Cara Bayar BPJS Lewat M Banking BCA

Cara Bayar BPJS Lewat m Banking BCA

Layanan mobile banking, bagaimanapun memang sangat membantu membuat semua aktivitas transaksi lebih cepat dan praktis. Salah satunya ialah untuk transaksi cara bayar BPJS lewat m banking BCA. Bank BCA memang dikenal sebagai bank terkemuka yang layanannya bukan main-main. Pihak bank BCA selalu senantiasa memberikan kepuasan kepada para nasabahnya melalui berbagai fitur dan layanan terbaiknya dengan fast respon. Bahkan, aplikasi mobile banking BCA bisa dikatakan sangat ringan dan user friendly.

Berbicara mengenai pembayaran tagihan JKN KIS BPJS kesehatan sendiri sebenarnya, tak hanya dapat dilakukan lewat mobile banking BCA saja, tetapi lewat berbagai layanan BCA. Seperti lewat KlikBCA, ATM BCA, KlikBCA Bisnis, hingga Autopay dan Autodebet Rekening.

Read More

Bagi Kamu yang telah mempunyai BPJS kesehatan, tentu berkewajban untuk membayar tagihan BPJS yang wajib dilakukan untuk tiap bulannya. Selain itu, pembayaran BPJS kesehatan pun ditentukan berdasarkan kelas layanan fasilitas kesehatan. Karena setiap kelas mempunyai jumlah iuran bervariasi. Selain itu, ketentuah bayar tagihan BPJS kesehatan per bulannya paling lambat dibayar tiap tanggal 10. Jika pembayaran iuran dilakukan lewat dari tanggal tersebut, Kamu akan mendapat denda dengan besaran 2% dari jumlah tagihan BPJS setiap bulannya.

Pembagian Kelas Untuk Peserta BPJS

BPJS Kesehatan secara umum terbagi ke dalam 3 kelas, diantarany :

1. Kelas 1

Kelas 1 merupakan tipe kelas dengan biaya iuran tertinggi yakni Rp. 150 ribu setiap bulannya. Biasanya peserta di kelas ini bisa menggunakan fasilitas, berbentuk pelayanan kesehatan untuk ruang perawatan dari kelas 1.

2. Kelas 2

Untuk kelas ini, iuran per bulannya yaitu Rp. 100 ribu. Adapun fasilitas pelayanan eksehatannya berupa pelayanan di ruang perawatan untuk kelas 2.

3. Kelas 3

Kelas 3 adalah kelas dengan jumlah tagihan per bulan sangat terjangkau, hanya Rp. 42 ribu. Peserta di kelas ini biasanya akan memperoleh bantuan pemerintah sekaligus mendapatkan fasilitas breupa pelayanan kesehatan dengan ruang perawatan untuk kelas 3.

Di samping pelayanan kesehatan berupa ruang perawatan yang dibedakan berdasarkan kelas tersebut di atas, para peserta BPJS pun akan memperoleh pelayanan kesehatan. Bisa berupa rawat jalan hingga rawat inap yang disediakan oleh faskes yang sudah bermitra dengan BPJS.

Setiap orang bisa mengikuti program JKN BPJS. Demi menjangkau kemudahan dan kenyamanan peserta BPJS dalam hal pembayaran iuran, tagihan BPJS bisa dilakukan baik secara online maupun offline.

Cara Bayar BPJS Lewat M Banking BCA

Cara Bayar BPJS Lewat m Banking BCA
Bayar BPJS Lewat m Banking BCA

Tutorial Bayar BPJS Lewat M Banking BCA

Untuk proses pembayaran yang lebih mudah, Kamu bisa mencoba cara bayar BPJS lewat m banking BCA dengan langkah-langkah di bawah ini :

1. Download Aplikasi BCA Mobile

Sebelum lanjut ke cara bayar BPJS lewat m banking BCA, pastikan dulu Kamu sudah mendownload dan menginstall aplikasi m BCA lewat App Store maupun Play Store. Jika sudah aktifkan fitur BCA Mobile.

2. Masuk ke Aplikasi

Langkah berikutnya, silahkan masuk ke dalam aplikasi mobile BCA. Lalu pilih opsi ‘m-Payment’, kemudian lanjutkan dengan cara memilih ‘BPJS Kesehatan’.

3. Masukkan Baru Untuk Menyimpan Nomor Pembayaran

Cara bayar BPJS lewat m banking BCA selanjutnya, Kamu tinggal menginputkan nomor pembayaran. Lalu, pilih ‘masukkan baru’ untuk menginput nomor pembayaran baru untuk BPJS. Selain itu, bisa juga pilih ‘Daftar Simpan’ jika Kamu sudah menyimpan nomor pembayaran BPJS.

4. Inputkan Kode Pembayaran

Inputkan kode pembayaran untuk BPJS kesehatan, untuk pembayaran iuran rutin tanpa keterlambatan input kode 88888+11 digit nomor peserta kartu BPJS. Sedangkan bagi yang membayar iuran BPJS dengan terlambat bisa menginputkan kode 88881+11 digit nomor peserta kartu BPJS.

Saat menginputkan nomor pembayaran, sebaiknya jangan tambahkan 2 angka pertama di nomor BPJS pada kartunya. Awali dengan cara menginputkan angka ‘88881’ atau ‘88888’ lalu ikuti oleh 11 digit angka di nomor BPJS.

Contohnya saja, nomor peserta kartu BPJS-mu adalah 0002233445566, dengan begitu angka atau kode yang dituliskan pada kolom pembayaran yaitu 8888802233445566. Setelah itu, Kamu tinggal menyesuaikan dengan kondisi status pembayaran, apakah untuk pembayaran dengan keterlambatan atau pembayaran BPJS rutin/tepat waktu.

5. Proses Pembayaran

Cara bayar BPJS lewat m banking BCA selanjutnya, jika semuanya sudah benar, Kamu bisa pilih ‘Lanjut’ dan masukkan PIN m banking BCA-mu. Maka proses pembayaran tagihan BPJS pun sudah selesai dilakukan.

Tutorial Bayar BPJS Lewat Layanan BCA Lainnya

Cara bayar BPJS lewat m banking BCA bukanlah satu-satunya metode pembayaran BPJS yang bisa dinikmati menggunakan layanan BCA. Karena sebenarnya, Kamu pun bisa mencoba metode pembayaran BPJS melalui layanan BCA lainnya yang dapat disimak melalui penjelasan berikut :

1. Bayar Iuran BPJS Melalui KlikBCA

Tahukah Kamu, KlikBCA termasuk ke dalam salah satu layanan e banking BCA dan terhubung langsung dengan rekening serta memungkinkan proses transaksi perbankan lebih mudah seperti melakukan transfer online. Jika ingin mencobanya, simak tahapan-tahapannya berikut :

  • Silahkan buka pada halaman klikBCA Individual, kemudian inputkan user beserta PIN-nya.
  • Selanjutnya masuk ke menu ‘Pembayaran’.
  • Lalu pilih BPJS.
  • Di kolom bertuliskan ‘Nomor Bayar’ inputkan angka 88888, untuk kemudian diikuti oleh 11 digit angka terakhir di bagian belakang kartu peserta  BPJS kesehatan. Contoh, nomor kartu BPJS Kesehatanmu ialah 0002233445566, maka untuk kode pembayarannya Kamu bisa menginput kode 8888802233445566, dengan kata lain Kamu bisa menghilangkan 2 digit angka di bagian paling depan, lalu tekan ‘Lanjut’.
  • Apabila nomor pesertanya sudah benar berikut nominal tagihannya. Selanjutnya, akan muncul informasi seperti tagihan, nama peserta, biaya admin, jumlah peserta, serta jumlah pembayaran.
  • Silahakn aktifkan KeyBCA caranya dengan menginputkan PIN dan pilih APPLI 1 dan inputkan kode respon di kolom yang sudah tersedia.
  • Lalu tekan ‘Kirim’.

2. Tutorial Bayar Iuran BPJS Melalui ATM BCA

Sebenarnya cara membayar iuran BPJS kesehtan melalui ATM BCA sendiri lebih mudah. Karena Kamu tidak perlu mengaktifkan layanan e-banking atau m-banking BCA terlebih dahulu. Selain itu, Kamu tidak perlu repot-repot mendaftar akun dan mendownload aplikasi mobile banking. Hanya saja kekurangannya ialah, Kamu wajib mencari gerai ATM yang terdekat.

Berikut langkah-langkah pembayaran BPJS kesehatan melalui ATM BCA :

  • Pastikan untuk mencari gerai ATM BCA terdekat.
  • Lalu pakai ATM yang menunjang pembayaran memakai kartu debit BCA.
  • Silahkan masukkan kartu ATM/debit BCA ke slot mesin ATM, berikut PIN yang dimiliki.
  • Tekan ‘Bayar’ dan pilih opsi ‘Lainnya’.
  • Jika sudah, klik BPJS lalu pilih BPJS Kesehatan.
  • Selanjutnya pilih Individu, jika ingin melakukan pembayaran BPJS untukmu dan keluargamu, serta pilih opsi ‘Badan Usaha’ jika ingin melakukan pembayaran BPJS dengan nama karyawan di perusahaan atau kantormu.
  • Jika sudah, inputkan nomor VA BPJS, lalu tekan ‘Lanjut’ atau ‘Benar’. Sekarang ini, virtual account untuk nasabah BCA yaitu 88888 kemudian diikuti oleh 11 digit terakhir pada nomor kartu kepesertaan BPJS.
  • Jika tagihan BPJS yang tertera di layar sudah benar, silahkan lanjutkan melakukan pembayaran tagihan BPJS.
  • Simpan bukti resi pembayaran untuk berjaga-jaga.

Itulah cara pembayaran BPJS kesehatan dengan menggunakan layanan bank BCA lainnya.

Kesimpulan

Diantara cara bayar BPJS lewat m banking BCA, ATM BCA dan KlikBCA, Kamu bisa pilih yang sesuai dengan kebutuhan. Ketiganya memiliki plus minus masing-masing. Jika Kamu belum mendaftar layanan KlikBCA atau m BCA, tak ada salahnya memilih cara pembayaran di ATM BCA.

 

Related posts