Cara Irit Kuota

Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang. Segala aktivitas dapat dilakukan lewat internet, baik untuk browsing, media sosial, hingga bermain game. Terutama bagi Kamu yang gemar bermain game, tentu saja kuota menjadi cepat habis. Apapun keperluanmu terkait internet, agar kuota lebih hemat ada beberapa cara irit kuota internet yang bisa kamu coba.

Supaya kuota internet lebih hemat, tentu saja Kamu harus benar-benar bijak memanfaatkan kuota internet ini. Pastikan untuk tidak terlalu sering menggunakan akses internet. Misalnya saja, bagi yang gemar bermain Facebook, Kamu bisa mencoba Facebook Lite dengan kapasitas yang lebih ringan.

Selain Facebook, beberapa aplikasi lainnya juga dapat diunduh untuk versi ringannya, seperti Twitter Lite, LINE Lite, dan lainnya. Selain itu, ada beberapa cara irit kuota lainnya yang bisa Kamu coba berikut ini!

Cara Irit Kuota

Cara Irit Kuota
Menghemat Kuota Internet Mudah

Tips Menghemat Kuota Internet

Berikut beberapa tutorial cara irit kuota internet yang bisa Kamu coba diantaranya :

1. Nonaktifkan Auto Update App

Fitur Auto Update merupakan fitur yang biasanya tersedia di Hp. Termasuk fitur yang selalu ada di semua HP atau OS apapun, sebab berguna untuk memastikan agar aplikasi di Hp-mu selalu update atau diperbaharui.

Walaupun memiliki fungsi tertentu, nyatanya auto update app termasuk fitur yang banyak menyedot kuota si pengguna ponsel. Terlebih lagi, fitur yang satu ini terkadang sering muncul secara otomatis tanpa sepengetahuan kita sebagai pengguna.

Jadi salah satu cara menghemat kuota internet adalah dengan mematikan fitur auto update app. Jika Kamu ingin menonaktifkannya, bisa melakukannya lewat pengaturan Google Play Store untuk penguna android maupun App Store untuk pengguna Apple.

Saat memuka setting-an atau pengaturan, Kamu harusnya bisa menemukan pilihan pembaruan aplikasi secara otomatis yang aktif jika tersambung koneksi Wifi.

2. Batasi Pemakaian Kuota

Cara irit kuota selanjutnya yang paling ampuh adalah membatasi pemakain kuota. Untuk membatasinya, carilah aplikasi tertentu yang kemungkinan dapat menyedot kuota internet lebih besar. Namun ingat, tak semua aplikasi online bisa menghabiskan kuota internet. Jadi, Kamu dapat mengidentifikasikannya lewat menu “Settings” dan pilih “Apps”.

Jika Kamu sudah menemukan aplikasi tertentu yang dapat berpotensi mengabiskan kuota lebih banyak, maka silahkan langsung menguninstall aplikasi tersebut. Apabila aplikasi tersebut dirasa sanagt penting, sebaiknya pastikan sudah mengaktifkan “Use Less Data” jika tersedia pada aplikasi.

Cara lainnya, Kamu dapat mengganti beberapa aplikasi tersebut ke dalam versi lite jika ada, seperti yang sudah dijelaskan di atas.

3. Nonaktifkan “Push Notification” di Aplikasi Sosial Media

Saat Kamu sedang asyik-asyiknya bermain game Mobile Legends dan tiba-tiba harus “mati mengenaskan” akibat munculnya notifikasi dari aplikasi LINE, hal ini tentu saja sangat menjengkelkan. Belum lagi, membuat kuota internetmu menjadi boros. Walaupun hal tersebut sebenarnya tak berpengaruh banyak pada penggunaan kuota itnernet, sebab notifikasi hanya menghabiskan sebagian kecil kuota internetmu saja.

Walaupun demikian, cara irit kuota internet yang paling disarankan ialah harus menonaktifkan push notification pada aplikasi-aplikasi tertentu yang tak terlalu penting. Selain itu juga tak terlalu berpengaruh pada game yang Kamu mainkan secara rutin.

Sebenarnya caranya sangat mudah, cukup buka “Settings” lalu carilah pilihan submenu “Notifications”. Pada submenu ini, Kamu dapat memilih langsung untuk membatasi pemberitahuan atau menonaktifkan notifikasi pada aplikasi tertentu.

Melalui cara irit kuota ini, aktivitasmu saat bermain game tak lagi terganggu. Namun tetap ingat, jika sering menerima beberapa pesan penting sebaiknya tetap bijak memilih pemberitahuan mana yang perlu dimatikan 100%.

4. Manfaatkan Data Manager

Cara irit kuota internet lainnya ialah dengan memanfaatkan Data Manager. Data Manager sendiri adalah fitur pembatas kuota internet. Jadi, Kamu dapat melakukan pengaturan pemakaian internet beberapa aplikasi setiap bulannya.

Jika Kamu menganggap bahwa Youtube dan Instagram adalah aplikasi yang dapat menyedot kuota internet di Hpmu, maka Kamu bisa menggunakan Data Manager untuk membatasi kuota Youtube 1,5 GB dan Instagram 500 MB per bulannya. Hal ini juga sudah dijelaskan dalam cara hemat kuota Youtube.

Melalui cara tersebut, Kamu dapat memanfaatkan paket data secara bijak. Implikasinya tentu saja Kamu dapat lebih menghemat pemakaian paket data. Selain itu, tentunya membuatmu lebih hemat pulsa.

Kamu dapat langsung download Data Manager di App Store maupun Play Store. Ada beberapa pilihan aplikasi yang direkomendasikan untuk di download, seperti Onavo, Opera Max, Data Usage Monitor, My Data Manager dan Internet Speed Meter Lite.

5. Mencari Wifi Gratisan

Cara menghemat kuota internet paling simpel lainnya ialah dengan memanfaatkan Wifi gratisan. Melalui Wifi gratisan tersebut, Kamu tentu saja bisa lebih menghemat kuota Hp-mu.

Walaupun demikian, jangan sampai salah masuk lokasi Wifi gratisan. Jika Kamu mengunjungi kafe hanya ingin mendapatkan Wifi gratisan ini artinya Kamu salah total. Justru Kamu bisa merugi, terlebih jika standar harga minuman/makanan di kafe tersebut sangat tinggi.

Sebagai saran, cari Wifi gratisan yang disediakan di tempat-tempat umum. Biasanya di wilayah Jakarta ada beberapa tempat yang telah dipasangi Wifi gratis. Di samping itu,  bisa juga mencari Wifi gratisan di sekolah, stasiun, sampai di kampus-kampus tempat belajar.

Cara paling cerdas dan efektif ialah memanfaatkan Wifi rumahan, bisa dari tetangga atau di rumah teman. Sehingga membuat aktivitasmu lebih leluasa berselancar di internet.

6. Bermain Game Saat Sinyal Sedang Stabil

Penyebab kuota internet cepat abis lainnya ialah jaringan internet tidak stabil. Karena jika Kamu bermain game online saat kondisi internetnya putus-putus, maka kemungkinan besar akan mengalami yang namanya log out alias mati mendadak.

Dengan terpaksa, Kamu harus login lagi ke permainan. Proses log in dan log out secara berulang kali inilah yang bisa menyedot kuota internetmu.

Di samping kuota boros, koneksi tidak stabil juga bisa membuat Hpmu bekerja keras untuk mencari sinyal. Sehingga baterai HP yang digunakan untuk bermain game juga akan cepat terkuras.

Sebagai solusinya sekaligus sebagai cara irit kuota internet, sebaiknya bermain game online jika hanya saat sinyal Hpmu sedang dalam kondisi baik.

7. Pakai Modem Wifi Mifi

Solusi terakhir ini dapat dipraktekkan jika Kamu memakai kartu lama yang nomornya sudah diketahui oleh banyak orang. Namun kamu ingin kuota internetmu lebih mudah.

Maka Kamu bisa mencoba membeli modem yang baru mengunakan berbagai operator tertentu. Walaupun mungkin terdengar mahal, jika pemakaian internetmu sangat besar maka cara yang satu ini justru bisa membuatmu bisa berhemat.

Salah satu kebiasaan buruk dari pengguna internet ialah membeli paket mingguan atau harian dengan harga yang relatif mahal. Terkadang secara tanpa sadar memakai paket harian secara terus menerus demi untuk menonton atau bermain game online.

Jadi intinya, hal terpenting dalam cara irit kuota internet adalah wajib menggunakan data internetmu secara bijak agar penggunaannya tidak boros.

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019