Cara Jumper Aki

Saat mobil tiba-tiba saja berhenti dan tidak bisa dinyalakan. Salah satu kemungkinan yang terjadi adalah aki mengalami soak atau masa penggunaannya sudah habis. Jika hal ini terjadi, otomatis kamu harus mencoba cara jumper aki mobilmu.

Mengenal Jenis Aki Mobil

Sebelum kamu melakukan cara jumper aki mobil yang soak atau tekor, kamu harus memahami jenis aki mobil terlebih dahulu. Sebenarnya ada 2 jenis aki mobil yang biasana dipasang pada kendaraan roda mepat, yaitu aki kering dan aki basah. Tiap jenis aki tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Read More

Tapi tetap saja aki memerlukan perawatan yang tepat agar arus listrik dapat dialirkan sempurna. Biasanya kebanyakan orang lebih memilih jenis aki basah jika dibandingkan dengan aki kering. Dengan alasan, aki basah biasanya dapat dilakukan isi ulang dengan harga yang lebih terjangkau.

Namun tentu saja hal tersebut tidak berarti jenis aki lainnya tidak bagus. Kamu masih bisa memilih aki kering, asalkan melakukan perawatan secara khusus. Selain itu, kamu tidak perlu lagi repot-repot untuk mengganti cairan yang ada didalamnya.

Ditambah lagi, biasanya aki kering gampang diperbaiki saat rusak. Selain kedua jenis aki ini, sebenarnya masih ada jenis aki yang lainnya yaitu aki kalsium dan hybrid. Kelebihannya adalah kutub baterainya biasanya terbuat dari material kalsium, karenanya kemampuan dalam menyimpan listrik bisa dibilang lebih baik dibandingkan jenis aki yang basah.

Hal ini berbeda lagi dengan jenis aki hybrid, jenis ini mempunyai kelebihan tersendiri, diantaranya lebih awet karena jenis aki ini termasuk gabungan antara aki kalsium dengan aki basah. Walaupun jenis akinya berbeda, namun apapun jenisnya tidak menutup kemungkinan aki tetap mengalami kerusakan, terlebih jika tidak dilakukan perawatan secara maksimal.

Terkait:  Cara Menyetir Mobil Matic

Ketika aki mobil rusak, tentu saja bisa membuat kendaraanmu mogok. Selain itu, jika hal tersebut sudah terjadi tentunya akan membuatmu repot. Terlebih jika kamu melakukan perjalanan jauh serta posisimu jauh dari lokasi begkel, tentu membuatmu semakin merepotkan.

Pada saat itulah, kamu harus melakukan cara jumper aki mobil. Untuk lebih jelasnya, simak tutorialnya berikut!

Cara Jumper Aki Mobil

Cara Jumper Aki
Jumper Aki Mobil

Tips Jumper Aki Mobil

Sebelum melakukan jumper aki, langkah pertama pastikan terlebih dahulu kamu menyimpan peralatan kabel jumper pada kendaraanmu. Selain itu, kamu juga harus meminta bantuan pada pemilik mobil normal sejenis sebagai media untuk menjumper aki mobil yang mogok.

Memilih mobil sejenis ditujukan karena mobil tersebut memiliki aki dengan tipe voltase yang sama, yakni sebesar 12V. Kamu bisa meminta bantuan kepada sang pemilik mobil dengan sopan, dan parkirkan mobil secara berhadapan dengan kendaraanmu pada jarak 1 meter.

Apabila ketentuan di atas tidak dapat terpenuhi, sebaiknya kamu langsung membawa kendaraanmu ke bengkel terdekat.

1. Tahap Persiapan

Ada beberapa langkah persiapan yang wajib dilakukan sebelum kamu melakukan jumper aki pada kendaraan roda empat, berikut ini :

  • Bagi mobil bertransmisi otomatis atau mobil matic, pastikan posisi tuas transmisi dalam posisi ”P. Namun bagi mobil transmisi manual, posisikan kendaranmu dalam posisi netral.
  • Aktifkna baik rem parkir maupun rem tangan agar kendaraanmu tidak bergerak.
  • Saat menjumper aki, kamu wajib menonaktifkan semua perangkat yang terhubung pada arus listrik, baik mobil penjumper atau yang dijumper. Pastikan juga kondisi mesinnya dalam keadaan mati dan kuncinya dicabut.
  • Setelah itu, cabut semua perangkat elektronik. Cabut juga charger ponsel pada kendaraan karena dapat beresiko mengalami kerusakan saat jumper, akibat daya tegangan tidak stabil.
  • Kamu tinggal membuka kedua kap padamesin mobil, lalu lihat posisi aki mobilmu berada.
  • Saat melihat posisi pada aki, kamu harus melakukan pengecekan secara teliti posisi dari kutub terminal negatif dan positif di kedua aki pada mobil penjumper atau yang dijumper.
  • Biasanya kedua kutub pada terminal aki ditandai oleh tanda – atau +, jika kutub pada terminal baterainya terlihat kotor, kamu tinggal membersihkannya memakai kain.
Terkait:  Cara Memancing Aki Mobil yang Tekor

2. Mulai Proses Jumper Aki

Cara jumper aki mobil selanjutnya, setelah menemukan posisi antara letak kutub negatif dan positif pada aki, kamu tinggal memulai proses jumper aki dengan panduan di bawah ini :

  • Jepit ujung klem kabel positif yang berwarna merah pada kutub positif ke aki kendaraan yang mogok. Jika sudah, jepit ujung klem lainnya pada kabel positif yang berwarna merah di kutub positif pada aki mobil penjumper.
  • Lalu pastikan kedua penjepit (+) sudah terpasang kuat.
  • Jepit ujung klem pada kabel negatif yang berwarna hitam pada kutub negatif (-) di bagian aki mobil penjumper atau mobil yang normal.
  • Setelah itu, pastikan kedua ujung klem yang lain di kabel negatif yang berwarna hitam telah dijepitkan ke bagian bodi secara langsung ini dilakukan pada kendaraan yang akan dijumper atau yang mogok.
  • Jangan hubungkan klem kabel negatif yang berwarna hitam ke baterai yang mati, sebab bisa berbahaya.
  • Mungkin sebelumnya banyak yang beranggapan jika cara tersebut bisa menimbulkan aliran setrum maksimal sebagai pemancing agar mesin mobil menyala. Justru aki mobil yang soak dapat menghasilkan produksi gas yang gampang terbakar yang disebabkan oleh percikan api.
  • Tunggu beberapa menit atau menyesuaikan tingkat kesoakan aki kendaraanmu.
  • Biarkan mesin kendaraan menyala selama beberapa menit, dengan tujuana untuk pengisian tenaga aki yang mengalami soak. Selain itu, tetap biarkan kabel dalam keadaan terpasang pada keduamobil meskipun mobil sudah menyala.
  • Jika mesin pada mobil sulit dihidupkan atau bahkan tidak bereaksi, coba diamkan hingga beberapa lama agar pengisian tenaganya lebih banyak.
  • Tapi jika mesin mobil yang dijumper sudah berhasil dihidupkan, kamu tinggal melepaskan kabelnya.
  • Lepas kabel jumper dengan melepaskan bagian ujung klem pada kabel negatif yang berwarna hitam pada kendaraan yang soak. Lalu lepaskan ujung kabel yang negatif lainnya. Ikuti dengan melepaskan kabel dengan ujung positif melalui metode yang sama.
Terkait:  Cara Jumper Mobil

3. Memancing Aki Selain Metode Jumper

Selain cara jumper aki mobil, kamu bisa memancing aki mobil yang mogok dengan cara lainnya. Salah satunya adalah dengan cara mendorong kendaraan roda empat milikmu. Namun kamu harus mencari beberapa orang yang siap bersedia mendorong kendaraan yang mobil.

Tapi sebenarnya 2 orang juga sudah cukup mampu mendorong mobil yang mogok, salah satunya untuk mobil MPV. Tapi sebelum didorong, masukkan terlebih dahulu gigi transmisi pada posisi 1 maupun posisi 2.

Jika kamu memasukkan gigi pada posisi 1, tentu saja menjadi lebih berat saat didorong karena membuat putaran mesin lebih cepat. Selain itu,bisa membuat mesin mobil lebih mudah dinyalakan lagi meskipun mobil didorong pada kecepatan yang lambat.

Apabila si pendorong mobil merasa masih terlalu berat, kamu bisa masukkan posisi gigi ke dalam posisi 2. Tujunnya untuk membuat kendaraan roda empatmu lebih ringan ketika didorong.

Saat didorong kamu harus pastikan kunci kontak dalam posisi ON. Biasanya gigi transmisi kendaraan yang masuk bisa membuat putaran roda langsung memutar bagian mobil ketika didorong. Hal tersebut sama dengan sistem electric starter untuk memutar bagian poros engkol pada mesin.

Hal inilah yang membuat proses pembakaran terjadi pada mesin mobil, selanjutnya mesin mobil akan kembali menyala.

Kesimpulan

Kamu bisa memilih salah satu diantara cara di atas, apakah memilih cara jumper aki atau dengan mendorong mobil. Namun biasanya, cara yang paling efektif adalah dengan cara jumper aki mobil. Apalagi jika mobil mati total dan tidak bisa dinyalakan.

Related posts