Cara Crop Foto di Hp

Sebenarnya tidak serumit editing foto  di Photoshop, cara crop foto di Hp tentunya lebih mudah dilakukan. Sebab ada banyak aplikasi untuk edit foto di android yang bisa digunakan. Jadi bagi pengguna android tidak perlu susah-susah lagi menggunakan software Photoshop untuk mengedit atau memotong foto sesuai keinginan.

Hp Android memang menawarkan banyak pilihan aplikasi untuk mengedit, memotong hingga mengganti backrgound foto di Play Store. Hanya melalui beberapa sentuhan, Kamu sudah bisa melakukan kreativitas mengedit foto sesuka hati, hingga foto terlihat profesional seperti memakai aplikasi Photoshop di Windows.

Cara Crop Foto di Hp

Cara Crop Foto di Hp
Memotong Foto di Hp

Cara Memotong Foto di Hp Melalui Aplikasi Pics Art

Bagi yang gemar mengedit foto melalui HP android, Kami bisa mengandalkan aplikasi terbaik untuk editing foto di android, yaitu Pics Art. Kenapa disebut aplikasi terbaik? karena cara crop foto di HP dengan menggunakan Pics Art ini kurang lebih sama seperti kita menggunakan Photoshop. Tapi karena aplikasi ini tidak tersedia secara default, tentu saja Kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play Store.

Berikut tutorial cara memotong foto di Hp androd via Pics Art, berikut ini :

  • Jika sudah mengunduh Pics Art di android, silahkan install.
  • Setelah itu, buka aplikasi Pics Art. Kemudian tap opsi “Lihat Semua” jika ingin memilih foto dalam jumlah lebih banyak.
  • Lalu pilih foto yang akan di crop.
  • Tap pada menu “Alat” yang terdapat pada tampilan awal.
  • Selanjutnya tekan tools untuk crop gambar.
  • Kamu bisa tap dalam tools yang terletak di sebelah paling kiri. Lalu blok objek pada gambar atau foto yang ingin dipotong.
  • Jika sudah melakukan pengaturan, dan memilih beberapa bagian yang Kamu blok, silahkan tap ikon yang bertanda panah tepat di sebelah kanan layar untuk melanjutkan proses berikutnya. Kamu pun akan melihat preview hasil editing foto yang dilakukan. Silahkan tap “Simpan” yang terletak di pojok sebelah kanan atas layar.
  • Kemudian, Kamu pun akan masuk lagi ke tampilan awal yang memunculkan hasil gambar yang sudah diedit tadi, lalu tap anak panah di sebelah kanan atas. Selanjutnya Kamu akan dibawa ke dalam tampilan pilihan tempat penyimpanan, silahkan pilih “Galeri” jika ingin menyimpannya di dalam galeri ponsel.

Bagaimana, cara memotong foto di HP dengan Pics Art di atas sangat mudah, bukan? Kamu tinggal mengikuti langkah-langkah yang diinstruksikan di atas, lalu silahkan lakukan pemotongan objek foto sesuai kebutuhan dan keinginan.

Aplikasi Crop Foto di Android

Selain aplikasi Pics Art yang dapat diunduh di Google PlayStore dengan mudah, Kamu juga sebenarnya bisa menggunakan cara crop foto di Hp dengan aplikasi lainnya. Berikut beberapa aplikasi di android yang bisa membantumu dalam urusan potong memotong gambar/foto :

1. Background Eraser

Background Eraser adalah salah satu aplikasi foto editing yang dapat diandalkan jika ingin menghapus background dalam sebuah foto. Kemudian menggantinya memakai background berbeda yang lebih bagus. Aplikasi ini memang memiliki tampilan yang ringkas dan user friendly. Jadi bagi newbie sekalipun, Kamu tetap bisa menggunakan aplikasi ini.

Hasil editing yang ditampilkannya juga lebih rapi dan bagus, karena telah didukung oleh berbagai macam fitur yang berbentuk semacam spidol. Spidol inilah yang nantinya akan menandai bagian objek foto mana saja yang akan dibuang. Selain itu, Kamu juga dapat menyesuaikan ukurannya sesuai kebutuhan memakai tool ini.

Menariknya lagi Background Eraser telah didukung Mode Auto untuk menghapus pixel atau gambar yang sama. Jika semuanya sudah terhapus, Kamu bisa mengganti background-nya secara langsung dengan tampilan lebih bagus.

Ada beberapa fitur utama yang bisa Kamu gunakan pada aplikasi ini, diantaranya kemudahan memotong atau crop foto di Hp android, dapat memulihkan operasi bermasalah melalui tombol repair dan undo, ukuran foto dapat disesuaikan untuk memudahkan penghapusan beberapa bagian tertentu pada foto, mengganti latar belakang foto sesuai keinginan, memiliki fitur zoom in maupun zoom out, dan terakhir Kamu bisa membagikan hasil foto yang sudah diedit ke orang lain.

2. Photo Sticker Maker (Sticklt)

Jika Kamu ingin menggunakan cara memotong foto di Hp dengan aplikasi yang lebih inovatif dengan fitur yang lebih lengkap, silahkan coba Sticklt. Kamu bisa memotong objek tertentu yang terdapat dalam foto, lalu menempelkannya ke dalam foto baru untuk dijadikan latar belakangnya. Ada banyak sticker unik dan menarik yang membuat fotomu lebih menarik melalui aplikasi ini.

Jadi, selain dapat memotong foto di Hp, Kamu juga mendapatkan fitur-fitur menarik lainnya memakai aplikasi ini. Diantaranya dapat menambahkan teks, fitur realistis sticker effects, dan lainnya.

3. Foto Montase

Fitur utama pada foto montase ialah dapat meng-crop foto lalu menempelkannya ke dalam gambar baru untuk dijadikan background. Cara crop foto di Hp dengan foto montase juga sagat mudah. Bahkan Kamu juga bisa sekaligus mempercantik tampilan foto cukup dengan menambahkan stiker-stiker lucu, sekaligus dapat menambahkan tulisan dengan berbagai macam pilihan font yang tersedia.

Beberapa fitur utama yang terdapat dalam foto Montase ialah dapat memotong foto, menempelkan foto, mengubah ukuran foto, mengatur tingkat kecerahan foto, berbagi proyek, dan terakhir ada beberapa pilihan tools yang bisa digunakan, seperti karet penghapus, cat, dan lainnya.

4. Athumb Cut

Aplikasi lainnya yang digunakan untuk memotong objek foto ialah Athumb Cut. Dalam aplikasi ini, ada beberapa tools tertentu untuk memudahkanmu mengganti foto sesuai kebutuhan. Menariknya lagi, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menambah emoji ke dalam potongan-potongan foto lalu mengirimkannya langsung ke teman.

Fitur-fitur utama yang terdapat dalam Athumb Cut ialah dapat mencampur gambar sesuai keinginan, memotong foto, rotasi gambar 3D, menambahkan teks, berbagi foto ke media sosial lain, menambahkan efek blur, dan lainnya.

5. Touch Retouch

Touch Retouch menghadirkan sebuah aplikasi editing foto di android yang dapat menghapus objek pada foto sesuai keinginan penggunanya. Kamu dapat menghapus beberapa benda yang tak diperlukan pada foto hanya menggunakan beberapa sentuhan saja. Contoh, dapat menghilangkan kabel listrik, petunjuk jalan, jerawat, sampah dan lain sebagainya.

6. Cut Paste Photos

Aplikasi Cut Paste Photos juga dapat Kamu pakai untuk memotong foto di Hp dengan tampilan yang powerull. Kamu bisa memotong lalu mengganti latar belakang foto lewat aplikasi ini.  Potong objek tertentu pada foto kemudian tempelkan ke dalam gambar yang baru untuk dijadikan latar belakangnya. Di samping itu, Kamu juga bisa memanfaatkan fitur swap wajah, yakni mengganti wajah orang lain menggunakan wajah baru sesuai keinginan.

Itulah berbagai pilihan aplikasi yang dapat diandalkan untuk memotong foto di Hp android. Melalui banyaknya fitur yang tersedia pada aplikasi ini, tentu saja semakin mempermudah cara crop foto di Hp. Kamu pun tak perlu lagi memakai aplikasi profesional seperti Photoshop untuk teknik cropping gambar.

 

 

 

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019