Cara Melamar Pekerjaan via Email

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email
Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email

Melamar pekerjaan merupakan langkah awal yang harus dilakukan ketika seseorang ingin mendapatkan pekerjaan yang diimpikannya. Salah satu metode yang paling umum digunakan saat ini adalah cara melamar pekerjaan via email.

Tentu saja melamar pekerjaan melalui email bukanlah hal yang sulit. Namun agar perusahaan melirik, maka kamu yang sedang mencari pekerjaan harus tahu tips dan trik yang dapat membantu mengirimkan surat lamaran pekerjaan dengan baik dan benar.

Cara Melamar Pekerjaan Via Email

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email
Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email

Bagi kamu fresh graduate atau newbie yang baru pertama kali mengajukan lamaran pekerjaan via email, silakan ikuti panduan cara melamar pekerjaan via email berikut :

  • Buatlah terlebih dahulu surat lamaran kerja yang akan ditujukan ke perusahaan melalui alamat email perusahaan.
  • Persiapkan beberapa berkas sesuai dengan persyaratan yang ditentukan perusahaan tersebut, guna keperluan dokumen pelengkap.
  • Setelah itu, buka email dengan masuk pada akun Gmail terlebih dahulu.
  • Pada halaman Gmail, klik tombol Tulis yang berada di sebelah kiri atas.
  • Silakan masukkan alamat email perusahaan.
  • Selanjutnya, isikan subyek email yang berada tepat di bawah alamat email. Untuk kolom Subyek, isilah dengan posisi pekerjaan yang dilamar.
  • Pada kolom suratnya, isilah dengan Surat Lamaran Kerja Kamu.
  • Jangan lupa untuk menyisipkan berkas pelengkap seperti : Foto KTP, Daftar Riwayat Hidup, Surat Keterangan Lulus Sekolah/Kuliah dalam bentuk Ijazah. Transkrip Nilai, Pas Photo, dan beberapa berkas lainnya sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang dilamar.
  • Setelah semuanya siap, sekarang tinggal tekan tombol Kirim yang berada di bagian bawahnya.
  • Lihat pada bagian Terkirim, apakah sudah masuk pada tab tersebut atau belum. Jika sudah masuk pada tab tersebut, artinya lamaran pekerjaan yang Kamu kirimkan via email telah berhasil dilakukan.
  • Langkah selanjutnya adalah menunggu balasan dari perusahaan tersebut. Biasanya perusahaan akan membalas surat lamaran yang kamu kirimkan. Selain itu, mereka bisa juga langsung menghubungi kamu melalui nomor telepon/Hp yang tercantum pada surat lamaran pekerjaan.

Tips dan Trik Melamar Pekerjaan Via Email

Berikut ada beberapa tips dan trik yang dapat membantu seseorang dalam melamar pekerjaan via email diantaranya :

1. Pahami Tujuan Surat Lamaran

Sebelum mengirimkan surat lamaran pekerjaan via email, maka langkah pertama adalah pastikan untuk memahami tujuan dari surat tersebut berdasarkan lowongan pekerjaan yang kamu lamar. Surat lamaran pekerjaan berfungsi sebagai pengenalan diri dan dapat memberikan informasi mengenai kualifikasi dan pengalaman kerja yang dimiliki.

Oleh karena itu, pastikan surat lamaran yang dikirimkan memberikan gambaran yang jelas tentang diri kamu berikut kualifikasi yang kamu miliki.

2. Perhatikan Subjek Email

Dalam cara melamar pekerjaan via email, subjek email sangat penting. Pada kolom tersebut agar dipastikan subjek email yang Kamu gunakan jelas dan terutama terkait dengan posisi yang Kamu lamar.

Hindarilah menggunakan subjek email yang terlalu panjang atau ambigu, karena hal ini dapat membuat surat lamaran kamu tidak akan dibaca oleh pihak HRD. Oleh karena itu, setidaknya menulis subyek email dengan menuliskan posisi lowongan pekerjaan yang Kamu lamar.

3. Perkenalkan Diri Secara Singkat

Perkenalkan diri Kamu secara singkat saja pada awal surat lamaran. Berikan informasi tentang nama, pendidikan, pengalaman kerja, dan juga keahlian yang Kamu miliki. Pastikan perkenalan diri Kamu singkat namun memberikan gambaran yang jelas tentang siapa Kamu dan kualifikasi apa yang Kamu miliki.

Itulah beberapa tahapan cara melamar pekerjaan via email yang bisa kamu ikuti sebagai salah satu prosedur untuk mendapatkan pekerjaan.

Related posts