Cara Bayar Kartu Kredit BCA

Bagaimana cara bayar kartu kredit BCA? Langkah apa saja yang bisa dilakukan? Dan bagaimana metodenya?

Sebagai salah satu Nasabah yang menggunakan jasa perbankan, mungkin sebelumnya kita hanya menggunakan kartu ATM atau Debit, untuk kebutuhan keuangan kita. Mulai dari menabung, belanja online, atau bahkan melakukan pembayaran lain.

Tentunya, hal ini juga sangat membantu tiap orang, ketika mereka harus mengirimkan uang melalui bank, dengan sistem Transfer. Oleh sebab itu, saat ini banyak sekali Bank di Indonesia yang memberikan beragam layanan untuk lebih memudahkan nasabahnya, mulai dari Internet Banking, Mobile Banking, sampai pengajuan Kartu Kredit.

Ha? Kartu kredit memangnya memudahkan ya? Jawabannya adalah iya. Mungkin, saat ini memang tidak banyak pengguna yang menggunakan kartu kredit karena beragam alasan. Selain karena kebiasaan hedonisme yang membuat tunggakan kartu kredit semakin membengkak, kadang kala pengajuan aplikasi Kartu Kredit sendiri sangat sulit untuk di ACC.

Buat yang belum tau, Kartu Kredit sendiri memiliki sistem pinjaman dengan limit. Maksudnya adalah, para pengguna atau nasabah, bisa melakukan pembelanjaan dengan sistem Kartu Kredit, tanpa mengeluarkan sepeserpun uang, dan nantinya, pengeluaran yang dilakukan akan diakumulasikan pada akhir bulan atau jatuh tempo yang ditentukan, dalam bentuk tagihan.

Salah satu perusahaan Bank di Indonesia yang memiliki banyak pengguna Kartu kredit adalah BCA. Selain karena mudah untuk pengajuan, BCA juga menawarkan limit yang sesuai dengan pendapatan dan kebutuhan pengguna. Itulah sebabnya, pengguna kartu kredit paling banyak di Indonesia, adalah nasabah BCA.

Namun sayangnya, tidak semua nasabah mengerti tentang Cara Bayar Kartu Kredit BCA. Biasanya, hal ini terjadi akibat minimnya pengetahuan tentang kartu kredit. Padahal, ada beberapa Cara Bayar Kartu Kredit BCA yang bisa digunakan, agar tidak terjadi pembengkakan Tagihan, di Akhir bulan. Seperti:

Cara Bayar Kartu Kredit BCA

Cara Bayar Kartu Kredit BCA
Bayar Kartu Kredit BCA

Cara Bayar Kartu Kredit BCA lewat ATM

Sebagai pengguna Kartu Kredit dan juga ATM, tentunya kita sudah tak lagi asing ketika mendengar kata ATM. Sebagaimana kita tau, ATM atau Anjungan Tunai Mandiri, merupakan sebuah mesin yang dikeluarkan oleh tiap bank di Indonesia, untuk memudahkan nasabah dalam melakukan Transaksi keuangan, seperti Transfer Antar dan lain bank, melakukan Tarik tunai, ataupun melakukan pembayaran lain.

Sebenarnya, selain berguna untuk menunjang aktivitas transaksi keuangan, ATM BCA juga bisa kok menjadi salah satu alternatif untuk kamu yang ingin melakukan pembayaran Tagihan Kartu Kredit BCA. Caranya adalah

  • Kunjungi ATM BCA terdekat, dengan membaca Kartu ATM dan juga Kartu Kredit kalian
  • Setelah sampai, masukkan Kartu ATM kalian, serta 6 Digit PIN ATM yang kalian punya
  • Tunggu beberapa saat, dan pilih menu Transaksi Lainnya
  • Setelah itu, kalian bisa langsung memilih menu Pembayaran
  • Tunggun beberapa saat, dan lanjut untuk memilih menu Kartu Kredit dan pilih BCA
  • Masukkan nomor Kartu Kredit kalian, dan jika sudah diinput dengan benar, langsung saja tekan Benar
  • Setelah itu, kalian akan melihat informasi tentang Tagihan serta nominal yang harus dibayarkan. Jika dirasa sudah benar, langsung saja tekan Benar kembali

Dengan menggunakan cara ini, tentunya pembayaran Tagihan Kartu Kredit BCA akan otomatis memotong saldo yang ada didalam ATM kalian. Untuk itu, sebelum menekan pilihan benar di akhir step, kalian bisa terlebih dulu mengecek sisa saldo, dan juga Tagihan Kartu Kredit kalian.

Cara Bayar Kartu Kredit BCA lewat Kantor Cabang

Selanjutnya, cara yang paling sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membayarkan tagihan kartu kredit, adalah dengan mengunjungi Kantor Cabang BCA terdekat disekitar lokasimu.

Adapun beberapa persyaratan penting yang harus dibawa yakni hanyalah Kartu Kredit BCA, serta untuk berjaga-jaga, kalian bisa membawa Kartu Identitas seperti KTP, dan lain sebagainya.

Setelah sampai di Kantor Cabang BCA terdekat, langsung saja minta kepada petugas ataupun pegawai di kantor cabang bahwa kalian ingin melakukan pembayaran Tagihan Kartu kredit.

Nah, biasanya kalian harus menunggu atau mengantri terlebih dulu, sebelum akhirnya kalian akan dipanggil, dan dilayani oleh petugas yang ada disana.

Ketika semua sudah siap, kalian biasanya akan diminta informasi berupa nomor kartu kredit yang akan dibayarkan tagihannya. Untuk itu, kalian bisa juga langsung memberikan kartu kredit yang kalian miliki, dan biarkan petugas yang ada disana melakukan validasi data.

Setelah itu, petugas akan memberitahukan kalian seputar jumlah Tagihan yang harus dibayarkan. Silahkan lakukan pembayaran dengan sistem cash, untuk mempermudah prosess pembayaran.

Walaupun cara ini terbilang mudah dan sederhana, tapi tetap saja untuk sebagian orang, cara ini terbilang ruwet. Sebab, nasabah harus menyiapkan uang cash, dan juga mengantri apabila kantor Cabang BCA sedang penuh.

Namun, jika mungkin terpepet dan terhalang kondisi untuk mencari ATM, cara ini bisa jadi alternatif kok.

Cara Bayar Kartu Kredit BCA lewat Internet Banking BCA

Untuk pengguna atau nasabah BCA yang tak ingin ketinggalan dengan layanan dari BCA, pasti mereka tak lupa untuk mendaftar dan juga melakukan Aktivasi Internet Banking BCA.

Selain karena sejuta kemudahan yang ditawarkan, ternyata layanan Internet Banking BCA juga bisa loh digunakan untuk melakukan pembayaran Tagihan Kartu Kredit BCA itu sendiri.

Caranya gimana?

  • Buka Browser yang ada di smartphone ataupun Komputer dan laptop kalian
  • Setelah itu, buka atau kunjungi situs Internet Banking BCA di https://ibank.klikbca.com/
  • Kemudian langsung saja login dengan menggunakan USER ID dan Password Internet Banking BCA yang sudah didaftarkan sebelumnya
  • Lalu, klik pada menu Pembayaran dan pilih Kartu Kredit
  • Selanjutnya, kalian akan diminta untuk mengisi detail kartu kredit, seperti
    • Nomor Kartu Kredit
    • Jenis Kartu Kredit
    • Jumlah Pembayaran
    • Dan Metode Pembayaran (pemilihan rekening)
  • Setelah semua data yang diperlukan terisi dengan lengkap, langsung saja tekan Lanjut
  • Kemudian, apabila muncul pop up konfirmasi, pilih saja OKE
  • Terakhir, lanjut untuk menekan tombol KIRIM untuk menyelesaikan pembayaran tagihan.

Tak bosannya kami mengingatkan, karena layanan Internet Banking BCA ini bisa diaksess kapan saja dan dimana saja hanya menggunakan Internet dan Browser, pastikan kalian menggunakan jaringan yang aman, untuk menghindari kebocoran data.

Cara Bayar Kartu Kredit BCA lewat Mobile Banking BCA

Cara terakhir yang bisa kamu coba untuk melakukan pembayaran tagihan kartu kredit BCA adalah dengan menggunakan layanan Mobile Banking BCA.

Sebagaimana kita tau, Mobile Banking BCA merupakan sebuah layanan Mobile Banking yang bisa diinstall pada tiap perangkat smartphne Android, ataupun iOS. Itulah kenapa, saat ini ada banyak sekali pengguna yang memanfaatkan Mobile Banking untuk kebutuhan Transaksi mereka, salah satunya adalah melakukan pembayaran kartu kredit.

Loh, emang bisa? Bisa dong, begini caranya.

  • Pertama tama, buka Aplikasi Mobile Banking BCA di Smartphone kalian, dan lakukan Login seperti biasa.
  • Setelah berhasil login, langsung saja pilih menu m-Payment
  • Kemudian, pilih saja menu Kartu Kredit dan pilih BCA
  • Setelah itu, masukkan nomor kartu kredit kalian, dan tekan SEND
  • Lanjut, masukkan jumlah tagihan yang harus dibayarkan, dan tekan OK
  • Terakhir, untuk menyelesaikan pembayaran, masukkan PIN Mobila Banking BCA kalian, dan tunggu sampai muncul notifikasi Transaksi Suksess

Sama seperti menggunakan layanan Internet Banking BCA, ketika menggunakan Mobile Banking BCA sendiri, perangkat kalian tidak disarankan dalam kondsi Root ataupun Jailbreak, hal ini bertujuan untuk menghindari kebocoran data, dan kejahatan cyber oleh pihak tak bertanggung jawab.

Demikianlah tadi beberapa cara bayar kartu kredit BCA yang bisa kamu coba, silahkan gunakan cara yang menurutmu paling mudah, dan semoga bermanfaat.

Punya Tagihan Apa? Cobain Caranya :

Faiz Dawami
suka diajak ngopi