Cara Cek Garansi Realme

Realme telah menjadi merek smartphone asal China yang beredar luas di Indonesia, lantaran prospeknya menunjang dan cara cek garansi Realme terbilang mudah dipahami. Tak mustahil bahwa popularitasnya semakin berkembang dan banyak orang mulai memilihnya saat ini.

Kamu bisa melihat sebagian besar pengguna gadget telah mengandalkan Realme sebagai smartphone andalan mereka karena mempunyai fitur dan layanan berkualitas untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

Persaingan ketat antar merek smartphone membuat Realme tidak pernah berhenti memberi sesuatu yang berbeda untuk pengguna setianya. Kalian akan memperoleh masa garansi selama memakai ponselnya dengan membelinya lewat gerai resmi Realme yang beredar luas di seluruh Indonesia.

Pihak Realme bakal memberi layanan terbaik untuk meningkatkan kenyamanan dan kepuasan kamu sebagai penggunanya dengan memperbaiki bahkan mengganti produk baru bila rusak.

Kalian bisa mengunjungi service center Realme dan berkonsultasi soal gadget yang digunakan saat ini, bahkan memperbaiki smartphone selama masih dalam masa garansi.

Jika kamu akan membeli ponsel baru, maka kalian bisa membuka phone box di depan petugas gerainya untuk memastikan ponsel yang dibeli adalah barang asli. Kamu bisa mengikuti pembahasan selanjutnya untuk memastikan HP Realme yang dipakai masih bisa diperbaiki.

Cara Cek Garansi Realme

Cara Cek Garansi Realme
Cara Cek Garansi Realme

Berbicara mengenai masa garansi, kalian pasti berpikir soal perbaikan bahkan pergantian produk dengan barang baru. Kendati demikian, service center Realme punya siasat khusus supaya smartphone kesayangan kamu tidak bisa rusak dengan cepat.

Hal ini dikarenakan ponsel tersebut dibekali material kuat dan daya tahan lebih lama untuk mendukung aktivitas kamu yang selalu pakai gadget. Garansi ini biasanya terhitung sejak hari pertama kamu membeli HP Realme.

Cara Cek Garansi HP Realme Terbaru dan Terupdate

Untuk mengetahui masa garansi HP Realme, maka kamu bisa memeriksanya dengan beragam metode yang bakal dibahas lewat ulasan ini. Namun, kalian dapat melakukannya lewat online dan syarat mutlak yang harus dipenuhi adalah pengguna HP Realme harus tahu nomor IMEI terlebih dahulu.

Apabila kamu sudah mengetahuinya, kalian bisa mengikuti panduan cek garansi smartphone Realme terupdate seperti berikut :

  • Buka menu Dial Phone.
  • Ketik kode angka *#06# dan muncul informasi nomor IMEI.
  • Kamu buka menu Pengaturan, tekan tombol Tentang Ponsel dan Status, pilih sub menu IMEI.
  • Buka aplikasi web browser (Google Chrome, Opera Mini, dll).
  • Kunjungi website resmi cek garansi HP Realme via realme.com/id/support/phonecheck.
  • Masukkan nomor IMEI, tekan tombol Cek Sekarang.
  • Lewati tahap validasi dan masa garansi akan terlihat pada layar ponsel.
  • Selesai.

Langkah ini mudah, bukan? Kamu bisa menyelesaikannya lewat HP Realme dan ikuti tutorialnya sesuai informasi di atas. Kalian hanya perlu membutuhkan waktu selama 15 menit untuk mengetahui masa garansi yang berlaku lewat metode online.

Walaupun batas tempo hanya setahun, tetapi kalian bisa saja lupa tanggal pembelian ponselnya. Prosedur tersebut bertujuan agar kalian dapat memastikan tanggal dan tahun pembelian HP Realme saat ini.

Ketentuan dan Syarat Klaim Garansi HP Realme

Sebelum mengklaim masa garansi HP Realme, alangkah baiknya kamu memperhatikan ketentuan dan syarat yang berlaku untuk mengajukan permohonan tersebut seperti di bawah ini :

  • Masa garansi ponsel harus masih berlaku.
  • Lampirkan bukti terkait (kartu garansi, kwitansi pembelian dll).
  • Kerusakan ponsel tidak boleh disebabkan oleh pengguna, seperti terjatuh, terbentur, terkena air, dll.
  • Klaim masa garansi disertai bukti pembelian yang valid.
  • HP Realme tidak boleh diroot.
  • Garansi tidak berlaku bila kerusakan disebabkan oleh aksesoris selain merek Realme.
  • Kerusakan ponsel tidak disebabkan perbaikan diluar service resmi Realme.

Untuk mengajukan klaim masa garansi Realme memang tidak berbeda dengan merek smartphone lain. Hal ini dikarenakan sebagian besar brand gadget sangat mengutamakan kepuasan kedua pihak selama memakai merek terkait.

Kamu harus perhatikan tujuh poin penting di atas supaya bisa menerima garansi dari gerai resmi Realme. Jangan pernah melakukan perbaikan diluar service center Realme karena komponen yang dipakai belum terjamin kualitasnya.

Cara Cek Garansi HP Realme Praktis dan Terbaru

Kalian bisa memeriksa masa garansi HP Realme melalui salah satu website yang paling sering digunakan untuk perkara serupa. Oleh karena itu, pembahasan ini sudah terbukti valid dan tidak perlu diragukan kebenarannya karena pengguna Realme mana pun.

Mereka selalu mengandalkan informasi ulasan ini untuk cek garansi HP Realme masing-masing. Beberapa langkah yang harus dilakukan adalah :

  • Buka web browser lewat HP Realme.
  • Kunjungi website berikut : oppo-id.custhelp.com/app/products/warranty_status.
  • Masukkan nomor IMEI HP Realme kamu lewat kolom yang sudah disediakan.
  • Gunakan kode validasi yang ditampilkan pada layar ponsel.
  • Tekan tombol Cek Sekarang.
  • Informasi masa garansi HP Realme yang kamu pakai bakal muncul dari layar ponsel.
  • Selesai.

Bagaimana Cek Nomor IMEI HP Realme yang Benar?

Nomor IMEI punya peran penting terhadap masa garansi sebuah ponsel, termasuk HP Realme yang kamu pakai saat ini. Maka dari itu, siapa saja tidak boleh sembarangan memberi bahkan memakainya lantaran datanya sangat penting terhadap kerahasiaan gadget seseorang.

Bagaimana cek nomor IMEI HP Realme yang benar? Kamu akan tahu jawabannya dengan jelas dan lengkap lewat ulasan berikut :

  • Buka web browser dari HP Realme.
  • Kunjungi website berikut : https://www.imei.kemenperin.go.id/.
  • Masukkan nomor IMEI HP Realme lewat kolom yang tersedia.
  • Tekan icon Kaca Pembesar di bagian kanan kolomnya.
  • Layar bakal menampilkan informasi nomor IMEI untuk HP Realme yang kamu pakai.
  • Selesai.

Berapa Lama Garansi HP Realme Secara Umum?

HP Realme tidak berbeda dengan semua merek ponsel lainnya. Distributor bahkan produsen sekalipun selalu memberikan batas masa garansi selama setahun atau 12 bulan terhadap semua tipe ponsel yang sudah dipasarkan. Kamu bisa melakukan perbaikan ke service center resmi Realme di kota mana saja selama smartphone yang kamu gunakan masih terikat masa garansi tersebut.

Apa fungsi masa garansi tersebut? Kamu harus tahu bahwa kegunaannya untuk membantu semua pengguna setia HP Realme yang ponselnya sedang mengalami kerusakan supaya bisa diperbaiki secara gratis. Kamu akan memperoleh layanan berupa bebas biaya service sampai penggantian komponen, tetapi kondisi tersebut hanya berlaku selama masa garansi masih tersedia.

Tips dan Trik Garansi HP Realme yang Harus Kamu Tahu

Demikian ulasan lengkap mengenai cara cek garansi Realme yang belum diketahui para penggunanya. Untuk memperoleh pelayanan terbaik dari service center bila HP Realme kamu rusak, maka kalian bisa menyimpan bukti pembelian ponsel seperti kwitansi bahkan kartu garansi supaya smartphone dapat diperbaiki.

Tak hanya itu, rawatlah ponselnya dengan baik dan hindari kerusakan kecil sampai berat yang diakibatkan oleh aksesoris diluar merek Realme.

Kamu juga tidak boleh ceroboh selama menggunakan HP Realme dan hindari benturan sampai genangan air karena Realme dan semua merek smartphone tidak pernah menerima garansi akibat kerusakan yang disebabkan oleh penggunanya sendiri.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ... Blogger