Cara Crop Video di Adobe Premiere

Salah satu aplikasi editing video yang sering digunakan ialah Adobe Premiere. Seperti kita ketahui bahwa dalam tahapan proses pengeditan video, biasanya ada tahap cropping atau pemotongan bagian video tertentu sesuai keinginan penggunanya. Nah, Kamu bisa melakukan cara crop video di Adobe Premiere dengan mudah. Bagaimana caranya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Crop Video?

Teknik cropping video ialah teknik memotong video di bagian bawah, atas, kanan atau kiri video, seperti yang dilakukan saat kita melakukan cara crop foto di Photoshop. Proses crop video dilakukan jika ada beberapa bagian dalam video yang ingin dihapus atau tidak perlu ditampilkan.

Sebab biasanya ketika merekam video tertentu, ada beberapa bagian yang secara tak sengaja terekam. Dari sinilah kita harus mengcrop area atau bagian tertentu pada video.

Contoh lain misalnya, Kamu ingin melakukan editing video orang lain, sementara video tersebut memiliki watermark, baik terletak pada bagian atas maupun di bagian bawah video. Nah, salah satu trik untuk menghilangkan watermark pada video tersebut ialah dengan cropping video yang memiliki watermark-nya.

Cara Crop Video di Adobe Premiere

Cara Crop Video di Adobe Premiere
Memotong Video di Adobe Premiere

Teknik Dasar Memotong Video di Adobe Premiere Pro

Sebelum mengikuti cara memotong video di Adobe Premiere Pro, tentu saja Kamu harus sudah memiliki aplikasi Adobe Premiere terlebih dahulu sebelumnya. Silahkan unduh dan install Adobe Premiere di perangkat komputer atau PC-mu. Untuk mencobanya, Kamu bisa mengunduh Adobe Premiere versi gratis atau trial terlebih dulu di link ini!

Jika sudah, ikuti panduan cara crop video di Adobe Premiere berikut ini :

1. Jalankan Aplikasi Adobe Premiere

Silahkan masuk ke aplikasi Adobe Premere. Kamu bisa double click pada ikon aplikasi Adobe Premiere.

2. Open Proyek di Adobe Premiere

Tahapan cara memotong video di Adobe Premiere selanjutnya ialah dengan membuka proyek di aplikasi Premiere. Berikut ulasannya :

  • Silahkan pilih “File” pada menu yang terletak di atas layar.
  • Lalu klik “New” jika Kamu ingin memulai proyek yang baru. Alternatif lain bisa pilih “Open” di layar untuk membuka lembar kerja atau proyek yang ada.
  • Pilih file yang akan Kamu buka, selanjutya klik “Open”.

3. Masukkan Klip Video ke Dalam Proyek di Aplikasi

Apabila video yang akan diedit belum masuk ke proyek barumu, maka Kamu harus mengimpornya terlebih dahulu ke lembar kerja di Adobe Premiere. Caranya klik “File” kemudian pilih “Import” lalu pilih video tertentu yang akan diimpor. Setelah itu baru klik “Open”.

4. Pilih Video yang Akan Dipotong Pada “Project” Seret ke Dalam Timeline

Video yang diimpor ke dalam aplikasi Adobe Premiere dapat ditemukan pada panel Project, yang terletak di bawah Libraries. Biasanya panel project tersebut berada di pojok kiri bagian bawah layar. Sedangkan panel Timeline sendiri biasanya berada di samping kanan pada panel Project.

Jika Kamu tidak melihat adanya panel Project maupun panel Timeline. Silahkan klik Windows yang terletak di menu bagian atas pada layar. Lalu pastikan panel tersebut sudah dicentang.

5. Sorot Video di Timeline

Cara memotong video di Adobe Premere selanjutnya ialah sorot video klip pada Timeline.

6. Pilih “Effect”

Tab “Effect” biasanya terletak di atas jendela dan biasanya berada di samping kiri pada bagian bawah layar.

7. Klik Ikon Panah ke Kanan

Klik ikon panah ke sebelah kanan yang terletak di samping “Video Effects” pada daftar efek. Selanjutnya, Kamu akan ditampilkan daftar kategori atau pilihan efek video.

8. Klik Anak Panah di Samping “Transform”

Kamu bisa pilih anak panah yang ada di samping menu “Transform”. Selanjutnya, Kamu akan ditampilkan daftar transform.

9. Klik Crop Tool Lalu Seret Video di Timeline

Cara crop video di Adobe Premiere selanjutnya Kamu bisa klik Crop Tool lalu seret video yang terletak di Timeline. Setelah itu Kamu akan diperlihatkan “Effects Controls” di jendela sebelah kiri atas di layar.

Metode lainnya, silahkan crop di bilah pencarian pada bagian atas Project. Lalu tekan enter jika ingin mencari beberapa efek video pada crop tool.

10. Lakukan Pengaturan Batas Video

Kamu bisa melakukan pengaturan batas klip video di dalam kontrol pada Effects Controls. Untuk keterangan lebih lanjut, simak ulasan di bawah ini :

  • Memperbesar angka yang terdapat di samping Edge Feather di tab Effects Control, bisa menghaluskan garis yang mengelilingi klip video.
  • Persentase yang bertuliskan 0%, biasanya menunjukkan jika sisi tersebut masih belum dipotong.
  • Klik kolom centang yang ada di samping Zoom, digunakan untuk memperbesar ukuran video sesudah dipotong. Hal tersebut dilakukan untuk mengisi Sequence Preview.

Hal yang harus diperhatikan ialah memperbesar video yang beresolusi rendah bisa membuatnya terlihat buram atau pecah.

Kumpulan Cara Memotong Video di Adobe Premiere

Selain panduan cara memotong video di Adobe Premiere di atas, ada beberapa metode lainnya yang bisa Kamu ikuti tutorialnya berikut ini :

1. Merapikan Crop Video Menggunakan Efek Auto Reframe

Jika Kamu ingin merapikan hasil pada cropping video secara keseluruhan dalam project-mu, silahkan buka Effects. Lalu pilih auto reframe ke kotak pencarian. Jika sudah melihat efek auto reframe, silahkan seret efek tersebut pada video yang akan di crop. Maka subjek yang ada di bagian video yang di crop secara otomatis akan diatur hingga tampak ke bagian tengah frame lewat bantuan keyframe.

2. Melakukan Crop Keseluruhan Sequence Video Dengan Otomatis

Langkah cara crop video di Adobe Premiere selanjutnya ialah untuk membingkai semua sequence video. Jika Kamu mempunyai beberapa video dalam timeline, kemudian ingin membingkai semua sequence dengan otomatis. Silahkan klik kanan sequence pada panel project lalu klik pilihan auto reframe sequence. Selanjutnya ubah aspek rasio sesuai keinginan. Alhasil, cara ini akan menampilkan sequence baru dengan lengkap untuk keseluruhan klip video secara otomatis.

3. Melakukan Crop Seluruh Klip Video Untuk Melakukan Export

Cara lainnya yang lebih cepat dan mudah dilakukan untuk meng-crop seluruh video klip, ialah dengan pengaturan export. Adapun caranya yaitu klik di panel timeline, kemudian pakai shortcut atau tombol kombinasi Ctrl+M di keyboard untuk menampilkan jendela settingan Export. Pada sudut kiri bagian atas Export Settinsg, pilih tab Source kemudian pilih crop tool yang ada di bawahnya. Setelah itu, dalam preview-nya Kamu bisa menyeret handle batas alat crop untuk memotong video.

Untuk pengaturan ukuran resolusi video sendiri, Kamu tinggal centang pengaturan resolusi pada Export Settings yang terletak di samping kanan. Kemudian nonaktifkan atau pilih ikon link. Jika sudah, ubah tinggi dan lebar video sesuai resolusi yang diinginkan. Jika udah selesai, tinggal export saja videonya. Adapun cara ini bisa dilakukan apabila semua proses editing video pada projectmu telah selesai.

Itulah beberapa tutorial cara crop video di Adobe Premiere. Jadi, bagi pemula yang ingin melakukan editing video atau memotong bagian-bagian tertentu pada video, Kamu bisa mencoba teknik di atas!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019