Cara Hitung Skor TOEFL

Cara hitung skor TOEFL penting sekali bagi yang baru mau melaksanakan test toefl. Cara yang bisa dilakukan agar mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah di luar negeri ialah dengan mengikuti tes toefl. Tes toefl ini biasaya dijadikan sebagai persyaratan untuk orang-orang yang akan melanjutkan pendidikan di tingkat lebih tinggi tanpa biaya maupun sebaliknya.

Toefl atau Test of English for Language dari dulu sampai sekarang masih sangat dibutuhkan. Banyak universitas dari luar negeri yang memberlakukan tes Toefl ini sebagai persyaratan untuk diterima di universitas tersebut.

Dengan begitu, adanya toefl sangat penting untuk menguji kemampuan seseorang dalam bahasa Inggris, sekaligus sebagai sarana ujian dasar penerimaan mahasiswa baru di universitas luar negeri.

Oleh karena itu, tes toefl ini sangat dibutuhkan sebagai indikator menguji kemampuan calon mahasiswa dalam bahasa Inggris. Baik itu untuk studi pendidikan S1 maupun S2. Sebagian orang mungkin merasa masih belum begitu memahami terkait tes toefl itu sendiri. Terlebih lagi jika Kamu ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat lanjut, maka tes toefl ini sangat dibutuhkan.

Melalui adanya tes toefl, Kamu bisa mengetahui kemampuanmu di bidang bahasa Inggris. Tes toefl sendiri terdiri dari beberapa jenis, diantaranya tes toefl CBT, PBT dan IBT. Setiap tes tersebut ada perbedaan cara perhitungan skor atau nilai dari setiap materi.

Pada penilaian skor atau nilai ada beberapa jenis tingkatan level yang sudah diakui berdasarkan standar penilaian. Entah itu, penilaian semua materi written, listening, reading, structure dan speaking. Nilai toefl biasanya berkisar mulai dari 310 sampai 677 skor. Sementara tingkatan skor toefl sendiri terdiri dari 4 macam tingkatan.

Apa Saja Tingkatan Menghitung Skor Tes Toefl?

Bagi tingkat elementary atau dasar mempunyai skor mulai dari 310 – 420. Kemudian ada tingkatan menengah ke bawah yang biasa disebut dengan istilah low intermediate yang skornya sekitar 420 sampai 480 skor. Lalu level menengah atas yang capaian skornya mulai dari 480 sampai 520 skor. Terakhir level mahir dengan skor 525-677 skor

Selain hal tersebut, terdapat beberapa metode cara hitung skor toefl yang dapat menentukan besarnya nilai ujian toefl yang diperoleh. Biasanya skor toefl sendiri dibutuhkan untuk pendaftaran beasiswa atau bahkan CPNS.

Akan tetapi, jika Kamu menginginkan nilai skor toefl guna melanjutkan pendidikan ke luar negeri atau sekolah, maka yang harus diperhatikan ialah skor toefl di tingkatan advance atau mahir. Akan tetapi tidak semuanya berlaku demikian, sebab ada beberapa diantaranya yang masih memakai skor toefl di level menengah ke atas. Jadi tergantung pada ketentuan yang ditetapkan di universitas itu sendiri.

Hal ini dikarenakan setiap perguruan tinggi atau universitas biasanya mempunyai syarat dan ketentuan berbeda yang dibutuhkan oleh para mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa.

Biasanya cara menghitung skor toefl memakai sistem software. Nah dari sinilah penilaian skor toefl milikmu langsung muncul berdasarkan jawaban yang Kamu isi. Hal tersebut dikarenakan tiap bentuk dari tes toefl mempunyai cara berbeda untuk menghitung skornya.

Jadi, Kamu wajib mengetahui bagaimana bentuk tes toefl menghitung skor tertentu yang telah diperoleh. Terdapat 3 cara untuk menghitung skor tiap tes toefl. Dimana cara hitung skor toefl pertama yaitu dengan menghitung nilai skor toefl PBT.

Cara Hitung Skor TOEFL

Cara Hitung Skor Toefl
Menghitung Skor Toefl

Menghitung Skor Toefl Melalui Sistem Tes Toefl PBT

Nilai dari toefl PBT ini bisa dihitung memakai 2 cara. Dimana cara yang dapat dilakukan menggunakan metode konversi. Ini artinya tiap jawaban tes yang telah Kamu pilih pada tes tersebut, apabila benar maka akan memperole nilai tertentu. Misalnya saja, apabila Kamu mendapatkan jawaban benar 25, seterusnya bisa mengikuti nilai pertama tersebut 26, lalu 27 begitupun seterusnya.

Sementara nilai yang tepat bisa dilihat berbentuk tabel konversi. Apabila jawabanmu dinyatakan lebih banyak benarnya, maka akan ditotal dan hasilnya akan dibagi 3.

Setelah itu akan dikalikan dengan nilai 10. Kemudian dihasilkan nilai toefl tersebut. Adapun skor terendah bentuk tes toefl PBT yaitu 220 skor, sementara skor tertingginya sekitar 677 skor. Inilah cara menghitung skor toefl untuk jenis tes PBT.

Kemudian, cara mengoreksi skor toefl PBT sendiri harus mengikuti struktur dan langkah yang diberikan. Metode pertama ialah dengan mengoreksi setiap jawaban yang sudah dijawab kemudian jumlahkan banyaknya jawaban yang benar.

Cara hitung skor toefl berikutnya, untuk menghitung jawaban toefl yang benar, tiap-tiap materi seperti reading, listening, structure, speaking dan writing mempunyai total jawaban benar. Sementara pada listening comprehension ada sebanyak 42 jawaban kurang lebih. Biasanya bagian structure mempunyai jumlah jawaban benar mencapai 20. Sedangkan pada reading mempunyai jawaban benar kira-kira 40 jawaban. Selanjutnya Kamu bisa mencoba menghitung skor toefl memakai tabel konversi.

Menghitung Skor Toefl Melalui Sistem Tes CBT

TOEFL CBT atau computer based test mempunyai skala nilai berbeda dari PBT. Apabila skor PBT sekitar 220-677, maka CBT sekitar 0-300. Untuk cara hitung skor toefl CBT ini sama seperti perhitungan skor PBT, yakni dengan cara menjumlahkan skor/nilai tiap sesi kemudian dibagi tiga dan dikalikan 10. Di bawah ini contoh tabel skala penilaian dari Toefl CBT :

SectionSkor
Listening0-30
Reading0-30
Writing/Structure0-30
Total0-300

Menghitung Skor Toefl iBT

Pada skor IBT atau internet based test, nilai skor didapatkan dengan cara memadukan penilaian secara matematis dari PC/komputer serta penilaian yang dilakukan manusia. Ini berebda dari tes CBT dan PBT yang memfokuskan perhitungan matematis saja.

Adapun untuk mendapatkan nilai resmi, Kamu harus menjawab setidaknya satu pertanyaan saja dari tiap-tiap sesi listening dan reading, melewati minimal 1 tes speaking dan minimal menulis 1 esai. Toefl IBT yang biasanya dikerjakan melalui jaringan internet tersebut terdapat 4 bagian dari skala penilaian, diantaranya :

SectionSkor
Listening0-30
Reading0-30
Speaking0-30
Writing0-30
Total0-120

Tips Agar Nilai Skor Toefl Tinggi

Selain mengetahui cara hitung skor toefl, penting juga untuk memahami tips agar nilai skor toefl-mu tinggi. Berikut beberapa tips agar lulus tes toefl, diantaranya :

1. Mempelajari Materi Dasar

Tes Toefl mempunyai materi yang biasanya bersifat general. Oleh karena itu, penting sekali untuk mempelajari materi dari dasar. Seperti mempelajari vocaboolary, alphabet, clause, grammar dan lainnya.

2. Memahami tes Toefl

Sebelum mengikuti ujian test Toefl, sebaiknya kenali dan pahami soal-soal toefl yang diujikan, penilaian toefk, berapa jumlah skor toefl yang arus diperoleh supaya lolos, jumlah soal toefl, dan lainnya. Dengan begitu, Kamu bisa lebih siap menghadapi ujian toefl.

3. Mengetahui Tujuan Untuk Mengikuti Tes

Dengan mempunyai tujuan yang kuat dan jelas dalam mengikuti tes toefl ini, tentu saja membuat semangat belajarmu semakin tinggi. Tidak sedikit orang yang cuma iseng mengikuti ujian toefl saja. Alhasil mereka pun tidak mempelajari toefl dengan baik, sehingga hasil yang diperoleh tidak memuaskan.

4. Selalu Berlatih Soal Toefl

Jika sudah mengetahui tes toefl, kini saatnya untuk terus berlatih mengerjakan soal tes toefl. Dimana semakin Kamu sering berlatih, tentu saja akan mempermudahmu menguasai materi toefl.

Itulah ulasan tentang cara hitung skor toefl dan beberapa tips yang bisa Kamu coba untuk mendapatkan skor toefl tinggi. Semoga bermanfaat!

15 Artikel Populer yang Direkomendasikan :

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019