Cara Ikut Pelatihan Prakerja

Kesulitan mencari kerja memang masih menjadi momok yang menakutkan bagi para fresh graduate yang baru lulus kuliah. Karena kebanyakan perusahaan saat ini memang selalu memilih calon karyawan yang sudah ‘matang’ di dunia kerja. Kalaupun menerima fresh graduate, mereka cenderung memilih orang-orang yang kompeten, memiliki banyak sertifikat menggkuti pelatihan kerja. Atas dasar itulah, pemerintah menciptakan kartu prakerja bagi orang-orang yang belum bekerja baik itu fresh graduate atau yang pernah mengalami PHK. Jika informasi cara ikut pelatihan prakerja ini sangat penting, jangan lewatkan pembahasannya disini ya!

Pelatihan prakerja memiliki peranan penting untuk mengasah kemampuan calon pekerja sebelum akhirnya mereka diterima kerja di sebuah perusahaan. Selain itu, pelatihan prakerja bertujuan untuk memantapkan kesiapan diri dari calon tenaga itu sendiri. Hal ini jugalah yang membuat kartu prakerja sangat membantu mewadahi calon tenaga kerja, untuk lebih ‘layak’ menjadi karyawan di salah satu perusahaan.

Read More

Sejak kartu prakerja resmi dibuka, hingga saat ini ada banyak orang sudah mengikuti pelatihan prakerja. Bagi yang ingin mengikuti pelatihan prakerja, tak serta merta Kamu bisa langsung ikut begitu saja. Karena Kamu harus mendaftar kartu prakerja terlebih dahulu. Jika sudah sukses menjadi peserta, baru kemudian harus mengikuti tahapan ujian pelatihan. Biasanya tahap ujian pelatihan ini disesuaikan berdasarkan minat para pesertanya.

Apa yang Dimaksud Dengan Prakerja?

Bagi lulusan baru, Kamu mungkin masih bingung dengan istilah ini. Jadi, Prakerja itu sebuah program pengembangan diri atas kompetensi di bidang pekerjaan atau usaha. Biasanya program ini berlaku bagi masyarakat pencari kerja, para karyawan yang terkena PHK, hingga yang tertarik untuk membuka UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).

Terkait:  Cara Cairkan Saldo Pelatihan Prakerja

Pemerintah sendiri telah mempersiapkan banyak program bagi pemilik kartu prakerja. Para pemilik kartu atau peserta biasanya diberikan pelatihan terlebih dahulu selama 30 hari. Apabila mereka lolos tahap pelatihan, mereka akan menerima insentif dari pemerintah sebanyak Rp. 1 juta. Lantas, bagaimana cara ikut pelatihan prakerja bagi pemilik kartu prakerja.

Cara Ikut Pelatihan Prakerja

Cara Ikut Pelatihan Prakerja
Mengikuti Pelatihan Kartu Prakerja

Tutorial Mengikuti Pelatihan Prakerja

Untuk mengikuti pelatihan prakerja, ada beberapa hal yang harus Kamu ketahui. Berikut panduan cara ikut pelatihan prakerja :

1. Jangka Waktu Maksimal 1 Bulan

Jika Kamu sudah lolos dan memperoleh kartu prakerja, maka Kamu akan langsung memperoleh saldo sebesar Rp. 1 juta. Tapi ingat, saldo tersebut harus dipakai maksimal dalam waktu sebulan untuk pembayaran kursus atau kelas-kelas terkait peningkatan kompetensi diri, upskill maupun reskill. Selain itu,bisa dijadikan sebagai bekal membuka usaha atau untuk mencari kerja.

Kenapa harus digunakan maksimal 1 bulan? Jika tidak, saldo yang terdapat pada kartu prakerja akan hangus bahkan kartumu bisa dinonaktifkan. Oleh sebab itu, saat Kamu telah menerima notifikasi kelulusan registrasi program prakerja. Kamu harus langsung mencari pembelajaran daring untuk mengikuti pelatihan prakerja.

2. Pembelajaran Online yang Dapat Diikuti

Sebenarnya jumlah pelatihan prakerja yang dapat diikuti bebas, tak hanya satu jenis kursus atau pelatihan saja. Tapi, Kamu wajib membeli atau melakukan pembayaran kursus yang pertama sebelum waktu 1 bulan tadi berakhir. Jika kelas yang pertama usai, sementara dana di saldo kartu prakerjamu masih ada, Kamu tinggal mengambil untuk kelas selanjutnya.

Sementara itu, jumlah kelas untuk pelatihan sendiri biasanya tergantung dari ketersediaan saldo serta pilihan kelas atau kursus yang diambil.

3. Pilih Kelas Pelatihan Prakerja

Cara ikut pelatihan prakerja selanjutnya ialah pilih pembelian kelas pelatihan di QuBisa.com. Untuk mengambil kelas pertama yaitu dengan meningkatkan skill kepemimpinan bagi supervisor yang biayanya sebesar Rp. 400 ribu. Jika kelas pertama sudah usai, namun saldomu masih tersedia, bisa ambil lagi kelas yang kedua dengan tema pembuatan website menggunakan WordPress di QuBisa.com senilai Rp. 200 ribu.

Terkait:  Cara Reset Modem Indihome

Mengingat saldo yang masih tersedia adalah Rp. 400 ribu, maka Kamu dapat mengikuti pelatihan prakerja selanjutnya sesuai kebutuhan dengan tujuan meningkatkan kemampuan diri.

4. Menerima Insentif Prakerja dari Pemerintah

Dengan memiliki kartu prakerja, Kamu akan mendapatkan banyak manfaat. Inilah yang membuat kebanyakan orang berusaha untuk bergabung ke dalam program pemerintah yang satu ini. Setelah Kamu mengikuti tata cara ikut pelatihan prakerja, jika lolos Kamu tak hanya memperoleh insentif saldo senilai Rp. 1 juta saja. Tetapi juga, Kamu akan memiliki wawasan lebih luas, meningkatkan skill hingga membuka kesempatan baru di masa mendatang.

Selain itu, Kamu juga berkesempatan untuk menerima insentif lagi sekitar Rp. 600 ribu per bulannya hingga 4 bulan lamanya. Adapun persyaratan jika Kamu ingin mendapatkan insentif dari kartu prakerja yaitu harus menyelesaikan tahap pelatihan prakerja dengan baik. Tak hanya itu saja, Kamu juga harus memp0eroleh sertifikat dari pihak lembaga pelatihan.

Mengenal Manfaat Ikut Pelatihan Prakerja

Sesudah membahas tata cara ikut pelatihan prakerja di atas, Kamu mungkin masih penasaran dengan manfaat mengikuti pelatihan prakerja. Ini dia alasan kenapa Kamu harus mengikuti pelatihan prakerja :

1. Meningkatkan Skill atau Kterampilan

Tidak semua peserta pelatihan prakerja benar-benar masih ‘mentah’ mengetahui materi pelatihan sesuai pilihannya. Mungkin saja sebenarnya mereka selama ini sudah pernah mempelajari materi tersebut, meskipun tidak terlalu mendalam. Namun dengan mengikuti program pelatihan prakerja, secara otomatis keterampilan yang mereka miliki semakin meningkat.

2. Pengetahuan Semakin Bertambah

Bagi fresh graduate, sebenarnya sangat cocok mengikuti program pelatihan prakerja. Tak hanya dapat meningkatkan pengetahuan, tetapi juga berguna saat akan berhadapan dengan dunia kerja yang sesungguhnya. Pengetahuan tersebut pastinya dapat diperoleh jika selama mengikuti pelatihan, mereka benar-benar fokus.

Terkait:  Cara Gestun Kredivo

3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Dengan mengikuti program pelatihan prakerja, tentu saja dapat membuatmu lebih percaya diri saat Kamu melamar pekerjaan di kemudian hari. Karena, setidaknya Kamu sudah mendapatkan bekal untuk memasuki dunia kerja. Karena Kamu akan mendapatkan materi pelatihan bahkan sudah siap bersaing bersama kandidat pekerja lainnya saat Kamu mencari pekerjaan.

4. Lebih Mudah Untuk Mendapatkan Pekerjaan

Setiap perusahaan akan mempercayai calon pekerja yang mempunyai kemampuan di bidang tertentu, terlebih kemampuan atau skill tersebut dilengkapi oleh bukti. Seperti adanya sertifikat mengikuti pelatihan prakerja. Dimana sertifikat ini termasuk salah satu pertimbangan bagi perusahaan untuk menerima kandidat karyawan di sebuah perusahaan.

5. Lebih Disiplin

Biasanya selama mengikuti pelatihan prakerja, biasanya para peserta kartu prakerja akan diminta mengikuti seluruh materi dengan disiplin. Tujuannya memang tak hanya melatih kedisiplinan para peserta saja, tetapi juga membuat peserta bisa memahami materi pelatihan ketika mengerjakan soal pelatihan.

6. Efektivitas Kerja

Jika karyawan sudah terlatih, maka mereka dinilai bisa memanfaatkan semua peralatan kerja semaksimal mungkin. Tak hanya itu saja, hal ini juga bisa meminimalkan riisko kecelakaan kerja jika ditangani seorang karyawan terlatih. Dengan demikian bisa menekan biaya produksi setiap unitnya. Selain itu, mempekerjakan seorang karyawan yang bersertifikasi juga bisa memberikan keuntungan tersendiri untuk perusahaan atau industri.

Dengan mengetahui manfaat dan keuntungan mengikuti pelatihan kartu prakerja di atas, sudah siapkah Kamu mengikuti program pemerintah ini? Jika ya, silahkan ikuti pendaftaran dan panduan cara ikut pelatihan prakerja di atas untuk mendapatkan kompetensi diri yang bisa diakui perusahaan yang Kamu impikan. Semoga bermanfaat!

 

Related posts