Cara Hilangkan Baret Mobil

Bagaimana cara hilangkan baret mobil? Apakah kita bisa menghilangkan baret pada body mobil dengan cara sederhana? Apakah kita bisa menghilangkan baret mobil yang cukup dalam?

Berbicara tentang kendaraan seperti mobil, tentu sebagian dari kita Para pemilik mobil selalu memperhatikan kondisi mobil kita. Mulai dari kondisi mesin, atau bahkan kondisi body mobil kita.

Karena sebagaimana kita tahu ketakutan lain para pengguna mobil adalah ketika body mobil mereka mengalami kelecetan. Biasanya hal ini sendiri disebabkan oleh beberapa faktor, baik karena ulah Iseng atau ulah jahil dari tangan-tangan tak bertanggung jawab, atau bisa juga dikarenakan faktor dari pengendara mobil itu sendiri yang kurang berhati-hati. Sehingga mungkin ketika mereka berkendara ataupun berada dalam sebuah situasi, tanpa sengaja body mobil mereka tergores oleh benda tajam ataupun benda tumpul lain.

Tentu jika dibandingkan dengan motor, biaya perawatan dari mobil sendiri jelas memiliki jumlah yang cukup besar. Bayangkan saja, untuk melakukan perbaikan pada body mobil yang mengalami kelecetan, Para pemilik mobil harus setidaknya merogoh kocek paling minimum sekitar 200 hingga Rp500.000. Belum lagi perawatan lain yang juga memiliki harga yang cukup mahal.

Oleh sebab itu tak heran jika beberapa pengguna mobil akan sangat marah, ketika mengetahui mobil mereka mengalami kelecetan akibat ulah yang dilakukan secara sengaja oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Namun kembali lagi, kadangkala ada saja para pengguna mobil yang memaafkan orang yang mungkin sudah membuat lecet mobil mereka.

Tentunya, Hal ini dikarenakan mungkin saja pengendara mobil tersebut mengetahui cara hilangkan baret mobil tanpa harus membawanya ke bengkel khusus untuk perbaikan bodi. Karena memang sebenarnya cara hilangkan baret mobil sendiri bisa dilakukan dengan mudah di rumah dengan alat-alat yang cukup sederhana.

Cara Hilangkan Baret Mobil

Cara Hilangkan Baret Mobil
Menghilangkan Baret Mobil

Menggunakan Pasta Gigi

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan menggunakan pasta gigi. Tentunya hal ini sudah bukan lagi hal yang asing bagi sebagian pemilik mobil, ataupun pemilik motor yang mengalami baret pada bodi kendaraan mereka. Adapun peran lain dari pasta gigi sendiri, dipercaya mampu untuk menghilangkan baret pada kendaraan atau body motor ataupun body mobil.

Selain itu, fungsi lain dari pasta gigi adalah untuk mengangkat Kotoran Kotoran serta debu yang mungkin menempel pada body mobil mereka. Dan untuk cara penggunaannya juga tidak sulit

  • Siapkan terlebih dahulu pasta gigi, air, dan juga lap yang memiliki bahan microfiber
  • Setelah itu kamu bisa mengoleskan pasta gigi secara merata, ke bagian mobil yang mengalami baret
  • Usapkan secara merata sampai sekiranya baret pada bodi tertutup dengan Sempurna.
  • Terakhir, kamu bisa meratakan lapisan pasta gigi dengan menggunakan kain microfiber dan jika dirasa baret sudah hilang, maka kamu bisa membilasnya dengan air bersih.

Nah setelah itu kamu tinggal melihat hasilnya, untuk mengetahui barang tersebut sudah hilang atau belum. tapi perlu diingat ya Sob, cara ini hanya berlaku atau berhasil untuk menghilangkan baret yang tidak terlalu dalam dan juga tidak terlalu besar.

Menggunakan Compound

Kemudian pada cara yang kedua, kamu bisa menggunakan kompon untuk menghilangkan baret yang agak dalam. Untuk mendapatkan kompon sendiri, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di beberapa toko material, atau kamu juga bisa mendapatkannya di beberapa toko seperti Alfamart dan juga Indomaret. Tapi jika kamu ragu kamu bisa membelinya secara online, baik di Tokopedia ataupun shopee.

Untuk cara penggunaan kompon sendiri tidaklah sulit. Adapun beberapa hal yang harus kamu persiapkan ialah kompon, lap microfiber, dan air. Untuk caranya adalah sebagai berikut

  • Ambil kompon secukupnya, kemudian ratakan atau oleskan ke bagian body yang mengalami lecet
  • Setelah itu kamu bisa meratakan kompon yang sudah kamu oleskan tadi secara merata, ke bagian bodi yang mengalami baret.
  • Sudah maka selanjutnya kamu bisa jelaskan atau meratakan kompon tadi dengan menggunakan microfiber, cara memutar secara rata
  • Atau untuk mempermudah kamu, kamu bisa menggunakan mesin bor yang mana memiliki ujung berupa spons yang dikhususkan untuk melakukan poles

Perlu untuk dicatat, tingkat baret yang bisa dihilangkan dengan menggunakan kompon di sini adalah baret dengan jenis menengah. Maksudnya adalah, baret yang muncul tidak terlalu dalam dan tidak sampai masuk ke dalam bagian body mobil terlalu jauh.

Untuk jenis baret yang mungkin dialami karena menyenggol tembok ataupun benda tajam lainnya dan cukup dalam, kami menyarankan kamu untuk masuk ke tahap nomor 3

Melakukan Repaint

Kemudian untuk cara yang terakhir, adalah kamu bisa melakukan repaint. Maksud dari repaint disini adalah kamu akan mengganti warna atau melakukan pengecatan ulang sesuai dengan warna body mobil yang asli. Biasanya, Hal ini dilakukan ketika pengguna mengalami baret pada body mobil yang cukup dalam. Karena jika baret sudah sangat merusak body mobil, otomatis kamu tidak bisa menggunakan cara lain selain menggunakan dempul, untuk menutup baret yang cukup dalam pada body mobil.

Nah untuk melakukan repaint Kamu bisa mengunjungi beberapa tempat yang memang khusus untuk melakukan pengecatan atau repair pada bodi mobil. Untuk harganya sendiri, mungkin kamu akan mendapatkan harga yang cukup mahal.

Dan untuk proses pengerjaannya sendiri mungkin agak cukup lama, walaupun begitu Itu ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan ketika ingin melakukan repaint. Salah satunya adalah pastikan warna yang kamu pilih memang sepadan atau sesuai dengan warna asli dari body mobil kalian.

Ada harga ada kualitas. Maksud dari kata-kata ini adalah, jika mungkin kamu menemukan tempat repaint body dengan harga yang cukup mahal, Percayalah. Harga yang mahal tersebut, pasti memiliki kualitas yang terjamin. Karena dari pengalaman, repaint mobil dengan harga yang murah cenderung akan mudah untuk rusak, ataupun mengalami kepudaran warna sehingga mobil tak lagi terlihat apik.

Oleh sebab itu, pastikan kamu terlebih dahulu melakukan riset dan menanyakan kepada pihak yang menyediakan jasa repaint, mengenai harga dan juga hasil serta kualitas yang diberikan.

Dan jika proses perbaikan atau menghilangkan lecet pada body mobil selesai dilakukan, maka selanjutnya kamu tinggal melakukan perawatan rutin, dan lebih berhati-hati ketika berkendara menggunakan mobil. Karena mungkin ada saja beberapa orang yang baru belajar mobil dan pada akhirnya harus mengalami lecet pada body mobil mereka, ketika mungkin mereka akan masuk ke dalam sebuah Gang yang tidak terlalu besar atau cukup hanya untuk ukuran satu mobil saja, atau mungkin ada beberapa juga pengguna mobil yang harus mengalami baret pada body mobil mereka ketika berada di jalan raya, dan tidak sengaja tersenggol oleh kendaraan lain.

Dan apabila mungkin kamu memarkirkan mobil di garasi, kamu bisa menggunakan sarung pelindung mobil untuk menghindari body mobil terkena gesekan atau bahkan benturan dari benda yang ada di sekitarnya.

Sebagai penutup, itulah tadi beberapa cara hilangkan baret mobil yang bisa kamu coba dengan beragam metode, silakan kamu sesuaikan dengan tingkat baret yang ada pada mobil. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat

Faiz Dawami
suka diajak ngopi