Cara Belajar Bahasa Inggris

Cara Belajar Bahasa Inggris

Bagaimana sih cara belajar bahasa Inggris sampai mahir? Ya, mengingat kemampuan berbahasa Inggris sangat penting, terutama bagi Kamu yang ingin mengembangkan kariermu, sudah selayaknya meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Banyak perusahaan-perusahaan besar yang kini menerapkan kualifikasi kepada calon pelamar, dengan minimal mampu berbahasa Inggris pasif.

Sebagai bahasa internasional, sudah pasti Ketika kita bepergian ke negara manapun, penduduk di negara tersebut akan berkomunikasi memakai bahasa Inggris kepada warga negara asing.

Read More

Karena untuk mempermudah komunikasi antar negara, ditentukanlah bahasa Inggris menjadi bahasa global dan dapat dipakai di negara manapun. Karena itu, penting sekali mempelajari bahasa Inggris sampai Kamu benar-benar mahir. Bahkan bukan tak mungkin Kamu bisa mahir dengan belajar bahasa Inggris otodidak.

Cara Belajar Bahasa Inggris

Cara Belajar Bahasa Inggris
Panduan Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Panduan Cara Belajar Bahasa Inggris Sampai Mahir

Cara belajar bahasa Inggris bisa dilakukan 2 metode sebenarnya, apakah Kamu ingin belajar bahasa Inggris dengan mengikuti les privat atau mungkin belajar bahasa Inggris otodidak? Pilihannya, tergantung kepadamu. Namun, dalam belajar bahasa Inggris perhatikan beberapa hal berikut!

1. Ala Bisa Karena Biasa

Jangan terkesan terpaksa harus belajar bahasa Inggris, tetapi jadikanlah bahasa Inggris sebagai bahasamu sendiri. Kalau bisa, kamu bisa menjadikan bahasa Inggris menjadi bagian dari hidupmu. Seperti sub judul poin 1 ini ‘Ala Bisa Karena Biasa’, dengan terbiasa membuatmu bisa lebih fasih berbahasa Inggris. Bagaimana cara memulainya? Misalnya, Kamu bisa mengubah pengaturan di hp, dari yang awalnya berbahasa Indonesia menjadi bahasa Inggris. Sehingga, secara perlahan Kamu akan terbiasa memahami berbagai macam istilah bahasa Inggris di hpmu.

Pastikan Kamu sudah mengunduh kamus bahasa Inggris-Indonesia di hp. Jadikan pula setiap kesempatan dalam rutinitasmu dengan mempelajari bahasa Inggris. Mungkin Kamu sering melihat tulisan di pinggir jalan lewat spanduk atau mungkin iklan yang ada di TV menggunakan bahasa Inggris. Nah, jika Kamu menemukan kalimat atau kosakata baru, silahkan cari tahu dulu artinya. Lalu tambahkan dalam list frasa dan kosa kata baru bahasa Inggrismu.

Tahap cara belajar bahasa Inggris dengan menjadikan bahasa ini sebagai bagian kehidupan, tentu merupakan pondasi penting yang wajib dimiliki. Karena Kamu bisa memanfaatkan segala hal yang dijumpai untuk dijadikan sumber belajar, dengan demikian hari-harimu akan selalu terisi kosakata dan kalimat bahasa Inggris. Bahkan tanpa sadar, kemampuan bahasa Inggrismu semakin meningkat.

2. Belajar Tanpa Target Membuatmu Tidak Konsisten

Agar cara belajar bahasa Inggris otodidak bisa membuatmu lebih cepat mahir berbahasa Inggris, jangan lupa tetapkan target yang akan dicapai selama jangka waktu tertentu. Contohnya saja :

  • Kamu harus menguasai hingga 16 tenses bahasa Inggris selama 2 minggu.
  • Harus bisa bercakap-cakap mengenai hobi lewat bahasa Inggris dalam waktu 3 hari.
  • Kamu perlu menghafal hingga 100 kosa kata dalam bahasa Inggris selama 1 minggu.

Tujuan membuat target di atas membuatmu lebih konsisten lagi untuk belajara bahasa Inggris dengan sungguh-sungguh.

3. Luangkan Waktu Untuk Belajar Bahasa Inggris

Jika benar-benar ingin menguasai bahasa Inggris, Kamu juga bisa meluangkan waktu untuk belajar. Silahkan buat jadwal yang konsisten, misalnya saja 1-2 jam sehari, atau mungkin menyesuaikan kebutuhanmu. Melalui cara yang satu ini, membuatmu sering berkontak dengan pelajaran bahasa Inggris, dan bukan tak mungkin kemampuanmu bisa meningkat pesat. Ada banyak tool pembelajaran bahasa Inggris yang bisa Kamu gunakan saat ini, mulai dari buku, podcast, aplikasi belajar bahasa Inggris, dan masih banyak lagi.

4. Dukungan Lingkungan Sekitar

Tahukah Kamu, bahwa lingkungan berperan penting sebagai support system proses belajarmu? Ya, dengan adanya komunitas atau teman yang memiliki tujuan dan target yang sama bisa menjadi support paling berhargga yang membuatmu ingin terus belajar. Tak sampai disitu saja, temaan seperjuanganmu ini juga dapat dijadikan sebagai partner untutk belajar, Kalian bisa saling berbagi pengetahuan dan berlatih percakapan. Partnermu jugaa dapat dijadikan sebagai reminder sekaligus motivator saat Kamu tidak bersemangat.

5. Speaking

Dalam cara belajar bahasa Inggris, yang paling penting adalah speaking. Dimana speaking ini adalah skill yang wajib dikuasai. Tapi sayangnya, kendala dalam belajar speaking ini tak hanya disebabkaan oleh minimnyaa kemampuan, melainkan tentang kepercayaan diri. Ada 5 prinsip yang harus diperhatikan dalam berbahasa Inggris, diantaranya kurangi suara jeda, kuasai intonasi suara, ekspresi, kontak mata, bahasa tubuh, dan terus Latihan sampai lancar.

6. Grammar Masih Kurang, It’s No Problem

Jika Kamu ingin menguasai speaking dalam bahasa Inggris, maka jangan terlalu pusing memikirkan grammar. Karena hal ini bisa menghambat kemampuan berbahasamu, biarkan saja speaking-mu mengalir dengan alami. Melakukan kesalahan saat belajar berbicara bahasa Inggris merupakan hal yang wajar. Jadi, ada waktunya Kamu belajar grammar, yakni Ketika Kamu sudah bisa berbicara spontan. Karena grammar dapat dijadikan media memperbaiki susunan frasa atau kalimat yang dilafalkan.

7. Berteman Dengan Bule

Mungkin ini merupakan salah satu cara belajar bahasa Inggris otodidak paling ampuh, yaitu berteman dengan bule. Akan tetapi, perlu digaris bawahi jika cara ini sangatlah kecil kemungkinan bisa dilakukan, mengingat keberadaan bule sebagian besar ada di tempat-tempat pariwisata terkenal. Terkecuali jika Kamu tinggal di Bali, Kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan cepat.

8. Belajar Dengan Mendengar

Biasakan diri mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris. Kamu bisa mendengarkannya lewat TV, radio, internet hingga mendengar pembicaraan native speakers langsung. Melalui metode yang satu ini, Kamu bisa lebih familiar menggunakan kosakata bahasa Inggris. Selain itu, tingkas sensitivitas pendengaranmu terhadap bahasa ini juga kian meningkat. Ini sangat dibutuhkan Ketika Kamu melakukan percakapan bersama orang lain.

Mungkin, Kamu gemar menonton movie-movie action berbahasa Inggris. Namun, menonton saja tentu tak akan membantumu meng-upgrade kemampuan berbicara bahasa Inggris. Walaupun efektif untuk mempertajam tingkat sensitivitas pendengaranmu.

Lalu, bagaimana cara yang efektif? Kamu harus memahami plot ceritanya, kemudian bercerita Kembali menggunakan bahasa Inggris. Bisa juga membuat pertanyaan tentang beberapa sesi yang menarik dan Kamu bisa menjawabnya sendiri. Selain itu, gambarkan peran atau karakter tokoh-toko di dalam movie tersebut.

8. Belajar Interaktif

Biasanya kebanyakan murid di sekolah hanya belajar bahasa Inggris menggunakan metode menghafal. Ketika mereka menerima tugas pidato misalnya, cenderung mereka akan menghafalkan teks pidato tersebut tiap kalimat. Alhasil saat tampil, mungkin mereka terdengar sangat lancar, tapi saat ada sesi tanya jawab misalnya, mereka akan kesulitan menjawab pertanyaan dari audiens dalam bentuk bahasa Inggris. Kamu harus tahu bahwa metode ini tidak NATURAL dan mengandalkan metode robot, hanya dengan menghafal.

Sebagai solusinya, Kamu bisa melakukan percakapan bersama teman, kemudian tanya jawab untuk meningkatkan natural speaking yang ada dalam dirimu. Biarkan prosesnya tetap bergulir dengan alami. Pastikan untuk tetap konsisten, selain itu jangan takut dengan kesalahan. Semakin Kamu banyak mencoba, tentunya menjadi semakin baik.

9. Try and Try Again

Cara belajar bahasa Inggris yang tepat bukanlah belajar sekaligus dalam satu waktu, lalu berhenti dalam waktu yang lama. Teruslah berlatih dan mencoba berinteraksi dengan temanmu yang pintar berbahasa Inggris. Sampai akhirnya, Kamu merasa bahasa Inggris memang sudah melekat dan menjadi rutinitasmu.

Ya, itulah 9 metode cara belajar bahasa Inggris otodidak sampai mahir yang bisa Kamu praktekkan agar Kamu bisa menguasainya. Selamat mencoba!

 

 

Related posts