Cara Cek Ongkir

  • Whatsapp

Seiring dengan budaya belanja online yang semakin marak di Indonesia, tentu saja semakin menambah deretan perusahaan ekspedisi yang banyak dimanfaatkan oleh para pemilik online shop. Dengan jasa ekspedisi yang ada, tentu saja semua pemilik usaha dan konsumen merasa terbantu, karena mereka tak perlu lagi repot-repot harus membeli barang kebutuhan, sebab semuanya sudah bisa dilakukan hanya dalam satu klik saja. Maka dari itu, para pemilik online shop wajib tahu cara cek ongkir jasa ekspedisi.

Awalnya untuk bisa berdagang, Kamu harus menyewa sebuah tempat usaha terlebih dahulu. Selain itu, Kamu juga harus menunggu sampai pembeli datang ke tokomu.

Read More

Saat itu toko offline hanya dapat menjangkau masyarakat yang disekitarnya saja, jadi wajar rasanya jika pemasukan menjadi kurang maksimal, terlebih sekarang ini untuk penyewaan tempat usaha sendiri harganya cukup fantastik.

Akan tetapi berbanding jauh dengan saat ini, dimana online shop dapat Kamu gunakan untuk mempromosikan produk jualanmu.

Cek Ongkir

Caranya juga sangat mudah dan simpel, Kamu hanya perlu melakukan registrasi akun di situs-situs marketplace lalu upload foto produk yang Kamu jual, dan tentu saja tidak membutuhkan sewa tempat usaha yang harganya mahal.

Kini ada banyak pilihan marketplace atau ecommerce yang ada di Indonesia, mulai dari Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, Lazada, Zalora, Elevenia, JDID dan lain sebagainya.

Guna kelancaran dalam berbisnis online, tentu saja jasa ekspedisi memiliki peranan yang begitu penting. Kenapa? karena konsumen yang membeli produk mereka memiliki jangkauan yang luas hingga ke seluruh Indonesia, bahkan tak jarang hingga ke luar negeri.

Nah, dengan memakai jasa ekspedisi produk semuanya dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, namun sebelumnya Kamu harus tahu cara cek ongkir terlebih dahulu.

Cara Cek Ongkir Jasa Ekspedisi

Cara Cek Ongkir
Cek Ongkos Kirim | IMG: Freepik.com

Bagi pelanggan atau konsumen, ongkos kirim memiliki pengaruh yang besar, terlebih jika ada online shop yang menyediakan layanan gratis ongkir.

Sudah tentu langsung diserbu oleh banyak pengunjung. Bahkan sedikit saja selisih ongkir pasti akan diperhitungkan. Maka dari itu, Kami persiapkan ulasan cara cek ongkir dari beberapa jasa ekspedisi yang ada di Indonesia berikut ini :

Cek Ongkir JNE

Perusahaan jasa ekspedisi ini memang sudah bekerjasama dengan berbagai macam marketplace yang ada di Indonesia. Perusaaan JNE, namanya sebenarnya diambil dari singkatan Jalur Nugraha Ekakurir, sebagai perusahaan yang menyediakan layanan ekspedisi barang di tanah air.

JNE diperkenalkan pertama kali pada tahun 1990, dimana awalnya hanya menangani barang-barang import secara khusus, dokumen, serta kepabean dari mancanegara/luar negeri ke Indonesia.

Perusahaan JNE sendiri merupakan pecahan perusahaan TIKI,  namun mempunyai market berbeda. Mengingat kinerja JNE sekarang ini, perusahaan ekspedisi ini masih bisa tetap eksis di negara Indonesia.

Ada beberapa pilihan layanan yang tersedia di JNE, diantaranya JNE truckingJNE Reguler, dan JNE OKE. Tiap-tiap layanan di atas mempunyai kelebihan yang berbeda.

Hal tersebut berpengaruh pada ongkir yang dibebankan. Adapun cara cek ongkir JNE bisa dilakukan dengan mengecek situs resminya di https://www.jne.co.id/id/tracking/tarif.

Cek Ongkir Ninja Xpress

Jasa pengiriman Ninja XPres sebenarnya terbilang baru, karena didirikan sejak tahun 2014 lalu. Perusahaan yang menyediakan layanan ekspedisi ini selain dapat menangani pengiriman produk-produk konsumen di Indonesia, juga dapat melayani ekspedisi barang di mancanegara, seperti Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Perusahaan jasa Ninja Xpress bahkan telah merambah hingga ke Vietnam dan Thailand. Nah, untuk melakukan cara cek ongkir jasa ekspedisi Ninja Xpress sendiri, Kamu bisa mengunjungi situs https://www.ninjaxpress.co/id-id#price-estimate.

Terkait:  Cara Cek Xiaomi

Cek Ongkir J&T Express

Perusahaan jasa ekspedisi populer lainnya di Indonesia ialah J&T Express. Jasa ekspedisi ini bahkan sama populernya dengan JNE yang sudah lebih dulu ada di Indonesia. J&T Express didirikan sejak tahun 2015 lalu. Salah satu layanan J&T Express paling terkenal ialah gratis ongkir.

Tak hanya fitur gratis ongkir saja, J&T Express  juga menyediakan layanan lainnya, seperti JNE truckingtracking, CS, dan lain sebagainya. Perusahaan jasa ekspedisi ini juga sangat berbeda dibandingkan perusahaan ekspedisi lainnya. Inilah yang menjadikan perusahaan J&T bisa menandingi popularitas JNE di Indonesia.

Jika Kamu memiliki toko online, Kamu harus tahu cara cek ongkir penyedia ekspedisi J&T Express. Silahkan kunjungi website resminya di https://jet.co.id/index/query/query.html.

Cek Ongkir POS Indonesia

Siapa sih yang tidak tahu tentang PT Pos Indonesia? Ya, PT Pos Indonesia bisa dikatakan sebagai pioneer jasa ekspedisi yang ada di Indonesia dan awalnya hanya melayani jasa pengiriman dokumen saja.

Akan tetapi, seiring dengan banyaknya kompetitor yang mulai bermunculan, akhirnya jasa ekspedisi Pos Indonesia pun menawarkan layanan pengiriman lain, seperti halnya proses pengiriman barang.

Jika Kamu ingin melakukan pengiriman produk atau barang memakai Pos Indonesia, tentu saja Kamu harus mengecek ongkos kirimnya terlebih dahulu. Adapun cara cek ongkir Pos Indonesia bisa langsung mengunjungi website resminya di https://www.posindonesia.co.id/id/.

Cek Ongkir Tiki

Jasa ekspedisi barang yang tak kalah terkenal lainnya di Indonesia ialah Tiki. Perusahaan pengiriman barang ini hadir pertama kali pada tahun 1970.

Sementara, jasa ekspedisi ini muncul pertama kali untuk melayani ekspedisi dalam negeri, dengan demikian harganya lebih terjangkau dibandingkan JNE.

Jika Kamu berniat mengirimkan barang lewat Tiki, tentu harus melakukan pengecekan tarif ongkos kirimnya terlebih dahulu.

Pengecekan ongkos kirim pengiriman barang dapat dilakukan lewat website resminya di https://tiki.id/id/tariff.

Terkait:  Cara Cek Ongkir J&T

Selanjutnya, Kamu cukup menginputkan data-data yang dibutuhkan agar estimasi ongkirnya dapat diketahui.

Beberapa informasi data yang dibutuhkan biasanya berupa alamat pengirim, alamat tujuan, dimensi packaging, dan berat barang.

Cek Ongkir Wahana

Jasa ekspedisi Wahana juga saat ini cukup populer di Indonesia. Perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman barang ini dirilis sejak 11 Juni 1998.

Setidaknya mereka sudah memiliki 50 cabang lebih dengan 3000 mitra agen lebih yang dimiliki tersebar di Indonesia.

Jumlah agen Wahana sendiri tiap harinya semakin banyak. Ada beberapa layanan ekspedisi yang ditawarkan oleh Wahana, diantaranya Wahaan Logisti, Wahana Express, dan masih banyak lagi.

Jika Kamu ingin melakukan cara cek ongkir menggunakan jasa pengiriman Wahana, Kamu bisa langsung membuka situs resminya di www.wahana.com.

Cek Ongkir Lion Parcel

Lion selain sebagai perusahaan maskapai penerbangan, juga ikut menawarkan layanan ekspedisi yang dinamainya sebagai Lion Parcel.

Jasa ekspedisi ini melayani ekspedisi barang dari dalam negeri yang tarifnya bervariasi tergantung dari jenis layanan pengiriman yang dipilih.

Jika Kamu ingin mengetahui cara cek ongkir Lion Parcel, silahkan buka situsnya di http://lionparcel.com.

Cek Ongkir SiCepat Express

Jasa ekspedisi yang ada di Indonesia lainnya ialah SiCepat, yang menawarkan pemberian cashback hingga 5% ke toko online yang memakai jasa ekspedisi SiCepat Halu.

Jasa ekspedisi ini telah bekerjasama dengan beberapa marketplace di Indonesia, seperti Bukalapak dan Tokopedia.

Jika Kamu mempunyai toko online di salah satu e-commerce yang telah disebutkan di atas, Kamu dapat menambahkan jasa ekspedisi ini.

Untuk melakukan pengecekan tarif ongkir menggunakan layanan ekspedisi SiCepat, Kamu bisa mengunjungi https://www.sicepat.com/deliveryFee sebagai cara cek onkir jasa ekspedisi ini.

Nah, itulah 8 cara cek ongkir sesuai dengan jasa ekspedisi barang yang Kamu pilih. Semoga bermanfaat!

Related posts