Cara Kalibrasi Timbangan Digital

  • Whatsapp

Timbangan digital adalah salah satu alat termudah dan paling umum untuk digunakan dalam hal mengukur berat. Faktanya, akan jauh lebih mudah membaca angka dalam layar digital ketimbang melihat dial yang goyang-goyang dalam menunjukkan angka. Namun, seperti halnya semua timbangan, timbangan digital juga perlu dikalibrasi setiap beberapa bulan sekali agar dapat terus digunakan dengan akurat. Itulah mengapa, kamu harus pelajari cara kalibrasi timbangan digital dengan tepat dan akurat.

Cara Kalibrasi Timbangan Digital

Cara Kalibrasi Timbangan Digital
Cara Kalibrasi Timbangan Digital

Sebagian besar timbangan digital sebenarnya sudah dikalibrasi sebelumnya oleh perusahaan manufaktur, tetapi seiring waktu, penggunaan, dan penanganan, pembacaannya dapat sedikit banyak menyimpang. Dengan mengikuti beberapa langkah yang tepat, kamu akan dapat mengkalibrasi timbangan digital kamu dengan mudah.

Apa itu Proses Kalibrasi

Timbangan digital menjadi tidak akurat dari waktu ke waktu karena keausan mesin. Timbangan digital yang lebih kecil, khususnya, kerap rentan terhadap hal ini karena perawakannya yang sensitif. Tetapi apa artinya semua ini adalah bahwa tanpa kalibrasi yang tepat, kamu mungkin akan mendapatkan hasil yang jauh dari akurat ketimbang mendapatkan hasil timbangan yang akurat. Dan, dalam urusan seperti memanggang kue atau melakukan eksperimen ilmiah, keakuratan berat sangat lah krusial.

Waktu yang Tepat untuk Kalibrasi Timbangan Digital

Seberapa sering kamu harus mengkalibrasi timbangan digital kamu akan bergantung pada cara kamu menggunakannya. Jika timbangan tidak bergerak dan berada dalam lingkungan yang tenang dan permukaan datar, kamu mungkin hanya perlu mengkalibrasinya sekali atau dua kali setahun.

Terkait:  Cara Kalibrasi Tensimeter Omron

Tapi kalau kamu sering memindahkan timbangan, maka kamu dapat mempertimbangkan untuk mengkalibrasinya setiap tiga bulan atau bahkan sebulan sekali. Intinya, waktu yang tepat untuk mengikuti cara kalibrasi timbanagn digital tergantung pada seberapa banyak keausan pengalaman timbangan kamu.

Meskipun ada banyak timbangan digital yang dianggap bagus karena kemudahan penggunaan dan keandalannya, tidak semua timbangan akan otomatis mengkalibrasi dirinya sendiri. Beberapa timbangan mungkin akan disertai dengan instruksi tentang cara mengkalibrasi, tetapi kalau kamu telah kehilangan buku panduan pemilik atau jika timbangan digital kamu tidak dilengkapi dengan fitur tersebut, kamu dapat dengan mudah mengkalibrasi timbangan digital dengan beberapa langkah di tutorial ini.

Persiapan Kalibrasi Timbangan Digital

Berbeda dengan cara kalibrasi thermo gun, sebelum kamu memulai proses kalibrasi timbangan digital kamu, langkah yang penting untuk dilakukan adalah mempersiapkan letak dan posisi timbangan dengan tepat. Permukaan yang tidak rata, kelembapan tinggi, getaran, dan arus udara yang acak merupakan faktor-faktor yang dapat berdampak negatif pada proses kalibrasi. Karena itu, kamu perlu mencari permukaan yang rata di ruangan dengan suhu yang nyaman dan tidak ada aliran udara.

Selain itu, minimalkan getaran dengan mudah dengan meletakkan mousepad sebagai alas. Sebagai tindakan pencegahan tambahan, lap platform timbanagn digital dengan menggunakan kain mikrofiber untuk menghilangkan debu atau kotoran yang tersisa.

Tutorial Langkah Kalibrasi Timbangan Digital

  1. Tentukan kapasitas bobot maksimum timbangan digital kamu. informasi ini dapat ditemukan di lembaran manual atau dicantumkan langsung di tag timbangan atau di situs web produsen. Kalau tidak juga ditemukan, kamu bisa coba baca beberapa buku online sebagai bahan referensi.
  2. Selanjutnya kumpulkan beban pengganti. Contohnya, gunakan berat sebuah koin standar baru yang sudah terukur beratnya.
  3. Letakkan timbangan pada permukaan yang rata lalu nyalakan. Tunggu beberapa saat hingga timbangan menstabilkan pembacaannya.
  4. Cari tombol kalibrasi (beberapa timbangan memerlukan urutan angka pada panel kontrol) dan aktifkan mode kalibrasi.
  5. Tempatkan koin atau beban standar di tengah timbangan dan cek hasilnya. Jika timbangan tidak menunjukkan angka yang tepat, sesuaikan kalibrasi ke atas atau ke bawah. Masukkan perbedaan antara bobot aktual beban standar dan hasil yang muncul di timbangan digital. 
  6. Jika masih tidak akurat, ulang proses di atas dan sesuaikan kalibrasi ke atas atau ke bawah. Masukkan selisih lagi antara bobot aktual beban standar dan hasil yang muncul di timbangan.

Cara Kalibrasi Timbangan Digital yang Salah

Selain cara yang akurat, teknik kalibrasi yang salah juga berseliweran di internet. Salah satu rumor yang cukup umum beredar adalah yang mendorong penggunaan nikel untuk mengkalibrasi timbangan. Melansir dari data US Mint, berat asli nikel adalah 5.000 gram. Nah, konsepnya adalah bahwa kamu dapat menggabungkan berapa pun nikel yang dibutuhkan untuk mencapai kapasitas timbangan (misalnya, untuk timbangan 100 gram, kamumemerlukan 20 nikel).

Terkait:  Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja

Tapi nih ya, pada kenyataannya, berat nikel yang sebenarnya akan berfluktuasi setelah memasuki sirkulasi di pasaran. Kerusakan pada koin dan penumpukan puing-puing di alur nikel juga dapat memengaruhi bobot, yang dapat menambah perbedaan dalam berat total nikel.

Nah, berhubung penyesuaian kalibrasi bersifat permanen, menggunakan alat yang tepat adalah langkah yang sangat penting. Pastikan untuk membeli anak timbangan kalibrasi individual dan alat timbang, yang semuanya berkualitas profesional dan menjamin proses kalibrasi timbangan digital yang akurat. Kalau bingung, coba cari jalan dengan browsing produk digital dari Shopee.

Related posts