Cara Cek Angsuran Motor

Tahukah kamu bagaimana cara cek angsuran motor paling baru saat ini? Sebagian masyarakat Indonesia kini mulai beralih menggunakan kendaraan pribadi sebagai alat tranportasi keluarga dibanding kendaraan umum.

Alasannya lebih hemat, mudah digunakan dan fleksibel dibanding kendaraan umum yang terkesan lama dan boros.

Kemudahan menggunakan kendaraan pribadi mendorong masyarakat melakukan pembelian kendaraan bermotor baik mobil maupun sepeda motor.

Ada beberapa pilihan untuk memiliki kendaraan dengan cara cash atau langsung, kredit at pembayaran secara cicilan maupun angsuran per bulan. Pembelian dengan cara kredit menjadi pilihan banyak orang memiliki kendaraan bermotor.

Program kredit kendaraan bermotor dengan DP ringan membuat orang-orang merasa senang mengajukan kredit dibanding tunai. DP yang ringan dan mudah tentu peminat pun makin banyak.

Dari sinilah kemudian lembaga- lembaga pembiayaan kredit bermunculan. Bank hingga leasing menjamur selama ini dimanfaatkan betul dan sebagai pilihan untuk kredit.

Layanan finansial di Indonesia jumlah mencapai ribuan baik secara offline maupun online yang menawarkan keunggulan dan kelebihannya kepada konsumen.

Dari banyaknya pilihan yang ditawarkan membuat sebagian orang bingung menentukan pilihan lembaga mana yang harus dipilih untuk mendapatkan kredit.

Kredit dipilih itu bisa menguntungkan dan memberi kredit murah dengan DP ringan. Ada banyak leasing bertebaran di negeri ini dari mulai Honda, Oto Motor, hingga Mandiri Tunas Finance yang menawarkan keunggulan produk masing-masing.

Apa itu Kredit Motor?

Kredit Motor, adalah Kredit pinjaman yang bertujuan membiayai pembelian motor. Cara membayar motor itu dilakukan secara cicilan atau angsuran dengan jumlah dan jangka waktu tertentu.

Angsuran pembelian motor bersumber dari pendapatan pemohon. Pembelian motor tersebut diajukan lewat perseorangan atau instansi beserta jaminan BPKB motor yang dibeli. Suku bunga dalam kredit motor juga harus dibayarkan untuk membeli motor

Bagaimana Cara Kerja Kredit Motor?

Cara kerja kredit motor ada sebagian masyarakat belum mengetahuinya, meski mereka sering melakukan kredit pembelian motor

Saat transaksi berlangsung pelanggan membayar uang muka sesuai peraturan yang berlaku. Jika tidak, bisa dilakukan cicilan dengan angsuran lebih kecil tergantung lama jangka waktu dan suku bunga.

Setelah terjadi kesepakatan jasa kredit motor akan meminta agunan sebagai jaminan. Biasanya agunan yang diminta adalah BPKB motor tersebut.

Hal yang Perlu Perhatian Sebelum Membeli Motor

Cara Cek Angsuran Motor

Keinginan memiliki motor baru begitu besar, tetapi bukan berarti langsung membeli motor yang diimpikan. Biasanya merk, tampilan, peforma sampai bahan bahar motor menjadi pertimbangan.

Masalah nyaris sama pada motor buatan pabrik. Hal ini sudah umum terjadi yang biasanya kerusakan dan perbaikan mesin

Sistem pengapian dan pendinginan masih menjadi masalah utama pada kendaraan motor. Masalah lain yang terjadi pada motor piston dan transmisi. Hal ini penting menjadi perhatian sebelum memutuskan membeli motor.

Membeli Motor Baru Atau Bekas?

Motor baru impian setiap orang, apalagi membelinya pakai uang tabungan buat bangga miliki motor sendiri
Namun, saat disuruh memilih motor baru atau bekas membuatnya dilema.

Modal minim menjadi alasan membeli motor baru. Dari sinilah akhirnya memutuskan membeli motor bekas yang dipandang menguntungkan

Lantas apa keuntungan membeli motor baru, yaitu motorbawaan pabrikan dan terjamin. Performa motor baru lebih baik dari motor lama. Cicilan angsuran motor baru lebih kecil dari motor lama.

Motor baru setelah pembelian tiga bulan harganya jatuh separuh harga. Harga mahal motor baru daripada motor bekas. Inilah alasan sebagian orang beralih ke motor bekas.

Beli Motor Bekas Lebih Menguntungkan, Ini Alasannya

Harga lebih murah beli motor bekas dari motor baru menjadi alasan utama. Alasan lain banyak motor bekas seperti motor baru.

Tidak ada lagi hutang dengan bank saat beli motor bekas. Transaksi langsung lunas tanpa cicilan. Selain bebas hutang, bisa bebas memilih apa yang disukai.

Walaupun demikian tentu masih ada kekurangan dari pembelian motor bekas tersebut, yaitu riwayat motor yang mesinnya tidak seperti bar.

Cara Cek Angsuran Motor

Cek Angsuran Motor
Cek Angsuran Motor

Cek Tagihan Motor di Tokopedia

Cek Tagihan Motor dapat dilakukan lewat Tokopedia caranya mudah:

  • Buka website Tokopedia.com atau aplikasi Tokopedia di perangkatmu.
  • Pilih kategori Top Up & Tagihan. Klik Lihat Semua. Lanjut pilih Angsuran Kredit.
  • Pilih dan cari Penyedia Pinjaman.
  • Masukan Nomor Kontrak
  • Rincian tagihan akan muncul. Klik Bayar.

Cara Cek Angsuran Motor di Mandiri Utama Finance

1. Lewat Telepon

Cara cek angsuran Mandiri tunas finance dapat dilakukan dengan memakai layanan servis telephon. Cara ini dinilai lebih cepat dan pratis tidak perlu datang ke kantor Mandiri hanya untuk mengetahui angsuran.

Setidaknya ada tiga metode telephon yang dapat dipilih, yakni 021-1500059. Nomor tersebut dapat dihubungi hari Senin hingga hari Jumat pada setiap jam kerja. Layanan lain, yaitu Whatsapp di nomor +628111766935. Di layanan ini ada admin khusus yang melayani komsumen.

2. Lewat Layanan SMS

Cara cek angsuran Mandiri tunas finance dapat dilakukan dengan memakai layanan SMS yang disediakan pihak MTF. Layanan SMS ini mudah digunakan tinggal mengikuti petunjuk dengan format tersendiri.

Alasannya tidak semua orang menguasai dan melek tehnologi. Lewat layanan SMS dinilai memudahkan consumer untuk melakukan segala cek angsuran yang dimiliki bank Mandiri.

Cara cek angsuran MTF pun mudah lewat nomor SMS 99333 setelah terdaftar di MTF. Cara daftar MTF lewat SMS dapat melakukan sendiri dengan mengetik MTF spasi REG spasi nomor handphone lalu kirim ke 99333.

Saat daftar MTF melalui layanan SMS akan dikenakan biaya Rp 500 rupiah per SMS. Cara cek angsuran MTF lewat sebagai berikut:

Untuk cara cek cicilan yang harus dibayar serta tenggat waktunya ketik MTF ANG spasi nomor Kontrak kirim ke 99333.

Tidak hanya sampai disitu, layanan SMS ini dapat digunakan mengecek jumlah cicilan yang belum dibayar, jumlah cicilan yang telah dibayarkan, beserta denda yang belum dibayarkan.

Cara cek jumlsh total cicilan yang telah diangsur mudah tinggal ketik MTF spasi TOTAL spasi NOMOR KONTRAK kirim ke 99333. Cara mengetahui tanggal berapa terakhir membayar kredit MTF. Silakan ketik MTF spasi Lastpay spasi Nomor Kontrak kirim 99333.

3. Aplikasi Tokopedia

Ada cara lain mengetahui angsuran Mandiri tunas finance, yaitu aplikasi Tokopedia. Tokopedia, adalah aplikasi belanja online yang bisa digunakan untuk cek angsuran Mandiri tunas finance

Fitur yang ada di aplikasi Tokopedia mudah, praktis dan cepat:

  • Kunjungi laman Tokopedia » Top Up & Tagihan (Lihat Semua) » Angsuran Kredit
  • Pilih perusahaan Mandiri tunas Finance sebagai leasing penyedia pinjaman
  • Masukan nomor kontrak angsuran
  • Rincian bekerja otomatis muncul, bila nomor kontrak tepat.

4. Lewat Media Sosial

Tidak hanya lewat layanan telephon, media sosial yang mereka miliki juga bisa digunakan untuk menghubungi tim MTF sekedar mengetahui angsuran di Mandiri tunas finance:

  • Twitter: @MTF_AutoLoan
  • Facebook: MTF AutoLoan
  • Instagram: @tf_autoloan

Cara menghubungi tim MTF cukup mengirimkan pesan lewat akun-akun tersebut dan mengisi pertanyaan yang ingin di ketahui. Sebelum menghubungi media sosial MTF ada baiknya menyiapkan nomor kontrak, nomor plat kendaraan yang dijadikan jaminan ke pihak MTF.

5. Aplikasi MTF Go

Cara mudah cek cara angsuran Mandiri tunai finance, adalah aplikasi MTF Go. MTF Go, sebuah aplikasi yang dapat membantu mendapatkan informasi tentang kredit kendaraan bermotor maupun produk atau promo yang ada di MTF.

Caranya mudah silakan download aplikasi MTF Go melalui Playstore dan nanti setelah berhasil di download buka MTF Go akan mendapat informasi yang dibutuhkan.

Website mtf co.id juga bisa dimanfaat buat mencari cara cek angsuran MTF. Tinggal klik website mtf.co.id dan cari informasi yang dibutuhkan.

6. Aplikasi Mandiri Mobile

Mandiri mobile, sebuah apliksi yang sengaja dibuat oleh bank Mandiri untuk melayani semua kebutuhan comsumer secara online, salah satunya cek angsuran MTF dengan cara sebagai berikut:

  • Download aplikasi Mandiri Mobile lewat smartphone dari Apple Store ataupun Google Play
  • Pilih menu pinjaman
  • Lalu pilih Mandiri tunas finance
  • Pilih cek angsuran MTF dan dari sinilah nanti informasi angsuran di MTF akan muncul.

Cara Cek Angsuran Motor di Oto Finance

1. Kantor Oto Motor

Cara cek angsuran Oto Motor bisa datang f ke kantor pada jam kerja pagi atau sore hari.

Jangan lupa bawa nomor kontrak sebagai bukti nanti saat menanyakan sisa angsuran, tanggal jatuh tempo, atau denda kepada Customer Servis yang bertugas

2. Call Center Oto

Lewat call center Oto juga bisa cepat mengetahui. Sebelum hubungi call center Oto pastikan pulsa cukup.

Siapkan nomor kontrak, baru kemudian hubungi nomor telephon 1500686. Berhasil hubungi petugas, kamu bisa menanyakan sisa tagihan angsuran Oto Motor

3. Website Resmi Oto Kredit Motor

Cara lain cek angsuran Oto Motor lewat website resmi. Caranya mudah kunjungi www.otofinance.co.id

  • Klik Dafar, isi formulis dengan nama lengkap, tanggal lahir hingga domisili dan kirim
  • Cek email masuk, lalu klik
  • Klik verifikasi akun
  • Login dengan email dan password
  • Setelah berhasil login akan dibawa ke halaman dashboard dan masukan nomor kontrak yang dimiliki
  • Berhasil isi nomor kontrak akan terlihat halaman sisa angsuran, nominal dan informasi lainnya.

Itulah ulasan dan cara cek angsuran motor yang bisa menambah pengetahuan. Jangan lupa bagikan artikel ini ke semua teman kamu yang juga belum tahu ya!

Suryati Ningsih
Content Writer from Magelang, Jawa Tengah ID. Also as Blogger, Traveler, Freelancer, and Blogger Wisata