Cara Jualan di Shopee untuk Pemula

Bagaimana cara jualan di Shopee untuk Pemula? Bagaimana prosedur atau tata cara untuk menjual produk di shopee? apa saja langkah dan persiapan yang dibutuhkan untuk mulai membuat toko atau berjualan di Shopee?

Berbicara tentang aktivias jual beli, mungkin sebagian dari kita pernah berfikir untuk memasarkan atau bahkan menjual produk yang kita miliki. Tentunya, hal ini menjadi sebuah cara untuk memutarkan uang modal, sehingga para penjual bisa mendapatkan keuntungan.

Tapi tentunya, tak lupa jika pertama kali memulai untuk berjualan ataupun memasarkan produk, terlebih pada sebuah e-commerce. Karena sebagaimana kita tau, sebenarnya untuk memulai suatu usaha atau menjual produk tentunya kita harus terlebih dahulu mempersiapkan modal yang cukup besar, terutama untuk menyewa ruko atau tempat kita bisa memasarkan komoditi yang kita miliki.

Namun seiring berkembangnya zaman, kembali lagi seperti yang sudah kita ulas, saat ini kamu bisa dengan mudah menjual ataupun memasarkan produk kita melalui layanan e-commerce secara gratis, dan tanpa harus memiliki ruko atau tempat khusus untuk menyimpan komoditi produk yang kita jual.

Karena dengan menggunakan e-commerce, kita bisa melakukan penjualan produk hanya dari rumah saja. Cukup dengan membuat akun toko online di layanan e-commerce, dan juga memfotokan produk yang akan kita jual, kita bisa langsung memasarkan produk yang kita miliki, tanpa dikenakan biaya sepeserpun.

Tentunya, tetap ada hal hal yang harus diperhatikan ketika kamu ingin memulai aktivitas jualan online melalui layanan e-commerce. Nah, salah satu layanan e-commerce yang saat ini banyak digandrungi para seller untuk menjual produk mereka adalah Shopee. sebab, shopee sendiri memiliki banyak pelanggan atau pengguna yang rata-rata remaja sampai orang tua.

Selain itu, ada banyak sekali jenis dan juga kategori produk yang bisa kita temukan di shopee. sehingga, ketika kita akan memasarkan produk, tentunya kita akan mendapatkan pangsa pasar kita sendiri, sesuai dengan kategori produk yang kita jual.

Tapi sayangnya, masih banyak sekali pengguna shopee yang masih masuk dalam kategori ‘pemula’ yang kerap merasa kesulitan ketika ingin menjual produk mereka di shopee. padahal, cara jualan di shopee untuk pemula sendiri bisa dipahami dengan sangat mudah.

Cara Jualan di Shopee untuk Pemula

Cara Jualan di Shopee untuk Pemula
Jualan di Shopee untuk Pemula

Buat Akun Shopee Khusus Toko

Untuk langkah pertama, disini kamu harus dulu membuat akun shopee yang dikhususkan sebagai akun toko. Maka dari itu, kamu bisa melakukan pendaftaran untuk akun shopee dengan mudah, melalui komputer ataupun laptop kalian dengan cara

  • Kunjungi situs https://seller.shopee.co.id
  • Setelah itu, klik pada tombol daftar, dan isikan semua data yang dibutuhkan
  • Penting untuk dicatat, pastikan nama yang kamu gunakan adalah nama toko, dan bukan nama asli kalian. Hal ini dikarenakan, untuk sistem seller di shopee sendiri memang hanya bisa diaksess melalui situs seller.shopee.co.id, tetapi kamu bisa melihat aktivitas tokomu melalui Aplikasi Shopee untuk belanja.
  • Setelah itu, kamu bisa melengkapi semua data, seperti alamat lengkap untuk memudahkan kurir dalam melakukan pickup paket, nomor telpon, dan lain sebagainya.
  • Kamu juga bisa menambahkan detail lain seperti nomor rekening, dan lain lain.

Setelah semua data lengkap, kamu tinggal melakukan verifikasi, baik melalui email, nomor telpon, ataupun akun sosial media. Namun, kami menyarankan kamu untuk melakukan pendaftaran dengan mengaitkan email dan juga nomor telpon untuk mempermudah ketika login.

Lengkapi Profile Toko

Jika semua prosess pendaftaran sudah dilakukan, maka selanjutnya kamu bisa melengkapi profile toko. Nah, maksudnya profile toko disini adalah, kamu bisa mengatur layout atau tampilan dari tokomu, sehingga ketika pengguna mengujungi tokomu, mereka bisa dengan mudah menemukan produk yang akan dibeli.

Kamu bisa menggunakan beberapa template ataupun layout toko dari shopee, yang mana tinggal kamu customisasikan sesuai dengan keinginan. Dan sekali lagi perlu dicatat ya, cara ini hanya berlaku ketika kamu masuk kedalam situs seller.shopee.co.id melalui komputer ataupun laptop.

Jangan lupa untuk memberikan foto profile dari toko kalian, agar nantinya tokomu memiliki kredibilitas yang baik di mata para calon pembeli. Gunakan deskripsi toko agar mempermudah pengguna mengetahui toko kalian bergerak di bidang apa, dan menjual produk apa.

Siapkan Foto Produk

Setelah itu, barulah kamu bisa mulai untuk menambahkan produk. Namun, sebelum menambahkan produk, kamu bisa terlebih dahulu untuk mempersiapkan foto produk yang akan kamu jual. Disini, kami menyarankan kalian untuk menggunakan foto produk dengan kualitas yang baik atau HD.

Jangan lupa untuk menambahkan sentuhan desain dari foto produk, agar terlihat semakin menarik. Kamu bisa memberikan elemen desain lain seperti logo, embel embel kelebihan dan kekurangan produk, serta yang lainnya.

Tambahkan Produk

Barulah ketika foto produk sudah selesai disiapkan, maka selanjutnya kita bisa menambahkan produk yang akan kita jual. Disini, kamu bisa mengklik pada ‘produk’ lalu pilih ‘tambah produk’. Dan setelah itu, kamu akan diminta untuk menambahkan beberapa detail dari produk yang akan ditambahkan.

Kamu bisa memberikan judul produk dengan jelas dan menarik. Jangan lupa untuk menambahkan deskripsi dari produk, agar calon pembeli bisa dengan mudah memahami produk yang kamu pasarkan. Berikan detail harga dan juga varian produk (jika ada) beserta harga dari masing masing varian jika mungkin antara varian produk satu dan produk dua memiliki harga yang berbeda.

Dan jika semua kolom terisi dengan baik, maka selanjutnya adalah kamu bisa langsung menyimpan produk tadi, agar kemudian masuk kedalam daftar produk dari toko yang kamu miliki.

Pasarkan Produk

Langkah terakhir dari semua step diatas adalah, kamu bisa mulai untuk mempromosikan atau memasrakan produk kalian ke berbagai macam sosial media ataupun membagikannya ke group Whatsapp, telegram, Instagram, dan lain sebagainya.

Atau jika kamu tidak ingin ribet, kamu bisa menggunakan layanan iklan shopee, yang mana bisa membantu kamu untuk mendapatkan banyak jumlah views atau jumlah view produk, dengan mengeluarkan modal untuk melakukan top up pada shopeepay.

Setelah itu, kamu bisa mengiklankan produkmu dengan kata kunci yang sekiranya berpotensi dicari oleh banyak para pembeli, agar produkmu muncul di halaman pertama pencarian. Jangan lupa untuk memberikan penawaran menarik, dan juga mengaktifkan layanan gratis ongkir, agar pengguna bisa tertarik ketika mereka melihat produk yang kamu pasarkan.

Barulah dari situ, kamu tinggal menunggu calon pembeli melihat produkmu, dan mulai memasukkan produk dari tokomu kedalam keranjang, sebelum akhirnya mereka melakukan check-out. Mungkin, akan ada beberapa calon pembeli yang bertanya tanya tentang produk yang kamu pasarkan.

Kamu juga bisa mengontrol serta mengetahui aktivitas tokomu dengan melakukan login pada Aplikasi shopee di perangkat smartphone dengan akun toko yang sudah kamu buat tadi. Dan untuk melihat statistik lengkapnya, kamu bisa mengklik pada tab Profile > Lalu pilih tulisan ‘Toko Saya’.

Di laman itulah nanti kamu akan menemukan banyak informasi mengenai aktivitas tokomu. Dan itulah tadi beberapa cara jualan di shopee untuk pemula, semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan selamat mencoba.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi