Cara Cek Masa Aktif Kuota IM3

Seperti apa cara cek masa aktif kuota Im3? Apakah masa aktif kuota Im3 dan masa aktif paket itu berbeda? Kenapa pengguna harus melakukan pengecekan masa aktif kuota?

Ditengah perkembangan zaman dan teknologi, membuat seluruh pengguna ponsel harus memaksa diri untuk ikut mengikuti perkembangan zaman. Mulai dari merabaknya pengguna internet, sampai kemudahan mobilitas dalam mengaksess internet kapanpun dan dimanapun.

Itulah mengapa, saat ini kita bisa banyak menemukan orang orang yang dengan mudahnya mengaksess internet untuk sekedar mencari informasi melalui Google, mengaksess Sosial media, atau bahkan melakukan aktivitas komunikasi seperti melakukan kegiatan chatting, melalui Whatsapp, LINE, ataupun Aplikasi chat lain.

Jika sebelumnya kita harus terlebih dulu melakukan panggilan suara / telpon menggunakan pulsa utama, saat ini kita sudah bisa melakukannya dengan jaringan internet saja. Bahkan, kita juga bisa melakukan video call dengan keluarga kita yang mungkin berada jauh sekali dari kita.

Karena hal inilah, Indosat mengerti kebutuhanmu. Sebagai salah satu provider yang dikenal memiliki pengguna terbanyak dengan kualitas jaringan sinyal yang baik, Indosat IM3 hadir dengan beragam pilihan paket Internet dengan harga terjangkau.

Untuk yang belum tau, IM3 sendiri merupakan salah satu program atau produk yang berada dibawah naungan Indosat Ooredoo, yang mana sebenarnya merupakan Rebrand dari Indosat itu sendiri.

Sebab karena itu, saat ini banyak pengguna yang memilih IM3 sebagai provider internet mobile mereka. Tapi sayangnya, kadang kala ada saja pengguna yang mengeluhkan kuota mereka cepat habis, atau bahkan mereka masih memiliki kuota, namun tidak bisa digunakan.

Nah, hal ini sebenarnya terjadi akibat pengguna tidak melakukan pengecekan masa aktif pada kuota internet mereka. Sebab, semua paket internet atau kuota internet, pasti memiliki masa aktif, dan juga pilihan kuota yang memiliki masa aktif.

Oleh karena itu, pengguna wajib melakukan pengecekan masa aktif kuota, untuk mengetahui apakah kuota mereka masih bisa digunakan atau tidak. Gampang nya seperti ini

  • Perbandingan 1 – Jika pengguna memiliki Paket Internet A dengan kuota 3 GB, namun masa aktifnya sudah berakhir : Maka kuota 3 GB tersebut akan hangus, atau
  • Perbandingan 2 – Jika pengguna memiliki Paket Internet A dengan kuota 0 GB, namun masa aktifnya belum berakhir : Maka pengguna tidak bisa mengaksess Internet.

Dari 2 perbandingan diatas, bisa kita tarik kesimpulan.

  • Jika pengguna masih memiliki sisa kuota namun masa aktifnya berakhir, maka pengguna tidak bisa mengaksess internet (perbandingan 1)
  • Jika pengguna tidak memiliki sisa kuota namun masa aktifnya masih panjang, pengguna tidak bisa mengaksess internet (perbandingan 2)

Dari 2 perbandingan dan kesimpulan diatas, bisa kita tarik kesimpulan akhir, bahwa keduanya sama sama harus melakukan pengisian ulang kuota atau perpanjangan paket, agar bisa terus mengaksess Internet di perangkat / ponsel pintar mereka. Namun kejadian yang paling sering dialami adalah pada perbandingan 1.

Oleh karena itu, pada artikel ini kita akan sedikit mengulas dan menjelaskan beberapa Cara Cek Kuota IM3, dengan beragam cara yang bisa kalian coba. Tentunya, hal ini bisa membantu kalian dalam mengetahui apakah sisa kuota internet yang kalian miliki masih bisa dipakai, atau sudah berakhir dan tak bisa digunakan? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kalian coba.

Cara Cek Masa Aktif Kuota IM3

Cara Cek Masa Aktif Kuota IM3
Cek Masa Aktif Kuota IM3

Cek Masa Aktif Kuota IM3 Lewat SMS

Untuk melakukan pengecekan masa aktif Kuota IM3, kalian bisa menggunakan layanan SMS yang bisa ditemukan pada semua jenis ponsel saat ini. Dan untuk cara nya juga tak jauh berbeda dengan cara cek kuota Indosat ataupun cara cek kuota IM3.

  • Buka Aplikasi SMS / Message yang ada di ponsel kalian masing masing
  • Buat sebuah pesan baru, dan kemudian ketikkan isi pesan STATUS
  • Setelah itu, kirim pesan yang sudah dibuat tadi ke nomor 363 dan pilih kirim

Tunggu beberapa saat sampai kalian menerima balasan pesan dari pihak indosat, mengenai sisa kuota dan juga sisa masa aktif dari paket internet yang kalian miliki. Sisanya, kalian bisa melakukan renewal secara manual untuk menambah masa aktif kuota Internet IM3, atau membeli kuota baru dan membiarkan kuota lama habis dengan sendirinya,

Cek Masa Aktif Kuota IM3 Lewat Kode USSD

Cara kedua juga masih diperuntukkan untuk semua jenis ponsel, yakni dengan menggunakna Kode USSD atau Dial Code untuk mengetahui masa aktif kuota IM3 kalian. Caranya juga gak jauh berbeda dengan cara sebelumnya, bahkan menurut kami cara ini paling mudah.

  • Buka Aplikasi Dial / Phone atau Telpon di ponsel kalian masing masing
  • Pada keypad, atau keyboard, ketikkan kode *123# lalu kemudian tekan Call / Panggil
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul pop up yang berisikan menu layanan dari Indosat / IM3
  • Setelah muncul menu, pilih saja menu nomor 7 (INFO) lalu klik SEND / Kirim
  • Setelah itu, pilih menu nomor 2 (STATUS dan INFO) lalu klik SEND / Kirim kembali
  • Terakhir, pilih pada menu nomor 1 (Paket Internet) lalu klik lagi Send / Kirim

Setelah itu, tunggu beberapa saat sampai kalian mendapatkan balasan SMS yang mana didalamnya berisi informasi tentang paket internet kalian, seperti masa aktif paket, ataupun masa aktif kuota, dan sisa kuota yang masih ada.

Atau untuk lebih singkat dalam menggunakan Kode USSD, kalian bisa menggunakan Shortcut untuk mengecek Masa Aktif Kuota IM3, yakni dengan kode *123*7*2*1# lalu kemudian tekan Call / Panggil.

Cek Masa Aktif Kuota IM3 Lewat Aplikasi

Untuk cara yang ketiga, kalian bisa menggunakan Aplikasi buatan Indosat yang dikhususkan untuk pelanggan setia Indosat, nama aplikasinya adalah MyIM3. Aplkasi ini bisa kalian dapatkan dan unduh melalui play store ataupun App Store.

Caranya juga gampang kok.

  • Jika belum memiliki Aplikasi MyIM3, kalian bisa mencarinya di Google Play Store untuk pengguna Android, dan App Store untuk pengguna iOS
  • Download dan Install Aplikasi MyIM3 seperti biasa hingga selesai
  • Jalankan Aplikasi MyIM3 nya setelah terinstall
  • Login dengan menggunakan nomor IM3 yang kalian miliki

Setelah berhasil login, maka kalian bisa langsung melihat informasi detail dari kuota internet kalian. Tak hanya itu saja, kalian juga bisa mengetahui detail lebih seperti Masa Aktif Kuota, sisa pulsa, atau bahkan melakukan pembelian paket dan juga pengisian pulsa.

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan tentang cara cek masa aktif kuota Im3. Beberapa cara diatas sebenarnya sangat mudah dan bisa diaksess melalui apa saja.

Jika memang dirasa tidak memiliki ruang pada perangkat untuk menginstall Aplikasi MyIM3, maka kalian bisa menggunakan kode USSD, ataupun SMS. Jika jaringan tidak sedang sibuk atau terjadi gangguan, prosess pengecekan tidak akan berlangsung lama, mungkin hanya beberapa detik saja.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi