Cara Cek Kecepatan Wifi Indihome

Bagaimana cara cek kecepatan wifi Indihome? Ya, Indihome adalah singkatan dari Indonesia Digital Home, yang sebelumnya dinamakan Speedy sebagai salah satu produk yang ditawarkan oleh PT. Telkom Indonesia.

Bagi kamu yang baru pertama kali atau mungkin belum memiliki wifi Indihome, maka hal yang paling utama adalah dengan cek kecepatan wifi Indihome terlebih dahulu. Adapun tujuannya yaitu demi memastikan ketersediaan konektivitas jaringan wifi pada berbagai perangkat yang terhubung agar menyesuaikan paket yang dibeli.

Read More

Cara Cek Kecepatan Wifi Indihome

Cara Cek Kecepatan Wifi Indihome
Panduan Cara Cek Kecepatan Wifi Indihome

Tutorial Cara Cek Kecepatan Wifi Indihome

Penting sekali untuk mengecek kecepatan akses internet wifi, karena hal ini bisa membantumu untuk menentukan waktu yang ideal memakai jaringan tersebut. Walaupun Indihome mempunyai kualitas yang unggul, bisa saja di waktu tertentu akan berkurang kecepatannya. Bahkan terkadang kecepatannya tak sesuai dengan yang ditawarkan.

Oleh karena itu, sebaiknya cek kecepatan akses internet terlebih dahulu sebelum Kamu memakainya. Ada beberapa panduan cara cek kecepatan wifi Indihome, berikut ini :

1. Cek Kecepatan Jaringan Indihoma Memakai Indihome SpeedTest

Tentu saja yang namanya kecepatan jaringan tak akan selalu stabil, sebab terkadang ada saja kendala yang terjadi. Oleh karena itu, Kamu harus mengecek kecepatan akses internet wifi Indihome di rumahmu supaya bisa memakai jaringan internet yang terbaik.

Terkait:  Cara Cek Jamsostek

Seperti kita ketahui, ada banyak pilihan paket menarik yang ditawarkan Indihome. Pasalnya layanan berbasis ISP tersebut juga menawarkan tools pengecekan kecepatan koneksi internetnya.

Tools tersebut bernama Indihome Speedtest, yang berbentuk website, jadi untuk menggunakan tools ini Kamu tak perlu harus menginstal software atau aplikasinya. Sebab web tersebut dapat dipakai di berbagai macam platform, bisa di android, iOS Max, Windows dan lainnya. Berikut caranya :

  • Sambungkan jaringan wifi Indihome pada perangkat.
  • Silakan buka web browser
  • Inputkan alamat web di fast.indihome.web.id.
  • Tekan men ‘Go’ di tengah-tengah halaman.
  • Selanjutnya tunggu hasilnya.

Hasil cek kecepatan dari jaringan Indihome sendiri nantinya dinilai sesuai dengan fitur yang telah tersedia dan menunjukkan kualitas tergantung dari nominalnya. Dalam tools Speedtest ini ada 4 fitur penilaian diantaranya Jitter, Ping, Upload Speed dan Download Speed.

2. Cek Kecepatan Wifi Indihome Memakai Speedtest.net

Di samping memakai tools bawaan, Kamu juga bisa mencoba cara cek kecepatan wifi Indihome memakai Speedtest.net. Pasalnya, layanan ini bisa dibilang cukup populer. Sejak dirilisnya Speedtest.net, banyak orang mulai menggunakannya. Tak hanya itu saja, tools ini juga telah tersedia lewat bentuk aplikasi, baik digunakan untuk OS android, Windows, maupun iPhone.

Pada tools ini, setidaknya ada 3 fitur yang dapat digunakan untuk mengecek kualitas jaringan internet. Dimana ketiga fitur ini sangat cocok dipakai untuk pengecekan hasil kecepatan wifi Indihome, diantaranya ada fitur Ping, Upload Speed, dan Download Speed.

Jika ingin mengecek kecepatan wifi Indihome memakai Speedtest.net, Kamu bisa mengikuti langkah-langkah mudahnya berikut :

  • Silahkan sambungkan koneksi wifi atau modem Indihome pada perangkat.
  • Kemudian buka web browser, disini Kamu bisa pakai Google Chrome, Firefox dan lainnya.
  • Kamu tinggal masukkan alamat web speedtest.net.
  • Tunggu sampai terlihat hasilnya.
Terkait:  Cara Melihat FUP Indihome

3. Cek Kecepatan Untuk Mbps Wifi Indihome Memakai Speed Smart

Setiap paket internet yang ditawarkan oleh wifi Indihome, sudah pasti akan berpacu dengan kecepatan dalam satuan mbps. Dimana kecepatan tersebut, biasanya mencakup kecepatan untuk upload maupun download. Walaupun paket yang Kamu ambil ialah 10 mbps misalnya, tapi Ketika dipakai kecepatan tersebut bisa saja tidak sesuai.

Ada banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. Maka dari itu, sebelum Kamu memakai koneksi internet wifi Indihome, silahkan cek kecepatannya terlebih dahulu memakai Speed Smart.

Jika ingin mengukur tingkat kecepatan pada wifi Indihome memakai Speed Smart, maka Kamu akan mendapatkan beberapa fitur, diantaranya Download Speed, PING, Upload Speed, server, alamat IP dan provider.

Berikut ini beberapa langkah cara mengukur kecepatan internet wifi Indihome dalam bentuk mbps memakai Speed Smart :

  • Silahkan hubungkan koneksi internet wifi Indihome pada perangkat.
  • Lalu buka web browser, baik memakai Firefox atau lainnya.
  • Selanjutnya masuk ke alamat https://speedsmart.net/.
  • Tekan menu star di tengah halaman web dan tunggu beberapa saat.

4. Cek Kecepatan Wifi Indihome Memakai Bandwidth Place

Cara cek kecepatan wifi Indihome untuk upload dan download bisa memakai Bandwidth Place, tools ini mempunyai cara kerja yang sama seperti web speed test yang lainnya. Dalam pengecekan kecepatan akses wifi Indihome, Bandwidth Place dapat digunakan karena berbentuk situs web. Sehingga cara penggunaannya pun tak memerlukan instalasi terlebih dahulu.

Memakai Bandwidth Place untuk mengecek kecepatan wifi Indihome-mu sebenarnya sangat sederhana, berikut ulasannya :

  • Pertama-tama, silahkan sambungkan akses wifi ke perangkat, baik laptop atau hp.
  • Masuk ke https://www.banddwidthplace.com/
  • Silahkan ubah pada kolom server, dengan tulisan Jakarta ID.
  • Tekan menu Star di halaman situs dan tunggu hasilnya.

Itulah cara cek kecepatan wifi indihome yang bisa kamu lakukan. Tapi pada kasus tertentu mungkin saja, kecepatan akses internetmu tidak sesuai paket yang telah dibeli. Misalnya kecepatannya justru jadi lebih rendah dari paketnya, maka kemungkinan besar ada beberapa faktor yang menyebabkan kecepatan internetmu melambat.

Terkait:  Cara Bikin Tik Tok

Faktor Yang Membuat Kecepatan Wifi Indihome Melambat

Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan kecepatan wifi Indihome menjadi lambat, diantaranya :

1. Jumlah Perangkat Melebihi Batas Penggunaan

Kamu harus tahu betul mengenai paket yang dibeli. Misalnya, kamu membeli paket dengan batas pengguna hanya mencapai 12 perangkat saja. Akan tetapi kenyataannya, digunakan lebih dari 12 perangkat dan hal inilah yang membuat kecepatan akses internet Indihome-mu menjadi menurun.

2. Wifi Terkena Hack

Hati-hati jika wifi kamu sering lemot tanpa sebab, karena sebenarnya hal tersebut bisa saja wifi-mu terkena hack. Adapun tujuan si hacker ini tak lain agar mereka bisa menikmati akses wifi secara gratis dengan kapasitas kuota melimpah. Namun sayangnya, jika kena hack bisa saja file-file atau data pentingmu juga terkena hack.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasinya lebih baik seringlah mengganti password wifi setiap periode tertentu dengan cara ganti password wifi lewat hp. Apabila Wifimu sedang tidak digunakan lebih baik di matikan saja, jika kedepannya kamu membutuhkan wifi indihome maka tinggal dinyalakan saja.

3. Gangguan Pada Internet Indihome

Gangguan ini disebut gangguan internal, jika Kamu mengalami kendala tersebut langsung saja melaporkan keluhan ke petugas Telkom untuk segera ditangni permasalahannya. Permasalahan tersebut bisa saja pada perangkat kerasnya atau bisa juga pada instalasinya.

Jangan coba-coba mengutak-atik perangkat indihome jika kamu belum memahaminya, karena bisa berakibat fatal dan menyebabkan kerusakan yang akan merugikan kamu.

4. Mencapai Limit FUP

Limit FUP adalah batas pemakaian paket yang kamu beli. Jika kamu sudah mencapai batasnya, maka kecepatan internet tidak akan secepat sesuai dengan jenis paketnya, namun akan kembali pada kecepatan dibawah standar.

Dengan adanya keterbatasan tersebut, maka kamu harus bijak dalam menggunakan paketnya. Tujuannya agar kecepatan wifi indihome tetap stabil hingga bulan berikutnya.

Demikianlah ulasan terkait cara cek kecepatan wifi Indihome yang perlu Kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

 

 

 

 

 

 

 

Related posts