Cara Belanja di Wish

Apa itu Wish? Bagaimana cara belanja di Wish? Apa saja metode pembayaran di Wish? Bagaimana cara pendaftarannya?

Buat kalian yang senang sekali belanja online, mungkin sebagian dari kita sering kali berpindah atau menggunakan banyak sekali layanan toko online baik dari Indonesia, ataupun luar negeri.

Tentu bukan tanpa alasan, sebab kadang kadang produk yang dijual pada toko online memiliki harga yang jauh lebih murah, daripada toko offline atau store fisik yang ada.

Dan untuk kamu yang belum tahu wish merupakan salah satu layanan toko online yang menjual beragam produk yang berkualitas dan juga dengan harga yang terjangkau. Sama seperti Alibaba, wis merupakan toko online yang mana berasal dari luar negeri.

Sehingga barang-barang yang bisa kalian temukan Disini, tentunya tidak semua ada pada layangan toko online di Indonesia.

Oleh sebab itulah untuk metode pembayarannya sendiri, kita bisa menggunakan beragam payment gateway, yang biasa digunakan di luar Indonesia.

Namun, kamu tetap bisa melakukan pembelian produk melalui wish, dengan menggunakan kartu kredit ataupun Paypal.

Jika kalian memang tidak memiliki kartu kredit, kalian bisa meminta kepada teman ataupun keluarga yang memiliki kartu kredit, untuk melakukan check-out atau pembayaran produk melalui kartu kredit, dan kemudian kalian tinggal memberikan uang tunai sejumlah pembayaran yang dilakukan.

Atau Kalian juga bisa menggunakan layanan dari Paypal ataupun jenius, agar bisa menggunakan kartu kredit virtual yang legal di Indonesia.

Tapi sekarang ini, Wish juga sudah support atau mendukung pembayaran melalui layanan transfer Bank di Indonesia, ataupun merchant lain seperti Indomaret atau Alfamart.

Tapi sebelumnya, pada aplikasi wish nya sendiri, kalian harus terlebih dahulu mengganti region atau daerah negara kalian dengan indonesia. Agar metode pembayarannya juga akan mengikuti metode pembayaran yang berlaku di Indonesia.

Walaupun wish merupakan layanan toko online yang ada di luar negeri, namun pada dasarnya sistem yang digunakan tak jauh berbeda dengan layanan toko online atau ecommerce yang ada di Indonesia. Oleh sebab itu, tetap bisa melakukan pembelian produk, tanpa Rasa khawatir.

Hanya saja yang membedakan antara wish dan layanan toko online di Indonesia selain dari metode pembayaran adalah estimasi waktu penerimaan paket atau produk yang kalian pesan. Jika misalnya pada Tokopedia kita bisa menggunakan layanan gratis ongkir dengan estimasi pengiriman 2 sampai 3 hari, maka dengan menggunakan wish, estimasi waktu pengiriman bisa sampai 14 hari atau bahkan lebih.

Belum lagi dengan biaya atau ongkos kirim yang cukup besar, sebab produk yang diterima harus terlebih dahulu melalui bea Cukai.

Walaupun begitu, berbelanja atau membeli produk di Wish masih menjadi favorit sebagian penggua, terlebih untuk mereka yang senang membeli produk dari luar negeri karena suatu alasan.

Oleh karena itu jika kalian memang penasaran dan ingin mengetahui cara belanja di wish, kamu bisa menyimak ulasan berikut ini agar lebih mudah pada saat melakukan pembelian produk melalui wish.

Cara Belanja di Wish

Cara Belanja di Wish
Belanja di Wish

Buat atau Daftar akun Wish

Untuk langkah pertama, kalian bisa membuat atau mendaftarkan akun di Wish, nah disini kalian bisa melakukan pendaftaran terlebih dulu melalui aplikasi, kalian bisa mendapatkannyabsecara gratis di google play store untuk pengguna android, dan App store untuk pengguna iOS. Langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Download terlebih dahulu aplikasi Wish di platform google play store atau App Store
  2. Setelah itu, buka aplikasi wish dan lakukan pendaftaran dengan mengisi data yang dibutuhkan seperti nama depan, nama belakang, email, dan juga password
  3. Setelah itu, lengkapi semua data yang dibutuhkan, pada laman profil di aplikasi wish

Barulah setelah itu kalian tinggal ke langkah terakhir, yakni dengan melakukan verifikasi melalui link yang dikirimkan melalui email kalian. Atau kalian juga bisa kok melakukan login otomatis dengan menggunakan akun google ataupun mentautkan dengan akun sosial media kalian.

Dan kemudian, kalian sudah berhasil melakukan pendaftaran dan sudah bisa mulai untuk berbelanja di Wish seperti biasa.

Pilih Produk yang Diinginkan

Sama seperti ketika kalian berbelanja di shopee, tokopedia, atau bahkan lazada, kalian juga harus terlebih dahulu memilih produk yang akan dibeli. Disini kalian bisa menggunakan fitur pencarian dengan mengetikkan nama produk, ataupun memilih kategori produk yang lebih spesifik untuk mendapatkan produk yang diingkan.

Perlu untuk diperhatikan juga, pada saat memilih produk, pastikan produk tersebut memiliki rating atau ulasan yang baik dan juga mengetahui ulasan dari pembeli sebelumnya atas kualitas produk yang akan kalian beli.

Nah jika sudah menemukan produk yang tepat, maka selanjutnya kalian bisa mengklik tombol ‘buy’ pada produk, sampai muncul tulisan ‘item added to cart’. Setelah itu barulah kalian bisa mengklik logo trolli yang ada dibagian atas, disamping tombol kaca pembesar (cari)

Nantinya kalian akan diarahkan ke laman pembelian produk dimana akan ada detail dari produk kalian seperti ongkos kirim, harga, kupon diskon, dll. Dan jika dirasa sudah benar, kalian bisa mengklik tombol ‘checkout’ untuk melanjutkan pembayaran.

Isi Data Penerima

Setelah menekan tombol ‘checkout’, kalian akan diarahkan ke laman ‘Add New Adrress’. Disinilah penting untuk diperhatikan untuk kalian mengisi data sesuai alamat penerimaan produk yang kalian beli melalui Wish. Adapun data yang dibutuhkan ialah

  • Nama Depan
  • Nama Belakang
  • Alamat lengkap (address line 1 dan 2)
  • Country (negara)
  • State / Province
  • City
  • Zip Code
  • Phone

Setelah semua data yang dibutuhkan tadi terisi, maka kalian tinggal mengklik pada tombol ‘Place Order’. Tunggu beberapa saat, sampai akhirnya kalian diarahkan ke laman pembayaran.

Pilih Metode Pembayaran dan Lakukan Pembayaran

Terakhir, langkah yang bisa kalian lakukan adalah melakukan pembayaran sesui dengan harga produk yang kalian beli tadi. Nah, disini kalian bisa memilih beragam metode pembayaran yang berlaku, seperti.

  • Bank Mandiri
  • Bank BNI
  • Bank BRI
  • bank lain
  • dan juga Alfamart

Setelah memilih metode pembayaran yang sesuai, maka kalian tinggal mengikuti instruksi dari metode pembayaran tadi, dan melakukan pembayaran seperti biasa. Dan setelah pembayaran selesai, maka kalian tinggal menunggu produk kalian sampai dengan selamat, dan memberikan ulasan sesuai dengan kualitas produk.

Dengan adanya Wish, tentu pengguna bisa mendapatkan produk atau barang dengan kualitas import, dan mungkin tidak dijual di Indonesia, namun tentu untuk ongkos kirimnya akan lebih besar daripada di layanan ecommerce Indonesia. Walaupun begitu, tentu akan ada kepuasan sendiri ketika membeli produk dari luar negeri.

Dan itulah tadi cara belanja di Wish yang bisa kamu coba untuk membeli produk di aplikasi Wish dengan mudah. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi