Cara Merawat Kura Kura

  • Whatsapp

Bagi sebagian orang, cara merawat kura kura adalah hal yang menyenangkan. Kura-kura sendiri termasuk salah satu binatang peliharaan yang jinak dan cukup mudah dipelihara. Saat merawat dan memelihara kura-kura itu sendiri, Kamu bahkan tak memerlukan pelatihan khusus seperti memelihara kucing maupun anjing.

Mengenal Kura-Kura

Sebelum kita membahas cara merawat kura-kura, Kamu tentu harus mengenal kura-kura lebih dekat. Kura-kura merupakan sejenis hewan reptil yang bersisik dan berkaki empat. Binatang ini mempunyai bentuk yang sangat khas bahkan mudah dikenali. Kura-kura tergolong ke dalam ordo Testudinata.

Kura-kura adalah hewan peliharaan yang cukup populer dan termasuk ke dalam golongan hewan reptil, sama seperti biawak dan buaya. Selain itu, hewan ini juga ternyata mempunyai sebanyak 365 spesies yang ada di seluruh dunia. Walaupun dikenal sebagai sebuah hewan yang lambat, namun kura-kura ternyata mempunyai usia hingga melebihi 100 tahun lamanya.

Bahkan di berbagai budaya yang ada di dunia, hewan ini dianggap dapat membawa keberuntungan mengingat usianya cukup panjang. Selain itu, fakta unik lainnya, ada banyak budaya menganggap bahwa tempurung kura-kura merupakan simbol ketenangan.

Selain itu, kura-kura juga termasuk salah satu hewan purba dan keberadaannya telah diyakini ada semenjak jutaan tahun lamanya. Bahkan kehadirannya diyakini sudah eksis sekitar 200 juta tahun lalu.

Sebenarnya habitat asli dari kura-kura ialah di kawasan peralihan antara perairan dan daratan. Jika Kamu ingin tahu cara merawat kura kura dengan benar, simak panduannya di bawah ini!

Cara Merawat Kura Kura

Cara Merawat Kura Kura
Merawat Kura Kura

Merawat Kura Kura dengan Mudah

Kamu harus tahu bahwa cara berkembang biak kura kura adalah bertelur. Dalam sekali bertelur saja, kura kura bisa menghasilkan hingga puluhan telur. Dilihat berdasarkan bentuk tubuhnya, kura kura terlihat persis seperti penyu, namun tentu aja antara keduanya ada beberapa perbedaan. Adapun perbedaan yang paling mencolok ialah dilihat dari komponen penyusun tubuh dan struktur organ tubuhnya.

Terkait:  Cara Hemat Listrik Mesin Cuci

Cara merawat kura kura memang cukup mudah asalkan Kamu sudah mengetahui bagaimana konsep dasarnya. Ada beberapa tahapan perawatan kura kura yang perlu Kamu ketahui berikut ini :

1. Memilih Bibit Kura Kura

Bibit yang bisa Kamu gunakan ialah bibit kura kura yang sudah lulus seleksi. Pasalnya seleksi ini dilihat dari kesehatan bibitnya, nafsu makan serta kelengkapan pada organ tubuhnya itu sendiri. Ada beberapa pilihan jenis bibit yang direkomendasikan jika Kamu ingin merawat kura kura.

Salah satu jenis bibit kura kura yang dimaksud ialah trachemys scripta elegans. Lalu ada pula jenis bibit red ear slider, dan indian star tortoise, cuora amboinensis, alligator snapping, sulca tortoise, radiated tortoise, dan lainnya.

2. Perhatikan Tempat Perawatan Kura Kura

Cara merawat kura kura berikutnya tentu saja Kamu harus memperhatikan dan memilih tempat perawatan  kura kura. Adapun kandang yang bisa dipakai ialah berbentuk aquarium, Kamu juga bisa membuat jenis kandang lainnya. Namun biasanya untuk memudahkan perawatan kura kura kecil, bisa memakai aquarium air tawar.

Panjang aquarium yang bisa digunakan yaitu sekitar 50 cm, dengan lebar sekitar 45 cm dan tingginya 60 cm, ini berlaku bagi kura kura berdiameter 24 cm. Pastikan ukuran kandang atau tempat yang dibuat cukup besar supaya kura kura bisa leluasa bergerak saat di dalam kandang. Pastikan untuk meletakkan tempat budidaya atau kandangnya di area yang mendapat paparan sinar matahari secara langsung dan tidak lembab.

Berikut tahapan membuat kandang aquarium untuk kura kura kecil, diantaranya :

  • Menentukan persiapan awal, seperti membuat rancangan desain kandang aquarium.
  • Persiapkan alat dan bahan pembuatan aquarium. Bisa berbentuk lem kaca, kaca, filter aquarium, air tawar dan tanah gambut. Sementara untuk alatnya bisa memakai kuas sebagai pengoles lem kaca, berikut pemotong kacanya.
  • Membuat kerangka dasar aquarium memakai lempengan kaca hasil potongan sebelumnya dengan bentuk sesuai keinginan.
  • Lem kaca menggunakan lem kaca di bagian tepinya. Setelah itu, rekatkan.
  • Kemudian cek apakah ada kebocoran pada aquarium atau tidak. Jika ada bocor, tambahkan lagi lem kacanya.
  • Pasang filter pada aquarium dan isi tanah gambut di bagian alas pada kandangnya, lalu isi air tawar pada aquarium.
Terkait:  Cara Dapat Mobil Gratis

3. Berikan Makan Kura Kura

Cara merawat kura kura paling penting ialah makan atau pakan yang diberikan. Kura kura sebenarnya mempunyai nafsu makan baik, jadi Kamu harus menyediakan stok pakannya. Pakan yang dapat diberikan berupa pakan instan yang bisa Kamu jumpai di pasaran maupun sayuran dan pellet. Pastikan pakan mempunyai kandungan protein hewani tinggi.

Adapun dosis yang diberikan bisa 2-3 kali sehari menggunakan takaran sebesar 25 gram, menyesuaikan nafsu makannya. Pakan yang bisa diberikan bisa berupa ikan, sayuran dan lainnya asalkan mengandung gizi dan nutrisi cukup.

4. Menjemur Kura Kura

Jika ingin kura kura selalu sehat, pastikan Kamu menjemurnya langsung di bawah cahaya matahari. Karena dengan demikian bisa membantu pertumbuhan pada cangkang kura kura itu sendiri, sekaligus bisa mencegahnya dari penyakit. Adapun lamanya waktu penjemuran ialah berkisar antara 15-20 menit. Sementara, alternatif lainnya apabila merawat kura kura di ruangan, Kamu dapat menjemurnya dengan sinar lampu UV.

5. Perawatan Kandang Kura Kura

Cara merawat kura kura berikutnya ialah Kamu harus rajin membersihkan bagian kandang kura kura. Dengan begitu bisa membantumu untuk merawat kura kura supaya terhindar dari berbagai penyakit. Kamu dapat membersihkan kandangnya tiap 3 minggu sekali. Saat merawat kura kura jenis akuatik, pakaikan jaring agar kotorannya dapat tersaring di dalam aquarium atau kolam. Selanjutnya Kamu harus mengganti sekitar 25% air aquarium untuk tiap minggunya.

6. Memeriksa Gejala Penyakit

Perhatikanlah tanda penyakit pada kura kura agar kesehatannya tetap terjaga. Kamu juga harus memastikan jika kulit maupun tempurung kura kura terasa lembut, tanpa ada noda atau tanda lepuh. Kamu harus mengecek kotoran di paruh, mata maupun hidungnya. Biasanya kura kura tergolong hewan yang sehat.

Terkait:  Cara Menghitung Nilai Intrinsik Saham

Akan tetapi, Kamu harus tahu bahwa kura kura juga rentan mengalami gangguan di mata, malnutrisi dan infeksi. Jadi jika ditemukan gejala gangguan kesehatan pada kura kura, langsung periksakan hewan peliharaanmu tersebut ke dokter hewan.

7. Perhatikan Jumlah Kura Kura yang Kamu Rawat

Salah satu cara merawat kura kura yang baik ialah jangan membiarkan kura kura kesepian. Maka dari itu, sebaiknya beli sepasang kura kura supaya hewan peliharaanmu mempunyai teman. Jika harga jual kura kura pilihanmu cukup mahal, misalnya pada kura kura darat, maka Kamu dapat membecil seekor kura kura terlebih dulu. Apabila tabunganmu sudah cukup, baru Kamu bisa membeli sekora kura kura lagi agar tidak kesepian.

Nah, itulah 7 tahapan cara merawat kura kura dengan baik. Selain itu, Kamu juga harus tahu beberapa penyebab kegagalan dalam merawat kura kura. Beberapa penyebab kegagalan merawat kura kura ialah filter aquariumnya rusak serta tidak diperbaiki segera. Ini bisa mengakibatkan kondisi air pada aquarium menjadi kotor, sehingga memicu pertumbuhan bakteri. Sehingga bisa menimbulkan penyakit yang bisa menyerang hewan peliharaanmu ini, bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Related posts