Cara Kerja Adsense

Monetisasi adalah salah satu harapan yang diinginkan oleh setiap pemilik blog. Dengan melakukan monetisasi, para pemilik web/blog bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari blog yang mereka punya. Untuk memonetisasi blog, biasanya pemilik blog harus memanfaatkan Google Adsense. Hanya saja, tak sedikit yang masih belum mengetahui bagaimana cara kerja Google Adsense itu sendiri.

Apa Itu Google Adsense?

Adsense adalah program periklanan atau advertisement dari Google. Program ini merupakan cara terbaik dalam memonetisasi blog maupun channel Youtube milikmu. Google Adsense telah diluncurkan sejak pertengahan 2003 oleh vendor raksasa Google. Bahkan kini Adsense termasuk salah satu program periklanan paling populer yang ada di internet. Tentu saja dengan adanya program tersebut, semakin memberikan peluang baik untuk para webmaster maupun pemilik situs dalam memonetisasi traffic situs web mereka.

Jadi, Kamu bisa menghasilkan uang berdasarkan iklan yang ditampilkan oleh pihak pengiklan atau advertiser pada konten online yang Kamu miliki. Dengan Adsense inilah, Kamu bisa menampilkan iklan menarik yang relevan bagi pengunjung atau visitors web yang Kamu miliki. Bahkan Kamu bisa menyesuaikan tampilannya dengan konsep web milikmu.

Cara Kerja Adsense

Cara Kerja Adsense
Bagaimana Google Adsense Bekerja?

Bagaimana Google Adsense Bekerja?

Cara kerja Adsense ialah dengan cara membayar setiap kali ada pengunjung web/blogmu yang mengklik iklan yang dipasang di blog tersebut. Dengan demikian, semakin banyak iklan tersebut mendapat klik, ini artinya pendapatan Adsense-mu akan semakin besar.

Maka dari itu, kamu harus membuat sebuah konten website menarik yang sudah dilengkapi oleh SEO dengan benar. Ini dia ulasan tentang cara Google Adsense bekerja :

1. Menyediakan Ruang Iklan

Panduan cara kerja Adsense yang pertama, Kamu harus menyediakan ruang untuk beriklan. Untuk meletakkan iklan sendiri, biasanya terdapat dalam artikel, header, sidebar dan footer. Untuk pemasangannya, Kamu cukup menempelkan atau paste iklan berbentuk script di bagian tersebut. Setelah itu, iklan bisa muncul sesuai minat para pengunjung web.

2. Iklan Termahal yang Akan Muncul

Biasanya para pengiklan melakukan penawaran lewat harga tertinggi supaya iklan mereka bisa muncul di ruang pengiklan yang sudah tersedia di website-mu.

3. Menerima Bayaran

Cara kerja Adsense selanjutnya, jika iklan yang dipasang di website milikmu sudah muncul dan ada pengunjung yang mengklik iklan tersebut, maka Kamu sebagai penyedia ruang iklan di blog/web-mu akan mendapatkan penghasilan. Biasanya besaran biaya setiap kliknya tergantung pada persaingan bid dan jenis produk pengiklan itu sendiri.

Tutorial Agar Google Adsense Monetisasi Blogmu

Sebelum Kamu mendaftar Google Adsense, Kamu harus memahami jika tak semua website dapat diterima Adsense, biasanya hanya website tertentu saja yang memenuhi ketentuan dan syarat dari Adsense. Apabila Kamu mengalami penolakan dari Adsense, baca apa saja kesalahan yang membuatmu ditolak. Selanjutnya bila sudah benar, Kamu tinggal ajukan lagi . Di bawah ini ada beberapa panduan agar Google Adsense monetisasi blogmu :

1. Ketentuan Klik Iklan dan Tayangan

Cara kerja Adsense biasanya dengan memasang iklan di website, lalu ketika terjadi klik akan dihitung sebagai pemasukan. Agar memastikannya, Adsnse melarang beberapa hal berikut, seperti mengklik iklan yang tayang di blog/websitemu sendiri, meletakan iklan di web yang dapat memanipulasi pengunjung, meminta orang mengklik tayangan iklan, serta dilarang mempromosikan blog/web dengan cara terlarang. Dengan demikian bisa menghadirkan traffic kurang berkualitas.

2. Kebijakan Konten

Partner Google Adsense sepenuhnya bertanggung jawab terhadap seluruh konten web, beberapa hal yang tak boleh dilakukan seperti konten mengandung copyright, konten pornografi, mengandung SARA dan kekerasan.

Sebaiknya konten yang Kamu publish di web adalah konten yang relevan dan unik, jangan curang dengan cara memasukkan keyword berlebihan serta memasang kode tertentu yang melanggar. Sebab jika Kamu melakukannya bisa menyebabkan akunmu di banned atau dinonaktifkan.

3. Mengimplementasi Iklan

Sesudah diterima menjadi publisher Adsense, agar Kamu dapat menayangkan iklan di blog/web-mu, Kamu harus memasang kode Adsense di website. Kamu harus memperhatikan beberapa hal untuk dijadikan pedoman, seperti tidak memasang iklan berupa pop up maupun format iklan yang merugikan pengiklan dan pengunjung.

4. Membangun Traffic  Organik

Kamu bisa melakukan optimasi mesin pencari serta pemasaran artikel secara efektif guna mendapatkan traffic organik menuju situs webmu.

5. Menonaktifkan Akun Adsense

Jika peraturan yang ditentukan Adsense tidak dipatuhi, maka Kamu siap-siap saja blog atau website-mu dinonaktifkan Google.

6. Memaksimalkan Penempatan Iklan

Kamu diizinkan untuk menempatkan 3 iklan standar setiap halaman. Silahkan pakai semuanya jika ingin memaksimalkan keuntungan. Seperti meletakkan iklan di bagian ata flip, dan iklan leader board pada header atau logomu.

Kamu juga bisa menyertakan iklan pada konten, dengan menempatkannya pada artikel. misalnya di bagian bawah judul, sesudah paragraf ke-3, di bagian tengah dan bagia akhir artikel. Dengan demikian, iklan bisa sering terlihat ketika pengunjung membaca konten artikelmu.

Jenis-Jenis Adsense

Jika Kamu sudah mengetahui cara kerja Adsense, selanjutnya Kamu juga harus tahu jenis dan program dari Google Adsense itu sendiri. Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa Adsense atau Google Adsense merupakan layanan untuk menempatkan iklan dari Google.

Dimana program tersebut dirancang bagi penerbit website yang akan menampilkan iklan video, gambar atau teks yang ditargetkan di halaman situs web serta mendapatkan uang jika pengunjung web melihat iklan atau mengklik link-nya.

Biasanya iklan dikelola dan dikendalikan Google. Sementara publisher atau penerbit web sendiri hanya cukup membuat akun Google Adsense gratis kemudian menyalin lalu menempelkan kode iklan yang telah tersedia untuk menempelkan iklan. Biasanya, cara Google Adsense membayar kita diperoleh berdasarkan per impressions (tayangan) atau per klik. Istilah tersebut biasa dikenal sebagai pay per click atau PPC.

Kamu tak perlu lagi membayar menjadi penerbit web atau web publisher terverifikasi pada layanan Google Adsense. Sementara program Adsense sendiri tersedia bagi penerbit/publisher yang telah memenuhi syarat. Berikut beberapa jenis program Google Adsense yang disediakan Google bagi penerbit yang telah memenuhi persyaratan, diantaranya :

  • Adsense for mobile applications and games, biasanya penghasilan berasal dari game dan aplikas android maupun iPhone.
  • Adsense for video, Kamu bisa mendapatkan uang berdasarkan postingan konten video di Youtube secara online.

Saat ini Google telah menawarkan program-program Adsense berbeda, yang tergantung dari jenis konten pada tempatmu memasang iklan. Misalnya saja halaman web maupun umpan RSS.

Program Adsense yang Perlu Diketahui

Beberapa jenis program Adsense yang harus diketahui, diantaranya :

  • Adsense For Content (konten), menampilkan iklan di website.
  • Adsense For Domain, bisa memasang iklan pada domain web yang tidak dipakai.
  • Adsense For Feed (umpan), menampilkan iklan pada umpan RSS.
  • Adsense For Mobile (seluler), memasang iklan pada situs seluler.

Itulah panduan cara kerja Adsense dan jenis-jenis program Adsense yang bisa Kamu pelajari sebelum mulai mendaftar Google Adsense untuk monetisasi web-mu. Semoga bermanfaat!

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019