Cara Membaca Ebook Gratis

Bagaimana cara membaca ebook gratis? Mungkin sampai saat ini, orang masih gemar mmebaca buku daripada membaca ebook. Selain itu, berdasarkan penelitian juga telah menunjukkan jika membaca buku memiliki manfaat lebih banyak daripada ebook. Dimana membuat pembacanya lebih mampu mengingat, membuat otak menjadi lebih aktif, hingga memperpanjang usia bagi harapan hidup seseorang.

Meskipun demikian, penggunaan ebook bukan berarti tidak memiliki manfaat sama sekali. Ebook justru leibh praktis, dengan akses buku lebih luas, menghemat tempat serta harganya pun lebih murah. Meskipun ebook memiliki kekurangan karena seringkali membuat pembacanya tidak nyaman.

Cara Membaca Ebook Gratis

Cara Membaca Ebook Gratis
Tutorial Membaca Ebook Gratis

Panduan Membaca Ebook Gratis via Aplikasi

Melalui internet, Kamu bisa berpeluang untuk mengakses berbagai macam hal termasuk bisa membaca ebook gratisan. Jika Kamu ingin membaca ebook tapi tidak memiliki banyak uang, maka tak ada salahnya mencoba aplikasi gratis untuk membaca ebook di bawah ini!

1. Membaca eBook di iPusnas

Jika Kamu gemar membaca buku yang berbahasa Indonesia, kini Pemerintah sudah membuat aplikasi membaca dan meminjam buku gratis. Cara membaca ebook gratis di iPusnas sendiri, cukup mendownload aplikasi iPusnas via tablet atau ponsel saja. Selanjutnya Kamu bisa meminjam satu atau beberapa dari ribuan buku yang ada di Perpustakaan Nasional dengan cara digital.

Terkait:  Cara Membaca Laporan Keuangan

Hanya dengan satu akun saja, Kamu bisa meminjam setidaknya 3 buku berdurasi 3 hari untuk tiap bukunya. Sesudah itu, maka buku secara otomatis akan dikembalikan dan Kamu pun harus meminta untuk meminjamnya kembali.

2. Membaca eBook di Google Books

Salah satu aplikasi favorit yang banyak digemari untuk pembelian buku ialah Google Books. Pada aplikasi, Kamu bisa menyorot kalimat melalui berbagai macam warna, mencari arti kata yang Kamu inginkan lewat kamus didalamnya dan membuat catatan.

Selain itu, Google Books kerap menawarkan diskon sesekali bagi penjualan buku populer. Sehingga pastikan untuk selalu mengeceknya setiap minggu jika perlu. Namun tenang saja, jika Kamu sedang mencari ebook gratisan atau tanpa bayar, tinggal telusuri Google Books saja. Selanjutnya Kamu akan mendapatkan ebook terlaris gratisan  yang bisa dibaca sepuasnya.

3. Membaca ebook Gratisan di WattPad

Cara membaca ebook gratisan lainnya bisa Kamu dapatkan di WattPad. Aplikasi ini memang sedang populer sebagai aplikasi yang sering digunakan untuk membaca ebook. Bahkan ada ribuan buku dengan genre beragam yang dapat Kamu nikmati secara gratis, sebut saja genre romance, youth, horror, dan juga comedy.

Hanya saja, meskipun gratisan aplikasi WattPad sendiri hanya dapat diakses saat terkoneksi jaringan internet.

4. Membaca eBook di Librivox

Selain ebook, ada aplikasi menarik yang mungkin bisa dicoba jika Kamu merasa monoton untuk membaca buku. Salah satunya ialah dengan mendengarkan buku lewat buku audio. Dimana buku audio sendiri ialah buku yang direkam dan dibaca secara digital, karenanya Kamu akan mendapatkan sensasi seolah membacanya meskipun tidak membacanya. Aplikasi ini menawarkan buku audio yang beragam pada judul yang bisa Kamu temukan dalam project Gutenburg.

Ada beberapa pada proyek ini yang diujicobakan dengan sukarela, sehingga mungkin ada beberapa kualitasnya yang tak sebaik harapan. Tapi aplikasi yang satu ini dapat dijadikan pilihan bagi yang tengah mencari audio book gratisan.

Terkait:  Cara Membaca Saham

5. Membaca eBook di Manybooks.net

Manybooks.net adalah salah satu web yang bisa Kamu manfaatkan untuk mendapatkan ebook gratisan. Web ini didirikan sejak tahun 2004 lalu dan mereka telah menjual lebih banyak buku dengan potongan harga. Jika Kamu gemar membaca roman dan horor, maka mereka memiliki pilihan lebih banyak disini. Kamu bisa membacanya di web secara langsung atau mengunduhnya.

6. Membaca Ebook di Amazon Kindle

Jika Kamu ingin membaca ebook gratisan, silahkan ketikkan saja free kindle pada jendela browser. Keuntungan kindle sendiri ialah sistem stabilonya dibuat berwarna-warni dengan navigator yang user friendly. Selain itu, mereka juga mempunyai fitur X-Ray yang dapat digunakan untuk mencari judul, nama, maupun tempat yang telah terlupakan, bahkan bisa membuat kalimat pada buku jenis apapun.

Jika Kamu gemar menulis, maka ada beberapa buku yang menawarkan layanan mempromosikan bukumu lewat review yang ada di Amazon atau lewat buletin.

7. Membaca Ebook di Gutenberg Project

Gutenberg Project dimulai sejak tahun 1971 bertujuan untuk memperluas penyaluran ebook. Gutenberg sendiri sudah mempunyai 67.500 bahkan lebih ebook yang dapat diakses gratis. Kamu harus tahu bahwa sebagian besar ebook di sini kebanyakan sudah masuk domain publik mengingat pemakaiannya sudah kadaluwarsa.

8. Membaca Ebook di Open Library

Cara membaca ebook gratis lainnya ialah di Open Library. Jika sebelumnya iPusnas merupakan bibliotek dengan menyediakan buku-buku yang berbahasa INdonesia, nah Open Library sendiri berpusat di negara Amerika Serikat. Buku-buku tersebut telah disumbangkan oleh para biblotek dari negara bagian California sebagai penghubung antara penerbit dan pembaca.

Menariknya, di sini Kamu bisa mendownload buku baik dalam benduk epub atau pdf kemudian tinggal baca saja di hpmu. Salinan buku tersebut tentu saja sudah dilindungi oleh hak cipta serta tidak bisa didistribusikan dengan cara luas.

Terkait:  Cara Membaca Tensi Digital

8. Membaca Ebook di Storial.co

Storial merupakan web khusus dibuat anak-anak Indonesia dan diciptakan untuk mempertemukan banyak penulis yang berbagi hasil karya dengan pembaca. Selain versi webnya, Storial menawarkan aplikasi yang bisa didownload gratisan. Karenanya Kamu bisa membaca ebook via hp saja. Adapun genre buku yang bisa Kamu pilih bervariasi, seperti horor, fiksi ilmiah, metropolitan dan roman.

Storial cenderung lebih menekankan pada cerita metropolitan dan yang berkaitan dengan anak muda. Sehingga cocok bagi Kamu yang menyukai genre ini. Selain itu, platform ini juga sering menerbitkan cerita-cerita yang populer dan mengadakan acara lomba menulis di websitenya.

9. Membaca Ebook di Get Free Ebooks

Jika Kamu tertarik membaca ebook gratisan juga legal, maka Kamu bisa berkunjung langsung ke Get Free Ebooks . Ada banyak jenis ebook yang dapat dibaca dengan lebih fleksibel. Selain gratis, ebook yang ada di sini juga bisa Kamu download secara legal.

Belum lagi, ketersediaan buku yang ada di website ini dikategorikan menurut temanya. Misalnya, Kamu mencari informasi terkait kanker ovarium, jadi ada sebanyak 27 judul buku kira-kira yang sedang membahas tema tersebut berbentuk Pdf. Dimana semuanya sudah dikumpulkan pada satu ulasan disertai oleh link unduhan ebook terkait. Adapun tema-tema ebook yang ditampilkan menyesuaikan tren yang sedang populer saat ini.

10. Membaca EBook di Centsless Books

Kamu juga bisa membaca buku gratisan yang bisa didownload lewat Centsless Books. Di sini terdapat banyak pilihan jenis buku yang bisa diakses gratis lewat Kindle. Dari ebook populer sampai klasik, Kamu bisa menemukan semuanya di sini.

Semua buku tersebut dikategorikan lewat beberapa kategori, diantaranya fantasi, romance, referensi, self help, nonfiksi, medis, hukum, parenting, travel, buku anak-anak dan sejarah. Jadi, bagi yang gemar membaca buku situs yang satu ini sangat membantu.

Itulah 10 cara membaca ebook gratis di platform atau situs yang dapat Kamu manfaatkan. Dapatkan informasi menarik melalui ebook dan nikmati kemudahannya mengunduh ebook favorit atau yang Kamu cari!

Related posts