Cara Kalibrasi Thermo Gun

Termometer inframerah atau lazimnya disebut thermo gun adalah kebutuhan utama di banyak industri karena kemampuannya untuk menguji suhu dalam berbagai skenario. Karena krusialnya peran yang dimiliki, maka sangat dianjurkan untuk melakukan kalibrasi pada thermo gun segera setelah unit diterima. Nah, pertanyaannya adalah bagaimana sebenarnya cara kalibrasi thermo gun yang tepat?

Tes prasyarat ini harus selalu mengikuti standar yang telah ditentukan untuk mengkonfirmasi dan mendemonstrasikan linieritas dari sebuah termometer. Setelah kalibrasi awal ini selesai, pemeriksaan rutin harus dilakukan setiap 12 bulan, sementara kalibrasi unit thermo gun harus dilakukan setiap 24 bulan. Setiap prosedur dilakukan secara mendetil karena layaknya tes kehamilan tanpa tespek, kalibrasi termometer adalah proses yang krusial.

Cara Kalibrasi Thermo Gun

Cara Kalibrasi Thermo Gun
Cara Kalibrasi Thermo Gun

Ada beberapa elemen dan langkah yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan kalibrasi thermo gun untuk memastikan hasil yang akurat.

Persiapan Sebelum Kalibrasi Thermo Gun

Cara yang pertama adalah mencari spesifikasi unit dan hal ini biasanya telah disediakan oleh pabrikan. Tiap unit termometer inframerah akan selalu dilengkapi dengan manual yang menyediakan informasi yang digunakan untuk otentikasi kalibrasi seperti:

  • Estimasi emisivitas sumber kalibrasi
  • Bidang pandang termometer inframerah

Data ini nantinya akan digunakan sebagai titik acuan untuk menjaga konsistensi termometer di masa mendatang. Selain itu, memiliki pengetahuan tentang gradien suhu pada sumber radiasi juga sama pentingnya dengan suhu kalibrasi. Data ini dapat kamu temukan dalam spesifikasi unit dan diukur sebagai toleransi plus atau minus unit tertentu.

Selain itu, ada beberapa aspek unik lainnya yang perlu dipertimbangkan sebelum mengkalibrasi alat seperti termometer inframerah. Misalnya, suhu lingkungan dari area pengujian. Suhu ini sering kali disetel ke 23 derajat Celcius dengan margin kesalahan 5 derajat.

Salah satu elemen khusus yang sangat krusial dalam proses cara kalibrasi thermo gun adalah memahami bahwa pembacaan suhu radiasi saat mengkalibrasi termometer inframerah adalah konsep suhu pantulan. Ini karena optik inframerah dirancang untuk memberi kita energi yang dipancarkan yang tidak dapat dilihat oleh mata manusia.

Oleh karena itu, radiasi dapat dipantulkan oleh elemen yang tidak diketahui di lingkungan pengetesa. Untuk mengatasi elemen pertukaran panas ini, maka penting untuk memastikan bahwa proses kalibrasi tidak dilakukan dekat dengan ventilasi langit-langit, kipas angin, atau celah lain yang dapat menyebabkan hilangnya panas.

Selain itu, pertimbangkan memberikan waktu bagi thermo gun untuk mencapai suhu kamar sebelum mengkalibrasinya. Biasanya dibutuhkan waktu minimal 15 menit. Selama waktu ini, kamu dapat menyiapkan area pengujian dengan peralatan kalibrasi khusus.

Peralatan untuk Kalibrasi Thermo Gun

Kalau kamu kebetulan perlu untuk melakukan kalibrasi thermo gun secara mendetil seperti mengecek kehamilan. Kamu perlu ikuti cara-cara dengan peralatan berikut ini:

  • Standar Transfer: Untuk menguji akurasi, kamu harus memulai dengan alat yang akurat.
  • Partisi: Partisi dapat digunakan untuk merusak sumber radiasi tambahan di luar target yang mungkin memancarkan panas.
  • Perangkat pemasangan: Alat ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan pengaturan pengukuran yang stabil dan menjaga keselarasan dan jarak pengukuran. Pertimbangkan untuk menggunakan tripod.
  • Alat pengukur jarak: Rasio ukuran jarak ke titik yang perlu kamu pertahankan dapat ditentukan dengan menggunakan pita pengukur atau alat pengukur.
  • Termometer suhu sekitar: Termometer yang akurat akan memungkinkan kamu untuk memantau kondisi tempat pengujian. Faktor-faktor tersebut termasuk suhu dan tingkat kelembaban.

Prosedur Kalibrasi Thermo Gun

Setelah periode persiapan selesai, sekarang waktunya untuk memulai. Pertama, titik kalibrasi harus diuji berdasarkan kisaran suhu kalibrasi thermo gun. Jika suhu berada di atas kisaran suhu standar, maka minimal 3 titik kalibrasi harus digunakan.

Di sisi lain, jika angka rentangan yang dipilih adalah kisaran suhu yang lebih sempit, kamu hanya memerlukan 1 atau 2 poin. Sebenarnya ya, aturan praktis yang paling baik adalah beralih dari titik kalibrasi terendah ke tertinggi.

Setelah siap, saatnya atur suhu pantulan thermo gun dan sejajarkan unit termometer kamu untuk menjaga jarak dan bidang pandang yang telah diatur sehingga semuanya rata. Dengan melakukan ini, kamu dapat mengaktifkan seluruh bagian optik untuk melihat sumbernya. Termometer inframerah tidak boleh lebih dari 5 derajat dari sudut normal untuk menargetkan area permukaan yang ideal.

Setelah termometer disetel dan disejajarkan dengan benar, sekarang saatnya melakukan pengukuran. Standar yang harus untuk dipatuhi adalah dengan melakukan beberapa catatan dan mendasarkan pengukuran tersebut pada 10 kali waktu respons thermo gun. Oleh karena itu, jika hasil yang dikeluarkan termometer dicapai dalam 0,5 detik, maka pegang perangkat selama 5 detik.

Semua prosedur cara kalibrasi thermo gun di atas memang terlihat rumit tapi dalam kenyataannya langkah-langkah di atas sebenarnya sama mudahnya dengan membeli smartphone dari luar negeri. Semoga artikel ini dapat membantu dalam menyelaraskan kembali settingan thermo gun kamu ya!

Radian Zaninta
Doi ini masih malu-malu nyeritain tentang dirinya.