Cara Reset Password Gmail

Cara Reset Password Gmail

Lupa dengan password Gmail sendiri adalah hal yang sering dialami banyak pengguna Gmail. Apabila Kamu mengalami hal ini, sebenarnya Google sudah mengantisipasinya dengan melakukan cara reset password Gmail mudah. Asalkan Kamu telah menambahkan nomor hp atau telepon pemulihan.

Salah satu tujuan dan manfaat mendaftarkan atau memverifikasi nomor hp pada akun Google ialah akan berguna ketika kita lupa kata sandi dan harus melakukan reset password.

Read More

Jika Kamu sedang mengalami kondisi yang sama, yaitu lupa password Gmail maka Kamu bisa mencoba cara reset password Gmail dengan panduan di bawah ini!

Cara Reset Password Gmail

Cara Reset Password Gmail
Reset Password Gmail

Tutorial Reset Password Gmail Mudah

Di bawah ini, kita akan mencoba cara reset password Gmail menggunakan 3 opsi, yaitu melalui nomor telepon pemulihan, alamat email pemulihan dan pertanyaan pemulihan. Untuk antisipasi, kedua opsi tersebut harus ditambahkan saat mendaftar Gmail terlebih dahulu. Lalu, pastikan Kamu tidak lupa akun email beserta password sebagai akses masuknya dan nomor hp pemulihan yang dipakai.

Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan cara reset password Gmail dengan mudah berikut ini :

1. Reset Password Gmail Melalui Alamat Email Pemulihan

Untuk mengatasi lupa password Gmail ialah Kamu bisa memakai akun email pemulihan atau cadangan yang dimasukkan ketika mendaftar Google. Apabila Kamu sudah memasukkan akun email cadangan/pemulihan, ini dia langkah-langkahnya :

  • Masukan akun email-mu di laman login akun Gmail. Lalu tekan next.
  • Ketika diminta menginputkan password, tekan forgot password.
  • Gmail selanjutnya akan langsung mengirimkan verification code ke gmail pemulihan yang dimasukkan ketika mendaftar gmail. Inputkan kode verifikasi dan tekan next.
  • Kamu akan langsung diarahkan menuju pembuatan password email yang baru pada Gmail. Sesudah membuat password, tekan Save Password.

Sesudah Kamu membuat password yang baru, ini artinya sudah berhasil masuk ke akun Gmail-mu.

2. Reset Password Gmail Memakai Nomor Telepon Pemulihan

Jika Kamu tidak dapat mengakses akun email pemulihan yang dibuat ketika daftar Gmail, Kamu masih bisa menggunakan nomor hp yang pernah didaftarkan. ini dia langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Masukkan akun Gmail-mu di laman login Google Mail. Kemudian ketuk next.
  • Ketika diminta menginputkan password, ketuk forgot password.
  • Di tampilan selanjutnya, masukkan verification code, ketuk Try another way.
  • Setelah itu, Kamu diminta untuk memilih menerima verification code lewat telepon atau pesan.
  • Cek hpmu dan inputkan verification code yang telah dikirimkan di kolom yang sudah tersedia. Tekan next.
  • Lalu, Kamu cukup membuat password yang baru untuk masuk ke Gmail. Setelah itu, tekan Save Password. Jika sudah berhasil login, Kamu akan mendapatkan rekomendasi berupa Security Checkup.

3. Reset Password Gmail Melalui Pertanyaan Pemulihan

Jika Kamu sudah ada di halaman pemulihan maupun memilih “lupa password”, maka salah satu opsi yang bisa Kamu peroleh ialah lewat pertanyaan pemulihan. Ini biasanya hanya dapat diperoleh apabila Kamu memiliki opsi pertanyaan pemulihan ketika sedang membuat akun Google Mail saat pertama kali mendaftar. Sehingga Kamu dapat memakainya ketika lupa kata sandi Gmail. Biasanya pertanyaan pemulihannya disesuaikan dengan apa yang dipilih saat pertama kali. Adapun langkah-langkahnya berikut ini :

  • Pertama-tama, Kamu akan langsung dialihkan menuju halaman tempat mengisi kata sandi yang diingat terakhir kali.
  • Ketuk opsi “try another way”.
  • Selanjutnya tekan tautan tersebut hingga Kamu menerima pertanyaan pemulihan lalu tekan tombol berikutnya jika ingin lanjut.
  • Di halaman selanjutnya, Kamu diminta memasuki tanggal, bulan dan tahun pembuatan akun Gmail. Silahkan tekan selanjutnya.
  • Lalu jika sudah diisi dengan benar, selanjutnya akan diminta me-reset password serta menginputkan password yang baru. Setelah me-reset password baru, tinggal masuk kembali ke akun Gmail.

Tips Untuk Menyelesaikan Cara Mengatasi Lupa Password Gmail

Sebenarnya, ada beberapa langkah yang dapat diikuti ketika Kamu tengah menyelesaikan beberapa langkah cara mengatasi lupa password Gmail supaya berjalan dengan lancar. Ini ulasannya :

1. Pakai Lokasi dan Perangkat yang Sama

Sebaiknya pakai device atau perangkat komputer/telepon yang kerap dipakai untuk login ke dalam akun tersebut. Di samping itu, pastikan untuk memakai browser web yang sering digunakan untuk login. Pastikan pula lokasi ada di tempat biasanya Kamu login seperti kantor dan rumah.

2. Menjawab Pertanyaan

Kamu harus lancar menjawab seluruh pertanyaan sebaik dan sebenar mungkin. Jika ragu menjawabnya, biasanya pihak Google pun akan mengembalikan akunnya. Jadi, lebih baik lagi jika memberikan tebakan yang terbaik dibandingkan tidak mengisi jawabannya sama sekali.

3. Cek Password dan Jawaban

Sebaiknya hindari kesalahan ejaan pada pasword atau jawaban. Misalnya memperhatikan huruf kecil atau besar serta ejaan pada password-mu. Lalu pastikan untuk tidak typo baik pada nomor maupun simbol terentu.

Selain itu, ketika diharuskan mencantumkan password yang terakhir, pastikan untuk memasukkan kata sandi terbaru yang diingat. Apabila Kamu tidak mengingatnya, inputkan password sebelumnya. Dengan semakin baru kata sandinya, tentu semakn baik.

Sementara itu, jika ada di halaman pertanyaan keamanan. Sebaiknya berikan jawaban yang Kamu ingat. Apabila tidak ingat, Kamu harus memberikan tebakan terbaikmu. Namun jika ingat dan ternyata tetap tidak bisa masuk, coba pakai variasi jawaban berbeda. Misalnya, pakai “bdg” jika dibandingkan memakai “bandung” atau lebih ke singkatan.

4. Memasukkan Email yang Sudah Terhubung

Ketika Kamu diminta memasukkan akun email recovery, silahkan masukkan akun email yang sudah ditambahkan pada akun. Misalnya, Kamu dapat memasukkan akun email pemulihan untuk login lagi, atau alamat email alternatif yang dapat dipakai untuk masuk atau login. 

5. Menambahkan Informasi yang Bisa Membantu

JIka masih belum login, dan diarahkan pada halaman pertanyaan kenapa Kamu tak dapat mengakses akun, Kamu bisa memberikan jawaban berupa informasi yang dapat membantu. Misalnya saja :

  • Kamu menerima pesan error.
  • Sedang bepergian.
  • Merasa akun sudah di hack malware.
  • Kamu telah mengubah kata sandi belum lama ini namun tidak ingat.

Jika penjelasanmu telah sesuai dengan beberapa informasi yang Kamu masukkan, maka pihak Google pun dapat membantumu dengan mudah.

Kesimpulan

Jika Kamu sudah mengikuti langkah-langkan untuk mengatasi lupa kata sandi Gmail dengan tepat di atas, Kamu seharusnya sudah dapat me-recovery Gmail milikmu. Akan tetapi, alangkah baiknya jika setelahnya Kamu simpan kata sandi Gmail atau kata sandi akun lainnya supaya tidak lupa. Simpan password tersebut di tempat yang sekiranya aman.

Tak hanya itu, Kamu juga tak perlu ragu meningkatkan sistem keamanan Google Mail ketika melakukan pendaftaran. Pastikan sebisa mungkin, untuk melengkapi informasi identitasmu dengan sebanyak mungkin. Jadi, ketika Kamu lupa password Gmail, atau ada pencurian identitas akun Gmail, mengalami kerusakan dan lainnya, akan lebih gampang me-recovery Gmailmu.

Oke, demikianlah ulasan tentang cara reset password Gmail yang bisa Kamu praktekkan saat lupa password Gmail. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related posts