Cara Parkir Paralel Mobil Matic

Sebenarnya cara parkir mobil matic pun membutuhkan sedikit pengalaman dan pengetahuan, tak jauh berbeda dari parkir mobil manual. Mobil matic biasanya memiliki tampilan tuas yang sedikit berbeda dibandingkan mobil manual. Sebagian besar orang di Indonesia padahal lebih terbiasa dan paham dengan sistem transmisi mobil manual dibandingkan transmisi mobil matic.

Sesudah sukses belajar mengendarai mobil, alangkah baiknya Kamu juga harus belajar untuk parkir mobil karena keduanya saling berhubungan. Selain itu, cara parkir mobil matic sangat penting dalam teknik mengemudi. Ketika belajar pakir kendaraan, Kamu harus memperhatikan bagaimana kondisi tempat parkir dan kondisi jalan. Alangkah baiknya, belajar parkir di area yang sepi.

Mungkin ketika memarkir kendaraan matic di tempat sepi atau garasi rumah maupun di lapang, Kamu tidak akan menemukan kendala apapun. Akan tetapi, bagaimana jika Kamu suatu ketika harus mengendarai mobil matic di pinggir jalan raya atau di mall yang berbarengan dengan kendaraan lain ketika. Sehingga keluar mobil dapat dilakukan sewaktu-waktu, bahkan tak jarang tukang parkir harus menggeser kendaraan tanpa sepengetahuanmu.

Jika Kamu parkir dengan cara normal, pastinya akan merepotkan mobil atau kendaraan lainnya. Di kesempatan ini, Kami hanya akan membagikan cara parkir paralel mobil matic yang harus Kamu lakukan untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara Parkir Paralel Mobil Matic

Cara Parkir Paralel Mobil Matic
Parkir Paralel Mobil Matic

Panduan Parkira Mobil Matic Secara Paralel

Saat keberadaan lahan parkir mobil yang tak terlalu luas, tentu dibutuhkan pola parkir secara paralel. Melalui pola yang satu ini, bagian depan kendaraan pun akan bertemu dengan bagian belakang kendaraan yang ada di depannya. Agar sistem masuk-keluar mobil dapat dilakukan dengan mudah, setiap kendaraan disana tak boleh memakai handbrake. Aplikasi ini bisa membuat proses masuk-keluar mobil menjadi tetap mudah, sebab setiap kendaraan yang ada disana bisa didorong dengan sangat mudah.

Terkait:  Cara Belajar Efektif di Rumah

Mobil yang memiliki sistem transmisi matic sebenarnya mempunyai peluang bagian roda-rodanya akan terkunci ketika parkir. Kemungkinan hal ini lebih besar daripada pada mobil manual. Adapun alasannya tidak hanya dikarenakan harus mengaktifkan handbrake saja, melainkan mereka masih belum mengetahui adanya fitur Shift Lock dan fungsinya. Kini hampir seluruh mobil dengan sistem transmisi matic sudah dilengkapi fitur Shift Lock.

Cara parkir paralel mobil matic yang akan Kami bagikan di bawah ini sangat mudah. Karena melalui tombol Shift Lock yang tersedia saat ini, Kamu tidak perlu lagi mengaktifkan handbrake saat sedang melakukan parkir paralel. Berikut ini adalah cara pemakaian Shift lock saat parkir mobil matic.

1. Geser Sistem Transmisi Pada Posisi “P”

Langkah awal yang bisa dilakukan untuk memarkirkan mobil matic secara paralel ialah dengan menggeser transmisi pada posisi “P”. Hal ini, tentunya memberikan tanda kepada kendaraanmu bahwa Kamu hendak parkir. Saat tuasnya dalam posisi ini, maka secara otomatis semua roda mobil akan terkunci.

2. Mematikan Mesin Mobil

Cara parkir paralel mobil matic selanjutnya ialah sesudah memindahkan sistem transmisi pada posisi “P”. Kamu bisa mematikan mesin mobil untuk melanjutkan langkah berikutnya.

3. Mencabut Kunci Kontak

Kini waktunya untuk mencabut kunci kontak mobil dari tempatnya. Akan tetapi, bukan berarti dicabutnya kuncu kontak membuat tugasmu berhenti begitu saja. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Kamu harus menggunakan fungsi Shift Lock yang sudah ada di sebagian besar mobil matic.

4. Memakai Tombol Shift Lock

Cara parkir paralel mobil matic selanjutnya ialah jika ingin memakai Shift Lock, Kamu harus menekan tombolnya. Tekan lalu tahan tombol Shift Lock sembari memindahkan transmisi pada posisi “N”, yakni Netral. Setelah pada posisi netral, Kamu pun bisa melepas Shift Lock.

Pemakaian Shift Lock bisa membuat mobil bisa didorong saat sedang melakukan parkir paralel. Kamu juga mungkin berp0ikir, seharusnya tak perlu lagi memasukkan sistem transmisi ke dalamposisi “P” saat sedang memarkir mobil.

Terkait:  Cara Daftar Grabfood Merchant

Adapun tujuan memindahkan sistem transmisi ke posisi “P” yaitu agar kunci mobil dilepaskan. Apabila tidak dipindahkan ke dalam posisi “P”, maka kunci tak bisa dilepas.

5. Tak Perlu Menarik Handbrake

Melalui pemakaian shift lock, Kamu pun tak perlu lagi harus menarik handbrake. Biasanya posisi mobil tetap aman, namun ini tidak berlaku jika mobil didorong. Sehingga proses cara parkir paralel mobil matic pun lebih mudah melalui adanya tombol shift lock ini.

Itulah 5 tahapan cara parkir paralel mobil matic yang harus Kamu ikuti. Selain parkir paralel, tantangan mobil matic lainnya ialah saat harus parkir di area tanjakan. Mari kita simak ulasannya di bawah!

Cara Parkir Aman di Tanjakan Untuk Mobil Matic

Saat Kamu memarkirkan mobil matic-mu di area bukit curam, biasanya akan bekerja gaya gravitasi dan ketika melakukan parkir mobil dengan carayang kurang tepat, mobil pun bisa beresiko terguling. Kamu harus melakukan beberapa langkah pencegahan dengan benar, untuk terhindar dari hal-hal tertentu yang tak diinginkan.

Pastikan pemakaian rem tangan serta posisi pada putaran roda untuk diarahkan pada posisi yang benar. Jika memakai mobil manual, Kamu dapat memakai opsi gigi pertama atau gigi mundur ketika memarkirkan kendaraan di area tanjakan.

Berikut ini, beberapa langkah cara parkir mobil matic di tanjakan, diantaranya :

1. Sejajarkan Mobil Dengan Tepi Jalan

Untuk memarkir mobil matic di area tanjakan, sebaiknya posisikan mobil harus sejajar dengan area tepi jalan. Jika memarkirkan mobil dalam posisi menghadap ke bagian atas, sebaiknya pastikan di bagian belakang terdapat ruang penuh pada mobil. Sedangkan jika memarkirkan mobil di lereng menurun, sebaiknya kamu harus menyisakan ruang yang penuh di depan mobil.

Terkait:  Cara Join Google Meet

2. Putar Roda ke Arah Tepi Jalan

Kamu harus memutar bagian roda ke tepi jalan, arahkan roda jauh dengan tepi jalan jika parkir di tanjakan. Jika parkir di bagian bawah bukit, Kamu harus memutar bagian roda ke tepi jalan.

3. Injak Rem Kaki dan Posisikan Mobil ke Posisi Netral

Silahkan injak rem kaki dan letakkan mobil pada posisi netral. Selanjutnya putar setir dengan satu putaran penuh menuju arah yang sesuai. Tujuannya untuk mencegah agar mobil tidak meluncur ke area lalu lintas ketika rem gagal.

4. Trik Jika Tidak Ada Trotoar

Jika Kamu tidak menemukan adanya trotoar, Kamu wajib memutar roda bagian depanmu ke tepi jalan. Biasanya ini dilakukan ketika mobil menghadap ke bagian bawah atau atas. Metode yang satu ini, membuat mobil menggelinding atau berjalan ke tanah atau rumbut yang ada di samping jalan. Selain itu, dapat menghindarkan kendaraan melaju ke lalu lintas.

5. Jangan Memutar Roda Saat Berhenti

Pastikan untuk tidak memutar roda ketika mobil berhenti, sebab bisa memberikan tekanan di bagian ban maupun power steering pada mobil.

6. Pastikan Tidak Ada Mobil Lain di Belakang Mobilmu

Ketika sedang memarkirkan mobil matic di area tanjakan, sebaiknya pastikan tidak ada kendaraan lain yang naik maupun turun bukit tepat di belakang mobilmu. Caranya lihat cermin agar Kamu bisa melihat bagian belakang mobil.

Ya, itulah beberapa langkah cara parkir paralel mobil matic dan parkir mobil matic di jalanan yang menanjak yang harus diperhatikan. Kedua cara ini sangat penting untuk dipraktekkan, karena dalam mengendarai mobil tentu kita tidak bisa terhindar dari segala situasi dan kondisi yang memungkinkanmu untuk memarkirkan mobil dengan aman.Ca

Related posts