Cara Hitung Luas Tanah

  • Whatsapp

Cara hitung luas tanah biasanya penting untuk menentukan nilai properti atau harga jual tanah yang Kamu miliki. Maka dari itu, proses menghitung luas tanah harus dilakukan dengan akurat. Bagi tanah yang berbentuk persegi atau kotak, tentu akan lebih mudah menghitung ukuran luas tanahnya, karena Kamu cukup mengalikan lebar dan panjangnya saja. Tapi, bagaimana bila bentuk tanah yang akan diukur tidak beraturan atau tidak simetris bahkan penuh dengan sudut-sudut tertentu?

Tak perlu khawatir, karena Kamu tetap dapat menentukan harga tanah yang dimiliki sesuai rumus perhitungan luas tanah.Lalu, bagaimana cara hitung luas tanah secara akurat?

Cara Hitung Luas Tanah

Cara Hitung Luas Tanah
Menghitung Luas Tanah

Menghitung Luas Tanah Dengan Akurat

Di era digital saat ini, tentu kita bisa menemukan berbagai pilihan aplikasi yang dapat membantu proses perhitungan luas tanah lebih cepat dan praktis. Oke, mari simak beberapa cara hitung luas tanah dengan benar berikut ini :

1. Gunakan Rumus

Sebenarnya ada banyak pilihan cara untuk menghitung luas tanah, tapi hal yang harus dilakukan pertama kali ialah mengecek kontur dan bentuk tanah serta lahan yang ingin dihitung. Berdasarkan rumus bidang tanah dalam ilmu matematika, bentuk bidang lahan tanah yang berbeda juga memiliki cara perhitungan yang berbeda.

Misalnya, jika bentuk lahanmu persegi panjang, rumus cara menghitung luas tanah yang digunakan cukup simpel, karena hanya perlu mengalikan antara panjang dan lebarnya saja.

Sedangkan jika bidang lahan pada tanahnya berbentuk segitiga, bisa memakai rumus bidang segitiga, dengan mengalikan alas dan tinggi lalu dibagi dua. Kamu bisa perhatikan cara hitung luas tanah berikut :

  • Menghitung Luas Tanah Dengan Lahan Berbentuk Persegi Panjang

Misalnya lahan dengan panjang 12 meter dan lebar 6 meter. Jadi, luas tanah tersebut dalam satuan meter persegi, berarti :

Terkait:  Cara Meng HD Kan Foto

Panjang = 12 meter, dan lebar = 8 meter.

Luas = 12 meter x 8 meter = 92 meter persegi

Berdasarkan perhitungan tersebut di atas maka lahan tanah yang berbentuk persegi panjang mempunyai luas 92 meter persegi. Jadi, untuk tanah berbentuk persegi panjang memang sangat simpel perhitungannya.

  • Menghitung Luas Tanah yang Berbentuk Segitiga Sembarang

Tanah atau lahan bisa juga berbentuk segitiga. Adapun perhitungannya, bisa memakai rumus luas segitiga dengan metode berikut ini :

S = (A+B+C) : 2

L = √ [S X (S-A) X (S-B) X (S-C)]

Keterangan :

A, B, C = Panjang sisi pada segitiga

S = Keliling Segitiga

L = Luas Segitiga

  • Menghitung Luas Tanah yang Berbentuk Segitiga Siku-Siku

Jika bentuk lahan tanahnya berupa segitiga siku-siku, rumus yang bisa Kamu guakan adalah berikut ini : L = 1/2 x Alas x Tinggi.

  • Menghitung Luas Tanah yang Berbentuk Segitiga Sama Sisi

Jika tanahnya berbentuk segitiga sama sisi, maka Kamu bisa menggunakan rumus luas segitiga sama sisi, berikut ini :

L = 1/4 x a2√3

Keterangan :

a = panjang sisi segitiga

L = Luas tanah

2. Hitung Luas Tanah Berbentuk Asimetris

Cara hitung luas tanah yang bentuk bidangnya persegi atau segitiga sebenarnya masih bisa dikatakan mudah. Namun, tidak sedikit orang yang memiliki tanah dengan bentuk lahan asimetris atau tidak beraturan.

Walaupun agak lebih rumit, tapi kita tetap dapat menghitung luas tanah tersebut. Kamu bisa mengikuti rumus pengukuran luas lahan tanah berbentuk tidak beraturan atau simetris yang akan dibagikan di bawah ini.

Hal yang harus dilakukan pertama kali saat menghitung lahan tak beraturan atau asimetris ialah dengan membagi lahan ke dalam bentuk-bentuk segitiga. Jika sudah terbagi ke dalam beberapa segitiga, selanjutnya Kamu bisa menghitung luas lahan sebenarnya.

Rumus menghitung luas tanah asimetris/tidak beraturan :

L = √(S x (S-A) x (S-B) x (S-X)

Terkait:  Cara Hitung Bunga Pinjaman

S = (A+B+C) / 2

Keterangan :

A B C = Panjang sisi-sisi pada segitiga

s = setengah keliling segitiga

L = Luas Segitiga

Contoh Luas Segitiga 1 :

Diketahui A = 5, B = 6, C = 7

Maka, s = (5+6+7) : 2 = 9

Jadi, L = √(9 x (9-5)x(9-6)x(9-7) = 14,69 m2

Setelah mengetahui luas dari setiap bagian pada segitiga, Kamu cukup menjumlahkan luas dari tiap-tiap segitiga tersebut. Adapun hasil total dari keseluruhan luas pada tap segitiga, adalah luas lahan tak beraturan.

3. Menghitung Luas Tanah Menggunakan Google Maps

Tahukah Kamu bahwa Google Maps juga digunakan untuk menghitung luas tanah? Pasti bingung, kan? Ya, Google Maps selain dapat digunakan untuk menentukan arah atau lokasi suatu tempat, ternyata juga dapat digunakan untuk mengukur luas tanah.

Ada beberapa cara hitug luas tanah menggunakan Google Maps, diantaranya sebagai berikut :

  • Silahkan buka Google Maps milikmu di perangkat Hp.
  • Klik ikon satelit jika inging mengganti tampilan pada layar Hp ke dalam penampakan satelit.
  • Setelah itu, tinggal cari saja bidang tanah tertentu yang luas lahannya ingin diukur.
  • Kamu bisa memasukkan tempat lahan di kolom penelusuran, klik enter,
  • Setelah lokasi lahannya muncul, lalu tekan zoom in jika ingin memperbesar ukuran tampilan lahan supaya lebih jelas.
  • Jika sudah, silahkan lakukan pengaturan tata letak bagian awal juga akhir tanah.
  • Selanjutnya, klik kanan pada area lahan tertentu yang sudah ditandai.
  • Lalu pilih ikon pengukuran jarak.

Jika langkah-langkah di atas sudah dilakukan dengan benar, maka hasil pengukurannya akan langsung muncul sesuai dengan garis pengukuran yang sudah ditandai sebelumnya. Jika sudah, maka Kamu pun sudah sukses mengukur tanah menggunakan Google Maps.

4 . Menghitung Luas Tanah Menggunakan Software Autocad

Jika Kamu merasa ribet, tak ada salahnya memakai software autocad. Mungkin bagi orang-orang yang belajar teknik, sudah familiar dengan software yang satu ini. Autocad juga dapat diandalkan untuk mengukur luar tanah dengan lebihh praktis dan mudah.

Kamu bisa menggunakan jenis Autocad DraftSight. Menariknya lagi SN software tersebut dapat diperole cuma-cuma tanpa pungutan biaya sepeser pun.

Terkait:  Cara Baca Bahasa Inggris

Nah, jika Kamu telah mengunduh serta menginstal software Autocad DraftSight, di bawah ini cara hitung luas tanah menggunakan Autocad yang dapat dicoba :

  • Pertama-tama silahkan rancang gambar denah menggunakan garis polyline. Sampai keseluruhan garisnya tampak menyambung.
  • Lalu klik di tiap garis yang telah digambar untuk melakukan block pada semua bidang. Selanjutnya, garis sebelumnya yang terlihat lurus akan tampak putus-putus.
  • Ketikkan “li” di opsi “command section”. Lalu tekan “enter”.
  • Setelah dilakukan, akan muncul menu halaman baru dengan mencantumkan berbagai macam informasi bidang gambar yang sudah dibuat berikut luas lahannya.

Bagi Kamu yang bisa mengoperasikan software yang satu ini tentu bisa dibilang bahwa cara ini paling praktis dan mudah. Kamu hanya memerlukan sedikit bakat dan skill menggambar saja, terlebih lagi untuk perhitungan luas tanah menggunaka software di PC/komputer.

Bahkan semakin baik skill dan semakin detail Kamu menggambar memakai software Autocad, hasil perhitungan luas tanah yang Kamu lakukan juga semakin akurat dan tepat.

Dengan pilihan cara hitung luas tanah dan tingkat kerumitan yang berbeda di atas, tentu saja menghasilkan tingkat akurasi berbeda. Kini tinggal Kamu yang memutuskan ingin memakai metode yang mana. Apakah ingin memakai rumus perhitungan manual, Google Maps atau Autocad? Semoga membantu!

15 Artikel Populer yang Direkomendasikan :

Related posts