Cara Jumper Aki Motor

Bagaimana cara jumper aki motor? Jumper adalah salah satu cara agar aki yang soak bisa kembali berfungsi normal dan kendaraan bisa kembali jalan. Cara jumper ternyata bukan hanya bisa dilakukan pada mobil saja, tapi juga dapat dilakukan pada motor supaya aki yang soak dapat bekerja kembalii.

Cara jumper aki motor sebenarnya hampir sama seperti cara jumper aki mobil. Namun yang paling penting adalah harus mengikuti langkah-langkahnya dengan benar, untuk meminimalisir terjadinya resiko kegagalan. Terutama untuk mencegah konsleting listrik yang menyebabkan kebakaran motor.

Read More

Aki motor memang tidak begitu memerlukan teknik jumper aki untuk menghidupkan kembali aki yang soak. Hal tersebut dikarenakan jika dibandingkan dengan aki mobil, harganya jauh lebih murah dan kamu tinggal mengganti saja aki yang soak tersebut dengan aki yang baru.

Akan tetapi dalam keadaan darurat, cara jumper aki motor boleh dilakukan asalkan dengan cara-cara yang benar supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Peralatan yang Harus Dipersiapkan Untuk Jumper

Untuk melakukan jumper pada aki motor yang soak, maka kamu perlu mempersiapkan peralatannya terlebih dahulu, seperti kabel yang diperuntukkan untuk jumper aki. Penggunaan kabel khusus jumper bertujuan supaya teknik jumper bisa jauh lebih aman dan potensi keberhasilan pengisian aki dapat berlangsung lebih maksimal.

Sebenarnya bisa saja menggunakan kabel lainnya dengan cara memodifikasi kabel tersebut. Hanya saja ada banyak kelemahan, seperti membuat pengisian daya listrik tidak akan maksimal, waktu yang dibutuhkan cukup lama, hingga berpotensi mengalami kegagalan.

Terkait:  Cara Hitung Kredit Mobil

Kamu juga harus mempersiapkan aki normal untuk membantu memicu daya listrik atau mengalirkan listrik kea ki yang soak. Agar pengisian dayanya berjalan normal, maka kamu perlu mengecek aki yang normal tersebut agar dayanya sama dengan aki yang soak untuk menghindari terjadinya konsleting.

Cara Jumper Aki Motor

Cara Jumper Aki Motor
Tutorial Jumper Aki Motor

Panduan Jumper Aki Motor

Setelah memastikan persiapan jumper, kini saatnya Kamu melakukan jumper dengan mengikuti tutorial cara jumper aki motor di bawah ini :

1. Buka Cover Aki Motor

Pertama-tama, bukalah cover yang menutupi aki. Untuk motor jenis bebek biasanya aki terdapat pada bagian samping body motor. Berbeda halnya pada motor 2 tax biasanya posisi aki berada di bawah jok motor. Membuka cover aki pada motor bertujuan untuk mempermudah menghubungkan kabel untuk jumper yang akan dipasang.

2. Hubungkan Kabel Jumper ke Aki yang Soak

Cara jumper aki motor berikutnya hubungkan antara aki yang normal dengan aki yang soak memakai kabel khusus jumper. Biasanya ada 2 jenis kabel, diantaranya :

  • Kabel merah, yaitu kabel khusus untuk kutub positif (+), dan
  • Kabel hitam, yaitu kabel khusus untuk kutub negatif (-).

Karena sebelumnya cover yang menutupi aki pada motor telah dibuka. Selanjutnya kamu tinggal menghubungkan saja antara aki yang soak dengan aki yang masih normal memakai kabel jumper.

Saat pemasangan kabel jumper, Kamu harus memperhatikan posisi pada kabelnya. Pastikan kabel yang berwarna merah ditempelkan atau dipasang ke kutub positif, sedangkan kabel hitam dipasang ke kutub negatif. Ingat, jangan terbalik ya!

Selain itu, Kamu juga harus memastikan baut pengunci yang harus benar-benar terpasang dengan kencang. Agar tidak gampang mengeluarkan panas.

3. Cara Jumper Dengan Benar

Cara jumper aki motor selanjutnya yaitu Kamu cukup menyalakan motor. Apabila kabel-kabel sudah terpasang dengan baik dan kokoh, cobalah menyalakana motor. Selain itu, jika kondisi aki pada penjumper bagus, seharusnya motor bisa dinyalakan secara normal.

Terkait:  Cara Cat Mobil

Setelah motornyaa menyala, silahkan tunggu selama beberapa menit, kemudian lepaskan jepitan pada kabel jumper. Namun sebelumnya, Kamu harus memastikan agar motor dalam kondisi tetapa menyala. Tujuannya agar tegangan listriknya lebih stabil saat proses jumper.

Jika motor sudah menyala dengan kondisi kabel yang sudah terpasanang, diamkan motor terlebih dahulu. Tujuannya supaya aki pada motor dapat menyimpan tenaga aki motor yang telah rusak. Kamu hanya perlu melakukannya sekitar 10-20 detik, jangan terlalu lama.

Jika electric starter pada motor yang akinya soak tadi menyala, dapat dipastikan proses jumper aki telah berhasil. Namun jika sebaiknya, proses jumper aki kemungkinan besar belum berhasil.

Teknik melakukan starter pun sangat berpengaruh, jika kamu hanya menekan tombol electric starter saja maka motor sulit dinyalakan. Akan tetapi, apabila Kamu menekan electric starter sembari menekan gas secara perlahanbisa membantu menyalakan motor tersebut.

Setelah diyakini proses jumper berhasil dilakukan, langkah terakhir adalah tinggal menutup aki tersebut dengan cover kembali atau menutupnya dengan jok jika seandainya posisi aki berada di bawah jok motor.

Tutorial Jumper Aki Motor Sistem Injeksi

Sebenarnya proses jumper aki motor hanya dapat dilakukan untuk motor dengan kapasitor bank. Jika tidak ada, motor tersebut biasanya tidak dapat dijumper. Lalu, apa itu kapasiter bank?

Kapasitor bank adalah sebuah komponen yang bertugas untuk menstabilkan arus pada listrik. Dengan kata lain, komponen tersebut berguna untuk menyimpan energi lilstrik untuk sementara waktu. Selain itu, disebut juga dengan aki cadangan motor injeksi.

Untuk motor injeksi sendiri, kapasitor bank tersebut biasanya memberikan tenaga untuk injeksi supaya dapat bekerja dengan normal. Sehingga jika motor injeksi tidak dilengkapi oleh kapasitor bank maka percuma saja dilakukan jumper.

Terkait:  Cara Membaca Ukuran Ban Mobil

Hala ini dikaranakan ketitka kabel jumpernya Kamu lepas, maka motor akan matit otomatis akibat tidak ada penyimpanan daya. Dengan begitu, suplai daya yang digunakan untuk menjalankan komponen motor injeksi akan hilang.

Perbaiki Aki yang Soak

Sebenarnya jumper adalah langkah terakhir untuk menghidupkan motor yang akinya soak. Namun sebelum melakukan jumper, alangkah baiknya aki yang soak tersebut diperbaiki melalui metode sederhana agar tegangan aki bisa kembali naik.

Secara umum untuk tegangan pada aki yang normal adalah berada di kisaran 13,3 hingga 14,3 volt ketika motor sedang dinyalakan. Oleh karena itu, patokan tersebut bisa dijadikan sebagai acuan dasar pada aki yang dianggap sudah soak.

Cara yang paling sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan membersihkan terlebih dahulu aaki tersebut. Baik itu, pada bagian luar dekat dengan kutub positif dan negatif atau bagian dalam aki dengan cara membuka tutup aki yang ada di bagian atas.

Bagi kamu yang menggunakan aki basah, tentunya lihat volume air aki apakah berada di bawah batas normal atau tidak. Jika air aki ternyata dibawah batas normal, maka segeralah untuk mengisi kembali dengan air aki khusus, lalu cobalah untuk menyalakan motor kembali.

Tips Agar Aki Motor Tetap Awet

Membersihkan aki secara berkala merupakan salah satu tips agar aki motor tetap awet. Selain itu, pastikan untuk menghidupkan motor secara berkala, misalnya di pagi hari tetap menghidupkan motor walau kenyataannya tidak akan digunakan.

Hal yang paling penting adalah dengan melihat kondisi alternator, agar tetap mengisi daya dengan baik. Adapun jika alternator lemah maka harus diservis ke bengkel yang biasa menangani aki motor.

Tujuan dari perawatan aki di atas tidak lain yaitu untuk menghindari proses jumper aki yang cenderung cukup ribet dilakukan. Sehingga cara jumper aki motor yang soak hanya dilakukan jika benar-benar urgent!

 

Related posts