Cara Gadai Emas

Cara Gadai Emas
Cara Gadai Emas

Investasi, pada dasarnya terbagi menjadi beberapa instrumen. Mulai dari saham, obligasi, rekasadana, pasar uang, sampai dengan emas. Tahukah kalian, ada cara gadai emas yang bisa dilakukan secara online maupun offline? Apalagi, kalau bukan di PT Pegadaian. Selain itu, tersedia juga di beberapa tempat resmi lainnya seperti logammulia.com atau anekalogam.com.

Kalau kamu masih merasa bingung kenapa emas dapat dijadikan sebagai salah satu jenis dari investasi. Hal tersebut, dikarenakan emas sendiri memiliki likuiditas tinggi. Padahal, logam mulia satu ini, sangat identik dengan perhiasan. Gemerlapnya warna gold atau ada juga yang dipoles dengan warna putih. Kisaran harganya, ditawarkan oleh perusahaan sesuai berat/gram.

Read More

Pentingnya Investasi Emas

Emas, termasuk ke dalam bentuk investasi yang tidak memiliki resiko tinggi. Dimana, harga dari logam mulia tersebut didasari oleh pergerakan inflasi. Ketika inflasi sedang meningkat, otomatis harga jual dari emas juga akan turut bergerak naik. Begitu pula sebaliknya. Terlebih, emas dapat dijadikan sebagai alat tukar yang keberadaannya bisa disetarakan dengan tunai.

Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh jenis investasi satu ini, investor tidak akan rugi. Ya, karena meskipun harga emas sedang turun, penurunannya cukup stabil. Artinya, uang kalian tidak akan sampai lenyap begitu saja. Ketika dijualpun, masih memiliki nilai jual yang tinggi. Oleh sebab itu, banyak orang yang lebih memilih menabung jangka panjangnya lewat emas.

Cara Gadai Emas

Cara Gadai Emas
Cara Gadai Emas

Cara Gadai Emas di Pegadaian

PT Pegadaian, yang belum lama ini berganti nama sejak adanya perubahan pemegang saham. Awalnya, milik pemerintah hingga akhirnya kini menjadi anak perusahaan dari BRI. Selain menyediakan layanan pinjaman uang tunai. Lembaga tersebut, juga aktif dalam memberikan fitur simpanan emas. Nasabah, bisa menitipkannya di bunker Pegadaian atau dibawa pulang.

Cara gadai emas di Pegadaian melalui sistem offline. Buat kalian yang membutuhkan cairan dana cepat, dengan menggunakan jaminan barangnya emas. Maka, sebelum itu kamu perlu mengetahui apa saja persyaratan yang harus dipersiapkan untuk mengajukan permohonan di perusahaan tersebut. Berikut syaratnya:

  • Menyerahkan berkas berupa identitas diri berupa FC KTP pemohon
  • Memberikan barang jaminannya kepada petugas
  • Melakukan tandatangan perjanjian Surat Bukti Gadai (SBG)

Rincian Pinjaman dan Jangka Waktu Pengembalian Dana

Berdasarkan informasi cara gadai emas yang disampaikan secara langsung melalui website resmi PT Pegadaian. Berikut adalah detail hal yang akan kalian temukan saat melakukan gadai dengan barang jaminan emas di perusahaan tersebut:

Uang Pinjaman Administrasi Sewa Modal Jangka Waktu
Rp 50.000,-  hingga Rp 100.000.000,- bahkan lebih Rp 2.000,- hingga Rp 125.000,- 1%  s/d 1,2% per waktu 15 hari 1-120 hari atau sekitar 4 bulan

 Tahapan Gadai Emas di Pegadaian

Informasi yang akan disampaikan kali ini, dikutip dari pegadaian.co.id. Bagi kamu yang telah melihat persyaratannya di atas. Ini dia, tahapan selengkapnya:

  1. Mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan, berisi persyaratan serta ketentuan yang berlaku di Pegadaian
  2. Barang jaminan, dikemas dalam keadaan rapih untuk dibawa saat mendatangi kantor atau cabang terdekat perusahaan
  3. Mengunjungi kantor pusat atau cabang dari Pegadaian, lalu, dilanjutkan dengan melakukan pengisian lembar formulir permohonan kredit yang sesuai
  4. Calon nasabah juga dapat melakukan pemesanan atau booking terlebih dahulu melalui aplikasi Pegadaian Digital untuk menghindari nomor antrean yang panjang
  5. Info selengkapnya, dapat kalian hubungi pusat bantuan Pegadaian, di nomor 021-806-351-62 atau di 021-858-1162.

Cara Gadai Emas di BSI

BSI atau kepanjangan dari Bank Syariah Indonesia ini, merupakan hasil aliansi dari berbagai jenis bank yang sebelumnya menerapkan program syariah. Mulai dari Bank BNI, BRI, dan Mandiri. Ketiganya, akhirnya melepaskan produk tersebut agar dapat berdiri secara mandiri. Tepat di tanggal 1 Febriari 2021 silam, bank satu ini berhasil diresmikan oleh pemerintah.

Cara gadai emas di BSI ini, merupakan salah satu bentuk layanan yang diberikan oleh usaha tersebut dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap betapa pentingnya peran dari emas. Dikutip dari situs kontan.co.id, BSI baru-baru ini merilis program terbarunya yang dikenal dengan Sobat Gadai Online (SGO) melalui aplikasi BSI Mobile. Begini caranya:

  1. Download aplikasi BSI Mobile melalui Play Store atau App Store
  2. Di halaman utama, pilih ikon “Emas”
  3. Klik opsi “Gadai Emas” > ketuk “Gadai Emas Fisik”
  4. Muncul simulasi perhitungan untuk melakukan taksiran harga emas dari barang agunan yang kalian tawarkan
  5. Masukkan “Jumlah Berat Emas” yang kamu miliki, lihat “Nilai Taksiran Emas”
  6. Perhatikan juga nominal “Perkiraan Nilai Pembiayaannya”
  7. Kemudian, input “Besar Rupiah” yang akan dipinjam
  8. Lanjutkan dengan memilih metode pengajuannya melalui opsi “Datang ke Bank”
  9. Ketik atau pilih secara langsung kantor cabang dari BSI di area domisili kalian
  10. Tentukan “Hari Kedatangan, Tanggal Kunjungan, serta Waktu  Pertemuan”
  11. Persiapkan “Foto Diri, KTP, serta Foto KTP”
  12. Isi dan ceklis pilihan “Kuasa Debet, Data Pembiayaan, AML&KYC, Metode Perpanjangan, Ketentuan Pengajuan, serta Pernyataan Nasabah”
  13. Setelah itu, periksa “Resi atau Bukti dari Pengajuan Gadai” pada kolom kotak masuk BSI Mobile, dan alamat surel pemohon
  14. Kunjungi “Kantor BSI Terdekat” sesuai jadwal yang telah ditentukan
  15. Serahkan “Barang Jaminan Emas” nasabah, untuk diproses nilai taksirannya dalam bentuk fisik
  16. Pencairan, berlangsung di kantor cabang melalui “Petugas Gadai” Bank BSI
  17. Petugas memberikan tanda bukti “Surat Bukti Gadai Emas” kepada nasabah, termasuk dana yang dicairkan akan langsung dimasukkan ke dalam kredit rekening nasabah tersebut.

Tahapan Pengajuan Gadai Emas di BSI Mobile Melalui Fitur Pick Up

Nasabah yang domisilinya berada di wilayah Makassar, Makassar Tamanlarea, serta Jakarta Menteng. Maka, kalian berkesempatan untuk merasakan layanan jemput-antar dari produk gadai emas yang diadakan oleh Bank BSI. Menurut pemaparan yang dijelaskan melalui web resmi bsimobile.co.id. Berikut adalah beberapa tahapan untuk menggunakan fitur tersebut:

  1. Jalankan aplikasi BSI Mobile
  2. Ketuk “Gold” > pilih “Gadaikan Emas”, kemudian “Gadaikan Emas secara Fisik”
  3. Lakukan perhitungan “Simulasi Taksiran Nilai Emas”
  4. Mulai “Ajukan Permohonan Pembiayaan Pinjaman”
  5. Pilih metode pengajuannya, melalui “Fitur Pick Up
  6. Lakukan “Reservasi”. Mulai dari hari, tanggal, sampai dengan waktu kunjungan
  7. Persiapkan berkas, seperti “KTP, Foto Diri Terbaru, Serta Foto Barang Jaminan Emas”
  8. Lengkapi, serta tandai centang pada rincian umum yang tertera di layar
  9. Periksa “Tanda Bukti Permohonan Gadai” di inbox aplikasi, serta kotak masuk email
  10. Tunggu hingga “Petugas Bank BSI” mengunjungi lokasi nasabah
  11. Segera kontak “Petugas Gadai” yang bertanggung jawab untuk melakukan pencairan
  12. Periksa isi “Rekening” kalian, untuk memastikan uang yang dikreditkan sudah diterima atau belum
  13. Petugas Bank BSI akan segera kembali KC BSI terdekat sambil membawa barang jaminan emas milik nasabah
  14. Surat Bukti Gadai Emas, akan dikirimkan 1 hari setelah petugas membawa agunan emas kalian.

Itulah beberapa cara gadai emas di kesempatan kali ini. Baca juga artikel terkait, untuk mendapatkan informasi lebih lengkap di cara gadaikan emas di Pegadaian. Semoga bermanfaat. See you on the next topics. Have a nice days, stay health, and bye bye…

Related posts