Cara Membatalkan Pesanan COD di Shopee: Pasti Berhasil🧸

Cara Membatalkan Pesanan COD di Shopee
Cara Membatalkan Pesanan COD di Shopee

WIGATOS.com | Cara membatalkan pesanan COD di Shopee ternyata bisa dilakukan dengan mudah. Banyak yang beranggapan kalau produk yang sudah dipesan itu tidak dapat dibatalkan lagi. Padahal jika Kamu tahu caranya, dapat mengajukannya. 

Untuk membatalkan orderan, yang harus Kamu tahu adalah syarat dan ketentuannya. Selain itu, miliki alasan yang jelas supaya permintaanmu disetujui. Langsung saja lihat penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Read More

Alasan Membatalkan Pesanan COD di Shopee

COD merupakan sistem pembelian yang dilakukan dengan pembayaran di tempat. Banyak toko di Shopee yang menyediakan metode pembayaran tersebut, sehingga pembeli tidak perlu mentransfernya dulu. Selain karena mudah, COD dipilih karena jauh lebih aman bagi pihak pembeli. 

Banyak pengguna Shopee yang bertanya apakah bisa membatalkan pesanan yang sudah dibuat? Ternyata Kamu dapat melakukannya jika didukung oleh alasan yang kuat. Berikut ini beberapa alasan membatalkan pesanan COD di Shopee yang sering terjadi:

  • Penjual tidak menjawab chat yang Kamu kirim. 
  • Kamu ingin mengubah rincian pesanan yang sudah dilakukan. 
  • Produk yang dipilih ternyata memiliki ulasan buruk. 
  • Alamat yang di-input salah atau ingin menggunakan alamat baru. 
  • Ada produk lain yang harganya lebih murah. 
  • Penjual memerlukan waktu lama untuk mengirimkan pesanan.
  • Tiba-tiba berubah pikiran dan tidak ingin membelinya lagi. 
  • Ingin membuat pesanan baru. 

Jenis-Jenis Pembatalan Pesanan di Shopee

Di marketplace Shopee ada tiga jenis pembatalan pesanan. Ada pembatalan secara instan, noninstan, dan otomatis. Setiap jenis tersebut memiliki ketentuan dan syaratnya sendiri. Kamu bisa lihat uraian jenis-jenis pembatalan di Shopee berikut ini lengkap dengan persyaratannya:

1. Pembatalan Instan

Yang pertama adalah pesanan yang dibatalkan secara instan. Maksudnya yaitu pembeli secara langsung membatalkan orderan sebelum penjual mengatur pengiriman. Oleh karena itu, harus Kamu lakukan secara cepat agar paket belum dikemas dan diserahkan kepada kurir. 

Pembatalan instan ini bisa dibilang susah-susah gampang. Pasalnya, tidak semua penjual menyetujui permintaan pembeli meskipun barang tersebut masih dalam tahap pengemasan dan belum dikirimkan. Biasanya, untuk mengantisipasi pelanggan pindah tempat, Kamu akan diberi solusi penawaran yang lain. 

Meski begitu, ada juga penjual yang memudahkan para pembeli untuk melakukan pembatalan ketika dirasa ada produk yang tidak cocok. Sebaiknya Kamu perhatikan ketentuan dari pembatalan instan berikut ini:

  • Maksimal lakukan satu jam setelah pembayaran terverifikasi. Hal ini mengantisipasi paket sudah dikemas dan akan dikirim. 
  • Kamu harus punya alasan yang kuat kenapa membatalkan pesanan COD tersebut. 
  • Kalau pembatalan tidak dapat dilakukan, coba negosiasi dengan penjual untuk meminta penawaran yang lain. 

2. Pembatalan Noninstan

Jenis pembatalan kedua di Shopee yaitu noninstan. Pembatalan seperti ini dilakukan ketika penjual sudah mengatur pengiriman. Bahkan nomor resi telah dimasukkan, yang mana bisa Kamu lihat pada rincian pesanan. 

Jika dibandingkan instan, membatalkan pesanan secara noninstan dinilai lebih sulit. Sebab Kamu memerlukan persetujuan dari seller. Sering kali penjual menolak pengajuan pembatalan ketika alasan yang disertakan tidak jelas, sedangkan paket sudah terlanjur dikirimkan. 

Penjual pastinya tidak mau rugi karena produk harus ditarik kembali. Di samping itu juga cukup merepotkan karena memerlukan kerja sama dengan pihak ekspedisi. Kalau Kamu tidak dapat melakukan pembatalan noninstan, solusinya yaitu mengembalikan barang setelah diterima kalau memang diperlukan. 

3. Pembatalan Otomatis

Yang ketiga adalah jenis pembatalan pesanan otomatis. Di sini Kamu tidak perlu membuat pengajuan seperti yang dilakukan pada dua jenis pembatalan di atas. Tapi otomatis di-cancel dari penjual sendiri. 

Alasan melakukan pembatalan otomatis beragam. Yang paling sering dikarenakan penjual tidak segera mengatur pengiriman padahal pesanan sudah dibuat sejak lama. Selain itu disebabkan penjual yang tidak memasukkan resi sampai batas waktu pengemasan berakhir. 

Cara Membatalkan Pesanan COD di Shopee

Cara Membatalkan Pesanan COD di Shopee
Cara Membatalkan Pesanan COD di Shopee

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana saja cara membatalkan pesanan COD di Shopee yang dapat Kamu lakukan. Kamu pastikan dulu ingin cancel orderan sebelum atau setelah barang dikemas. Lalu perhatikan beberapa metode berikut ini yang paling tepat untuk dilakukan:

1. Membatalkan Pesanan COD di Shopee dengan Chat Penjual

Berikut ini cara yang paling sederhana untuk cancel produk yang sudah dipesan secara COD di Shopee. Yang perlu Kamu lakukan adalah menghubungi seller lewat nomor WhatsApp yang   disertakan dalam akun. Biasanya, chat lewat WA itu lebih cepat mendapatkan respon. 

Pembatalan dengan membuat chat kepada penjual dapat Kamu lakukan ketika pesanan belum dikirimkan. Karena itulah, sebaiknya lakukan setelah pesanan dibuat. Atau kalau tidak, Kamu bisa menghubunginya apabila barang tidak segera diserahkan kepada kurir. 

Jika ternyata seller tidak memberikan respon maupun solusi, sebaiknya Kamu simpan bukti chatting tersebut. Untuk selanjutnya dapat memprosesnya lebih lanjut ke customer service. Jadi, tunggu maksimal dua hari apakah penjual merespon atau tidak.

2. Membatalkan Pesanan COD di Shopee dengan Menghubungi Seller di Aplikasi

Cara membatalkan pesanan COD di Shopee yang kedua ini sebenarnya sama-sama dengan menghubungi penjual. Tapi bedanya, dilakukan langsung di Shopee. Dalam aplikasi tersebut ada fitur chat dengan seller yang langsung direct dengan produk yang dipilih. 

Pesanan bisa Kamu cancel jika ada kesalahan, contohnya salah pilih model baju atau warnanya. Langsung saja cek caranya seperti di bawah ini:

  • Buka aplikasi Shopee
  • Masuk ke menu Saya
  • Pilih Pesanan Saya dan cari produk yang ingin dibatalkan. 
  • Ketuk menu Chat di bawah dan sampaikan jika Kamu ingin cancel orderan. 
  • Kalau tidak disetujui, sebaiknya meminta penawaran yang lain. 

3. Membatalkan Pesanan COD di Shopee Lewat Menu Pembatalan

Selanjutnya cara membatalkan pesanan COD di Shopee secara langsung. Kamu bisa menggunakan menu yang sudah ada seperti panduan berikut:

  • Buka menu Pesanan Saya dan cari produknya. 
  • Scroll ke bawah dan ketuk Batalkan Pesanan. 
  • Kemudian tunggu penjual menyetujui pembatalan. 
  • Jika tidak segera ditanggapi, sebaiknya hubungi lewat chat

4. Membatalkan Pesanan COD di Shopee dengan Mengembalikan Produk

Bagaimana jika paket sudah terlanjur dikirim? Apa ada cara membatalkan pesanan COD di Shopee kalau barang diterima? Kamu bisa bilang ke kurir kalau ingin cancel pesanan. Nantinya, barang akan dikembalikan kepada penjual.

Kalau kurir tidak mau, maka Kamu bayar dulu pesanannya. Kemudian ajukan pengembalian barang dengan mengomunikasikannya bersama seller. Yang perlu diingat, fitur ini hanya dapat digunakan sekali. Kalau sering cancel, bisa-bisa fitur COD milikmu diblok. Cara mengembalikan pesanan seperti di bawah ini:

  • Buka bagian Pesanan Saya. 
  • Cari barang yang sudah diterima. 
  • Pilih menu Ajukan Pengembalian.
  • Berikan alasan yang kuat. 
  • Ketuk opsi Pengembalian Barang dan Dana
  • Tekan Kirimkan dan kirim paket kembali kepada penjual sesuai waktu yang ditentukan. 
  • Tunggu paket diterima dan pengembalian dana diproses. 

Itulah beberapa cara membatalkan pesanan COD di Shopee. Kamu harus memikirkan benar kalau ingin cancel orderan tersebut. Selain tidak semua penjual menyetujuinya, sangat mungkin Kamu tidak dapat menggunakan fitur COD lagi. 

Related posts