Cara Setor Tunai BRI

Seiring kemajuan teknologi saat ini yang kian pesat, ikut mengubah proses dan sistem transaksi perbankan menjadi lebih mudah. Bagi nasabah BRI, bahkan kini bisa melakukan cara setor tunai BRI tanpa harus pergi ke kantor cabang atau ke teller. Nasabah bisa melakukan transaksi menabung atau transfer di gerai-gerai ATM setor tunai bank BRI dengan proses yang cepat.

Ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan jika nasabah BRI melakukan aktivitas setor tunai di mesin ATM, diantaranya lebih menghemat banyak waktu. Tentu saja jika dibandingkan menyetor melalui teller di kantor BRI, Kamu harus siap-siap mengantri dan mengikuti prosedur yang berlaku yang memerlukan waktu hingga berjam-jam.

Read More

Melakukan transaksi setor tunai ATM BRI pun dapat dilakukan tanpa terbatas jam kantor, karena bisa digunakan selama 24 jam. Hal tersebut tentu saja berbeda jika Kamu harus pergi ke bank dengan jam kerja dan operasional tertentu, yang biasanya dibuka hanya pada hari kerja.

ATM khusus setor tunai juga mempunyai cara kerja cukup mudah, jadi bisa dipahami semua nasabah bank BRI khususnya. Meskipun caranya sedikit berbeda dengan sistem tarik tunai di ATM, tapi Kamu pasti akan sangat mudah mengikutinya.

Cara Setor Tunai BRI

Cara Setor Tunai BRI
Setor Tunai BRI

Tutorial Setor Tunai di Bank BRI

Mungkin tak sedikit orang menganggap bahwa cara setor tunai BRI dapat dilakukan di seluruh mesin ATM, yang terpenting ATM BRI. Tapi sebenarnya anggapan tersebut salah, sebab transaksi setor tunai BRI hanya dapat dilakukan di ATM yang telah terintegrasi oleh mesin CDM. Itulah alasan kenapa tak semua gerai mesin ATM BRI tak dapat dioperasikan untuk transaksi setor tunai.

Terkait:  Cara Transfer Mandiri ke BRI

1. Setor Tunai BRI di Mesin ATM

Sistem pengoperasian dari mesin CDM sendiri sama seperti mesin ATM umumnya. Hanya saja perbedaannya terletak dari fungsinya, yakni tidak dibuat untuk mengeluarkan uang tetapi hanya memasukkan uang ke mesin ATM saja,

Jadi, pastikan dulu ketika Kamu ingin bertransaksi setor tunai untuk mendatangi mesin ATM khusus setor tunai dan bukan untuk tarik tunai. Sebab bentuk fisik dari mesin ATM tarik tunai serta mesin CDM tak jauh berbeda. Oke, untuk lebih jelasnya berikut cara setor tunai BRI di mesin ATM khusus setor tunai :

  • Pertama-tama, siapkan sejumlah uang tunai yang akan disetorkan.
  • Datang ke gerai mesin ATM BRI terdekat.
  • Selanjutnya pastikan uang tak terlipat dan tidak sobek.
  • Silahkan masukkan kartu ATM bank BRI-mu ke slot mesin ATM dengan benar.
  • Pilih layanan bahasa, pilih saja bahasa Indonesia untuk mempermudah.
  • Setelah itu, pilih transaksi “Setor Tunai”.
  • Selanjutnya, pilih “Rekening Tabungan”.
  • Lalu masukan uang yang akan ditransfer atau disetorkan ke box mesin ATM.
  • Selanjutnya mesin ATM-pun akan menampilkan sejumlah uang setoran total.
  • Klik “Lanjutkan”.
  • Kemudian tekan “Setor” jika ingin menyetujui nominal yang ditransfer.

Sesudah melakukan tahapan cara setor tunai BRI di atas, mesin CDM biasanya otomatis akan langsung menghitung jumlah uang yang disetorkan. Apabila jumlahnya sudah benar, uang tersebut akan langsung masuk ke rekening bank tujuan. Adapun nominal uang yang dapat dimasukkan ke dalam rekening lewat transaksi setor tunai ialah Rp. 50 ribu dan pecahan Rp. 100 ribu.

Kamu harus menyimpan struk bukti transaksi setor tunai dengan baik. Jika sewaktu-waktu ada masalah yang terjadi, semisal saldo yang tak bertambah Kamu memiliki buktinya untuk dilampirkan.

Terkait:  Cara Setor Tunai di ATM Mandiri

2. Setor Tunai BRI ke Rekening Bank Lain

Cara setor tunai BRI ke rekening bank lain ini berbeda, ini artinya Kamu akan menyetorkan uang tunai dengan jumlah tertentu ke rekening bank lain. Biasanya, cara tersebut hanya dapat dilakukan lewat teller dan tidak bisa dioperasikan memakai mesin ATM BRI. Silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  • Persiapkan sejumlah uang tunai tertentu yang akan disetorkan.
  • Silahkan datang atau pergi ke kantor cabang BRI terdekat.
  • Ambil form untuk penyetoran berupa slip yang berwarna biru.
  • Isikan formulir sesuai data informasi diri.
  • Silahkan mengisi nomor rekening tujuanmu.
  • Tunggu sampai nomor antrianmu dipanggil.
  • Jika sudah dipanggil, Kamu tinggal memberikan berkas formulir setor tunai beserta uang cash.
  • Selanjutnya, Kamu akan menerima buksi transaksi setor tunai.

Ketika pengisian nomor rekening, sebaiknya pastikan nomor tekeningnya sudah benar. Untuk nama pengirim, Kamu harus mengisinya dengan namamu sendiri sebagai penyetor/pengirim.

Dalam tahapan isi formulir selain Kamu menuliskan nomor akun rekening bank yang dituju, biasanya ada pula nama pemilik dari rekening, tanda tangan,dan alamat penyetor.

3. Setor Tunai BRI Lewat Teller

Jika Kamu takut terjadi kesalahan ketika mengoperasikan mesin ATM/CDM, atau mungkin di kotamu belum ada mesin CDM khusus untuk setor tunai, maka tak ada cara lain. Kamu harus melakukan cara setor tunai BRI lewat teller kantor cabang BRI terdekat. Selain itu,metode ini juga memberikan kenyamanan karena semua proses dilakukan oleh teller.

Hanya saja, waktu yang dibutuhkan untuk mentransfer atau menyetor uang di teller kantor cabang BRI cukup memakan banyak waktu. Jadi Kamu bisa melakukannya apabila kebetulan sedang ada banyak waktu senggang. Oke, langsung saja, ikuti langkah-langkah cara setor tunai BRI di teller bank BRI berikut :

  • Silahkan ambil nomor antrian terlebih dahulu, lalu ambil slip setoran yang berwarna biru.
  • Isikan data yang diperlukan pada slip transaksi setor tunai. Isikan datanya dengan benar sesuai petunjuk yang tertera, seperti nomor rekening, pemilik rekening, alamat dan nama penyetor, mata uang dan nominal uang yang disetorkan.
  • Tunggu sampai nomor antrian Kamu dipanggil.
  • Silahkan berikan uang cash, berikut formulir serta buku tabungan.
  • Lalu tunggu sampai teller memprosesnya.
  • Selamat, transaksi setor tunai pun telah berhasil dilakukan.
Terkait:  Cara Transfer Mandiri ke BCA

Tips Agar Transaksi Setor Tunai di ATM BRI Berhasil

Ada beberapa tips yang harus dilakukan agar proses setor tunai di ATM BRI berhasil dilakukan, simak ulasannya berikut :

1. Jangan Melipat Uang yang Disetorkan

Sebelum bertransaksi setor tunai, pastikan terlebih dahulu uang yang akan disetorkan sudah dirapikan. Jangan melipat atau jangan sampai ada uang yang terlipat. Jika terlipat silahkan rapikan dan luruskan uang, pastikan posisi gambar uang yang disetorkan sama. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kegagalan saat memasukkan uang ke dalam box mesin CDM.

2. Gangguan Pada Sistem ATM

Hal yang juga kerap terjadi, salah satunya ialah gangguan mesin ATM. Umumnya pada saat jam offline, sistem ATM kerap mengalami gangguan. Karena itu, sebagai pihak nasabah BRI Kamu harus tahu waktu-waktu maintenance atau jadwal offline BRI. Di jam offline, seluruh jenis transaksi memakai mesin ATM tak bisa diproses pada waktu itu juga.

3. Pastikan Memilih ATM yang Aman

Setiap aktivitas setor tunai, tentu saja kita akan membawa sejumlah uang tunai. Oleh sebab itu, Kamu harus berhati-hati dengan keadaan di sekitar, karena setiap aksi kejahatan akan terjadi jika ada kesempatan.

4. Pastikan Uang yang Disetorkan Sudah Masuk

Jika sudah selesai melakukan setor tunai bank BRI di ATM, dengan struk yang sudah tercetak, pastikan dulu untuk mengecek saldo rekening bank yang disetorkan. Apabila saldo di ATM masih belum bertambah, Kamu harus segera menghubungi layanan call center.

Demikianlah beberapa tips aman bertransaksi di ATM dan langkah-langkah cara setor tunai BRI yang harus Kamu ikuti agar transaksi setor tunai berhasil dilakukan. Semoga membantu!

Related posts