Cara Baca Buku Online

Membaca buku di era digital seperti saat ini sudah semakin mudah. Tidak lagi hanya dengan buku fisik, pembaca dapat menikmati kemudahan dengan cara baca buku online. Sudah ada berbagai situs dan aplikasi yang menyediakan fitur untuk membaca buku secara digital.

Baca buku online memang menawarkan berbagai kemudahan. Pembaca tidak perlu lagi menenteng buku fisik yang berat. Untuk dapat membaca dimana saja dan kapan saja, ribuan buku sudah tersedia secara online. Dapat langsung dibaca melalui ponsel maupun tablet masing-masing.

Cara baca buku online juga sangat mudah. Beberapa situs menyediakan aplikasi yang bisa diunduh dan dipasang pada gawai. Selain itu juga bisa langsung mengakses halaman situs untuk mendapatkan daftar buku yang diinginkan. Serunya lagi, beberapa situs menyediakan fitur ini secara gratis!

Sudah tergoda untuk berpaling pada buku digital dan membaca secara online? Berikut merupakan daftar 10 situs dan aplikasi untuk baca buku online gratis yang bisa dicoba. Selamat membaca!

Keuntungan Baca Buku Online

Disinggung di atas, baca buku online memang sangat memudahkan. Selain itu masih ada sederet keuntungan lain dari membaca buku digital. Di bawah ini merupakan keuntungan yang bisa didapat pengguna saat membaca buku secara digital.

1. Koleksi Buku Lengkap

Situs digital untuk membaca tidak hanya menyediakan puluhan judul buku. Melainkan puluhan ribu bahkan ratusan ribu. Koleksi buku yang lengkap ini pastinya membuat pembaca memiliki lebih banyak pilihan.

2. Tidak Memakan Tempat

Memiliki koleksi puluhan buku fisik dan digital tentu berbeda. Penyimpanan untuk buku fisik membutuhkan tempat yang tidak sempit. Sedangkan untuk mengoleksi buku digital pastinya tidak akan makan tempat. Pembaca pun bisa menambah koleksi buku digital mereka sampai ratusan tanpa perlu khawatir tidak memiliki tempat penyimpanan.

3. Hemat Biaya

Membaca memang bukan hobi yang murah. Harga buku fisik dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Terutama untuk buku-buku import atau rilisan penulis terkenal. Harganya bisa lebih mahal.

Koleksi buku digital justru sebaliknya: sangat hemat biaya. Buku digital tidak melalui proses percetakan maupun pengiriman. Sehingga harga yang dibanderol juga jauh lebih murah. Bahkan beberapa situs baca buku online memiliki koleksi buku gratis untuk pembaca.

4. Membaca Dimana Saja

Di masa sekarang ini, nyaris semua orang tidak lepas dari gawai masing-masing. Entah itu ponsel atau tablet. Buku digital yang bisa diakses langsung lewat gadget masing-masing membuat pembaca dapat membaca dimana saja.

5. Fitur Lengkap

Saat membaca buku fisik dalam bahasa Inggris, misalnya, seringkali kesulitan ketika menemukan kata-kata yang tidak dipahami. Aplikasi baca buku online mengatasi permasalahan ini dengan menyediakan fitur translate. Kelengkapan fitur seperti untuk Bookmark sampai untuk memberi review dan rating pada buku.

Cara Baca Buku Online

Cara Baca Buku Online
Cara Baca Buku Online di 10 Situs dan Aplikasi Gratis

Terdapat sederet situs dan aplikasi baca buku online yang bisa digunakan. Situs serta aplikasi di daftar di bawah ini memiliki fitur dengan koleksi buku yang lengkap. Selain itu, beberapa situs juga bisa mengunduh atau pinjam buku dengan gratis.

1. Amazon Kindle

Diantara situs baca buku online lain, Amazon Kindle mungkin salah satu paling dikenal. Situs dan aplikasi dari Amazon ini juga menjadi yang paling banyak digunakan.

Pengguna tidak hanya bisa menggunakan aplikasi Amazon Kindle di gawai masing-masing. Amazon bahkan merilis gawai khusus, Kindle, yang ditujukan untuk membaca buku. Baca buku pastinya menjadi lebih mudah dan nyaman.

Di Amazon Kindle, beberapa buku memang harus dibeli. Meski pengguna bisa mencoba mencari buku-buku gratis yang dibagikan setiap hari. Pilihan lain untuk lebih hemat membaca buku bisa menggunakan fitur Kindle Unlimited. Pengguna hanya perlu membayar biaya bulanan untuk bisa membaca banyak buku secara gratis.

Fitur lain di Amazon Kindle adalah Dictionary, yang memudahkan ketika membaca buku berbahasa asing. Baca buku bahasa Inggris pastinya menjadi lebih mudah.

2. Gutenberg Project

Ingin baca buku online gratis dan legal? Gutenberg Project menjadi jawabannya. Di situs ini ada lebih dari 57.000 judul buku yang bisa dibaca dan unduh secara gratis. Kebanyakan buku-buku yang ada di Gutenberg Project merupakan public domain dan bisa dibaca secara gratis oleh publik.

3. Google Books

Aplikasi Google Books nyaris mirip dengan Amazon Kindle. Fitur-fitur yang ada juga kurang lebih sama. Pengguna dapat membeli berbagai judul buku dengan harga yang terbilang murah.

Google Books juga menyediakan beberapa judul buku gratis yang bisa diunduh dan dibaca oleh pengguna. Selain itu, koleksi di Google Books terbilang cukup lengkap.

4. iPusnas

Ingin baca buku online gratis? Perpustakaan Nasional menjadi pilihan paling tepat. Pemerintah sudah menyediakan aplikasi baca buku online iPusnas yang akan semakin memudahkan pembaca. Koleksi buku di aplikasi ini juga terbilang lengkap. Pembaca bisa meminjam buku selama 3 hari.

Sayangnya, kuota peminjaman dibatasi maksimal hanya 3 buku saja. Setelah itu pembaca harus mengembalikan buku sebelum bisa meminjam yang lainnya.

5. Librivox

Era digital membawa berbagai inovasi. Salah satunya dalam bentuk audiobook. Untuk pembaca yang tidak ada waktu untuk membaca buku secara langsung, mendengarkan audiobook dari Librivox bisa jadi alternatif.

Koleksi audiobook di Librivox saat ini belum begitu banyak. Selain itu beberapa audiobook direkam secara sukarela. Sehingga kualitasnya mungkin tidak terlalu baik. Meski begitu, Librivox tetap jadi pilihan alternatif lain untuk membaca buku.

6. Manybooks.net

Manybooks.net mirip dengan Gutenberg Project dan memiliki koleksi buku klasik. Sebagian besar koleksi Manybooks.net merupakan buku-buku klasik. Meski ada beberapa juga buku yang dipublikasi sendiri. Situs baca buku online ini bisa menjadi pilihan bila menginginkan jenis dan tipe bacaan baru.

7. Open Library

Bila iPusnas merupakan aplikasi baca buku online dari pemerintah Indonesia, maka Open Library merupakan sumbangan dari California State Library. Koleksi buku di Open Library juga sangat lengkap. Diklaim, Open Library memiliki lebih dari 20 juta koleksi buku dari berbagai penulis di seluruh dunia.

Fitur unggulan di Open Library memudahkan pembaca untuk mengunduh buku dalam bentuk epub dan .pdf. Walau tentu versi cetaknya akan dilindungi hak cipta. Pembaca juga bisa meminjam buku dengan gratis di situs ini.

8. Netgalley

Bila kebanyakan situs di atas memiliki koleksi buku yang sudah terbit, Netgalley sebaliknya. Koleksi buku di Netgalley belum dipublikasi atau berada dalam tahap final. Pembaca bisa membaca buku-buku tersebut dengan gratis. Hanya dengan memberikan review jujur untuk buku yang mereka baca.

9. Wattpad

Tertarik dengan buku-buku yang belum diterbitkan? Wattpad bisa jadi pilihan. Wattpad merupakan aplikasi komunitas penulis dan pembaca. Banyak penulis muda dan baru yang meluncurkan karya mereka di sini.

10. Storial.co

Storial.co merupakan aplikasi karya anak bangsa yang mirip dengan Wattpad. Aplikasi ini menyediakan ruang bagi penulis mempublikasikan tulisan mereka. Serta untuk pembaca mendapatkan bacaan-bacaan baru selain buku yang sudah diterbitkan.

Saat ini ada berbagai cara baca buku online yang mudah. Bahkan beberapa bisa diakses dan dibaca secara gratis. Banyaknya aplikasi serta situs baca buku online juga semakin memudahkan pembaca. Hobi baca buku menjadi tidak ribet dan dapat dilakukan dimana saja serta kapan saja. Yuk tingkatkan literasi dengan banyak membaca lagi!

Aluna N. Nayaka
fulltime dreamer, parttime writer | write something that gonna worth while