Cara Cek Password Gmail

Gmail atau Google Mail merupakan sebuah layanan surat elektronik berbasis web milik Google, yang diluncurkan pertama kali pada tahun 2004 silam. Layanan email ini banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan, oleh para penggunanya. Mulai dari untuk keperluan bisnis, untuk keperluan verifikasi akun Sosmed, atau untuk kebutuhan personal. Ada banyak fitur yang disediakan oleh Gmail bagi pengguna setianya, termasuk fitur untuk mempermudah cara cek password Gmail itu sendiri.

Salah satu fitur yang ditawarkan oleh Gmail ialah unsend massage selama 30 detik. Jadi, ketika kita baru sadar bahwa ada keselahan ketik saat mengirimkan email ke partner bisnis atau ke orang-orang penting, maka Gmail memberikan layanan penundaan pengiriman hanya dalam waktu 30 detik saja.

Fitur filter yang tersaji di Gmail juga termasuk salah satu layanan andalan dari email milik Google ini. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk merapikan inbox di akun Gmailmu.

Jika kebetulan perangkatmu tidak terkoneksi Wifi atau Hpmu tiba-tiba mati, Gmail memberikan kemudahan untuk pengiriman pesan. Jadi, Kamu bisa mengirimkan pesan lewat perangkat PC/laptopmu.

Itulah sejumlah fitur menarik yang ditawarkan oleh Gmail. Lebih dari itu semua, penggunaan platform ini juga sangat mudah alias user friendly. Sehingga siapapun bisa mendaftarkan atau memakai akun Gmail dengan mudah. Tidak terkecuali saat Kamu lupa dengan password akun Gmailmu sendiri. Sebab Gmail telah menyediakan beberapa cara cek password Gmail dengan cepat!

Cara Cek Password Gmail

Cara cek password Gmail
Mengecek Password Gmail

Mengecek Password Gmail Lewat Web Browser PC

Metode pengecekan password Gmail yang pertama, Kamu bisa menggunakan platform atau browser yang biasa digunakan di laptop/PC-mu. Ada 2 web browser yang bisa digunakan, yaitu dengan memakai Mozilla Firefox dan Google Chrome. Untuk lebih jelasnya, simak cara cek password Gmail dengan menggunakan web browser berikut :

1. Cek Password Gmail via Mozilla Firefox

Mozilla Firefox adalah salah satu web browser langganan yang kerap digunakan oleh penggiat internet karena kemudahannya. Dengan menggunakan Firefox, Kamu juga bisa mengecek password Gmail milikmu sendiri dengan cara-cara yang mudah.

Langkah pertama, cukup buka web browser Firefox yang Kamu gunakan di PC terlebih dahulu. Setelah itu, Kamu akan masuk ke tampilan muka Firefox dan pilih ikon garis tiga horizontal terletak di sebelah kanan atas.

Baru kemudian, Kamu bisa memilih menu “login and passwords“.  Silahkan cari situs yang menggunakan accounts google. Setelah itu, Kamu pun akan langsung melihat password akun Google-mu sendiri dengan mengklik tanda mata tepat di sampingnya.

2. Cek Password Gmail via Google Chrome

Web browser yang bisa Kamu gunakan selanjutnya ialah Google Chrome. Sama seperti Firefox, browser ini juga cukup mudah, bahkan lebih ringan. Selain itu, Google Chrome bisa digunakan untuk cek password Gmail dengan mudah.

Caranya kurang lebih sama seperti pada Mozilla Firefox, dimana Kamu tinggal buka web browser Chrome di PC. Selanjutnya pilih ikon titik tiga tepat di bagian kanan atas dan pilih menu “Settings”.

Di menu settings tersebut, scroll ke bawah sampai menemukan Autofill dan Kamu bisa pilih opsi “Password” di sana. Silahkan ketikkan “Google” dalam pilihan search password tepat di bagian atasnya. Lalu tekan tanda yang menyerupai mata untuk mengecek password gmailmu.

Mengecek Password Gmail Dengan Verifikasi Akun

Cara cek password Gmail selanjutnya ialah dengan melakukan verifikasi baik menggunakan nomor hp atau akun Gmailmu. Metode ini juga sangat mudah untuk dicoba. Sebenarnya sama seperti cara cek password FB yang juga memungkinkanmu untuk mengganti password baru melalui verifikasi lewat SMS atau Email.

1. Buka Akun Gmail di Web Browser

Langkah pertama yang bisa dilakukan ialah dengan membuka akun Google Mail di web browser perangkatmu, baik menggunakan Google Chrome maupun browser bawaan dari ponselmu. Ketik “My Account Google Password”, bisa juga langsung saja klik link Account Google.

2. Masukkan Akun Gmail dan Pilih “Lupa Kata Sandi”

Jika cara pertama sudah dilakukan, selanjutnya Kamu cukup memasukkan akun Gmail yang password-nya lupa. Silahkan klik “Berikutnya”. Pilih “Lupa Kata Sandi” untuk melakukan reset ulang password.

3. Pastikan Kembali Password Gmail yang Lama

Dari sini, akan ada pertanyaan dari pihak Google, Kamu diminta untuk mengingat password Gmailmu yang lama, tapi jika masih tidak ingat pilih “Coba Pertanyaan Lain”.

4. Verifikasi Lewat Email atau SMS

Setelah itu, akan dibawa ke email pemulihan. Google biasanya akan mengirimkan link verifikasi lewat email menuju email pemulihan. Cara cek password Gmail ini berguna bagi Kamu yang masih ingat alamat akun email-mu sendiri yang sudah didaftarkan sebelumnya. Akan tetapi jika sudah lupa, Kamu masih bisa memilih “Coba Pertanyaan Lain”.

Untuk opsi pemulihan lainnya bisa verifikasi lewat SMS ke nomor yang Kamu daftarkan sebelumnya. Masukkan nomor Hp yang telah didaftarkan lengkap, lalu pilih “Kirim SMS”.

Kamu pun bisa memasukkan kode OTP sebanyak 6 digit yang sudah dikirimkan oleh pihak Google lewat SMS. Silahkan pilih “Berikutnya” untuk mengatur ulang password.

5. Lakukan Reset Password Gmail

Di tahapan reset password ini, Kamu bisa membuat password yang cukup rumit tapi mudah diingat dan pastikan tidak gampang ditebak oleh pihak lain. Silahkan pilih “ubah kata sandi”. Selamat, kini Kamu bisa mengakses akun Gmailmu dengan menggunakan password yang baru.

Mengecek Password Gmail di Perangkat Android

Cek password Gmail berikutnya ialah khusus pengguna android. Biasanya perangkat android memiliki web browser Google Chrome dengan fungsi hampir sama seperti versi dekstopnya.

Langkah cara cek password Gmail yang pertama ialah dengan membuka web browser Google Chrome di Hpmu. Selanjutnya silahkan ubah ke dalam tampilan mode desktop, caranya klik di tanda titik tiga tepat di sebelah kanan atas. Jika sudah, Kamu bisa memilih layanan “Situs Desktop”.

Setelah itu, di menu “Situs Desktop” tadi Kamu bisa memilih opsi “Setelan”, kemudian tap di menu “password” atau “sandi”. Kemudian cari menggunakan keyword Google, caranya dengan tap di ikon “Search” pada layar bagian atas. Sesudah itu, Kamu bisa lihat kemudian copy-kan password Gmailmu dengan melakukan tap di tanda mata yangt erletak di samping password.

Tentang Pertanyaan Keamanan Saat Pemulihan Akun Gmail

Cek password Gmail yang lupa biasanya menggunakan metode pemulihan akun. Jika Kamu tidak mempunyai nomor ponsel karena sudah hangus, masa tenggangnya sudah habis atau yang lainnya, maka Kamu tidak bisa menggunakan kode verifikasi lewat SMS ke nomor Hp yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Selain menggunakan nomor Hp, Kamu juga bisa menggunakan akun Gmailmu untuk pemulihan akun. Namun pertanyaannya, ada beberapa pengguna yang melupakan tentang poin “Pertanyaan Keamanan” saat pemulihan akun Gmail.

Seperti kita ketahui, langkah awal cara cek password Gmail dengan pemulihan akun ini ialah menjawab beberapa pertanyaan keamanan. Nah, sebenarnya pertanyaan keamanan tersebut sudah dibuat saat Kamu mendaftarkan akun pertama kali.

Cukup banyak pertanyaan yang paling sering ditanyakan saat pemulihan akun, misalnya tanggal lahirmu, nama orang tua, guru favorit, dan masih banyak yang lainnya.

Apabila Kamu sukses menjawab semua pertanyaan tadi dengan benar, sesuai jawaban sebelumnya saat mendaftarkan akun Gmail pertama kali, maka Kamu bisa mengakses kembali akun Gmailmu menggunakan password baru.

Ya, diantara cara cek password Gmail di atas Kamu bisa memilih cara termudah dan tercepat yang bisa dilakukan. Akan tetapi, jika masih belum bisa maka terpaksa Kamu harus memulihkan akun Gmailmu dengan menjawab pertanyaan keamanan dari Google. Semoga membantu!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019