Cara Membatalkan Pesanan di Zalora

Zalora termasuk salah satu marketplace yang sudah banyak dikenal orang di Indonesia. Bahkan namanya sudah merambah hingga ke mancanegara. Sebut saja seperti Malaysia, Singapura, Hongkong dan lainnya. Sama halnya dengan cara membatalkan pesanan di Tokopedia, pengguna Zalora juga bisa melakukan hal yang sama. Karena sebenarnya cara membatalkan pesanan di Zalora bisa dengan memanfaatkan fitur batalkan pesanan yang telah tersedia.

Wajar rasanya jika Zalora selalu memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggannya. Apalagi produk-produk yang ditawarkan oleh Zalora memang produk berkualitas dan berkelas, entah itu dari pasar domestik maupun internasional. Selain itu, produk yang ditawarkannya juga bervariasi mulai dari tas, pakaian, sepatu, produk kecantikan, hingga aksesoris.

Read More

Belum lagi proses pengiriman cepat, sistem pembayaran cukup mudah, baik secara tunai maupun kredit, tentu saja hal tersebut bisa memberikan nilai tambah tersendiri di mata konsumen. Akan tetapi, karena pelayanannya yang efisien dan sangat mudah, tetap saja Zalora juga memiliki kekurangan. Jadi, hal ini yang tentunya menjadi alasan kenapa beberapa pembeli terkadang ingin membatalkan pesanan.

Cara Membatalkan Pesanan di Zalora

Cara Membatalkan pesanan di Zalora
Mengajukan Pembatalan Pesanan di Zalora

Bagaimana Membatalkan Pesanan di Zalora?

Sesudah kita melihat sebuah produk, mungkin kita tertarik membelinya lalu memasukkan produk tersebut ke keranjang pesanan. Kemudian kita pun lanjut ke proses embayaran. Sesudah pembayaran selesai, lalu kita tinggal menunggu produk untuk dikirim. Namun tak sampai disitu, terkadang kita penasaran melihat-lihat produk lain. Alhasil membuat kita berubah pikiran untuk lebih memilih produk tersebut dibandingkan produk sebelumnya yang ternyata lebih bagus.

Jika hal ini sedang Kamu alami, mungkin Kamu panik dan langsung cari cara membatalkan pesanan di Zalora. Namun, apakah pesanan tersebut bisa dibatalkan? Sebenarnya bisa, asalkan Kamu mengikuti tutorial yang akan Kami bagikan di bawah ini!

1. Mengajukan Pembatalan Pesanan di Zalora via Customer Service

Apabila Kamu telah terlanjur membeli produk tapi ternyata berupa pikiran setelahnya, maka langsung hubungi layanan customer service Zalora terlebih dahulu sebelum produk dikirimkan. Selanjutnya sesudah menghubungi CS Zalora untuk pengajuan pembatalan, maka Kamu pun tinggal mengganti barang tadi.

Namun jika Kamu sudah menerima pesan melalui email bahwa produk yang Kamu pesan telah dikirim, tentu saja prosesnya akan berbeda. Kamu bisa mencoba langkah berikutnya.

Tapi sebelumnya, bagaimana jika alasan pembatalan pesananmu ingin mengubah rincian alamat pengiriman? Jika hal ini terjadi, Kamu bisa membuka situs web Zalora, di komputer/PC. Untuk mengubah alamat pengiriman, Kamu tinggal ikuti langkah-langkah di bawah :

  • Silahkan hubungi customer service Zalora jika Kamu ingin mengubah rincian data alamat pengiriman.
  • Kamu tidak bisa mengubah data alamat untuk pengiriman apabila sudah melakukan pemesanan sekitar 2 jam yang lalu.

Oleh karena itu, sebelum pesananmu terkonfirmasi sesudah pembayaran sebaiknya pastikan dulu apakah alamat pengiriman yang dicantumkan sudah sesuai ataukah belum.

2. Mengajukan Pembatalan Pesanan di Zalora dengan Fitur “Batalkan Pesanan”

Seperti sudah dikatakan sebelumnya bahwa pengajuan pembatalan pesanan dapat dilakukan melalui fitur “Batalkan Pesanan”. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mencobanya :

  • Pertama-tama, silahkan ketuk “My Account” dan ketuk Lacak Pesanan di samping kiri menu. Silahkan pilih “Lihat atau Edit Pesanan”.
  • Setelah itu, ketuk “Batalkan Produk” lalu pilih produk pesanan yang akan dibatalkan. Selanjutnya klik opsi “Batalkan Produk”.
  • Kemudian akan muncul dialog berisi “Pembatalan Pesanan Telah Diterima”.
  • Jika sudah menerima pemberitahuan tersebut, tekan OK.
  • Untuk memastikan, Kamu bisa mengecek perubahan status pemesanan produk di Zalora dengan keterangan “Pengiriman Dibatalkan”.
  • Silahkan tunggu sampai Kamu mendapatkan email yang isinya terkait pembatalan pesanan produk yang berhasil dilakukan.

3. Mengajukan Pembatalan Barang yang Sudah Dikirim di Zalora via Web

Lalu, bagaimana jika ternyata produk tidak bisa dibatalkan karena sudah dikirim? Jika hal ini terjadi, ketika barang masih proses pengiriman atau bahkan sudah tiba, ada beberapa tahapan cara pembatalan produk :

  • Silahkan isi lembar pengajuan pengembalian produk yang ada di situs web resmi Zalora. Sebaiknya untuk proses tersebut, dilakukan di laptop atau komputer yang telah terkoneksi internet.
  • Sesudah semua formulir pengembalian selesai dilengkapi, pembeli harus mengirimkan barang segera selambat-lambatnya selama 5 hari dari jangka waktu pembelian barang.

Setelah itu, Kamu bisa mengirimkan barang tersebut kembali dengan langkah berikut :

  • Masukkan produk pada kemasan plastik khusus Zalora.
  • Lalu tempelkan slip pengembalian produk atau stiker pada kemasan terluar.
  • Produk/barang yang dikembalikan sebaiknya bukan barang/produk yang tak dapat dikembalikan atau ditukar sesuai dengan ketentuan Zalora.
  • Selanjutnya Kamu bisa langsung pergi ke kantor pos dan dapatkan layanan drop off untuk paket Zalora. Selain itu, kirimkan pula lewat jasa ekspedisi yang biaya pengiriman nantinya akan langsung diklaimkan oleh pihak Zalora.
  • Biasanya produk yang masuk akan langsung dicek lewat Quality Control, lalu hanya barang yang lolos saja yang akan mendapatkan retur/refund dari Zalora.
  • Dengan kata lain, Kamu akan menerima email mengenai pengembalian dana(refund) dari Zalora.

Untuk memastikan lagi, sebenarnya cara membatalkan pesanan di Zalora ini kemungkinan besar tidak dapat dilakukan apabila produk yang Kamu inginkan bukan produk yang sama. Atau ingin menukarkan produk yang dibatalkan dengan produk lainnya. Selain itu, cara ini bisa berhasil apabila terjadi kecacatan pada produk dan Kamu bisa langsung mengembalikan barang tersebut.

Pengembalian Dana Jika Pesanan Dibatalkan di Zalora

Jika Kamu berhasil mencoba cara membatalkan pesanan di Zalora sesuai langkah-langkah di atas, maka selanjutnya tinggal menunggu pengembalian dana dari Zalora. Biasanya, pihak Zalora akan mengembalikan dana dari pembatalan produk dengan menggunakan beberapa metode pembayaran berikut :

1. Melalui Wallet

Wallet adalah fitur Zalora, dimana fitur ini memungkinkanmu untuk menyimpan saldo dari hasil pengembalian dana di akun Zalora. Apabila Kamu memilih pengembalian dengan wallet, biasanya pengembalian dana dilakukan oleh pihak Zalora dalam jangka waktu selama 2 hari kerja. Kamu bisa memakai saldo tersebut kembali untuk membeli barang/produk di Zalora lainnya.

2. Bank Transfer

Apabila Kamu memilih pengembalian dana menggunakan bank transfer, ini artinya sejumlah uang akan langsung ditransfer ke akun rekening bank Kamu.

Apa Saja Keuntungan Berbelanja di Zalora?

Dengan kemudahan proses pengajuan pembatalan pesanan di Zalora, tentu saja sudah jelas bahwa berbelanja di Zalora memang sangat menguntungkan. Apalagi, terkadang Zalora juga turut memanjakan penggunanya dengan beberapa hal menarik di bawah ini :

  • Kamu akan mendapatkan free ongkir apabila membeli produk minimal senilai Rp. 300 ribu sesudah dikenakan diskon di Zalora.
  • Gratis biaya pengiriman produk, jika Kamu membeli barang/produk dengan minimal senilai Rp. 200 ribu sesudah diskon.
  • Pembelian totalyang Kamu lakukan biasanya akan dihitung terpisah, baik yang dijual oleh seller maupun Zalora.
  • Apabila produk yang dibeli kurang dari Rp. 300 ribu untuk produk khusus Zalora, sedangkan Rp. 200 ribu untuk produk dari seller, Kamu akan dikenakan ongkos pengiriman sesuai kota/daerahmu.

Nah, itulah cara membatalkan pesanan di Zalora dan retur pesanan yang tidak sesuai yang bisa dilakukan sesuai syarat dan ketentuan di Zalora. Kamu bisa melakukan tutorial di atas, asalkan sesuai dengan kondisi yang telah disebutkan!

Baru Diulas:

Related posts