Cara Cek Password IG

Bagaimana cara cek password IG? Password merupakan kumpulan dari karakter yang dipakai oleh pengguna dalam sebuah jaringan yang tujuannya untuk melakukan verifikasi identitas bagi sistem dalam jaringan itu sendiri.

Lupa kata sandi Instagram sering terjadi, apalagi jika kita jarang sekali membuka akun IG tersebut. Selain itu, biasanya Instagram secara otomatis akan selalu login saat pertama kali membukanya di perangkat Hp, terkecuali jika Kamu sengaja melakukan logout sebelum menutupnya.

Karena itu, wajar jika banyak pengguna yang sering lupa password Instagram mereka. Sehingga diperlukan cara cek password IG saat benar-benar lupa.

Cara Cek Password IG

Cara Cek Password IG
Mengecek Password IG

Mengecek Password IG Sendiri Memakai Akun Email

Cara cek password IG yang pertama ialah dengan melakukan verifikasi atau reset password memakai akun email. Oleh karenanya, pastikan untuk melakukan akses ke akun email yang valid. Kemudian akun IG-mu akan tertaut pada alamat email yang Kamu gunakan.

Di bawah ini ada beberapa panduan cara mengecek password IG menggunakan alamat email untuk me-reset kata sandi IG, diantaranya :

1. Buka Platform IG

Langkah awal cek password IG yang bisa Kamu lakukan pertama kali ialah dengan membuka aplikasi IG di Hpmu. Lalu silahkan pilih “Lupa Kata Sandi”.

2. Masukkan Akun Email Untuk Reset Password

Kemudian Kamu bisa memasukkan akun email yang tertaut dengan akun IG-mu dan sudah didaftarkan sebelumnya. Lalu, centang di samping tulisan “Saya Bukan Robot” untuk mengatur ulang password IG-mu.

3. Buka Akun Email dan Klik Atur Ulang Sandi

Silahkan buka akun email yang Kamu gunakan untuk me-reset password IG, Kamu akan menerima email dari Instagram. Kemudian silahkan pilih “Reset Password“.

4. Buat Password Baru

Selanutnya buat password IG baru, kemudian konfirmasi ulang password yang Kamu buat. Selamat, kini Kamu sudah bisa mengakses akun IG-mu kembali!

Lalu, bagaimana jika ternyata kita juga lupa password Gmail? Tak perlu khawatir, Kamu bisa mencoba panduan cara cek password Gmail!

Mengecek Password IG Memakai Nomor Hp

Selain melakukan reset password IG dengan menggunakan akun email. Kamu juga bisa mengecek password IG dengan mengunakan nomor HP-mu. Ada beberapa langkah cara cek password IG yang bisa Kamu coba berikut :

1. Buka Instagram

Cara pertama buka Instagram lalu di bagian bawah ada tulisan “Dapatkan Bantuan Untuk Masuk”jika Kamu lupa password akun Instagrammu. Di sini Kamu bisa meminta bantuan masuk ke akun Instagram dengan menggunakan SMS.

2. Kirim Lewat SMS

Setelah mengklik opsi “Kirim Lewat SMS”, selanjutnya inputkan nomor HP yang tertaut pada akun Instagram. Pastikan nomor HP yang Kamu ketikkan sudah benar. Jika sudah, silahkan pilih “OK” untuk melakukan pengaturan ulang password.

3. Buka SMS

Selanjutnya Kamu bisa mengecek dan membuka SMS masuk di nomor HP yang Kamu gunakan tadi untuk reset password. Dalam pesan tersebut, Kamu diminta untuk mengklik link yang tersedia.

4. Masukkan Password Baru

Inputkan password baru yang Kamu buat sendiri, usahakan kata sandi tersebut tidak mudah ditebak orang tapi juga mudah diingat. Atau Kamu juga bisa mencatat password baru. Kamu pun sudah bisa menggunakan password baru untuk mengakses akun Instagram.

 Mengecek Password IG Menggunakan Akun Facebook

Seperti kita ketahui bahwa Instagram sebenarnya telah diakuisisi Facebook. Ini artinya, untuk memasuki Instagram Kamu bisa menggunakan Facebook. Sama seperti Google yang tertaut dengan akun Youtube.

Ini artinya, cek password IG bisa dilakukan dengan memakai Facebook. Ada beberapa tahapan yang bisa Kamu lakukan.

Sebenarnya caranya tidak jauh berbeda dari cara cek password IG sebelumnya, Kamu bisa memasuki laman Instagram. Setelah itu, plih opsi “get help signing in” atau “Dapatkan Bantuan Untuk Masuk”.

Kamu juga bisa masuk memakai akun Facebook, silahkan pilih opsi “Log in With Facebook” atau “Masuk Menggunakan Facebook”.

Selanjutnya Kamu akan login ke laman Facebook. Lanjutkan dengan memasukkan akun email beserta password akun FB-mu, dan silahkan pilih login atau masuk. Jika sudah, klik opsi “Beri Akses”.

Setelah itu, inputkan password IG baru yang kamu buat kemudian tap di tanda centang tepat di bagian kanan atas pada layar. Sesudah itu, Kamu pun bisa masuk kembali ke laman IG. Selamat, kini masalah lupa password IG yang Kamu alami dapat teratasi.

Mengecek Password IG Tanpa Nomor Hp, Email, dan Facebook

Cek password IG yang lupa lainnya ini bisa dilakukan apabila Kamu ingin melakukan reset password akun IG namun nomor ponsel sudah diganti, atau lupa akun email yang dipakai saat pendaftaran akun IG. Selain itu, akun IG tidak tertaut akun Facebook. Di sini Kamu hanya perlu mengembalikan akun IG-mu hanya dengan memakai nama pengguna atau username.

Berikut ini langkah-langkah cara cek password IG tanpa memakai akun email, akun FB maupun nomor Hpmu, diantaranya :

1. Masuk ke Laman Instagram, Buka Aplikasinya

Kamu bisa melakukan reset kata sandi akun Instagram dengan cara membuka laman Instagram memakai laptop.

2. Jika Memiliki Akun IG Lain Silahkan Tambahkan Akun IG Baru

Apabila aplikasi IG sudah login ke akun IG lain selain akun yang lupa password-nya, maka Kamu dapat menambahkan akun Instagram yang baru. Adapun caranya masuk ke menu pengaturan dan pilih “Tambahkan Akun”. Namun jika Kamu belum memiliki akun lain, silahkan lewati tahapan ini. Tutorial ini sama seperti ketika Kamu ingin membuat akun IG baru.

3. Pilih “Dapatkan Bantuan Untuk Masuk”.

Di halaman login, silahkan lihat opsi di bagian bawah dan silahkan pilih “Dapatkan Bantuan Untuk Masuk” Dari sinilah Kamu bisa mengecek password IG-mu tanpa menggunakan nomor Hp ataupun email.

4. Inputkan Username atau Nama Pengguna IG-mu

Mengingat cara ini menggunakan nama pengguna atau username, maka Kamu harus ingat nama pengguna atau username yang digunakan. Jika ternyata Kamu lupa seluruh informasi yang berkaitan dengan akun Instagrammu, maka akan kesulitan membuka kembali akun IG-mu. Silahkan masukkan username atau nama pengguna IG-mu dan pilih “Next” atau “Selanjutnya”.

Jika sudah selesai, maka Kamu pun bisa melakukan reset password akun IG-mu dan kini Kamu bisa menggunakan akun Instagrammu kembali.

Cek Password IG Mudah

Untuk mengecek password IG dengan membuat password IG yang baru atau reset password di atas dapat dilakukan menggunakan aplikasi Instagram di Hp ataupun laman IG di komputer.

Adapun kekurangan melakukan reset password menggunakan PC ialah tidak dapat memilih cara reset password, ini artinya apabila akunmu hanya tersedia nomor HP, link untuk reset password hanya dikirimkan lewat SMS sementara jika di akunmu hanya tersedia alamat email, link tersebut pun hanya akan dikirimkan lewat email.

Lain halnya dengan cara cek password IG dengan reset password di Hp, Kamu bisa memilih metode paling mudah, apakah lewat email, Hp, atau lewat akun Facebook!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019