Cara Crop Video di Filmora

Bagaimana cara crop video di Filmora? Wondershare Filmora atau Filmora adalah program atau aplikasi video editing yang diluncurkan Wondershare dan dirancang untuk proses pengeditan video. Editing video menggunakan Filmora cukup sederhana dan mudah, meskipun demikian kualitas yang ditawarkannya tak kalah menarik. Termasuk dalam hal cara crop video di Filmora.

Bagi para newbie atau yang sudah lama menggeluti dunia editing video, maka Filmora bisa menjadi pilihan ideal. Karena proses pengeditan video menggunakan Filmora bisa memberikan hasil maksimal dalam waktu yang cepat.

Read More

Sebenarnya ada banyak aplikasi video editing profesional seperti halnya Adobe Premiere. Namun bagi para pemula yang baru terjun ke dunia editing video, mungkin memerlukan waktu cukup lama dalam menyelesaikan proyek video menggunakan aplikasi tersebut. Bhakan hasilnya pun belum tentu memuaskan.

Lain halnya dengan Wondershare Filmora, Kamu mendapatkan solusi terbaik dan tercepat untuk mempelajari video editing dalam waktu yang singkat. Sebab selain programnya ringan, bila dibandingkan program editor video yang lainnya, Filmora memiliki tampilan yang user friendly. Walaupun memiliki tampilan yang sederhana, berbagai fitur yang disediakannya juga cukup lengkap. Jadi Kamu tidak perlu lagi khawatir dengan jaminan kualitas hasil video editing-nya.

Dalam tahap editing video, hal yang paling mendasar ialah crop video. Cara crop video di Filmora juga sangat simpel dipraktekkan. Jadi, bagi para pemula yang ingin melakukan pemotongan beberapa video yang tidak diperlukan, bisa menggunakan tutorial di bawah ini!

Cara Crop Video di Filmora

Cara Crop Video di Filmora
Memotong Video di Filmora

Memotong Video di Filmora

Meskipun tidak selengkap fitur yang terdapat dalam cara crop video di Adobe Premiere, namun Filmora sudah cukup bisa diandalkan bagi para editor video pemula. Untuk memotong video di Filmora sendiri, sebenarnya ada 2 panduan yang bisa Kamu coba. Diantaranya cara crop video di Filmora dan crop video lalu menggabungkannya di Filmora.

Terkait:  Cara Import Preset Lightroom

1. Cara Memotong Video di Filmora Mudah

Sebelum melanjutkan ke tahap cara crop video di Filmora, pastikan Kamu sudah mengunduh aplikasi Wondershare Filmora terlebih dahulu di perangkatmu. Jika sudah, tinggal install aplikasinya. Lalu ikuti panduannya:

  • Langkah pertama, silahkan buka aplikasi Wondershare Filmora.
  • Di tampilan awal, Kamu bisa memilih screen rasio untuk ukuran tinggi dan lebar klip video yang ingin di crop.
  • Mengingat saat ini Kamu hanya ingin melakukan pemotongan video, cukup pilih opsi Instant Cutter saja.
  • Lalu pilih menu “Open File” kemudian masukkan videonya.
  • Untuk memotong video di Filmora ada 2 pilihan, yaitu pilih waktu awal pemotongan dan akhir pemotongan, serta pilih area tertentu yang akan Kamu gunakan saja, caranya hanya perlu menggeser kotak yang berwarna biru.
  • Setelah itu, klik export.
  • Silahkan tentukan tempat penyimpanannya dan klik Ok.
  • Selanjutnya video yang kamu edit pun sudah terpotong.

2. Cara Memotong Video dan Menggabungkannya di Filmora

Cara crop video di Filmora berikutnya ialah memotong dan menggabungkan video di Filmora. Adapun panduannya sebagai berikut :

  • Silahkan buka aplikasi Wondershare Filmora yang sudah Kamu install sebelumnya.
  • Selanjutnya pilih tab screen ratio pada video yang akan dipakai, kemudian pilih tab “Full Feature Mode”.
  • Setelah itu, Kamu bisa memilih tab Import Media Files Here. Kemudian masukkan satu hingga beberapa video pilihanmu yang akan dipotong maupun digabungkan.
  • Klik lalu geser video yang ingin di crop ke bawah.
  • Kemudian atur posisi pada bagian video tertentu yang ingin dipotong atau dipisah.
  • Tekan split atau ikon gunting, selanjutnya video akan langsung terpotong ke dalam 2 bagian.
  • Silahkan atur posisi penunjuknya lagi di bagian lain.
  • Klik ikon gunting kembali dan video pun akan langsung terpotong lagi.
  • Selanjutnya pilih mana bagian video yang ingin dipotong.
  • Silahkan klik delete pada keyboard.
  • Lalu ulangi langkah di atas pada video lainnya jika diperlukan.
  • Setelah itu, klik export yang terdapat di bagian kiri atas.
  • Kemudian pilih tab Export to Delete.
  • Silahkan pilih format, jenis media, lokasi penyimpanan serta inputkan nama videonya.
  • Pilih export dan tunggu prosesnya.
  • Lalu pilih kembali find target jika ingin membuka hasilnya.
Terkait:  Cara Crop Gambar di Photoshop

Itulah langkah-langkah yang harus Kamu lakukan dalam cara crop video di Filmora sekaligus untuk menggabungkan beberapa video yang Kamu inginkan.

Apa Saja Sih Keunggulan Aplikasi Video Editor Filmora?

Aplikasi video editor Filmora merupakan aplikasi yang bersifat user friendly dan cukup ringan. Sebenarnya Filmora sendiri mempunyai 2 versi sesuai dengan kebutuhan para penggunanya, yaitu versi Pro untuk yang sudah profesional dan versi biasa. Nah, keduanya ini bisa Kamu gunakan baik secara gratis maupun berbayar. Kamu bisa memilih versi berbayar jika menginginkan fitur lebih lengkap.

Selain menawarkan kemudahan memotong video di Filmora, ada beberapa kelebihan aplikasi video editor yang bisa dinikmati para penggunanya, berikut ini :

1. Menawarkan Fitur Sesuai Dengan Kebutuhan

Pada aplikasi Filmora versi 8, Kamu akan melihat tampilan aplikasi dengan 4 opsi mode dan rasio video yang sesuai kebutuhan. Diantaranya seperti Easy Mode, Full Feature Mode, Action Cam Tool, dan Instant Cutter Mode. Keempat mode ini masing-masing menawarkan fitur dan tampilan berbeda sesuai namanya.

Sedangkan pada Filmora versi 9 sendiri, 4 opsi mode di atas tidak akan Kamu jumpai saat membuka tampilan aplikasinya. Dalam versi 9 hanya terdapat 5 opsi rasio video, dan opsi project yang telah diselesaikan atau project baru.

2. Lebih Ringan dan Tidak Mudah Mengalami Crash

Berbeda dengan aplikasi video editor Adobe Premiere yang memerlukan spesifikasi RAM besar pada perangkatmu, justru Filmora tetap bisa dijalankan dengan mudah di perangkat berkapasitas RAM rendah sekalipun.

Walaupun terkadang mengalami crash, namun bisa dikatakan masih aman dan tidak sampai force close. Selain itu mengingat spesifikasinya rendah, maka proses saat melakukan export video pun cenderung lambat sesuai resolusi yang dihasilkan.

Terkait:  Cara Crop File PDF

3. Bisa Menikmati Banyak Fitur Dengan Mengakses Aplikasi Secara Gratis

Menariknya lagi, aplikasi video Editor Filmora juga menawarkan keseluruhan fitur meskipun Kamu memakai aplikasi versi gratisan. Namun kekurangannya, watermark yang ada di dalam video tetap terlihat. Jika ingin menghapus watermark, maka Kamu wajib mengunduh aplikasi berbayar dengan tarif ratusan ribu sampai jutaan rupiah tergantung opsi yang diinginkan.  Selian itu ada pilihan untuk perseorangan, bisnis juga pelajar yang bisa dipilih.

Aplikasi versi berbayar tersebut tidak hanya bisa menghilangkan tanda watermark saja, tetapi Kamu juga bisa melakukan update aplikasi secara gratis, serta mendapatkan dukungan developer apabila ada masalah yang terjadi.

4. Menawarkan Pilihan Plugin Bawaan Keren dan Gratis

Tidak hanya menawarkan keseluruhan fitur yang bisa dinikmati secara gratis, aplikasi video editor ini juga menyuguhkan berbagai macam plugin bawaan menarik. Tapi, ada beberapa plugin yang harus diunduh terlebih dahulu jika Kamu tertarik menggunakannya.

Tak hanya plugin bawaan yang tersedia, Kamu juga dapat menambah koleksinya lewat situs Filmstock dengan berbagai pilihan paket plugin menarik tanpa bayar sepeserpun alias gratisan.

Demikianlah ulasan tentang panduan cara crop video di Filmora dan cara menggabungkannya bagi para pemula yang ingin belajar editing video dalam waktu singkat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Ulasan Baru Untukmu:

Related posts