Cara Cancel Tokopedia

Cara Cancel Tokopedia

Tak hanya cara cancel Shopee, Kamu juga bisa membatalkan pesanan dengan cara cancel Tokopedia, bagi para pengguna Tokopedia. Marketplace Tokopedia saat ini menjadi salah satu marketplace terbesar di Indonesia yang terus berinovasi untuk terus menantang para kompetitornya. Setiap waktu, Tokopedia selalu melakukan berbagai upaya untuk berinovasi supaya customer bisa dengan nyaman belanja di Tokopedia.

Salah satu inovasi yang sangat penting bagi customer adalah menyediakan layanan cancel Tokopedia. Bahkan Kamu bisa mengembalikan barang yang sudah Kamu beli dengan berbagai macam alasan. Beberapa alasan yang dapat diterima, seperti salah membaca deskripsi barang, salah input jumlah barang yang akan dibeli, salah warna barang, atau mungkin akibat lambatnya respon penjual. Tentu saja, alasannya harus benar-benar bisa diterima oleh Tokopedia.

Read More

Inovasi disini lebih ke arah mempermudah customer dalam proses pengembalian barang dimana pengajuannya tidak membutuhkan waktu lama. Untuk cancel orderan di Tokopedia juga, tidak perlu menghubungi customer care Tokopedia, yang perlu Kamu lakukan bisa melakukan cancel orderan, dengan menggunakan browser atau aplikasi Tokopedia di smartphone milikmu.

Syarat Pembatalan Orderan di Tokopedia

Tentu saja setiap orang tidak diperkenankan seenaknya membatalkan pesanan begitu saja. Karena Tokopedia juga telah memberikan syarat dan ketentuan yang wajib diikuti oleh pengguna saat hendak melakukan cara cancel Tokopedia. Biasanya ketentuan tersebut tergantung dari jenis pembatalannya, yaitu pembatalan atas persetujuan dan pembatalan instan. Berikut rincian informasinya :

1. Status Pesanan

Pembatalan instan bisa dilakukan apabila Kamu terus menunggu konfirmasi dari penjual yang tidak ada respon sama sekali. Sementara itu, jika pembatalan dengan persetujuan penjual adalah jika orderan sudah diproses atau sedang menunggu kurir namun resi yang diterima tidak vaild.

2. Waktu Transaksi

Apabila ingin melakukan pembatalan instan, maka syaratnya adalah barang tersebut belum melewati batas waktu maksimal 3 jam setelah verifikasi pembayaran disetujui. Sedangkan jika pembatalan dengan pesetujuan, yaitu jika produk tersebut sudah melewati batas waktu 3 jam setelah verifikasi pembayaran disetujui.

3. Layanan Toko

Apabila ingin membatalkan barang dengan cara instan, maka syaratnya jika pesanana tidak dilayani oleh kantor cabang Tokopedia. Sedangkan jika ingin membatalkan pembelian barang ketika barang tersebut sudah disetujui maka bisa diselesaikan oleh kantor cabang Tokopedia.

4. Kuota Pembatalan Tokopedia

Untuk pembatalan secara instan, customer tidak melakukan pembatalan barang lebih dari 2x dalam 1 bulannya. Sedangkan jika pembatalan dengan pesetujuan customer  bisa melakukan pembatalan barang lebih dari 2x dalam kurun waktu 1 bulan.

Cara Cancel Tokopedia

Cara Cancel Tokopedia
Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia

Panduan Cara Mengajukan Cancel Pesanan Tokopedia

Sebenarnya jika dilihat dari syarat dan ketentuan diatas, pembatalan dengan cara instan lebih mudah dilakukan oleh customer. Namun apabila pesanan sudah melewati batas ketentuan dari pembatalan secara instan atau sudah dalam proses persiapan pengiriman barang oleh penjual misalnya. Dengan begitu, Kamu wajib mengajukan pembatalan pesanan ke penjual dan pastikan permintaan pembatalanmu tersebut harus ditanggapi terlebih dahulu sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Secara umum, berikut cara cancel Tokopedia yang ditujukan ke penjual :

  • Buka aplikasi Tokopedia kemudian masuk pada menu order.
  • Cari tombol ‘Ajukan Pembatalan’ untuk melanjutkan ke tahapan
  • Tunggulah beberapa saat hingga ada respon balasan dari penjual. Namun apabila tidak ada respon sama sekali, Kamu bisa melakukan chat khusus kepada penjual agar permintaanmu cepat ditanggapi.
  • Apabila pesananmu semestinya telah memasuki proses pengiriman kemudian pihak penjual baru memberitahukan bahwa stok barang yang Kamu pesan sudah habis stok produknya. Kamu pun berhak mengajukan pembatalan pesanan yang bisa dilakukan melalui Pusat Resolusi dengan ikut menyertakan nomor invoice dari pesanan yang akan Kamu batalkan.

Jika penjual menerima pembatalan pesanan yang Kamu ajukan, maka Kamu akan berhak mendapatkan pengembalian dana sesuai metode pembayaran yang dilakukan pembeli.

Panduan Cara Cancel Pesanan di Tokopedia Lengkap

Melakukan cara cancel Tokopedia untuk barang yang telah dipesan sebenarnya tidak begitu direkomendasikan. Sebab harus melibatkan beberapa pihak akibat pembatalan barang tersebut. namun, Tokopedia memberikan fasilitas ini dan berusaha untuk memeberikan pelayanan yang terbaik untuk para penggunanya.

Hal ini terbukti dengan banyaknya fasilitas untuk kenyamanan betransaksi yang diberikan oleh pihak Tokopedia kepada pembeli maupun penjual, termasuk fitur pembatalan pesanan yang nyaman dan aman.

Berikut ulasan lengkap terkait cara cancel Tokopedia yang dapat Kamu coba tergantung perangkat yang Kamu pakai. Simak informasi selengkapnya di bawah ini :

1. Cancel Tokopedia Melalui Desktop

Cara cancel Tokopedia pertama Kamu bisa menggunakan desktop jika ingin membatalkan pesanan. Adapun desktop yang dimaksudkan disini ialah PC, laptop atau komputer. Berikut tutorialnya :

  • Pastikan Kamu memilki kuota internet agar bisa mengakses situs resmi tokoperia.
  • Buka browser bawaan pada desktop seperti internet explorer, google chrome, mozilla, atau bisa dengan menggunakan browser lainnya.
  • Pada kolom pencarian, ketikan situs Tokopedia yaitu : Tokopedia.com.
  • Pada halaman log in, masuklah dengan menggunakan akun milikmu.
  • Setelah masuk ke halaman utama situs Tokopedia, lanjutkan dengan klik tombol yang bergambar simbol pesan.
  • Setelah itu, Kamu akan mendapatkan beberapa menu lainnya, Kamu hanya perlu klik ‘Status Pemesanan’.
  • Jika sudah memilih menu tersebut, lanjut lagi ke menu selanjutnya dengan klik tombol ‘Ajukan Pembatalan’ tepat pada invoice yang ingin Kamu batalkan.
  • Berikutnya akan muncul sebuah pesan dari sistem dalam bentuk pop up dimana pesan tersebut mengenai ‘Pengajuan Pembatalan Pesanan’.
  • Isilah alasan kenapa Kamu ingin membatalkan pesanan dengan memilih salah satu opsi yang tersedia.
  • Jika sudah mengisinya, Kamu hanya cukup klik tombol ‘Ajukan’.

Cara pembatalan pesanan barang yang Kamu beli sudah selesai, selanjutnya permohonan ini akan diteruskan kepada penjual. Tunggulah hingga maksimal 24 jam setelah pengajuan sampai direspon oleh penjual, namun jika belum ada konfirmasi dari penjual, Kamu bisa melakukan chat langsung kepada penjual.

2. Cancel Pesanan Tokopedia Melalui Aplikasi

Selain menggunakan desktop, Kamu pun bisa mengajukan pembatalan pesanan melalu aplikasi yang bisa Kamu instal aplikasinya melalui play store atau app store. Caranya sangat mudah karena bisa Kamu lakukan hanya dengan menggunakan smartphone saja. Adapun langkah cara cancel Tokopedia yang bisa Kamu ikuti adalah berikut ini :

  • Pastikan Kamu sudah memasang aplikasi Tokopedia terlebih dulu di perangkatmu.
  • Bukalah Tokopedia Apps di perangkatmu tersebut lalu log in dengan menggunakan akun milikmu.
  • Ketika sudah masuk pada halaman utama di aplikasi tersebut, Silahkan sorot ke tombol menu yang bertanda garis tiga pada bagian atas.
  • Disana akan muncul beberapa menu lainnya , Kamu cukup pilih menu ‘Pembelian’ dan dilanjut dengan menu ‘Status Pemesanan’.
  • Selanjutnya Kamu akan dibawa ke menu lanjutan, silahkan pilih tombol ‘Ajukan Pembatalan’ secara langsung pada invoice yang akan Kamu batalkan.
  • Setelah itu, akan muncul sebuah pesan dalam bentuk pop up yaitu informasi mengenai ‘Pengajuan Pembatalan Pesanan’.
  • Isilah alasan kenapa Kamu ingin membatalkan pesanan. Jika sudah selesai mengisi alasannya Kamu tinggal klik tombol ‘Ajukan’.

Dengan klik tombol Ajukan, maka proses pembatalan pesanan barang sudah Kamu selesaikan, Kamu tinggal menunggu prosesnya sampai 24 jam setelah pengajuan untuk mendapatkan konfirmasi dari penjual.

Demikianlah ulasan terkait cara cancel Tokopedia yang bisa Kamu lakukan terkait pesanan di Tokopedia. Semoga bermanfaat!

 

Related posts