Cara Hitung Wallpaper

Wallpaper bisa memberikan tambahan corak, warna hingga tekstur. Dengan demikian menjadikan ruangan lebih nyaman. Bagi Kamu yang tertarik memasang wallpaper di rumah, maka cara hitung wallpaper dengan akurat bisa membantumu untuk membeli wallpaper dengan jumlah yang sesuai. Selain itu, dengan mengetahui  ukuran pola wallpaper dan luas permukaan dindin, Kamu pun bisa memperkirakan berapa banyak rol kertas dinding yang diperlukan

Mengenal Wallpaper Dinding

Wallpaper dinding merupakan material berbentuk lembaran yang disajikan lewat motif tertentu dan diaplikasikan dengan cara ditempel di dinding. Berguna sebagai dekorasi untuk dinding. Walaupun wallpaper berarti kertas dinding, tapi ternyata pembuatannya terbuat dari berbagai macam bahan yang bervariasi, biasanya terbuat dari bahan sintetis.

Selain itu, wallpaper dinding klasik berbentuk lembaran besar dengan kemasan roll. Akan tetapi, kini ada berbagai pilihan model wallpaper berbentuk panel yang terdiri dari berbagai jenis ukuran.

Dimana salah satu jenis model wallpaper dari panel yang cukup populer ialah wallpaper yang berukuran sekitar 70 x 77 cm2. Biasanya wallpaper tersebut terbuat dari material foam dengan tekstur 3 dimensi.

Ada beberapa keunggulan wallpaper dinding dari panel foam tersebut diantaranya : memiliki tekstur 3D yang terlihat seperti asli, gampang dibersihkan, terbuat dari bahan yang kedap suara, anti air, sudah memiliki perekat sendiri jadi gampang dipasang, memiliki ketebalan 3-5 mm bisa meredam benturan dan tahan lama.

Cara Hitung Wallpaper

Cara Hitung Wallpaper
Menghitung Wallpaper Dinding

Menghitung Wallpaper Untuk Kebutuhan Dinding Ruangan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam cara hitung wallpaper untuk kebutuhan dinding ruangan. Berikut tahapan-tahapannya :

Terkait:  Cara Hitung PPH 21

1. Cara Menghitung Luas Pada Dinding Ruangan

Sebelum menghitung wallpaper yang dibutuhkan untuk kebutuhan dindin ruangan, pastikan Kamu mengukur luas dinding ruangan terlebih dahulu. Adapun untuk menentukan luas dinding pada ruangan, Kamu bisa menjumlahkan masing-masing luas dinding pada ruangan tersebut. Dimana bentuk standar sebuah ruangan ialah berbentuk persegi panjang. Biasanya ruangan yang berbentuk persegi panjang ini terdapat 4 dinding. Jadi untuk mengukur luas dinding dalam ruangan, Kamu dapat menjumlahkan luas pada keempat dinding itu sendiri.

Sebagai contoh, Kamu ingin melakukan perhitungan luas dinding dalam ruang tamu yang ukurannya sekitar 5 m x 3 m dengan tinggi 3 meter.

Jadi, Kamu bisa menghitung besarnya luas dinding dalam ruangan tersebut menggunakan cara di bawah ini :

  • Luas dinding pertama = tinggi x panjang = 3 m x 5 m = 15 m2.
  • Luas dinding kedua = tinggi x lebar = 3 m x 3 m = 9 m2
  • Luas dinding ketiga = tinggi x panjang = 3 m x 5 m = 15 m2
  • Luas dinding keempat = tinggi  x lebar = 3 m x 3 m = 9 m2
  • Luas dinding ruangan total = 15 m2 + 9 m2 + 15 m2 + 9 m2= 48 m2

Untuk perhitungan luas dindig dalam ruangan, Kamu bisa memakai rumus berikut :

Lt = 2pt + 2lt = (2x5x3)+(2x3x3) = 48m2

2. Cara Menghitung Luas Pada Dinding yang Ingin Ditempelkan Wallpaper

Cara hitung wallpaper juga dapat dilakukan dengan menghitung luas pada dinding yang ingin ditempelkan wallpaper. Maka dari itu, terdapat bagian pada luasan dinding tertentu yang tidak akan ditempelkan oleh wallpaper.

Pada umumnya, ukuran luas dinding tertentu yang ingin ditemepli wallpaper adalah luas todal dari dinding ruangan tersebut dikurangi oleh luasan tanpa menggunakan wallpaper.

Berdasarkan contoh di atas, ruang tamu yan Kamu miliki misalkan mempunyai 1 jendela dan 2 pintu. Diketahui ukuran masing-masing kusen pintu dalam ruangan tersebut yaitu 1 meter x 2 meter dengan ukuran kusen pada jendela yaitu 1,2 meter x 1,5 meter. Untuk kasus ini, misalnya area jendela dan pintu tersebut tak ditempelkan wallpaper.

Terkait:  Cara Hitung Bunga Pinjaman

Luas dinding wallpaper = Total luas dinding – luas dinding tanpa menggunakan wallpaper.

Lw = Lt – Ltw

Diketahui bahwa :

Lt : Luas total dinding sebesar 48 m2

Ltw = (2 x 1) + (2 x 1) + (1,5 x 1,2) = 2+2+1,8 = 5,8 m2

Lw = 48 m2 – 5,8 m2 = 42,4 m2

3. Cara Menghitung Wallpaper 70 x 77 cm2

Cara hitung wallpaper yang dibutuhkan untuk dinding menggukana rumus luas dinding ruangan yang ditempel oleh wallpaper kemudian dibagi luas wallpaper satuan. Luas wallpaper satuan adalah 70 cm x 77 cm  = 5.390 cm2 = 0,539 m2

Berdasarkan contoh di atas, keperluan wallpaper dengan ukuran 70 cm x 77 cm, maka cara menghitung wallpaper menjadi 42,2/0,539 = 78,29, jika dibulatkan menjadi 79 lembar wallpaper.

Dengan kata lain, bisa disimpulkan bahwa kebutuhan wallpaper dinding yang diperlukan untuk dinding ruang tamu Kamu ialah 79 lembar. Akan tetapi, lebih bijak lagi jika Kamu menyediakan tambahan wallpaper beberapa lembar  untuk dijadikan cadangan.

Cara Memasang Wallpaper Sendiri

Setelah menghitung kebutuhan wallpaper dengan cara hitung wallpaper di atas, kini saatnya Kamu memasang wallpaper. Dibandingkan harus mempersiapkan biaya renovasi untuk rumah yang semakin membengkak karena Kamu harus memasang wallpaper menggunakan jasa tukang, tentu akan lebih hemat jika mencoba memasangnya sendiri.

Ada beberapa tahapan cara memasang wallpaper sendiri di rumah tanpa jasa tukang bangunan, yang bisa Kamu coba berikut :

1. Persiapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan

Langkah pertama yang harus dilakukan ialah dengan mempersiapkan wallpaper yang sudah Kamu hitung kebutuhannya. Persiapkan pula alat dan bahan yang diperlukan, seperti lem khusus berikut kuasnya, pensil, alas bahan plastik, kain perca, penggaris, meteran, gunting, pen cutter, tanggadan plum bob.

2. Dinding Harus Terbebas dari Rembesan

Metode untuk memasang wallpaper selanjutnya ialah pastikan terlebih dahulu dinding dalam keadaan yang kering dan tidak terkena rembesan. Pemasangan wallpaper bisa lebih awet apabila diterapkan di sudut dinding kering yang terbebas dari air hujan.

Terkait:  Cara Hitung Cicilan KPR

Hal  ini dikarenakan, ruangan yang memiliki kelembaban tinggi dapat menyebabkan wallpaper gampang terkelupas. Dengan begitu, fungsinya tak akan jauh berbeda dari cat biasanya.

3. Meratakan Seluruh Permukaan Dinding

Jika alat dan bahan sudah dipersiapkan, dan dinding sudah dipastikan tidak rembes. Kamu juga sudah menghitung kebutuhan wallpaper dengan cara hitung wallpaper di atas, kini Kamu tinggal membersihkan dinding yang akan dipasangi wallpaper dan meratakan seluruh bagian permukaannya. Sehingga wallpaper bisa terpasang dengan sempurna.

Jika ada sudut dinding lembab, Kamu bisa mengelupaskan lapisan catnya lalu tambal menggunakan dempul tembok. Sedangkan jika menemukan adanya lubang atau tonjolan di dinding yang bekas dipasangi paku menempel, Kamu bisa mengikis lalu menambal bagian tersebut supaya dinding terlihat merata.

4. Mencegah Supaya Wallpaper Tidak Robek

Ukuran lebar dan tinggi dinding yang telah dilakukan sebelumnya, kini Kamu tinggal menerapkan ukuran tersebut ke dalam wallpaper yang ingin dipasang. Coba sisakan beberapa sentimeter, untuk mencegah apabila wallpaper sewaktu-waktu tidak pas atau sobek.

Pakai pensil jika ingin menandai lebar dan panjang dinding yang telah diukur. Akan tetapi jangan sampai terlalu tebal khususnya jika wallpaper yang Kamu pasang motifnya berwarna cerah. Kamu harus benar-benar sesuai melakukan poin ini agar hasilnya lebih maksimal. Jika sudah Kamu tinggal memotong wallpaper sesuai dengan ukuran yang sudah ditetapkan.

5. Persiapkan Lem Wallpaper

Paling tidak, Kamu bisa memakai 2 adonan lem. Adonan yang pertama gunakan untuk meratakan bagian permukaan wallpaper, yang kedua digunakan untuk menyambungkan setiap wallpaper.

Oleskan lem pada wallpaper sekali saja memakai kuas khusus. Silahkan balurkan dengan hati-hati jangan sampai terlihat terlalu basah.

6. Tempelkan Wallpaper

Tahap terakhir ilalah tinggal menempelkan wallpaper yang sudah dibalurkan lem tadi. Kamu bisa memasang wallpaper, dari bawah permukaan sampai ke bagian atas permukaan dinding.

Nah, itulah panduan lengkap cara hitung wallpaper. Kamu juga bisa membaca beragam ulasan menarik dari penulis lain di web ini untuk menambah wawasan.

Baru Diulas:

Related posts