Cara Hitung Ukuran Cincin

Cincin bisa dikatakan sebagai alat yag sakral dalam pernikahan. Karena cincin biasanya dijadikan sebagai mahar untuk pasangan yang akan menikah. Selain bahan dan desain yang harus diperhatikan, tentu saja faktor penting dalam memilih cincin ialah cara hitung ukuran cincin. Hal ini dilakukan agar kita bisa mengetahui ukuran cincin yang pas sesuai dengan jari kita.

Ukuran cincin sebenarnya hal penting yang harus diketahui jika hendak membeli cincin untuk nikah ataupun koleksi pribadi. Hal ini dikarenakan ukuran tersebut juga berpengaruh terhadap model maupun harga cincin tersebut itu sendiri. Jika Kamu sudah mengetahui ukuran cincin, selanjutnya Kamu tinggal memilih bahan dan model cincin.

Sebenarnya ada banyak faktor kenapa penting sekali cara hitung ukuran cincin. Salah satu faktor tersebut ialah karena biasanya ada perasaan kurang nyaman ketika menggunakannya. Selain itu, jika ukurannya sempit bisa menimbulkan iritasi pada kulit. Parahnya lagi, cincin yang kekecilan dapat menghambat aliran darah. Sebaliknya, cincin yang terlalu longgar membuatnya lebih gampang terlepas.

Biasanya cincin yang dijual di toko perhiasan sudah memiliki ukuran tersendiri. Selain itu, standar ukuran pada cincin yang umumnya digunaka wanita Indonesia yaitu mulai dari 10-18. Dimana ukuran tersebut ditentukan berdasarkan diameter cincin. Melalui ukuran tersebut, Kamu hanya perlu menyebutkan saja ke toko perhiasan agar mereka mengetahui ukuran cincin yang dibuat.

Cara Hitung Ukuran Cincin

Cara Hitung Ukuran Cincin
Menghitung Ukuran Cincin

Menghitung Ukuran Cincin Dengan Kertas

Ada beberapa panduan cara hitung ukuran cincin dengan kertas yang bisa Kamu coba untuk mendapatkan ukuran yang pas baik untuk koleksi maupun pernikahan. Dalam cara yang pertama ini, kita bisa mencoba tabel konversi. Berikut ulasannya :

1. Pilih Tabel Konversi Untuk Ukuran Cincin di Internet

Sebenarnya ada beberapa web yang menampilkan tabel ukuran cincin untuk bisa membantumu mengubah satuan cm dan inci ke dalam ukuran cincin. Silahkan cetak tabel tersebut atau cukup dengan menandai halaman agar Kamu bisa membukanya kapan saja. Kamu bisa mengunjungi web tersebut untuk mendapatkan tabelnya.

Tabel cara menghitung ukuran cincin sendiri terdiri atas baris dan kolom dengan ukuran cincin di sebelah ukuran jari. Jadi Kamu dapat melakukan konversi ukuran diameter jari ke dalam ukuran cincin standar. Kamu bisa menemukan tabel konversi tersebut di web justmensrings.

2. Memotong Strip Kertas Cukup Panjang Agar Pas Mengelilingi Jari

Pakai kertas tertentu yang cukup kuat agar tidak gampang sobek ketika dibalutkan. Kamu bisa menggunakan kertas VS atau karton. Ketika memotong kertas memakai gunting, sebaiknya perkirakan panjang yang dibutuhkan agar bisa mengelilingi jari. Namun sebaiknya ukuran lebar atau panjangnya tak perlu sama persis.

3. Terapkan Lembar Kertas Dengan Membalutkannya ke Buku Jari Sampai Pas

Balutkan kertas ke dalam buku jari yang ingin Kamu pasangi cincin agar hasilnya akurat. Jika sudah dikencangkan, sebaiknya pastikan kertas tersebut dapat menyelip lewat buku jari di kedua arah.

4. Buat Garis Untuk Menandai Tempat Pertemuan Pada Kedua Ujung Kertas

Cara hitung ukuran cincin pada pria berikutnya, Kamu harus membuat garis untuk menunjukkan tempat persisnya pnggiran bagian bawah kertas yang mengenai bagian atasnya. Jika kesulitan untuk menjaga posisinya, minta bantuan keluarga atau teman.

5. Pakai Penggaris Untuk Pengukuran Kertas

Agar lebih akurat, Kamu bisa mengukur potongan kertas menggunakan satuan cm. Satuan sentimeter inilah yang digunakan dalam cara menghitung ukuran cincinmu.

6. Memakai Tabel Konversi Dalam Menentukan Size Cincin

Cari ukuran jarimu di samping kiri tabel. lalu, cek baris di kolom yang didalamnya berisi size cincinmu.

7. Mengukur Cincin Kembali Agar Lebih Akurat

Silahkan ulangi proses pengukuran cincin kembali menggunakan kertas baru. Apabila Kamu mendapatkan hasil pengukuran yang sama, maka bisa dipastikan jika ukuran tersebut memang sudah tepat. Jika hasilnya berbeda, silahkan ulangi cara hitung ukuran cincin sampai yang ketiga kalinya. Jika hasil yang ketiga sesuai dengan cara pertama atau kedua, Kamu bisa memakai ukuran tersebut.

Menghitung Ukuran Cincin Dengan Bagan Ukuran

Berikut cara hitung ukuran cincin menggunakan bagan ukuran, diantaranya sebagai berikut :

1. Mencetak Ukuran Cincin via Internet

Biasanya bagian ini menampilkan banyak lingkaran mewakili berbagai ukuran cincin. Pada tiap lingkaran, Kamu bisa menandai ukurannya dengan jelas. Silahkan cetak ukuran, dan pastikan mengikuti seluruh perintah yang diberikan pada web terkait mengenai penetapan skala yang tepat. Kamu bisa mendapatkan contoh size cincin di situs web lumeradiamonds.

2. Meletakkan Cincin Pada Lingkaran Lain di Bagan Ukuran Cincin

Jika cincin terlihat pas di lingkaran, biasanya ukuranya akan terlalu besar, sedangkan jika lingkaran terlihat jelas berada di dalam cincin, maka ukurannya akan terllau keci. Kamu hanya perlu memakai cincin dengan ukuran yang benar-benar sesuai di jari yang ingin dipasangi cincin.

3. Hentikan Pengukuran Jika Menemukan Lingkaran yang Pas Pada Cincin

Apabila cincin tepat di atas lingkaran, maka Kamu sudah menemukan ukuran yang pas. Meskipun lingkaran terletak persis di bagian dalam keliling cincin, ukurannya semestinya masih cocok. Periksa kembali menggunakan lingkaran di sampingnya demi memastikan ukuran terlalu besar atau kecil dengan cincin. Jika benar, maka lingkaran di bagian tengah merupakan ukuran cincinmu yang tepat.

4. Membaca Ukuran Lingkaran

Cara menghitung ukuran cincin lainnya ialah baca ukuran pada lingkaran. Angka yang terdapat pada lingkaran seharusnya memang menunjukkan ukuran yang tepat pada cincinmu. Pakai angka tersebut jika Kamu ingin memesan cincin di toko perhiasan yang Kamu pilih.

Menghitung Ukuran Cincin Lainnya

Jika cara di atas dirasa cukup rumit dilakukan, maka Kamu bisa mencoba cara lainnya untuk mengukur cincin dengan tepat :

1. Ukur Cincin Memakai Meteran Kain

Kamu bisa mengukur cincin memakai meteran kain. Jika di rumahmu ada anggota keluarga yang mahir menjahit, sudah pasti Kamu memiliki alat yang satu ini.Meteran dapat digunakan untuk membantu mengetahui diameter jarimu dengan baik sebelum memesan cincin.

2. Langsung Pergi ke Toko Perhiasan

Cara mengetahui ukuran cincin lainnya ialah langsung pergi ke toko perhiasan dan silahkan cari cincin yang ukurannya pas dijarimu. Selain pengukurannya lebih akurat, Kamu juga tentu bisa langsung memastikan apakah cincin tersebut nyaman digunakan ataukah tidak.

Kamu juga bisa meminta toko perhiasan untuk menentukan ukuran pada jarimu. Biasanya ukuran terbaik dapat terpasang dengan tepat, tetapi juga gampang dikeluarkan.

Jadi ada 2 opsi pengukuran cincin di toko perhiasan, Kamu bisa mencoba cincin satu per satu dan temukan cincin yang pas lalu membelinya. Atau bisa juga hanya mencobanya di tempat dan catat ukuran cincin yang pas. Selanjutnya ukuran tersebut bisa Kamu konsultasikan dengan staf toko perhiasan untuk memesan cincin yang Kamu inginkan jika cincin tersebut untuk pernikahan.

Itulah beberapa cara hitung ukuran cincin yang bisa Kamu coba praktekkan di rumah, agar mendapatkan ukuran yang pas dan tepat sesuai kebutuhanmu!

15 Artikel Populer yang Direkomendasikan :

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019