Cara Custom Link

  • Whatsapp

Link bisa dikatakan sebagai tautan yang biasa dibagikan oleh seseorang agar orang lain bisa mengunjungi lokasi halaman yang dituju saat mengetuk atau mengkliknya. Link merupakan kependekan hyperlink dan merupakan objek HTML. Kita seringkali melihat alamat link atau URL yang sangat panjang. Meskipun memang tdak wajib untuk mengingatnya tapi tampilan link yang pendek, bisa membuat orang lebih mudah membaca dan mengingatnya. Lalu, adakah cara custom link agar lebih pendek?

Memendekkan URL atau link website saat ini memang sudah menjadi aktivitas yang cukup lumrah. Jadi pemilik link kini bisa menyingkat URL dengan cara custom link sehingga bisa diganti sesuai keinginan. Selain itu, aktivitas memendekkan URL sendiri sudah ada sejak gencarnya penggunaan Google Form. Mengingat link yang dibagikan di platform Google tersebut terlalu panjang, jadi banyak pengguna yang tertarik mencari cara memendekkan link.

Cara Custom Link

Cara Custom Link
Mempersingkat Link

Mempersingkat Link Praktis

Selain cara custom domain blogspot, kini Kamu juga bisa mengkustomisasi url dengan mudah. Dalam cara custom link, Kamu sebenarnya bisa mengandalkan web pihak ketiga. Namun tentu saja, beberapa situs di bawah ini bisa Kamu pakai secara gratis. Selain itu, Kamu bisa menggunakannya secara unlimited alias tanpa batas.

Jika penasaran, langsung saja simak panduan cara mempersingkat link praktis di bawah ini :

1. Cara Mempersingkat Link di Bitly

Website Bitly adalah salah satu situs yang dapat digunakan untuk meng-custom URL. Bitly memang sudah populer di kalangan pengguna internet bahkan pebisnis online. Menariknya lagi, Kamu bisa mempersingkat link melalui situs ini.

Terkait:  Cara Crop Foto Jadi Bulat

Di Bitly, Kamu bisa mempersingkat tautan link tanpa harus login atau masuk ke akunnya terlebih dahulu. Namun sebagai saran, bagi yang pemilik bisnis online sebaiknya buat saja akun Bitly. Selain sebagai cara custom link, Kamu juga bisa langsung memantau banyaknya pengunjung yang masuk berdasarkan URL yang sudah dipersingkat.

Ini dia cara mempersingkat link di Bitly dengan mudah :

  • Silahkan masuk ke alamat situs Bitly menggunakan web browser pilihanmu, baik di Chrome maupun Opera.
  • Kamu bisa melakukan registrasi akun terlebih dahulu dengan menekan tombol bertuliskan Sign Up for Free. Ada beberapa pilihan platform pendaftaran yang bisa Kamu gunakan, baik itu menggunakan Twitter, Google maupun Facebook. Bisa juga menggunakan akun email. Selanjutnya tinggal tekan “Create”, kemudian verifikasi akun jika diperlukan. Jika Kam
  • Langkah cara custom link berikut tinggal mencoba proses mempersingkat link di Bitly. Jika Kamu sudah mempersiapkan alamat link milikmu. Silahkan salin atau copy url tersebut. Kemudian tekan “Create Your First Link”.
  • Setelah muncul navigasi yang terletak di samping kanan. URL atau tautan yang sudah Kamu salin sebelumnya, bisa di tempelkan atau di paste langsung di form tersebut. Selanjutnya tekan kombinasi tombol Ctrl+V untuk menempelkan tautan tersebut.
  • Sesudah ditempelkan, selanjutnya Bitly akan langsung melakukan generate link tersebut ke dalam URL yang dapat dimodifikasi. Kamu bisa mengubah form Custumize Back Halfi dan title-nya. Ingat, jangan ada spasi ketika menuliskan link. Jadi Kamu bisa menggunakan underscore atau tanda strip sebagai gantinya.
  • Kamu mulai memodifikasi tautan, misal mengubahnya ke dalam bit.ly/FormTransaksiPenjualan dan “Save”. Saat mengubahnya dan jika muncul tulisan “This Custom Link is Taken” ini artinya tautan tersebut sudah ada yang menggunakannya. Silahkan Kamu pakai kata lainnya agar bisa langsung di save.
  • Jika link sudah berhasil dimodifikasi, tinggal save dan klik “Silang” tepat di pojok bagian atas untuk menutup navigasi. Kamu bisa coba mengakses link yang sudah di custom tadi.
  • Selesai.
Terkait:  Cara HD IN Video di HP

Wah, mudah kan cara custom link di Bitly? Selain Bitly, Kamu juga bisa menggunakan situs lainnya sebagai alternatif.

2. Cara Mempersingkat Link di TinyURL

Cara mempersingkat link selanjutnya bisa menggunakan situs TinyURL. Website ini juga sebenarnya sudah cukuplama dan sampai sekarang masih beroperasi. Meskipun situs yang didirikan sejak 2002 ini tidak sepopuler dulu,  namun masih banyak pengguna yang mengandalkan web ini untuk custom link mereka.

  • Sebagai langkah awal, silahkan buka situs TinyURL.
  • Pada halaman utama, Kamu akan ditampilkan kotak yang harus diisi oleh URL milikmu.
  • Tinggal paste atau tempelkan saja link-mu. Lalu klik tulisan “Make TinyURL”.
  • Selesai dan link Kamu pun kini menjadi lebih pendek.
  • Selain itu, ada cara custom link di TinyURL lebih singkat, cukup dengan mengisinya lewat tab Custom alias.

3. Cara Mempersingkat Link di AdFly

Nah, situs web yang satu ini tentu sudah sangat populer bagi Kamu yang sering men-download film. Sebab biasanya sebelum muncul link download, Kamu akan diteruskan terlebih dahulu ke situs ini. Tak hanya itu saja, di AdFly pun Kamu bisa mendapatkan passive income. Adfly juga menawarkan layanan untuk mempersingkat link dengan mudah.

Untuk penghasilan sendiri, biasanya Kamu akan mendapatkan penghasilan berdasarkan jumlah klik yang langsung mengarah pada tautan link-mu. Hanya saja, jika mengaktifkan metode ini, pengguna tidak akan langsung masuk ke halaman yang dituju. Melainkan harus melihat berbagai macam iklan yang disuguhkan oleh Adfly terlebih dahulu. Namun Kamu tetap bisa menonaktifkannya agar pengguna bisa lng masuk ke link tautanmu.

Ini dia cara custom link di Adfly :

  • Langsung buka Adf.ly kemudian daftar akunnya dan verifikasi akun seperti saat mendaftar di Bitly.
  • Selanjutnya login ke akun Adf.ly. Kemudian pada dashboard utama, bisa tambahkan link panjang yang Kamu miliki untuk dipersingkat melalui beberapa pengaturan. Selain itu, Kamu juga bisa menentukan apakah ingin melakukan monetisasi supaya mendapatkan penghasilan di Adf.ly atau tidak.
  • Silahkan kustomisasi url sesuai kebutuhan.
  • Selanjutnya, kini Kamu sudah bisa membagikan link tersebut di medsos, bisa juga dengan menyimpannya pada link bio.
Terkait:  Cara Custom Link Google Form

4. Cara Mempersingkat Link di S.id

Selain berfungsi mempersingkat link. Kamu mungkin sudah berpikir bahwa link situs ini juga mempunyai domain sangat pendek, hanya 1 huruf saja yaitu huruf S yang diikuti oleh .id.

S.id memiliki tampilan website yang sangat user friendly, jadi Kamu bisa melakukan cara custom link dengan mudah di situs ini. Untuk mempersingkat tautan link, Kamu bisa mendaftar terlebih dahulu ataupun langsung mempersingkat tautan link. Keuntungan mendaftar akun di S.id ialah Kamu bisa melakukan kustomisasi shortlink sesuai keinginan.

5. Cara Mempersingkat Link di Ow.Ly

Sebuah situs yang cukup populer sebagai platform pemendek link. Ow.Ly juga termasuk salah satu bagian HootSuit, yaitu layanan manajemen dari media sosial. Kamu dapat mempersingkat link dengan menggunakan Ow.ly secara gratis langsung di sini!

Nah, itulah cara custom link yang bisa Kamu andalkan melalui 5 situs populer dengan mudah dan praktis. Dengan melakukan tutorial di atas, kini link yang Kamu bagikan menjadi lebih singkat, lebih mudah diingat dan tentu saja mudah dibaca pengunjung web. Silahkan pilih platfrom pemendek url yang Kamu inginkan. Selamat mencoba!

Related posts