan dengan total jumlah pinjaman. Jadi semakin besar uang yang dipinjami, biaya administrasinya juga menjadi semakin bertambah.

Sementara untuk cara pelunasannya cukup sederhana, sebab nasabah bisa membayar cicilan pinjaman sebelum waktu jatuh tempo.

Misalnya saja, nasabah A telah menggadaikan emas miliknya untuk memperoleh dana pinjaman Rp. 2.800.000 dengan tenor 4 bulan.

Biasanya tarif pinjaman dana untuk 15 hari sekitar 1,2%. Jadi total tarif untuk sewa modal selama 4 bulan ialah sebesar 9,6% atau Rp. 268.800 dari total pinjaman. Jadi total biaya untuk pelunasan sebesar Rp.3.068.000. Sedangkan biaya administrasi biasanya dibayar sejak awal pencarian.

Memperpanjang Tenor Cicilan Gadai Emas di Pegadaian

Ketika Kamu melakukan penggadaian barang, Kamu biasanya akan diberikan tenggat waktu sampai 4 bulan. Dalam kurun waktu tersebut, Kamu dapat mencicil dananya sampai lunas berikut biaya administrasi pinjaman yang telah ditetapkan tepat di awal pencairan.

Tapi, kenyataan banyak orang belum mampu melunasi pinjaman sampai masa temponya habis. Namun tidak perlu khawatir, sebab sebelum waktu tempo habis Kamu dapat memperpanjang tempo pinjaman selama 4 bulan berikutnya.

Tenor atau tenggat waktu pinjaman emas sangat penting. Sehingga jangan pernah terlewat dari waktu tenggang. Sebab jika tidak memperpanjang, emas milikmu langsung dilelang Pegadaian.

Jika Kamu ingin mengetahui waktu tempo, maka Kamu bisa mengeecknya pada Surat Bukti Kredit. Sehingga, emas milikmu tetap aman.

Cara Menebus Gadai Emas di Kantor Pegadaian

Setelah membahas cara gadai emas di Pegadaian Digital, Kamu mungkin bingung bagaimana cara untuk menebus gadai emas di Pegadaian. Sehari sebelum Kamu menebusnya, sebaiknya hubungi kantor Pegadaian terlebih dahulu bahwa Kamu akan menebus emas milikmu.

Biasanya pemberitahuan dapat dilakukan lewat telepon atau dengan langsung mendatangi kantor cabang Pegadaian tempat emasmu digadaikan. Sesudah itu, dikeesokan harinya cukup bawa nominal uang yang akan dibayarkan sesuai jumlah total pinjaman uang ke Pegadaian.

Selain itu, jangan lupa membawa kartu identitas diri, Surat Bukti Kredit dan nota transaksi penerimaan uang untuk proses pelunasan cara gadai emas di Pegadaian. Jika semuanya sudah diserahkan ke pihak petugas Pegadaian, maka Kamu sudah langsung bisa membawa emas yang Kamu miliki.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019