Cara Ekstrak File Zip di Android

  • Whatsapp

Cara ekstrak file Zip di android sebenarnya sama saja dengan cara ekstrak file Rar di android, hanya saja ada beberapa aplikasi yang membedakannya. Jika sebelumnya Kamu sering mengakses atau membuka file Zip di Windows, kini mau tidak mau Kamu harus mulai mencoba membuka file zip di android.

Untuk membuka dan mengekstrak file dari perangkat android saat ini memang tidak dapat dilakukan jika tanpa menggunakan aplikasi. Jadi sangat jarang dijumpai smartphone yang sudah dilengkapi oleh file ekstraktor.

Tentang Ekstrak File Zip

Ekstrak file dalam format Zip ialah cara yang biasanya dilakukan untuk membuka file berformat Zip. File Zip sendiri ialah file yang sudah dikompres dengan memampatkan data, dengan demikian ukurannya menjadi lebih kecil. Sehingga cara ini dapat membantu memudahkan proses transfer data mengingat ukuran filenya lebih kecil dibandingkan yang asli.

Misalnya saja, Kamu ingin mengirimkan gambar, dokumen word atau PDF, video dan lain sebagainya dapat dikumpulkan ke dalam satu folder. Umumnya folder tersebut berisi ukuran total data yang sudah dikumpulkan tadi. Apabila dikompres memakai file Zip, ukuran folder yang sudah Kamu buat tadi lebih kecil. Tentu saja tanpa mengurangi kualitas data itu sendiri. Inilah cara yang dapat dilakukan untuk membuka data atau file zip.

Cara Ekstrak File Zip di Android

Cara Ekstrak File Zip di Android
Mengekstrak File Zip di Android

Mengekstrak File Zip di Android Mudah

Dalam tutorial cara ekstrak file Zip di android kali ini, kita akan menggunakan beberapa tutorial baik menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi untuk hp android tertentu. Jika penasaran, langsung saja ikuti panduannya di bawah ini!

Terkait:  Cara Cek IMEI Oppo

Mengekstrak File Zip di Android Tanpa Aplikasi

Sebenarnya untuk beberapa hp android telah disematkan fitur untuk membuka file Zip atau rar dengan mudah tanpa aplikasi. Untuk lebih jlelasnya, Kamu bisa mengikuti tutorial di bawah!

1. Cara Mengekstrak File Zip di Hp Samsung

Cara mengekstrak file Zip di Hp Samsung sebenarnya cukup mudah, sebab Kamu bisa melakukannya tanpa menggunakan aplikasi apapun. Samsungs endiri telah menyediakan opsi ekstrak pada pengaturan default-nya. Oke, simak tutorialnya di bawah ini :

  • Persiapkan folder yang ingin Kamu ekstrak terlebih dahulu di Hp Samsung.
  • Kemudian buka folder berbentuk zip yang akan diekstrak.
  • Jika sudah, tekan tombol bertuliskan “Ekstrak” di pojok sebelah kanan bawah.
  • Selamat, kini file zip milikmu sudah diekstrak. Selanjutnya silahkan buka file tersebut!

Bagaimana, cara di atas sangat mudah bukan? Tutorial cara ekstrak dile Zip di android di atas dapat dilakukan bagi kamu pengguna Samsung A20s dengan sistem Samsung UI One di dalamya. Oleh karena itu, untuk Hp yang lainnya masih belum bisa dipastikan.

2. Cara Mengekstrak File Zip di Hp Xiaomi

Selain bagi pengguna Samsung, para pengguna Xiaomi juga tidak perlu harus menginstal aplikasi untuk mengekstrak data atau file berbentuk Rar atau Zip. Ini karena MIUI telah menyematkan File Manager dengan fitur pembuka file Rar dan Zip dengan mudah.

Inilah salah satu keunggulan Smartphone Xiomi. Namun sebelum melakukan tutorial di bawah, pastikan Kamu sudah memakai File Manager dari MIUI terlebih dahulu. Jika sudah, tinggal ikuti cara mengekstrak file Zip di Hp Xiaomi berikut :

  • Silahkan masuk ke File Manager sebagai aplikasi bawaan dari MIUI. Lalu pastikan Kamu sudah memakai File Manager untuk versi terbaru. Selanjutnya masuk ke dalam folder penyimpaan file Rar atau Zip yang akan diekstrak. Setelah itu, sentuh file dan pilih “Ekstrak di sini” jika ingin mengekstrak filenya.
  • Setelah itu, File Manager langsung mulai membuka atau mengekstrak file Rar atatau Zip. Biasanya lamanya waktu mengekstrak tergantung pada ukuran file itu sendiri.
  • Selesai, kini Kamu dapat menikmati file Zip yang telah diekstrak di Hp Xiaomi milikmu. Bagaimana mudah sekali, bukan?
Terkait:  Cara Menghapus Akun Mobile Legend

3. Cara Mengekstrak File Zip di Realme

Sama seperti Xiaomi, Realme juga sudah didukung oleh fitur untuk mengekstrak file Zip. Para pengguna Realme bisa membuka file tersebut dengan mudah tanpa tambahan aplikasi. Berikut panduannya :

  • Kamu bisa masuk ke file Zip di Hpmu.
  • Setelah itu, tinggal buka saja file tersebut caranya dengan double tap file Zip.
  • Lalu pilih opsi ekstrak file, kemudian tentukan tempat penyimpanan hasil dari Unzip sesuai yang diinginkan.
  • Silakan buat folder yang baru atau bisa juga dengan menempatkannya  di lokasi penempatan folder lama di Hpmu.

Jadi, bagi pengguna Hp android Realme, Xiaomi dan Samsung tak perlu berkecil hati jika dihadapkan dengan file Zip yang dibagikan oleh rekan kerja atau teman. Cukup buka file Zip dengan menggunakan cara di atas.

Mengekstrak File Zip di Android Dengan Aplikasi

Cara mengekstrak file Zip di android lainnya bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi. Ada beberapa cara dan aplikasi ekstrak file Zip yang bisa Kamu gunakan, di bawah ini :

1. Cara Mengekstrak File Zip di Android Dengan Aplikasi Ziprar

  • Pertama-tama, silahkan unduh file Zip ke Hp android. Selanjutnya jika telah tersimpa, Kamu bisa membuka aplikasi Ziprar. Namun sebelumnya pastikan untuk mengunduh aplikasi Ziprar terlebih dahulu di android.
  • Setelah itu, instal aplikais tersebut. Jika sudah terpasang di Hpmu tinggal buka aplikasinya saja. Setelah itu, tunggu beberapa lama sampai aplikasinya terbuka.
  • Langkah selanjutnya tinggal cari file Zip yang ingin kamu buka. Silahkan centang di file yang akan diekstrak.
  • Tombol extract terdapat di samping kiri, digunakan untuk mengekstrak data. Sementara tombol bertuliskan open archive digunakan untuk mengecek file yang telah diekstrak. Sedangkan compress digunakann untuk pembuatan file Zip itu sendiri. Karena di sini Kamu akan mengekstrak file Zip, silahkan tekan “Extract“.
  • Setelah itu, Kamu akan ditampilkan pemberitahuan jika file yang kamu tuju akan diekstrak. Silahkan tekan tulisan “touch me to extract the archieve in the folder below” lalu klik tombol ekstrak tepat di bawahnya.
  • Silahkan tunggu prosesnya sampai selesai, file Kamu berhasil diekstrak jika terdapat keterangan finish 100%. Selanjutnya file pun sudah dapat dibuka.
Terkait:  Cara Kunci Aplikasi di Samsung A51

2. Cara Mengekstrak File Zip di Androzip

Aplikasi yang satu ini berhasil dikembangkan oleh AVG Labs. Bahkan pasalnya ada sebanyak jutaan pengguna Hp Android yang sudah mengunggah aplikasi Androzip. Androzip memungkinkan Kamu untuk menghapus, mengompres, menyalin dan mengekstrak file dengan mudah di perangkat android. Selain itu, aplikasi yang satu ini juga dapat dipakai untuk membuat atau menyimpan back up data di android.

3. Cara Mengekstrak File Zip di File Extractor

Unzip File Extractor adalah aplikasi dapat mempermudah para pengguna android untuk mengompres, menyimpan dan mengekstrak file Zip di android. Melalui aplikasi ini, Kamu bisa membuat file berbentuk Zipx dan Zip. Di samping itu, beberapa format lainnya yang didukung oleh aplikasi ini ialah CBZ, RAR, 7z, Zipx adan Zip. Selain mengekstrak file  berbentuk dokumen, Unzip juga bisa melakukannya terhadap web file dan file foto. Bagaimana, tertarik mencobanya?Untuk aplikasinya sekarang juga di sini!

Nah, itulah 6 cara ekstrak file Zip di android baik menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi yang bisa Kamu pilih sesuai perangkat dan kebutuhan. Semoga bermanfaat!

Related posts