Cara Jual Mobil Bekas

  • Whatsapp

Bagaimana cara jual mobil bekas? Apakah kita bisa menjual mobil bekas dengan harga yang cukup tinggi? Apa saja kiat-kiat untuk menjual mobil bekas agar cepat laku?

Berbicara tentang aktivitas jual-beli, mungkin sebagian dari kita sudah tak lagi asing dengan hal yang satu ini. Karena pada dasarnya, manusia atau masyarakat saat ini kerap melakukan aktivitas ini dimanapun dan kapanpun. Mulai dari melakukan aktivitas jual beli secara offline atau tradisional, hingga pada era modern saat ini kita sudah sering melakukan aktivitas jual beli secara online melalui layanan e-commerce. Itulah mengapa tak heran kita akan menemukan banyak sekali jenis produk yang bisa kita beli baik secara online ataupun secara offline. Mulai dari untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, atau bahkan hanya untuk sekedar memenuhi Keinginan kita saja.

Read More

Karena dengan melakukan aktivitas jual-beli, kita turut serta dalam membantu siklus perekonomian yang saat ini berjalan. Tentu Selain itu, kita juga membantu para penjual untuk mendapatkan keuntungan yang nantinya akan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari mereka. Maka dari itu saat ini tak jarang kita temukan banyak para penjual yang berlomba untuk menjajakan produk dari para supplier mereka. Dan bahkan saat ini juga, kita bisa berperan sebagai penjual dengan memasarkan produk ataupun barang yang kita miliki baik dalam kondisi baru ataupun bekas namun masih layak pakai.

Ditambah dengan kondisi saat ini, kita harus benar-benar bertahan dengan situasi ekonomi yang semakin lama menurun. Karena untuk sebagian orang ya mungkin saja mengalami kondisi tidak baik seperti PHK, mereka harus bisa bertahan hidup dengan segala macam cara. Mulai dari membuat usaha di bidang makanan, ataupun menjual barang yang mereka miliki.

Nah, salah satu barang yang biasanya masih banyak dicari adalah moda transportasi. Baik itu motor ataupun mobil, kedua transportasi ini bisa dipasarkan baik secara online ataupun offline. namun tentunya, kondisi dari motor ataupun mobil yang mereka jual sudah tak lagi dalam kondisi baru alias second. Maka dari itu tak heran jika harga jualnya semakin menurun.

Terkait:  Cara Memasang Aki

Namun untuk menyiasati kondisi harga jual yang menurun, tentunya kamu harus pintar dalam memasarkan produk mu. Misalnya adalah mobil, jika pada kondisi baru kita bisa membelinya dengan harga sekitar 150 juta, mungkin ketika kita menjualnya dalam kondisi second, kita hanya bisa menjualnya dengan harga sekitar 70 sampai 80 juta saja. Walaupun demikian, ada beberapa cara jual mobil bekas yang bisa kamu terapkan agar harga jualnya tidak terlalu merosot jauh.

Cara Jual Mobil Bekas

Cara Jual Mobil Bekas
Jual Mobil Bekas

Buat Foto Mobil Semenarik Mungkin

Sebagai langkah awal, kamu harus terlebih dahulu setidaknya mengambil gambar ataupun foto dari mobil yang akan kamu jual. Di sini jelas kamu harus terlebih dahulu mengetahui teknik dasar dari fotografi. Karena, kamu harus bisa mengambil foto produk atau bahkan foto mobil yang akan kamu jual semenarik mungkin. Untuk itu kamu bisa terlebih dahulu mencuci atau bahkan membersihkan mobil yang kamu jual agar terlihat dalam kondisi yang apik.

Setelah itu, barulah kamu bisa mengambil foto produk dari sudut atau bahkan Angle foto yang sekiranya bagus. Pastikan kamu melakukan sesi foto pada mobil Sekitar pagi hari atau bahkan siang hari, Hal ini bertujuan agar kamu mendapatkan pencahayaan alami dan gambar akan terlihat semakin bagus. Pastikan juga gambar yang kamu ambil memiliki kualitas HD dan tidak blur. Oleh sebab itu Kami menyarankan kamu untuk menggunakan kamera DSLR, atau kamu juga bisa menggunakan smartphone yang sekiranya memiliki kualitas foto atau gambar yang bagus.

Terkait:  Cara Mengambil Mobil yang Ditarik Leasing

Barulah jika dirasa seluruh gambar sudah didapatkan, kamu bisa menggunakan aplikasi edit foto seperti Photoshop, untuk melakukan retouching pada gambar yang sebelumnya sudah kamu ambil tadi. Atau, kamu juga bisa menggunakan aplikasi edit foto yang ada di Smartphone kalian.

Pasarkan Mobil pada Tempat yang Tepat

Kemudian pada tahap kedua, kamu harus terlebih dahulu menemukan tempat ataupun marketplace atau pasar untuk menjual mobil bekas kamu. Di sini kamu bisa menggunakan beberapa forum, mulai dari forum Kaskus jual beli, grup Facebook, atau bahkan beberapa forum lain yang yang membahas tentang otomotif, dan juga layanan e-commerce seperti OLX.

Ketika kamu melakukan pendaftaran pada forum ataupun ecommerce, pastikan kamu menggunakan data ataupun detil dari profil yang lengkap dan jelas. Kamu bisa menggunakan foto pribadimu, dan juga menuliskan detail ataupun bio dari profil. Untuk beberapa tempat lain, biasanya mereka akan memiliki kolom untuk kamu menuliskan alamat atau setidaknya kota kamu berasal.

Kelengkapan profil inilah, yang mana akan mempengaruhi kredibilitas dari akun kalian dan sistem tidak akan membuat kamu, masuk dalam kategori fake account. Oleh karena itu, pastikan kamu mengisi profile secara lengkap ya

Berikan Deskripsi yang Mendetail

Jika kamu sudah menemukan forum ataupun ecommerce yang tepat, Maka selanjutnya kamu bisa memasarkan produk atau mobil yang akan kalian jual. Di sini, kamu bisa mencantumkan foto dari mobil yang akan kamu jual, beserta deskripsi yang mendetil dari mobil yang kamu jual. Misalnya kamu bisa menuliskan deskripsi mengenai tahun pembuatan mobil, menjelaskan detail keseluruhan dari mobil kelebihan serta kekurangan dari mobil yang kamu jual.

Jika mungkin pada mobil bekas yang kamu jual memiliki bagian atau sparepart yang cukup mahal atau spesial, kamu bisa mencantumkannya dalam deskripsi. Walaupun begitu, pada saat menuliskan deskripsi dari mobil yang kamu jual, kamu juga wajib untuk menuliskan kelebihan serta kekurangan dari mobil yang kamu jual. Jika mungkin kamu masuk ke dalam sebuah forum, kamu juga bisa kok mencantumkan harga minimum atau harga nett dari mobil yang kamu jual. Hal ini tentunya akan memancing pengguna lain untuk melakukan negoisasi, ketika mereka mungkin tertarik untuk membeli mobil yang kamu jual itu.

Terkait:  Cara Cabut Berkas Mobil

Jangan lupa untuk mencantumkan alamat atau region dan wilayah di mana kamu berasal. Cantumkan juga nomor telepon ataupun nomor whatsApp yang sekiranya bisa dihubungi, ketika mungkin ada anggota lain yang ingin membeli mobilmu atau mungkin melakukan negoisasi dan ingin melakukan COD.

Promosikan Mobil yang Kamu Jual dengan Tepat

Kemudian pada langkah terakhir kamu tinggal melakukan promosi, atau menyebarluaskan mobil yang kamu jual. Di sini kamu bisa menggunakan beragam cara, mulai dari membagikan link ke beberapa pengguna Whatsapp yang Mungkin temanmu, atau mungkin kamu juga bisa membagikan link dari ecommerce yang mana menjual mobilmu, dan kemudian membagikannya ke grup WhatsApp yang kamu miliki.

Nggak sampai situ aja, kamu juga bisa kok membagikan foto dari mobil yang kamu jual, melalui status WhatsApp ataupun Stories Instagram. Kamu bisa memberikan caption berupa nomor telepon ataupun penjelasan Jika kamu ingin menjual mobil tersebut, dengan harga yang sudah ditentukan sebelumnya.

Sebenarnya aktivitas jual-beli mobil ini sendiri, bisa dilakukan dengan mudah. Baik dengan melalui cara mulut ke mulut, ataupun melalui sistem online seperti yang sudah kita Tuliskan sebelumnya. Dan untuk harga sendiri, biasanya dipengaruhi oleh jenis atau merek mobil, serta tahun pembuatan pada mobil yang kamu jual. Beda halnya lagi jika kamu menjual mobil antik, karena untuk mobil jenis ini kamu bisa menjualnya dengan harga tinggi, melalui kolektor yang memang mengkoleksi mobil-mobil jadul nan antik.

Itulah tadi beberapa cara jual mobil bekas yang bisa kamu terapkan, semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Related posts