Cara Hitung Lingkar Pinggang

Cara hitung lingkar pinggang penting bagi Kamu yang sedang menjalanka program diet dan saat hendak membeli celana. Karena kedua aktivitas ini membutuhkan ukuran pinggang. Selain itu, dengan mengetahui lingkar pinggang, maka bisa diketahui kondisi tubuh apakah terlalu gemuk, terlalu kurus atau justru sudah ideal. Hanya saja biasanya ukuran pada lingkar pinggang sendiri tidak dapat dijadikan sebagai patokan untuk mendiagnosa kondisi kesehatan atau penyakit tertentu.

Cara Hitung Lingkar Pinggang

Cara Hitung Lingkar Pinggang
Mengukur Lingkar Pinggang

Mengukur Lingkar Pinggang

Jika Kamu ingin mengetahui ukuran lingkar pinggang yang Kamu miliki, maka cukup ikuti tutorial cara hitung lingkar pinggang di bawah ini :

1. Buka Baju

Untuk mengukur lingkar pinggang secara akurat, pastikan pita meteran sebagai alat ukur pinggang langsung menempel di bagian perut. Oleh karenanya, Kamu bisa melakukannya dengan cara melepaskan baju yang menutupi bagian pinggang. Silahkan angkat atau lepas baju hingga di bagian bawah dada. Apabila celana yang Kamu pakai sampai pinggang, silahkan longgarkan kemudian turunkan hingga ke bagian pinggul.

2. Temukan Titik Pinggang

Silahkan telusuri dtepat di pinggul bagian atas dan pada bagia dasar tulang rusuk memakai jari. Nah, pinggang sendiri merupakan bagian berdaging dan lunak antara 2 bagian yang bertulang tersebut. Kamu juga bisa langsung mengetahuinya dengan cara melihat bagian terkecil pada torso. Selain itu, biasanya terdapat di bagian atas pusar.

3. Mulai Lingkarkan Meteran Pita Hingga Mengelilingi Pinggang

Pastikan posisimu berdiri tegak dengan tetap bernafas normal. Cara hitung lingkar pinggang selanjutnya ini dengan mengambil ukuran pinggang memakai pita meteran. Kamu bisa menahan bagian pangkal meteran pada pusar lalu lingkarkan meteran tersebut ke bagian belakang sampai kembali ke bagian depan.

Sebaiknya posisi metera arus dibuat sejajar dengan posisi lantai serta menempel pas tanpa menekan kulit. Meteran harus dibuat lurus jangan sampai terlilit, apalagi pada bagian belakang.

4. Tinggal Baca Angka yang Tertera Pada Meteran

Cara mengukur lingkar pinggang berikutnya ialah embuskan nafas lalu cek angka yang terdapat pada meteran. Biasanya lingkar pinggangmu ditunjukkan pada angka pertemuan antara badan dan panggal meteran. Kamu bisa melihat angkanya dalam satuan CM atau Ici, tergatung dari bagian mana yang Kamu gunakan.

5. Periksa Kembali

Silahkan ulangi pengukuran lingkar pinggang sekali lagi demi memastikan tingkat akurasi pada pengukuran yang pertama. Apabila hasilnya berbeda, silahkan lakukan cara hitung lingkar pinggang yang ketiga kalinya. Lalu ambil rata-rata ketiga hasil dari pengukuran tersebut.

Cara Membaca Hasil Mengukur Lingkar Pinggang

Setelah melakukan cara hitung lingkar pinggang di atas, Kamu kini tinggal membaca hasilnya saja. Berikut ada beberapa panduan untuk menafsirkan hasil dari mengukur lingkar pinggangmu bagi wanita :

  • Lingkar pinggang ideal, jika ukurannya tidak lebih dari 80 cm.
  • Lingkar pinggang cukup besar, berkisar antara ukuran 80-88 cm dan saatnya Kamu harus menurunkan bobot badan.
  • Lingkar pinggang yang ukurannya di atas 88 cm, maka bisa dikatakan terlalu besar. Kamu bisa saja beresiko obesitas atau penyakit tertentu.

Sementara bagi pria sendiri, ada beberapa panduan cara mengecek hasil pengukuran pada lingkar pinggang, berikut ini :

  • Pada lingkar pinggang yang ideal untuk pria, biasanya di bawah 90 cm.
  • Untuk lingkar pinggang berkategori sedikit besar yaitu 90-102, dari sini Kamu harus memulai program diet.
  • Jika lingkar pinggangmu melebihi 102 cm, ini terlalu besar dan bisa saja beresiko mengalami penyakit tertentu.

Beberapa pakar kesehatan menyatakan bahwa pria dianggap masih aman apabila mempunyai ukuran lingkar pinggang sekitar 94 cm. Akan tetapi, jika Kamu melihat adanya lemak yang bergelambir pada area pinggang, ini artinya Kamu harus sudah mulai melakukan pola hidup sehat.

Selain itu, perlu diingat bahwa tak ada jenis olahraga apapun yang bisa membakar lemak secara spesifik pada area pinggang. Jika Kamu ingin menyusutkan tumpukan lemak, sebaiknya kurangi asupan kalori keseluruhan dengan aktif bergerak dan bisa coba cara defisit kalori ringan.

Fakta Penting Mengukur Lingkar Pinggang

Sebagian orang mungkin mengaggap bahwa cara hitung lingkar pinggang adalah kegiatan yang hanya buang-buang waktu saja, tapi justru ada beberapa hal terkait pentingnya mengukur lingkar pinggang, berikut ini :

1. Ketahui Ukuran Lingkar Pinggang Normal

Mengukur lemak dalam tubuh selama ini identik dengan obesitas atau kegemukan. Biasanya orang memakai metode IMT (Indeks Massa Tubuh) untuk mengetahuinya. Caranya dengan membagi nilai bobot badan dalam Kg dengan tinggi badan dalam satuan meter dikuadratkan. Apabila hasilnya di atas 25, ini artinya tubuh mengalami obesitas atau berat badan berlebih.

Namun justru ada cara paling akurat dan lebih mudah dalam mengukur berat badan berlebih. Adapun cara tersebut ialah dengan mengukur pinggang memakai pita meteran. Untuk standar ideal lingkar pinggang sendiri, sudah dibahas di atas. Kamu bisa membandingkannya dengan hasil pengukuranmu.

2. Pentingnya Memperhatikan Ukuran Lingkar Pinggang

Apa sih pentingnya mengetahui ukuran lingkar pinggang? Ya, kita harus memperhatikan lingkar pinggang karena distribusi lemak dalam tubuh paling dominan ialah panggul, perut, dan pinggang. Sebab jaringan lemak paling banyak pada bagian perut, jadi depositnya akan lebih banyak pada bagian tersebut.

Jadi, apabila lemak telah menumpuk pada bagian tengah tubuh, biasanya bisa terjadi kasus obesitas abdonimal atau setral.

3. Ukur Lingkar Pinggang Memakai Perbandingan Rasio Waist to Hip

Selain mengetahui ukuran ideal lingkar pinggang harus kurang dari 80 cm, Kamu bisa mencoba metode lain untuk membuat indikasi tersebut lebih akurat. Menurut distribusi lemak pada tubuh, demi mengetahui penumpukan lemak di rongga perut bisa dikatahui lewat perbandingan, yaitu antara ukuran pada lingkar pinggul dengan lingkar pinggang yang disebut sebagai rasio waist to hip atau rasio antara lingkar pinggang denngan pinggul.

Selain menyebabkan berbagai macam penyakit kardioserebro vasular atau kardiovaskular, baik itu stroke, jantung koroner maupun hipertensi, biasanya kondisi pinggang yang melar juga bisa mengindikasikan penyakit diabetes melitus.

4. Ikuti Tips Agar Tubuh Ideal

Setelah Kamu mengetahui ukuran lingkar pinggangmu, dan didapat bahwa ternyata lingkar pinggang yang Kamu miliki melebihi batas ideal, maka tak ada salahnya mencoba hal-hal di bawah ini :

  • Lakukan olahraga secara rutin, biasakan dengan jogging setiap hari di pagi hari dengan teratur.
  • Jaga asupan pola makan, terapkan konsep dengan mengurangi asupan karbohidrat sederhana dan beralih ke asupan karbohidrat kompleks.
  • Lakukan gerakan melatih panggul. Dengan berbaring di atas lantai kemudian buat posisimu hingga senyaman mungkin. Silahkan angkat bagian lutut kira-kira sekitar 90 derajat lalu angkat panggul ke bagian atas dan tahan hingga 30-60 detik. Kemudian turunkan dengan perlahan, silahkan lakukan cara ini sampai 15 kali sehari dengan berulang kali.

Jika dilakukan secara rutin, maka latihan kegel tersebut dapat mengencangkan perut sampai pinggang. Menariknya lagi, latihan ini juga dapat melatih bagian otot yang terdapat di sekitar paha supaya tidak menggelambir.

Nah, itulah pembahasan tentang cara hitung lingkar pinggang dan pentingnya melakukan pengukuran lingkar pinggang untuk mengecek bentuk tubuhmu. Kamu juga bisa mengukur lingkar pinggang dengan kalkulator ideal waist ini!

15 Artikel Populer yang Direkomendasikan :

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019