Cara Menyembunyikan Aplikasi

  • Whatsapp

Saat memiliki aplikasi yang tidak bisa diakses oleh sembarang orang di hpmu, misalnya dari anak-anak, kamu harus menyembunyikan aplikasi tersebut di perangkat android. Apapun alasannya, tentu saja Kamu mempunyai banyak opsi cara menyembunyikan aplikasi di perangkat ponsel supaya semua privasimu di hp tetap terjaga.

Sebenarnya ada banyak pilihan cara menyembunyikan aplikasi di android yang bisa coba. Agar Kamu bisa memilih cara mana yang tepat untuk menyembunyikan aplikasi, tentu saja Kamu perlu memahami tiap metode yang ada. Karena menyembunyikan aplikasi adalah hal terpenting guna melindungi data-data dan privasi, Kamu harus benar-benar jeli memilih cara yang tepat.

Cara Menyembunyikan Aplikasi

Cara Menyembunyikan Aplikasi
Tutorial Menyembunyikan Aplikasi

Tutorial Menyembunyikan Aplikasi

Untuk menyembunyikan aplikasi di perangkat android, apapun alasannya, Kamu bisa mencoba beberapa metode. Mulai dari cara paling mudah, lewat aplikasi dan cara untuk tiap perangkat smartphone yang berbeda.

Metode 1 : Menyembunyikan Aplikasi di Android Paling Mudah

Lalu, bagaimana sih cara menyembunyikan aplikasi di android? Jika Kamu tertarik, ada beberapa panduan yang bisa Kamu pilih di bawah ini. Cara yang akan Kami bagikan adalah cara yang paling mendasar dan bisa Kamu coba. Ini dia langkah-langkahnya :

1. Menyembunyikan Aplikasi Lewat Application Manager di Android

Jika Kamu tidak ingin repot-repot menguduh dan memasang aplikasi untuk menyembunyikan program atau aplikasi, maka metode ini dapat Kamu coba. Kamu bahkan dapat melakukannya hanya lewat hitungan detik. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

  • Silahkan buka aplikasi dengan mengakses menu pengaturan. Kemudian pilih opsi “Applications”.
  • Langkah berikutnya, tinggal pilih opsi “Application Manager”.
  • Kamu tinggal memilih tab “All” kemudian sentuh aplikasi mana yang akan disembunyikan.
  • Lalu tekan “disable”.

Melalui langkah-langkah di atas, Kamu sudah dapat menyembuyikan aplikasi yang dikehendaki. Sebenarnya cara menyembunyikan aplikasi di atas sebenarnya cara paling dasar. Karena Kamu tak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga.

Terkait:  Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

2. Menyembunyikan Aplikasi Android Untuk Menonaktifkan Aplikasi Bawaan Hp

Jika ingin menyembunyikan aplikasi bawaan hp android, sebenarnya Kamu bisa mencoba cara menyembunyilkan aplikasi android di bawah ini :

  • Silahkan buka opsi pengaturan atau settings.
  • Kemudian pilih applications atau aplikasi.
  • Jika di jendela pengaturan, Kamu menemukan beberapa pilihan menu, maka Kamu hanya perlu memilih opsi perangkat atau device lebih dulu.
  • Setelah itu, pilih opsi Application Manager, kemudian pilih “All”.
  • Selanjutnya pilih aplikasi mana yang akan disembunyikan, kemudian pilih “disable”.

Dengan menyembunyikan aplikasi pada perangkat android, maka aplikasi yang telah dipilih tidak akan terlihat di homescreen hpmu. Namun Kamu tetap dapat menemukan aplikasi tersebut di dalam menu aplikasi, tepatnya pada bagian “disabled”. Sehingga Kamu tak perlu lagi khawatir dengan melakukan langkah-langkah di atas.

Metode 2 : Menyembunyikan Aplikasi Melalui Merk Hp yang Berbeda

Metode kedua ini, memungkinkanmu menyembunyikan aplikasi melalui perangkat hp dengan merk yang berbeda. Jika ingin lebih jelasnya, berikut ulasan cara menyembunyikan aplikasi di android berdasarkan merk hp :

1. Sembunyikan Aplikasi via Hp Oppo

Bagi pemilik hp Oppo, Kamu bisa menggunakan fitur sembunyikan aplikasi yang telah diinstal. Dengan kata lain, kamu tak perlu mengunduh aplikasi tambahan untuk menyembunyikan program atau aplikasi, tinggal lakukan pengaturan lewat menu setting di smartphone Oppo. Berikut ulasannya :

  • Pertama-tama, silahkan buka setting.
  • Kemudian pilih opsi “Keamanan”.
  • Lalu, inputkan kode sandi untuk privasi.
  • Selanjutnya pilih aplikasi apa yang akan disembunyikan.
  • Tap opsi “Aktifkan”.
  • Kemudian inputkan nomor akses.

2. Sembunyikan Aplikasi via Hp Samsung

Kamu juga bisa mencoba cara menyembunyikan aplikasi lewat hp Samsung yang tak kalah mudah. Untuk lebih lengkapnya, ini dia panduannya :

Terkait:  Cara Cek Xiaomi
  • Pertama-tama, silahkan buka opsi “App Drawer”.
  • Jika sudah tap ikon titik tiga vertikal yang terletak di samping kanan atas.
  • Pilih “Home Screen Settings”.
  • Silahkan cari “Hide App”.
  • Kemudian pilih lagi aplikasi yang akan disembunyikan.
  • Tap “Apply”.

3. Sembunyikan Aplikasi via Hp Xiaomi

Bagaimana dengan pengguna hp Xiaomi? Kamu juga tak perlu khawatir, karena Xiaomi kerap memberikan utilitas tambahan pada tiap hp buatannya. Lewat ROM MIUI, perangkat Xiaomi ikut memberikan fitur tertentu yang bisa dipakai untuk menyembunyikan program atau aplikasi. Dengan begitu, pengguna tak perlu lagi menginstal tambahan aplikasi

Adapun caranya sangat mudah, Kamu hanya perlu mengaktifkan lewat menu pengaturan.

  • Silahkan buka opsi “Pengaturan”.
  • Lalu pilih Apl.
  • Selanjutnya pilih opsi App Lock, kemudian inputkan pola kunci.
  • Pilih tab bertuliskan Apl tersembunyi.
  • Setelah itu, pilih aplikasi tertentu yang akan disembunyikan.

4. Sembunyikan Aplikasi via Hp Huawei

Kamu juga bisa menyembunyikan aplikasi tertentu di hp Huawei atau Honor melalui fitur bernama PrivateSpace. Pasalnya aplikasi ini memudahkanmu untuk membuat “ruang” yang baru alias akun di hp dengan berbagai file, aplikasi dan lainnya. Kamu bisa mengaksesnya dengan cara membuka kunci hp menggunakan sidik jarimu.

Adapun hal yang harus Kamu lakukan pertama kali ialah mempersiapkan PrivateSpace. Caranya dengan membuka Pengaturan, masuk ke opsi “Keamanan&PRivasi” kemudian akses pilihan “PrivateSpace”. Selanjutnya ikuti instruksi yang tertera di layar.

Jika semuanya telah dipersiapkan, silahkan buka kunci hp menggunakan pemindai fingerprint atau sidik jari. Selanjutnya aplikasi tersebut biasanya hanya tersedia dalam ruang terpisah serta tak akan muncul pada akun utamamu.

Akan tetapi, Kamu tak bisa mentransfer aplikasi tersebut dari suatu ruang menuju ruang lainnya. Ini artinya jika ingin menyembunyikan aplikasi, maka Kamu wajib menghapusnya pada ruang utama, kemudian mengunduhnya menuju PrivateSpace. Memang sedikit merepotkan, tapi tak memerlukan banyak waktu.

Terkait:  Cara Clear Cache Chrome

Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti cara menyembunyikan aplikasi via Huawei di bawah ini :

  • Silahkan buka settings, masuk ke menu “security & Privacy” lalu pilih PrivateSpace.
  • Kemudian ikuti instruksi pada layar guna mempersiapkan PrivateSpace.
  • Selanjutnya buka  pada Private Space.
  • Silahkan unduh aplikasi yang akan dimasukkan pada PrivateSpace.

Metode 3 : Menyembunyikan Aplikasi di Android via Aplikasi

Metode terakhir ialah dengan menyembunyikan aplikasi di android melalui aplikasi tambahan atau pihak ketiga. Cara menyembunyikan aplikasi ini sebenarnya lebih hemat waktu dan lebih simpel. Berikut ulasannya :

1. Menggunakan Aplikasi Applock

Aplikasi pertama yang bisa digunakan untuk menyembunyikan aplikasi tertentu di android ialah AppLock. Melalui aplikasi ini, di samping dapat menyembunyikan aplikasi, juga dapat menyembunyikan file dan data yang bersifat private.

2. Aplikasi Apex Launcher

Kamu juga bisa mengandalkan aplikasi Apex Launcher untuk menyembunyikan aplikasi. Aplikasi pihak ketiga ini bisa menyembunyikan aplikasi tanpa melalui proses root di hp. Jika sudah menginstalnya, Kamu hanya tinggal memilih opsi Apex Settings, dan pilih Drawer Settings. Setelah itu, pilih opsi Hidden Apps jika ingin memilih serta menandai apa saja aplikasi yang akan disembunyikan.

3. Aplikasi Hide App

Aplikasi terakhir ialah Hide App. Jika Kamu sudah memilih aplikasi ini, tentu saja cara menyembunyikan aplikasi menjadi lebih mudah. Ketika memakai aplikasi ini, maka Kamu juga dapat membuat kata sandi atau password. Adapun caranya pilih “Settings” lalu tekan “On” pada bagian PIN Protection. Memakai PIN atau kode khusus dapat memberikan perlindungan ekstra.

Itulah cara menyembunyikan aplikasi di perangkat android yang bisa Kamu coba. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related posts