Cara Belanja di Zalora

Bagaimana cara belanja di Zalora? Seperti apa tahapan berbelanja di Zalora? Produk apa saja yang ada di Zalora? Apa itu Zalora?

Berbicara tentang belanja online, mungkin sebagian dari kita sudah tak lagi asing dengan e commerce yang satu ini. yaps, zalora merupakan layanan toko online yang sangat banyak diminati para pengguna, terutama para wanita. Sebab, zalora sendiri lebih berfokus dalam sektor kebutuhan hari-hari penggunanya. Mulai dari fashio laki laki, fashion wanita, keperluan make up, kecantikan, dan masih banyak lagi.

Zalora sendiri berpusat di negara Singapura. Dan tak cuma itu saja, kita bisa menemukan pusat dari Zalora di berbagai belahan negara lain, seperti Hong Kong, Singapura, Indonesia, Filipina, Thailand, Vietnam, Malaysia, dan juga Brunei.

Sama seperti di Indonesia, Zalora juga dikenal sebagai salah satu toko online dalam bidan fashion dan kecantikan. Dan untuk kategori yang ada didalamnya, kalian bisa menemukan hal lain seperti koleksi pakaian pria dan wanita, aksessoris pria dan wanita, sepatu pria dan wanita, produk kecantikan untuk pria dan wanita, dan lain sebagainya.

Selain itu, zalora juga kerap menawarkan beragam penawaran menarik, mulai dari metode pembayaran yang beragam serta bayar ditempat, promo diskon, cashback, dan masih banyak lagi. Walaupun saat ini memang kita bisa menemukan beragam produk fashion dan kecantikan di e commerce lain, nyatanya pengguna di Indonesia lebih senang membeli produk tersebut melalui Zalora.

Karena tak jarang para penjual atau seller disana memberikan harga yang terjangkau dalam urusan fashion dan kecantikan. Belum lagi kualitas produk yang dijual disana bukanlah produk sembarangan. Kalian bisa mendapatkan produk dengan kualitas terbaik, dan dengan harga yang terjangkau. Oleh sebab itulah zalora menjadi favorit untuk para shopaholic.

Kemudahan lain yang ditawarkan oleh zalora adalah mobilitasnya. Sebab, pengguna bisa melakukan pembelian produk di zalora baik melalui mobile apps atau aplikasi zalora yang bisa diunduh di play store ataupun app store, atau bahkan juga melalui situs zalora yang bisa kamu aksess melalui desktop seperti berbelanja di tokopedia.

Walaupun begitu, nyatanya tidak semua orang mengetahui zalora, bahkan sebagian dari mereka juga tidak mengetahui cara belanja di zalora. Mungkin saja, hal ini dikarenakan mereka lebih terbiasa menggunakan layanan e commerce lain, dan belum mengetahui tentang zalora.

Cara Belanja di Zalora

Cara Belanja di Zalora
Belanja di Zalora

Oleh sebab itulah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara belanja di zalora, terlebih untuk kamu yang baru saja akan memulai berbelanja atau mencoba aplikasi zalora. Langkahnya adalah.

Download Aplikasi Zalora dan Buat Akun

Sama seperti ketika kita akan berbelanja di layanan e commerce pada umumnya, kita harus terlebih dahulu membuat akun pada layanan tersebut, agar bisa melakukan pembelian. Nah, untuk zalora sendiri memiliki 2 metode yang akan kita bahas lebih lanjut, yakni melalui mobile Apps, dan juga Desktop (website) Zalora. Caranya juga tidak terlalu sulit kok.

  • Download Terlebih dahulu Aplikasi Zalora baik di Google Play Store untuk pengguna Android, dan App Store untuk pengguna iOS.
  • Setelah aplikasinya terinstall, maka kalian tinggal membuka Aplikasi Zalora, dan klik pada tombol Sign Up / Daftar
  • Isi semua data yang tersedia, pastikan data penting pada saat pendaftaran tidak terlupakan, seperti Nama Lengkap, Email, Nomor Telpon, dan juga Password.

Setelah prosess pendaftaran dilakukan, maka kalian bisa lanjut untuk melengkapi data profil pada Aplikasi Zalora, dengan mengklik logo profil pada Aplikasi. Dan jangan lupa untuk memverifikasikan email kalian dengan mengklik link aktivasi yang dikirim melalui email terdaftar.

Jika semua proses diatas sudah dilakukan, maka kalian bisa lanjut untuk menuju ke tahap kedua.

Pilih Produk yang diinginkan

Kalian bisa mencari produk di Zalora sesuai keinginan kalian. Kamu bisa menggunakan fitur pencarian pada aplikasi zalora, atau memilih kategori yang sesuai dengan keinginan kalian. Nantinya akan ada banyak sekali pilihan produk yang bisa kalian beli.

Kalian juga bisa kok menggunakna fitur ‘filter’ untuk mensortir produk sesuai pilihan sortir, misalnya

  • Harga terendah ke Tertinggi
  • Produk dengan Bintang / Ulasan terbaik
  • Produk dengan promo
  • Dll

Silahkan sesuaikan dengan keinginan filter kalian. Dan tentunya, hal paling penting yang tak boleh dilupakan adalah memperhatikan rating atau ulasan produk, baik dari rating bintang pada produk, ataupun ulasan atau komentar produk dari pembeli sebelumnya.

Pastikan juga kamu memilih produk yang memiliki ‘deskripsi produk’ yang lengkap dan spesifik. Hal ini bertujuan agar kamu mengetahui keterangan dari produk yang dijual di zalora.

Buat Pesanan

Setelah menemukan produk yang diinginkan, maka selanjutnya kalian bisa langsung membuat pesanan atas produk yang diinginkan. Kalian bisa mengklik pada produk tersebut, kemudian klik pada tombol ‘pesan’. Nah, secara otomatis produk tersebut akan masuk kedalam keranjang belanjaan kalian, dan kalian bisa bebas mencari produk lain yang akan dibeli, atau langsung melakukan pembayaran di Zalora.

  • Klik pada tombol ‘tas’ yang ada dibagian pojok kanan atas aplikasi zalora
  • Periksa kembali data pengiriman untuk memastikan jika alamat dan nama penerima sudah benar, atau kalian juga bisa memasukkan kode voucher (jika ada) untuk mendapatkan diskon atau potongan harga.
  • Lalu, klik tombol ‘pesan’.
  • Setelah itu kalian akan diarahkan ke laman checkout, untuk pertama kalian bisa memilih ‘opsi pengiriman’ (alamat)
  • Klik pada tombol ‘kirim ke alamat lain’ (apabila penerima berbeda alamat), atau jika sudah benar, langsung saja tekan ‘lanjut untuk pembayaran’

Setelah itu, maka kalian akan diarahkan ke ‘pilih opsi pembayaran’. Disini mungkin akan ada banyak metode pembayaran, tapi kebanyakan pengguna zalora lebih senang atau sering menggunakan metode ‘bayar ditempat’. Atau kalian juga bisa kok menggunakan metode pembayaran lain, seperti bank transfer, kartu debit / kredit, dll.

Review Pesanan

Setelah semuanya lengkap dan kalian sudah memilih metode pembayaran, maka terakhir adalah kalian bisa mengklik pada tombol ‘review pesanan’ atau ‘cek pesanan’. Nah disini kalian akan melihat detail dari belanjaan kalian, mulai dari

  • Nama Produk
  • Jumlah Produk
  • Waktu Pengiriman
  • Total Belanjaan
  • Sub Total (jumlah final dengan ongkos kirim)

Pastikan semua data yang tertera sudah benar, dan tidak ada kesalahan. Barulah selesai itu kalian bisa kembali mengklik tombol ‘pesan’ untuk menampilkan invoice pembayaran, untuk melakukan pembayaran atas produk yang kalian pesan tadi.

Terakhir, kalian tinggal mengecek aplikasi Zalora, dan mengecek status produk atau pengiriman kalian untuk mengetahui status produk kalian apakah sedang dikemas, sedang dikirim, dan sudah sampai. Pada saat status produk kalian berada di ‘sedang dikirim’, kalian bisa melacak produk kalian sudah sampai mana.

Dan itulah tadi cara belanja di Zalora untuk kamu yang mungkin baru saja memulai untuk berbelanja di zalora. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi