Cara Verifikasi Google Bisnisku

Cara Verifikasi Google Bisnisku

Cara verifikasi Google bisnisku bertujuan agar Kamu bisa menikmati layanan yang lebih banyak lagi dan tentunya saja sangat bermanfaat bagi para pemilik bisnis. Akan tetapi, tak sedikit orang yang kesulitan untuk melakukan tahap verifikasi ini.

Kamu harus tahu bahwa tahapan verifikasi merupakan hal terpenting agar Kamu memiliki hak menyeluruh untuk mengelola bisnismu lewat Google Bisnisku.

Read More

Ketahui Apa Itu Google Bisnisku?

Sebelum beranjak membahas cara verifikasi Google Bisnisku, Kamu harus mengenal Google Bisnisku terlebih dahulu. Google Bisnisku ialah fitur bagi pemilik bisnis untuk memudahkan para calon konsumen dalam mengetahui informasi tentang bisnisnya secara lengkap. Mulai dari alamat perusahaan, nama usaha. nomor telepon bisnis, alamat email, jam operasional, foto kantor, website perusahaan dan testimoni pelanggan.

Kenapa Harus Memilih Google Bisnisku?

Adapun alasan kenapa harus memilih Google Bisnisku sebagai platform bisnis yang Kamu pilih, berikut ini ulasannya :

1. Menawarkan Informasi Valid

Seiring dengan perkembangan era digital saat ini, banyak orang yang sudah terbiasa melakukan riset terlebih dahulu secara online sebelum mereka membeli suatu produk. Bahkan di Indonesia sendiri, hampir 95% konsumen selalu melakukan riset online lewat hp mereka sebelum membeli produk.

Dengan kata lain, saat konsumen melakukan pembelian produk, mendatangi toko, memakai jasa, maka hampir dipastikan mereka sebelumnya telah menelusuri bisnis tersebut di Google lebih dulu. Karena hal tersebut, tentu saja menuntutmu sebagai pemilik usaha untuk memberikan penilaian terbaik terkait bisnismu melalui platform online.

Adapun salah satunya yaitu dengan cara memberikan informasi terkait bisnis yang terpercaya dan valid. Google Bisnisku adalah platform yang memungkinkanmu untuk menginformasikan terkait bisnismu secara terpercaya. Karena hanya pemilik usaha yang terverifikasi sajalah yang dapat membuat akun Google Bisnismu.

2. Menampilkan Informasi Secara Aktual dan Lengkap

Tak hanya informasi terpercaya saja, Kamu juga perlu memberikan informasi secara aktual dan lengkap. Melalui Google Bisnisku, Kamu dapat menampilkan informasi seperti deskripsi, nama, review pelanggan dan jam operasional.

3. Bisnismu Muncul di Layanan Google Maps

Jika Kamu mendaftarkan usahamu di Google Bisnisku, maka restoran, kantor maupun perusahaanmu secara otomatis akan langsung tersedia di Google Maps. Konsumen yang tertarik datang ke toko atau tempat usahamu akan lebih mudah mengikuti lokasi usaha melalui bantuan dari Google Maps.

4. Dapat Mempermudah Pelanggan Untuk Menemukan Bisnismu

Tak hanya memungkinkan bisnismu muncul di layanan Google Maps, tetapi bisnismu juga menjadi lebih gampang ditemukan dalam opsi pencarian di Google. Saat banyak orang mencari bisnismu di Google, maka Kamu akan memberikan informasi terkait bisnismu di samping kanan pada hasil pencarian. Ketika pengguna internet mencari keyword produk yang berhubungan dengan produkmu sekalipun, maka bisnismu akan muncul pada hasil pencarian.

5. Mendapatkan Ulasan dari Pelanggan

Ulasan pelanggan merupakan hal terpenting bagi bisnismu. Bahkan berdasarkan riset dari beberpaa sumper, sebanyak 70% konsumen di Indonesia sangat mempercayai ulasan pelanggan lain secara online. Mereka bahkan 12 kali lipat lebih percaya terhadap review pelanggan online jika dibandingkan dengan deskripsi produk.

6. Menjadi media Komunikasi Konsumen

Platform Google Bisnisku tak hanya memberikan review pelanggan saja, melainkan juga layanan tanya jawab. Pelanggan dapat mengajukan pertanyaan terkait bisnismu dalam layanan Google Bisnisku. Dimana semua pertanyaan ini bisa dijawab pelanggan lain maupun pemilik bisnis itu sendiri.

Cara Verifikasi Google Bisnisku

Cara Verifikasi Google Bisnisku
Verifikasi Google Bisnisku

Tutorial Verifikasi Google Bisnisku

Adapun cara verifikasi Google Bisnisku yang bisa Kamu coba untuk mendapatkan pengalaman lebih baik memakai Google Bisnisku. Berikut ulasannya!

1. Buka Google Bisnisku

Langkah pertama yang bisa Kamu lakukan ialah silahkan buka “Google Bisnisku”, kemudian tekan “Mulai Sekarang”.

2. Tulis Nama Bisnis dan Isi Alamat Lengkap

Setelah itu, cara verifikasi Google Bisnisku selanjutnya adalah menulis nama bisnismu. Kemudian mengisi lengkap alamat perusahaan, toko, kantor atau restoranmu.

4. Sesuaikan Alamat Lantor di Google Maps

Sesuaikan alamat bisnismu di Google Maps guna mempermudah pelanggan untuk mengunjungi lokasi tempat usaha yang telah ditulis.

5. Tulis Kategori Bisnis

Selanjutnya tulis kategori usaha sesuai dengan usaha yang Kamu jalankan. Contohnya, Kamu mengelola restoran di Bandung maka Kamu bisa memilih kategori untuk “Restoran”. Dengan kategori bisnis tersebut dapat memudahkan Google mengelompokkan usahamu lewat hasil pencarian. Saat orang mencari kata kunci “Restoran di Bandung” maka informasi usahamu akan muncul lewat hasil pencarian.

6. Isi Nomor Hp

Langkah cara verifikasi Google Bisnisku selanjutnya, ialah isi nomor hp atau telepon untuk menerima panggilan telepon dari konsumen. Apabila Kamu sudah mempunyai website, Kamu juga tinggal membuatnya dengan memakai WordPress. Situs web tersebut penting untuk semakin menambah kepercayaan pelanggan terhadap bisnismu. Kamu dapat memilih menerima newsletter Google (opsional) bisa juga tidak.

7. Verifikasi Google Bisnisku

Cara verifikasi Google Bisnisku selanutnya ialah mulai melakukan verifikasi. Proses verifikasi ini sangat penting untuk dapat melindingi bisnismu dari pihak tak bertanggung jawab dan bisa saja menyalahgunakan informasi terkait bisnismu. Di samping itu, usaha yang sudah diverifikasi biasanya dianggap sebagai bisnis yang berputasi baik menurut konsumen dibandingkan dengan yang tidak melakukan verifikasi.

Apabila Kamu telah menginputkan informasi lengkap dan tepat, silahkan pilih verifikasi dengan cara mengisi penerima surat. Kemudian tekan Kirim Kartu Pos. Jika sudah, Kamu tinggal menungu surat yang dikirim Google ke alamatmu. Selama verifikasi, Kamu tak dapat mengganti informasi apapun yang telah ditulis sebelumnya.

8. Proses Pengiriman Surat Google

Biasanya proses pengiriman untuk surat Google sendiri berbeda-beda. Hal ini tergantung dari lokasinya. Sesudah menerima suratnya, Kamu tinggal melanjutkan verifikasi memakai kode verifikasi Google Bisnisku yang ada di dalam surat.

9. Buka Google Bisnisku

Silahkan pilih opsi verifikasi lokasi. Setelah itu, inputkan kode verifikasi yang berasal dari surat yang dikirimkan Google. Selesai.

Apa Saja yang Bisa Dilakukan Googel Bisnisku?

Ada banyak hal yang dapat Kamu lakukan lewat Google Bisnisku apabila Kamu sudah melakukan verifikasi :

1. Mengirim Postingan

Lewat Google Bisnisku, maka Kamu dapat menambahkan postingan terkait bisnismu dengan mengklik opsi “Buat Postingan”. Selanjutnya, postingan tersebut akan muncul saat ada yang mencari toko atau bisnismu di Google. Dengan begitu, orang bisa mengetahui update terkini dari usahamu. Tekan ikon kamera jika ingin menambahkan foto dan pilih foto bisnismu dari PC-mu lalu sesuaikan gambar yang akan diposting.

2. Menambahkan Foto

Jika Kamu sudah melakukan verifikasi Google Bisnisku, Kamu juga bisa menambahkan foto. Adapun caranya, tekan pada opsi kelola foto. Selanjutnya akan muncul daftar fotomu pada Google bisnisku. Apabila Kamu baru memakai Google bisnismu, maka kemungkinan fotonya masih kosong. Di halaman foto tersebut inilah, Kamu tinggal memasukkan foto, baik itu foto sampul, foto profil, eksterior atau interior di lokasi usahamu.

3. Melihat Wawasan

Wawasan di sini adalah tempat Kamu dapat mengecek perkembangan usahamu di Google. Seperti cara konsumen menelusuri usahamu. Llau ada tempat pelanggan melihat usahamu di Google.

4. Melihat Ulasan

Jika Kamu sudah mengetahui wawasan bisnismu, maka Kamu tinggal melihat ulasan atau review pengunjung toko/bisnismu di Google. Selain itu, Kamu juga dapat merespon dengan cara membalas ulasan mereka dengan mengklik balas. Lalu posting balasan.

Oke, itulah beberapa hal yang bisa Kamu lakukan jika melakukan cara verifikasi Google Bisnisku. Bagaimana, mudah dan tentunya sangat menguntungkan bukan?

 

 

Related posts