Cara Jual Mobil

Bagaimana cara jual mobil cepat laku? Apakah cara menjual mobil dengan sistem tradisional atau dengan memasarkan dari mulut ke mulut masih efektif? Dan di tengah era modern seperti saat ini, Apakah kita bisa menggunakan cara mudah untuk menjual mobil?

Berbicara tentang aktivitas jual beli, mungkin sebagian dari kita sudah mengetahui beragam cara dan juga platform, yang memungkinkan kita untuk membeli sebuah produk ataupun memasarkan dan menjual produk. Mulai dari membeli kebutuhan sehari-hari, sampai sekedar membeli kebutuhan hobi yang kita inginkan. Karena sebagaimana kita tahu, aktivitas jual-beli sudah menjadi kegiatan yang berlaku dari zaman dahulu.

Maka dari itu tak heran jika saat ini kita banyak sekali menemukan beragam produk, dan juga jenis barang yang dijual ataupun bisa untuk dibeli.

Salah satu produk yang saat ini bisa kita temukan adalah moda transportasi seperti motor ataupun mobil. Karena, kita bisa menemukan para penjual kendaraan seperti motor ataupun mobil di berbagai tempat di sekitar kita. Mulai dari dealer resmi yang memasarkan kendaraan sesuai vendor, ataupun sekiranya Para pemilik usaha yang memang memasarkan motor atau mobil yang mereka jual dengan secara pribadi.

Biasanya, kendaraan yang dijual di sini memiliki kondisi second atau sudah bekas titik namun walaupun begitu, kualitas dari motor ataupun mobil yang dijual di sini masih memiliki mesin yang cukup apik. Selain itu harga yang ditawarkan pun Tidaklah terlalu mahal, Bahkan kamu juga bisa kok menggunakan sistem pembayaran kredit ataupun tunai.

Namun pada kesempatan kali ini kita tidak akan membicarakan tentang bagaimana cara membeli mobil, melainkan yang akan kita bahas adalah bagaimana kita bisa memasarkan atau mungkin menjual mobil yang kita miliki.

Hal ini biasanya dikarenakan kondisi ekonomi ataupun kondisi finansial yang mungkin membuat seseorang harus menjual barang kesayangan mereka. Tetapi, untuk cara jual mobil sendiri harus memperhatikan beberapa aspek penting yang tak boleh dilupakan.

Cara Jual Mobil

Cara Jual Mobil
Jual Mobil

Lakukan Riset Harga rata-rata

Cara pertama yang harus kalian perhatikan sebelum menjual mobil, adalah dengan mengetahui ataupun melakukan riset untuk harga rata-rata dari kendaraan kalian. Disini kamu bisa melakukan pencarian di Google, dan menuliskan harga dari merek kendaraan yang kalian miliki. Karena biasanya, untuk harga rata-rata dari kendaraan itu sendiri dipengaruhi oleh tahun dari kendaraan tersebut.

Jika mungkin kendaraan yang kamu miliki berada pada tahun produksi antara 2012-2015, kemungkinan harga jualnya masih cukup tinggi. Misal kamu mobil tersebut dengan 100 juta rupiah, maka kemungkinan harga jualnya bisa berada di antara 50 atau bahkan 75 juta. Namun kembali lagi harga ini tidaklah akurat, karena kondisi mobil juga akan mempengaruhi harga jualnya.

Periksa Semua Kondisi Mobil

Ketika kamu ingin menjual mobil, pastikan kamu mengetahui dahulu kondisi dari kendaraan yang kamu miliki. Misalnya, kamu memiliki kekurangan pada bagian mesin ataupun suara mesin yang sudah mulai kasar. Maka, Kami menyarankan kamu untuk terlebih dahulu melakukan servis ketika akan menjual mobil.

Kamu juga bisa mencuci mobil sehingga kondisinya tetap bersih, dan sekiranya enak untuk dipandang. Pastikan juga kamu memperhatikan sparepart dari mobil tersebut masih merupakan sparepart ori dari pabrik. Karena Jika kamu menggunakan sparepart second atau aftermarket, maka kemungkinan harga jualnya akan jatuh.

Pastikan juga tidak ada baret pada body mobil, karena tentunya sedikit lecetan atau baret pada bodi mobil bisa sangat mempengaruhi pada harga kendaraan. Bahkan lecetan ini bisa membuat harga kendaraan menjadi sangat jatuh.

Buat Foto Produk Semenarik Mungkin

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah membuat foto atau mengambil gambar dari produk yang kami pasarkan. Karena di sini Kita akan menjual mobil, jadi Kami menyarankan kamu untuk mengambil gambar mobil dengan sudut pengambilan gambar yang baik untuk itu pastikan ketika mengambil gambar dari mobil kalian, keseluruhan bagian mobil terfoto dengan baik.

Pastikan juga gambar yang kamu ambil tidak blur, dan mungkin kamu bisa menambahkan elemen desain lain ataupun mencari Spot foto yang bagus, untuk memfoto mobil yang akan kalian jual.

Adapun fungsi lain dari kalian harus menggunakan foto atau membuat foto dari kendaraan kalian lebih menarik, adalah untuk mempermudah kamu dalam mempromosikan mobil yang akan kamu jual.

Di sini kamu bisa menggunakan foto-foto tersebut untuk nantinya di upload ke dalam marketplace jual beli online, atau bahkan membagikan foto tersebut melalui status WhatsApp ataupun Stories Instagram untuk kemudian menarik minat dari orang-orang yang melihat status dan juga Story sekalian.

Pilihlah Marketplace yang Tepat

Kemudian pada cara selanjutnya, Kami menyarankan kamu untuk memilih ataupun menggunakan layanan marketplace ataupun ecommerce yang tepat. Untuk melakukan aktivitas jual-beli mobil secara online sendiri, Kamu sebenarnya bisa menggunakan beberapa forum yang memang dikhususkan untuk mereka para pecinta otomotif.

Karena biasanya, para anggota ataupun member yang ada di forum tersebut tak hanya membicarakan tentang otomotif saja. Karena di dalam forum ini kamu juga bisa menemukan room khusus untuk melakukan aktivitas jual beli kendaraan mobil

Selain itu kamu juga bisa menggunakan layanan e-commerce yang memang menjadi tempat untuk melakukan aktivitas jual beli kendaraan second seperti OLX.

Karena memang, OLX sendiri menggunakan sistem COD atau cash on delivery yang mana memungkinkan para penjual atau pembeli untuk bisa bertemu secara langsung.

Nah di sinilah kamu bisa menggunakan deskripsi yang lengkap untuk mobil yang kamu jual, dan pastikan ketika ada calon pembeli yang bertanya ataupun tertarik dengan mobil yang kamu jual, kamu bisa membuat janji untuk bertemu atau chord sesuai tempat yang dijanjikan bersama.

Karena dengan begitu, pembeli bisa melihat secara langsung kondisi mobil yang kalian jual dan mungkin melakukan negoisasi atau penawaran harga. Adapun forum yang juga kami sarankan adalah Kaskus fjb atau Kaskus forum jual beli. Karena untuk sistem dari kasus sendiri tak jauh beda dengan OLX.

Bahkan, para pengguna Kaskus yang mungkin tertarik dengan mobil yang kamu pasarkan, bisa meninggalkan komentar atau sekedar pertanyaan dari barang atau mobil yang kamu jual tadi. Dari situlah kalian bisa membuat sebuah percakapan melalui private message atau PM, untuk kemudian membuat janji bertemu untuk melakukan COD.

Maka dari itu penggunaan deskripsi yang lengkap baik menggunakan OLX ataupun Kaskus, merupakan hal yang penting. karena pada halaman deskripsi ini, kamu bisa menjabarkan secara detail kondisi mobil yang kamu jual, serta kelebihan dan kekurangan dari kendaraan bermobil yang kamu jual ini. Jangan lupa untuk menambahkan foto produk yang sudah kita bahas pada poin sebelumnya tadi ya

Sebagai penutup, itulah tadi beberapa kiat dan juga cara jual mobil yang setidaknya mungkin bisa membantu kamu sebagai referensi ketika ingin menjual kendaraan tersayang kalian. Semoga artikel ini bisa membantu dan selamat mencoba

Faiz Dawami
suka diajak ngopi