Cara Crop Foto Jadi Bulat

Sekarang ini, teknik editing foto sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Mengingat maraknya penggunaan media sosial, tentu semakin banyak orang yang tertarik untuk mengedit foto mereka semenarik mungkin agar bisa di upload di media sosial. Diantara proses editing foto yang ada, teknik cropping adalah salah satu teknik yang paling sering digunakan. Salah satunya adalah cara crop foto jadi bulat.

Seperti kita ketahui, jika kita mengamati beberapa foto profil yang ada di sosial meia dapat dipastikan kebanyakan berbentuk lingkaran atau bulat. Namun untuk kasus aplikasi di media sosial seperti Facebook, Instagram, maupun Whatsapp, biasanya sudah menyediakan fitur editing foto secara otomatis. Sehingga foto yang berbentuk persegi sekalipun dapat di cropping berbentuk bulat. Makanya, pengguna sosmed tak perlu repot-repot melakukan crop foto secara manual.

Read More

Hal ini tentu berbeda jika Kamu hendak membuat desain vektor, seperti untuk karikatur, pembuatan foto pin, souvenir wisuda, favicon website, hingga tambahan objek berbentuk bulat untuk banner. Tentu saja Kamu harus menggunakan software photo editing secara khusus seperti Adobe Photoshop.

Adobe Photoshop sendiri adalah aplikasi editing foto yang dapat digunakan untuk mengubah objek bidang yang awalnya berbentuk kotak ke dalam bentuk lingkaran atau bulat. Sebab aplikasi tersebut biasanya sudah tersedia  atau bahkan diinstall sendiri windows. Kamu juga bisa melakukan cara crop di photoshop dengan mudah.

Namun kali ini kita tidak hanya membahas cara crop foto jadi bulat di Photoshop saja, tetapi juga beberapa aplikasi editing foto lainnya yang bisa Kamu gunakan. Langsung saja simak panduannya berikut!

Cara Crop Foto Jadi Bulat

Cara Crop Foto Jadi Bulat
Memotong Foto Jadi Bulat

Memotong Foto Jadi Bulat di Photoshop

Cara crop foto jadi bulat di Photoshop bisa dikataka cukup mudah bagi pemula. Kamu hanya perlu melakukan beberapa metode saja, dan foto berbentuk bulat bisa langsung dicetak.

Terkait:  Cara Export Filmora Tanpa Watermark

Oke, langsung saja simak panduan cara memotong foto jadi bulat di Photoshop berikut ini :

  • Silahkan buka Adobe Photoshop di perangkat komputer, lalu masukkan foto yang Kamu inginkan dengan Open File.
  • Lakukan double click pada layer dan setelah new layer muncul silahkan klik OK.
  • Kemudian pilih Elliptical Marquee Tool dalam Toolbox yang tersedia di samping kiri.
  • Sambil menekan tombol Shift lalu klik drag kemudian tarik pada bagian atas bidang gambar supaya lingkaran berbentuk bulat sempurna.
  • Selanjutnya klik kanan di foto atau gambar objek, kemudian klik “Select Inverse”.
  • Jika sudah, tinggal pilih delete selanjutnya akan terbentuk potongan foto melingkar sesuai yang Kamu inginkan.
  • Sebagai metode tambahan, jika sudah selesai Kamu bisa crop menggunakan Crop Tool. Hal ini dilakukan agar objek membentuk square atau bisa juga untuk membuang sisa pada objek.
  • Setelah itu, cukup save dalam format PNG untuk menampilkan foto/gambar transparan, atau bisa berbentuk PNG menggunakan background putih.

Fungsi dari select inverse ialah untuk menyortir objek yang ada di luar lingkaran. Dengan demikian, setelah apabila di delete maka foto yang ada di luar cropping berbentuk bulat tadi akan terhapus. Sementara jika tanpa menggunakan inverse, saat dihapus maka objek yang terdapat pada lingkaran tadi akan menghilang.

Cara memotong foto jadi bulat di Photoshop ini sangat membantu menambahkan objek tertentu serta menempelkan beberapa bagian objek foto pada layer sekaligus. Jika cara ini dirasa cukup sulit, Kamu bisa memilih cara cropping dengan aplikasi lainnya.

Memotong Foto Jadi Bulat di Corel Draw

Selain cara crop foto jadi bulat di Photoshop, Kamu juga bisa menggunakan teknik cropping foto seperti ini di Corel Draw. Ada 2 metode cropping agar gambar jadi bulat di Corel Draw, yaitu menggunakan Intersect dan Magnify.

Terkait:  Cara Crop Gambar di Photoshop

1. Cara Memotong Foto Jadi Bulat di Corel Draw Dengan Magnify

Kamu bisa melakukan metode pemotongan objek foto pada Corel Draw menggunakan Magnify dengan cara berikut ini :

  • Silahkan buka software Corel Draw X7 atau versi berapapun sesuai program yang digunakan.
  • Kemudian masukkan gambar atau foto yang ingin di crop berbentuk lingkaran. Caranya dengan tekan tombol Ctrl+I.
  • Setelah itu, tekan Ellipse tool. Lalu buat lingkaran di dalam gambar objek yang akan dipotong berbentuk bulat. Ketika membuat lingkaran, bisa tekan Ctrl agar lingkaran benar-benar berbentuk bulat.
  • Selanjutnya tekan Windows, kemudian pilih Dockers, masuk ke Effect dan Lens.
  • Di menu Lens, tinggal pilih magnify dan lakukan pengaturan amount 1.0. Setelah itu centang frozen.
  • Silahkan geser lingkaran dan lihat gambar yang sudah di edit.

2. Cara Memotong Foto Jadi Bulat di CorelDraw Dengan Intersect

Selain Magnify, Kamu juga bisa memanfatkan tool Intersect di Corel Draw untuk memotong foto berbentuk bulat atau lingkaran. Ini dia ulasannya :

  • Buka Corel Draw dan masukkan gambar atau foto yang ingin di edit berbentuk lingkaran. Caranya bisa klik open, bisa juga dengan drag and drop file ke Corel Draw.
  • Kamu bisa tekan Ellipse Tool atau F7 dalam tool bar di samping.
  • Silahkan bentuk lingkaran sempurna, caranya klik lingkaran dan tekan Ctrl pada keyboard secara bersamaan.
  • Setelah itu, seleksi kedua gambar tersebut. Lalu teka shift dan tahan sambil menekan foto dan lingkaran. Selain itu bisa juga memakai tombol Ctrl+A asalkan tidak terdapat objek lain.
  • Lalu pilih intersect di Property Bar untuk pemotongan.

Selain itu, Kamu juga dapat membuat gambar berbentuk lonjong atau oval.

Memotong Foto Jadi Bulat di Microsoft Power Point

Jika Kamu ingin menambahkan file gambar yang berbentuk bulat untuk kebutuhan presentasi di Power Point, maka cara ini bisa dilakukan. Cara crop foto jadi bulat di Microsoft Power Point ini hanya bisa dilakukan pada versi Microsoft Power Point 2010 ke atas. Hal ini dikarenakan versi tersebut sudah dilengkapi fitur untuk mengolah gambar.

Terkait:  Cara Edit Twibbon di PicsArt

Kamu bisa memotong gambar berbentuk lingkaran maupun bentuk lainnya di Power Point secara langsung. Sayangnya fitur ini hanya bertujuan untuk kebutuhan slide presentasi saja. Jadi, Kamu tidak bisa menyimpan hasilnya ke dalam file gambar secara terpisah.

Silahkan ikuti panduan cara memotong foto jadi bulat di Microsoft Power Point berikut ini :

  • Jalankan aplikasi Ms Power Point di laptop/PC terlebih dahulu. Pastikan Kamu ada di tab insert lalu klik “Pictures”.
  • Dalam kotak insert Picture, silahkan tentukan foto atau gambar yang ingin dipotong berbentuk lingkaran. Lalu klik insert.
  • Kamu bisa perhatikan foto atau gambar sudah ditambahkan ke dalam slide Power Point. Jika foto atau gambar sudah ditambahkan, selanjutnya Kamu akan melihat tab Format picture tools.
  • Pada tab Format tersebut, pada area ribbon di samping kanan, silahkan klik “Crop” lalu pilih “Crop to Shape” kemudian pilih bentuk objek yang dinginkan. Misalnya berbentuk oval atau bulat.
  • Kini Kamu bisa perhatikan foto atau gambar sudah dipotong berbentuk bulat dengan lebar dan ketinggian menyesuaikan foto atau gambar mentahannya.
  • Masih dalam tab Format, silahkan klik lagi tombol Crop lalu pilih kembali Aspect Ratio. Setelah itu, pilih Square jika ingin mendapatkan bentuk bulat sempurna.
  • Kini Kamu pun bisa melihat cropping foto sudah berbentuk bulat sempurna.
  • Silahkan gerakan foto atau gambar dan sesuaikan supaya tepat ada di dalam lingkaran.
  • Jika sudah sesuai, tinggal klik Esc pada keyboard untuk pemotongan. kini foto atau gambar sudah dipotong dalam bentuk lingkaran.

Nah, itulah cara memotong foto jadi bulat di Microsoft Power Point untuk keperluan presentasi. Kamu bisa menyesuaikan gambar sesuai dengan kebutuhan slide Power point yang dibuat.

Demikian ulasan cara crop foto jadi bulat, baik di aplikasi Photoshop, Corel Draw maupun Microsoft Power Point sesuai program yang Kamu miliki.

Ulasan Baru Untukmu:

Related posts