Cara Perpanjang Masa Aktif Kartu Simpati

Cara Perpanjang Masa Aktif Kartu SimPATI

Bagaimana cara perpanjang masa aktif kartu Simpati? Kartu Simpati adalah salah satu produk operator dari Telkomsel. Salah satu keunggulan kartu Simpati adalah jaringannya yang sangat luas, sehingga bisa diakses hingga di seluruh pelosok Indonesia. Namun sayangnya, terkadang karena seringnya menggunakan Wifi, kita lupa membeli pulsa untuk mengaktifkan kuota internet. Mengingat kuota data inilah yang sering digunakan untuk berkomunikasi saat ini, menggantikan popularitas SMS dan telepon.

Karena jarangnya melakukan pengisian pulsa, tentu saja lama kelamaan bisa membuat masa aktif kartu Simpatimu habis. Namun tenang saja, karena ada banyak cara perpanjang masa aktif kartu Simpati yang bisa Kamu pakai untuk tetap bisa menggunakan kartu Simpati dengan leluasa.

Cara Mengecek Masa Aktif Kartu Simpati

Sebelum melakukan cara perpanjang masa aktif kartu Simpati, Kamu harus melakukan pengecekan masa aktif kartu Telkomsel terlebih dahulu. Berikut ini ada beberapa langkah untuk mengecek masa aktif kartu Simpati :

1. Melalui Kode Dial *888#

Cara pertama, Kamu bisa mencoba kode dial di nomor *888#. Adapun langkah-langkahnya, pertama-tama silahkan masuk ke menu panggilan telepon di hpmu. Kemudian ketik nomor *888# di menu dial phone lalu tekan “Call”. Selanjutnya pilih angka atau nomor yang bertuliskan cek pulsa, tekan nomor tersebut lalu tekan “OK”. Selanjutnya Kamu akan menerima pemberitahuan terkait informasi pulsa Simpati dan masa aktif kartu Simpatimu.

2. Melalui Aplikasi My Telkomsel

Selain menggunakan dial phone ke nomor *888#, Kamu juga bisa melakukan pengecekan masa aktif kartu Simpati melalui aplikasi My Telkomsel. Tapi sebelumnya, pastikan dulu Kamu sudah mengunduh dan menginstal My Telkomsel Apps untuk iOS atau android. Setelah itu, masuk ke aplikasi My Telkomsel, jika sudah buat akun tinggal login saja. Sebaliknya, jika belum bisa langsung buat akun di My Telkomsel.

Setelah itu, masuk ke halaman utama aplikasi My Telkomsel dan Kamu pun akan mendapatkan informasi tentang masa aktif kartu SimPATI-mu yang tampil di dalam dashboard aplikasi.

Cara pengecekan masa aktif kartu SimPATI di atas, tentunya berlaku juga bagi semua kartu Telkomsel, entah itu kartu simPATI, Loop dan kartu AS.

Cara Perpanjang Masa Aktif Kartu SimPATI

Cara Perpanjang Masa Aktif Kartu SimPATI
Perpanjang Masa Aktif Kartu SimPATI

Perpanjang Masa Aktif Kartu SimPATI

Untuk menambah masa aktif kartu simPATI sendiri sebenarnya bersifat akumulatif. Ini artinya, apabila kartu perdanamu hari ini masih aktif selama 45 hari ke depan, selanjutnya kartumu akan diperpanjang selama 30 hari. Dengan begitu, masa aktif kartu SimPATI-mu bertambah jadi 75 hari mulai dari sekarang.

Kamu harus ingat bahwa transfer pulsa kartu simPATI tidak dapat memperpanjang masa berlaku atau masa aktif SimPATI-mu. Apabila kartu simPATI telah memasuki masa tenggang, maka untuk mengaktifkan kartumu kembali yaitu dengan cara pengisian ulang pulsa simPATI.

Berikut ulasan cara perpanjang masa aktif kartu simPATI yang bisa Kamu lakukan di bawah ini :

1. Pengisian Ulang Pulsa SimPATI

Langkah cara perpanjang masa aktif kartu simPATI paling mudah dan dapat dilakukan dengan cepat saat memasuki masa tenggang atau masih dalam masa aktif ialah dengan isi ulang pulsa. Jika ingin lebih praktis, Kamu bisa mencoba cara pengisian ulang pulsa kartu SimPATI di toko online, seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, atau BukaLapak.

Untuk pengisian ulang pulsa paling murah seharga Rp. 5.000 dan Kamu akan mendapatkan penambahan masa aktif selama 7 hari. Sedangkan jika Kamu ingin menambah masa aktif lebih panjang lagi yaitu dengan pengisian ulang pulsa Rp. 300 ribu dengan masa aktif 180 hari.

2. Pembelian Masa Aktif Kartu SimPATI

Cara perpanjang masa aktif kartu SimPATI selanjutnya ialah dengan melakukan pembelian masa aktif Telkomsel. Ini hanya berlaku bagi kartu SimPATI yang masih aktif. Cara ini tidak dapat dilakukan apabila kartu SimPATI-mu memasuki masa tenggang.

Adapun tarif penambahan masa aktif kartu SimPATI sendiri tak jauh lebih terjangkau daripada pengisian ulang pulsa secara normal. Karena itu, disarankan sebaiknya melakukan pengisian ulang pulsa reguler seperti biasa.

Adapun cara membeli masa aktif kartu SimPATI itu sendiri, diantaranya sebagai berikut :

  • Pertama-tama, silahkan tekan panggilan ke kode USSD *999#.
  • Kemudian pilih opsi “Lainnya” atau bisa juga memilih “Layanan Lain” hingga beberapa kali.
  • Selanjutnya, pilih opsi “Paket Masa Aktif”.
  • Kamu bisa memilih paket pembelian masa aktif sesuai kebutuhanmu.

3. Mengaktifkan Kartu SimPATI yang Mati

Kartu simPATI-mu ternyata sudah melewati masa tenggang dan sudah tak dapat diaktifkan kembali? Jika ini terjadi, maka opsi terakhir yang bisa dilakukan ialah Kamu bisa mengaktifkan kartu simPATI-mu yang elah mati ke GraPARI Telkomsel. Hanya saja, kartu ini dapat dihidupkan kembali sebagai produk kartu Halo, yaitu produk kartu pascabayar Telkomsel. Adapun persyaratan dan cara untuk mengaktifkan simPATI yang diblokir atau sudah mati, ialah sebagai berikut :

  • Silahkan kunjungi GraPARI Telkomsel terdekat selambat-lambatnya 15 hari sesudah masa tenggang kartumu habis.
  • Membawa serta e-KTP asli.
  • Melengkapi nomor Kartu Keluarga.

Kamu tinggal menunggu proses peralihan kartu SimPATI-mu yang sudah mati ke kartu Halo sebagai produk Pascabayar Telkomsel. Selanjutnya petugas di GraPARi akan mengkonfirmasi bahwa kartumu sudah dialihkan ke karto Halo.

Ya, itulah beberapa cara perpanjang masa aktif kartu SimPATI. Jika provider lainnya menyertakan cara transfer pulsa sebagai salah satu metode untuk perpanjang masa aktif, maka cara ini tidak berlaku bagi SimPATI. Karena dengan transfer pulsa, masa aktif kartu tidak akan bertambah. Namun tenang, transfer pulsa Simpati masih menawarkan banyak keuntungan di bawah ini.

Keuntungan Transfer Pulsa SimPATI

Transfer pulsa tentu berbeda dengan opsi pembelian pulsa sendiri. Jika membeli pulsa, maka masa aktif kartu secara otomatis akan bertambah. Namun sebaliknya, dengan transfer pulsa simPATI hanya akan menambah saldo dan tidak menambah masa aktif. Tapi, ada beberapa keuntungan yang diperoleh jika Kamu memakai layanan transfer pulsa SimPATI berikut ini :

1. Prosesnya Mudah

Layanan transfer pulsa yang ditawarkan simPATI dapat dilakukan hanya memakai hp dengan minimal pulsa Rp. 5.000. Terdapat 2 cara untuk mentransfer pulsa ke nomor simPATI lain. Metode pertama dengan menggunakan kode USSD di nomor 858 dan menggunakan SMS. Cukup dengan mengetikkan format TPULSA dan kirim ke nomor hp yang Kamu tuju saja. Maka aktivitas transfer pulsa SimPATI pun berhasil dilakukan.

2. Transfer Dapat Dilakukan Kapan Saja

Transfer pulsa simPATI tak mengenal tempat dan waktu. Jadi sejauh apapun tempat atau lokasi pengirim, maka saldo akan tetap masuk langsung ke nomor tujuan. Sama halnya dengan waktu melakukan transfer, Kamu dapat melakukannya hingga 24 jam. Apabila masih ragu, Kamu bisa mengisi pulsa melalui online. Lalu, kirimkan pulsa dengan minimal Rp. 5 ribu ke nomor keluarga atau teman pada pukul 12 malam.

3. Cepat

Jika melakukan pembelian pulsa di outlet atau konter pulsa, Kamu pasti membutuhkan waktu yang lama. Cara ini tentu sangat menyulitkan apalagi jika Kamu sedang sibuk. Namun kini tak perlu khawatir, karena layanan transfer pulsa yang dilakukan oleh teman maupun keluarga bisa menjadi solusinya saat dalam kondisi terdesak.

Oke, itulah beberapa keunggulan menggunakan layanan transfer pulsa. Selain itu, Kamu juga harus ingat bahwa transfer pulsa tidak akan menambah masa aktif tetapi hanya menambah saldo. Jadi metode ini tidak dapat dimasukkan ke dalam cara perpanjang masa aktif kartu SimPATI.

 

 

Related posts